03 July 2015

Membuka Jendela Dunia Bersama Cipika Books


Teman-teman suka membaca ? Saya juga suka sih walaupun buka tipikal yang rutin membaca. Kesibukan dan pekerjaan selalu menjadi alasan nomor wahid untuk meninggalkan membaca. Padahal dulu waktu belum sesibuk sekarang saya suka banget loh membaca buku. Malah dulu saya pernah punya program book day dalam hidup saya dimana saya akan mendedikasikan 1 hari dalam seminggu untuk membaca buku. Makanya kalau ingat zaman dulu, disitu kadang saya merasa sedih. Sampai akhirnya saya menghadiri acara Cipika Books yang bertempat di kantor mereka di Sona Topaz Tower Jakarta. Dan saya seperti menemukan sebuah pencerahan. Mau tahu seperti apa pencerahan yang saya dapatkan ? 

Dalam acara tersebut saya diperkenalkan dengan Cipika Books yang merupakan sebuah portal online yang menyajikan beragam karya, informasi, dan aplikasi buku digital yang seolah mengerti passion para pembaca. Salah satu kontribusi Cipika Books untuk membuka jendela dunia ini adalah dengan menghadirkan aplikasi yang bernama BOOKMATE. Apa sih BOOKMATE itu ? Ternyata BOOKMATE adalah aplikasi untuk membaca buku digital (ebook) dengan koleksi lebih dari 500 ribu buku dengan terdapat lebih dari 9 bahasa. Buku yang bisa kita temukan di aplikasi BOOKMATE ini tidak hanya buku dalam negeri saja loh, tapi juga buku luar pun bisa kita temukan disini.

Ternyata banyak banget loh kelebihan BOOKMATE yang perlu kamu tahu ? Beberapa diantaranya sudah saya bahas sebelumnya yaitu memiliki lebih dari 500 ribu  koleksi buku dengan 9 bahasa di dalamnya, lalu bisa dibaca tanpa koneksi internet, fitur social engagement, memiliki feeds yang fashionable, dan banyak promo yang bisa kita nikmati untuk membaca ebook. Asyik kan ? Apalagi dengan beberapa penerbit besar Indonesia yang koleksi buku mereka sudah bisa dinikmati dalam aplikasi BOOKMATE ini.

Salah satu promo menarik yang sempat saya senggol tadi adalah promo bayar 1 kali untuk membaca sepuasnya dengan paket dari Indosat. Untuk paket standard kamu hanya perlu membayar Rp.39.000,-/bulan dimana kamu bisa membaca semua buku yang berada di rak buku standard. Lalu ada pula Paket Premium seharga Rp.59.000,-/bulan dimana kamu bisa membaca semua buku yang berada di BOOKMATE termasuk buku premium, buku best seller dan buku pilihan. Seru banget kan pastinya ?

Kalau mau kenal lebih dekat dengan Cipika Books, yah langsung saja deh follow semua akun social media mereka. Dan yang pasti jangan lupa untuk install aplikasi BOOKMATE di smartphone kamu. Nyok ah buka jendela dunia bersama Cipika Books. 

28 June 2015

Rumah Belajar Samsung Hadir di Banjarmasin

Siapa tidak kenal Samsung, brand asal Korea yang memproduksi berbagai varian alat elektronik mulai dari kebutuhan rumah hingga gadget yang beberapa tahun belakangan ini mendominasi pasar Indonesia. Sebuah kehormatan ketika Samsung mengundang saya ke Banjarmasin untuk menyaksikan secara langsung kegiatan Corporate Citizenship mereka di sana yang membuat saya tidak perlu berpikir panjang untuk mengiyakan tawaran tersebut. Mau tahu seperti apa kegiatan Corporate Citizenship PT.Samsung Electronics Indonesia di Banjarmasin ? Yuk baca detail perjalanan saya kali ini di Bumi Antasari.

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA530 yang membawa kami dari Jakarta mendarat dengan selamat di Banjarmasin sekitar pk.08.00. Namanya blogger yah, ada yang ngga lengkap dong kalau tidak mengabadikan setiap detail perjalanan dengan berfoto. Jadilah saya, Salman dan Mbak Nunik yang merupakan perwakilan dari Blogger tampak heboh foto-foto di depan pesawat sembari menunggu bus yang akan membawa kami dari apron ke terminal Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. 

Diantara semua detail perjalanan kami di Banjarmasin, tentu saja acara yag paling kami nantikan adalah melihat kegiatan Corporate Citizenship PT.Samsung Electronics Indonesia yang berlokasi di SMK Yayasan Pendidikan Teknologi (YPT) Banjarmasin yaitu peresmian Rumah Belajar Samsung. Sedikit informasi, Rumah Belajar Samsung merupakan program jangka panjang PT.Samsung Electronics Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 2012 yang lalu. Program ini bertujuan memberikan keahlian dan keterampilan pada pemuda usia produktif ( 17 - 24 tahun ) yang mengkolaborasikan antara pendidikan formil dan non formil yang berkesinambungan sehingga akan didapat tenaga kerja yang unggul dan dapat bersaing dalam dunia kerja.

Hj.Siti Masitah, S.Pd, M.Pd - Kepala SMK YPT Banjarmasin
Iskandar Irwan Hukom - Founder YCAB
Rumah Belajar Samsung Banjarmasin merupakan Rumah Belajar Samsung yang ke-5 setelah sebelumnya sudah hadir Rumah Belajar Samsung di Jakarta, Cikarang, Medan dan Makassar. Untuk Rumah Belajar Samsung Banjarmasin sendiri hadir berkat kerjasama antara Samsung, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Yayasan Cinta Anak Bangsa. Dipilihnya SMK YPT sebagai tempat berdirinya Rumah Belajar Samsung Banjarmasin sendiri karena SMK YPT sudah memiliki sertifikasi ISO yang compatible dengan kurikulum Rumah Belajar Samsung. Walaupun berlokasi di SMK YPT, Rumah Belajar Samsung terbuka tidak hanya bagi para pelajar SMK YPT saja, tapi juga untuk para pelajar sekolah lain dan pemuda usia produktif yang ingin mengikuti berbagai kurikulum di Rumah Belajar Samsung Banjarmasin ini.

KangHyun Lee - Vice President PT.Samsung Electronics Indonesia
Dalam kata sambutannya, Mr,KangHyun Lee selaku Vice President PT.Samsung Electronis Indonesia mengatakan bahwa Samsung memiliki pasar yang sangat baik di Indonesia, karena itulah Samsung merasa memiliki ikatan dengan masyarakat Indonesia dan membuat Samsung mendirikan Rumah Belajar Samsung sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan generasi muda Indonesia serta menciptakan tenaga kerja yang memiliki standar kemampuan yang bersaing tinggi dalam industri kerja. Sejauh ini dari lulusan Rumah Belajar Samsung yang berada di Jakarta dan Cikarang, 51% nya telah memiliki pekerjaan baik itu membuka usaha sendiri maupun bekerja di perusahaan, sedangkan 35% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Dalam peresmian Rumah Belajar Samsung Banjarmasin ini juga dihadirkan salah seorang lulusan Rumah Belajar Samsung yang kini sukses membuka usahanya sendiri. Namanya Deri yang merupakan lulusan dari Rumah Belajar Samsung Cikarang jurusan Home Apliance. Deri mendaftar di Rumah Belajar Samsung Cikarang pada tahun 2013 karena tertarik ingin mempelajari teori dan praktek memperbaiki mesin pendingin ruangan dan mesin cuci diluar ilmu yang sudah dimilikinya. Setelah lulus, Deri melihat kalau disekitar tempat tinggalnya belum memiliki jasa service elektronik. Karena itulah Deri dan rekannya memutuskan untuk mendirikan Anugrah Coolindo yang menawarkan jasa pemasangan dan service pendingin ruangan untuk perusahaan dan perumahan, serta pengecekan dan tes instalasi AC. Saat ini sudah 3 perusahaan yang mempercayakan keahlian Deri untuk membantu mereka. Terbukti bahwa Rumah Belajar Samsung menghasilkan lulusan yang tidak hanya siap bekerja di perusahaan tapi juga siap membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. 

Peresmian Rumah Belajar Samsung Banjarmasin ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Agum Gumelar dan Bapak Siswansyah selaku perwakilan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kemudian dilakukan penandatanganan prasasti lalu pemberian plakat dan foto bersama.

Kemudian kami mulai meninjau fasilitas di SMK YPT Banjarmasin yang telah didukung sarana Rumah Belajar Samsung. Salah satu fasilitas terbaru adalah Samsung Smart Library yang dimulai sejak Rumah Belajar Samsung di Makassar. Fasilitas perpustakaan ini dilengkapi beberapa koleksi buku dan juga ebook yang bisa dibaca melalui perangkat tablet yang tersedia di meja baca. Ruang perpustakaan sangat nyaman karena dilengkapi pendingin ruangan dan sofa yang empuk. Pastinya akan membuat para peserta didik Rumah Belajar Samsung Banjarmasin akan betah berlama-lama membaca di Samsung Smart Library ini.Oh ya, fasilitas Samsung Smart Library ini terbuka untuk umum sehingga akan membuka wawasan banyak orang yang datang dan membaca di sini.

Selanjutnya kami mengunjungi beberapa kelas penunjang kurikulum di Rumah Belajar Samsung. Setiap kelas telah difasilitasi oleh pendingin ruangan, perangkat praktek dan screen untuk melihat materi pengajaran. Menurut informasi, kelas favorit dengan peminat sangat tinggi di Rumah Belajar Samsung Banjarmasin ini adalah kelas service smartphone loh. Mudah-mudahan dengan fasilitas penunjang yang sudah sangat baik ini akan membuat peserta didik di Rumah Belajar Samsung Banjarmasin ini akan lebih giat menuntut ilmu.


Salut buat Samsung yang sudah menghadirkan Rumah Belajar Samsung di beberapa kota di Indonesia. Kehadiran Rumah Belajar Samsung ini pastinya membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk mendapatkan skill yang mumpuni. Mudah-mudahan akan lebih banyak lagi pembukaan Rumah Belajar Samsung di kota-kota lainnya. Kalau bisa sih menjangkau seluruh provinsi sehingga Indonesia bisa memiliki tenaga-tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Dan besar harapan saya, langkah PT.Samsung Electronics Indonesia ini bisa ditiru oleh perusahaan lain sehingga kepedulian akan pendidikan anak bangsa tidak hanya dipikul oleh pemerintah semata tapi sudah dipikirkan dan dijalankan oleh banyak pihak. Aamiin.

24 June 2015

Jelajah Makan Siang di Seputar Jakarta Selatan

Bagi orang kantoran seperti saya, makan siang tentunya adalah hal yang seringkali bikin bingung. Bagaimana tidak, tiap hari lidah maunya dimanja dengan beraneka jenis dan rasa makanan. Kalau cuma makan di sekitar kantor saja sih bisa bosan rasanya. Maka pilihan menjelajah beberapa tempat makan di sekitar wilayah Jakarta Selatan mau tidak mau harus dilakukan bersama teman-teman kantor. Mau tahu beberapa tempat makan siang yang pernah saya singgahi dan punya kesan mendalam sehingga ingin datang terus bersama teman-teman kantor ke sana ?

1. Rumah Makan Pak Tardja - Mayestik

Rumah Makan Pak Tardja ini berlokasi di seputar Mayestik dan tidak jauh dari RSPP. Makanya teman saya lebih suka menyebutnya Sop Iga RSPP ketimbang Rumah Makan Pak Tardja yang sebenarnya adalah nama resmi tempat ini. Tempatnya sih sederhana banget. Tapi kalau sudah masuk jam makan siang tempat ini ramai sekali. Harus antri tempat duduk dulu sebelum memesan makanan. Kalau sudah dapat tempat duduk baru memesan makanan dan harus sering-sering ditanyain menu pesanan kita supaya tidak lupa. Kalau membayangkan ramainya tempat ini saat jam makan siang sih memang suka bikin males untuk ke sini. Tapi kalau sudah membayangkan rasa sop iga yang segar dan lezat ini, ramainya orang dan antrian sepanjang apapun jadi ngga penting deh. 

Oh ya, Rumah Makan Pak Tardja sendiri menyediakan beberapa menu andalan seperti sop iga, sop sumsum dan sate. Pilihan dagingnya ada daging sapi atau daging kambing. Walaupun menu andalannya sop, jangan pernah berpikir kita akan melihat mangkok penuh kuah dan di dalamnya ada potongan daging dan sayuran. Salah besar. Seporsi menu yang kita akan pesan memang akan didominasi potongan besar iga dengan kuah bening yang segar serta tambahan bawang goreng dan emping. Sayuran seperti wortel ada sih, tapi cuma seperti hiasan semata. Kalau memesan sop sumsum, maka kita akan mendapati mangkok yang penuh dengan beberapa potong tulang besar dilengkapi dengan sedotan untuk menyedot sumsum langsung dari dalam tulang. Sllruupp..Kesegaran kuah kaldu dan daging yang empuk inilah yang bikin saya dan teman-teman kantor rela datang rutin dua hingga tiga kali sebulan. Untuk harga juga sangat bersahabat dengan kantong. Biasanya kami mengeluargkan Rp.35.000,- /orang untuk menikmati sop iga atau sop sumsum sudah dengan nasi dan segelas es teh manis. Murah kan ? 

2. Kedai Kopi 89 - Kemang

Tempat berikutnya yang beberapa kali saya dan teman-teman kantor datangi saat jam makan siang adalah Kedai Kopi 89 yang berada di kawasan Kemang. Walaupun namanya Kedai Kopi, tapi tampilannya ala cafe banget yang cozy dan pilihan menunya juga lumayan beragam. Beberapa menu favorit saya kalau makan di sini adalah mie ayam. Iya mie ayam. Porsi mie ayam yang disajikan Kedai Kopi 89 ini cukup besar serta rasanya juga menggoda selera loh. Trus kalau datang kesini bareng teman-teman, kita juga pesan menu cemilan yang bisa dinikmati bersama. Salah satunya nachos. Porsi Nachos nya juga lumayan besar dan rasanya enak. Malah kadang kita juga suka bungkus untuk dibawa ngemil di kantor. Hahahaha... Untuk hidangan pencuci mulut, salah satu favorit saya adalah Apple Crumble with ice cream. Ini top markotop banget deh...

3. Marche Plaza Senayan
Karena Blok M berjarak cukup dekat dengan Senayan, makan beberapa kali juga saya dan teman-teman kantor memilih Plaza Senayan sebagai tempat makan siang. Pilihan tempat makan di sana juga cukup beragam, salah satu yang cukup rutin kami singgahi adalah Marche. Saat masuk kita akan diberi stamp card yang akan di beri cap saat kita memesan makanan di stall yang tersedia. Pilihan menunya juga beragam dan setiap stall mengeluarkan aroma makanan yang sangat menggoda. salah satu menu favorit saya dan cukup bersahabat dengan kantong adalah roast chicken. Tidak lupa juga memesan sauteed Vegetables untuk memenuhi kebutuhan kandungan serat. Yummy...

4. Urban Bistro - Lippo Mall Kemang

Salah satu tempat yang tidak terlalu jauh dari kantor saya adalah Lippo Mall Kemang atau kami lebih familiar menyebutnya Kemang Village. Ada satu tempat yang paling saya suka kalau kebetulan saya ingin makan siang sehat. Tempat itu adalah Urban Bistro. Menu yang tersedia di sini sih sebenarnya umum yah. Ada beragam pilihan menu yang bisa kita order di sini. Tapi entah kenapa dari sekian banyak menu, saya dan teman-teman paling suka dengan Chicken Caesar Salad nya. Satu porsi salad yang terhidang berisikan sayuran yang melimpah ditambah potongan ayam yang di grilled, telur rebus, dua potong garlic bread, parmesan cheese dan dengan dressing yang lezat banget. Yang bikin happy, satu porsi salad ukuran jumbo begini harganya tidak sampai Rp.50.000,- loh. Ngga perlu pesan menu yang lain karena makan satu porsi Chicken Caesar Salad ini sudah nampol banget di perut.

5. The FoodHall Kitchen

Balik lagi ke Senayan, saya juga suka banget makan siang bareng teman-teman ke Senayan City. Ada banyak pilihan tempat makan yang cukup sering saya jelajahi bersama teman-teman kantor. Salah satunya The FoodHall Kitchen. Mungkin sudah banyak yang tahu kalau The FoodHall adalah salah satu tempat belanja kebutuhan rumah tangga dan dapur. Tapi mungkin belum banyak yang tahu atau mungkin sudah tahu tapi belum pernah nyobain makan di The FoodHall Kitchen. Cukup beragam loh menu yang tersedia di The FoodHall Kitchen ini. Saya sudah mencoba beberapa dan yang cukup sering saya order adalah Roast Chicken with Honey dan Gratin. Untuk Roast Chicken nya bisa kita pilih ukurannya sesuai selera, mau 1/4 potong, 1/2 potong dan bisa juga utuh kalau mau makan besar bareng teman-teman. Roast Chicken nya enak dan tambahan madu membuat cita rasa manis yang bikin saya jadi ngences waktu ngetik tulisan ini. Duuuh. Sementara untuk pengganti nasi saya biasanya memilih gratin, Favorit saya sih carrot gratin atau broccoli gratin. Dijamin kenyang untuk ukuran perut saya.

Karena tempat-tempat di atas tidak mungkin kami tempuh berjalan kaki, jadinya yah terpaksa kami nebeng mobil salah seorang rekan kantor. Hanya saja biasanya saya yang kebagian suka nyetirin. Teman-teman kantor yang lain suka mendadak ngga bisa nyetir kalau pergi makan siang bareng gini. Untung saja teman kantor saya bawa Toyota Agya. Kalo pas ketemu macet ngga kuatir kaki pegal, trus interiornya juga keren, ngga sempit, yang jelas asyik banget kalau naik turun gedung parkir mall yang melingkar dan ngga pusing parkir di tempat yang nyempil. Trus Agya ini hemat bahan bakar banget loh, teman saya yang punya Agya ini ngga pernah tuh sampai minta patungan BBM karena penunjuk bahan bakarnya ngga pernah berkurang satu strip pun dari jalan sampai balik lagi ke kantor. Ini dia cerita jelajah makan siang saya bersama teman-teman kantor, Bagaimana cerita makan siang kamu ?