04 April 2004

Ribetnya Silsilah Keluarga Nyokap

Nyokap gwe terlahir sebagai anak bungsu dari delapan saudara.Dilihat dari jumlah sodaranya kita mungkin masih bisa maklum,karena jaman dulu lumrah banget punya anak banyak.Bokap aja punya 6 sodara.Bukan jumlah sodara nya yang jadi masalah disini.Tapi beda umur nyokap ama kakak sulungnya yang hampir 20 tahunan.Gwe emang lahir di kampung halaman nyokap yaitu Cipinang, yang artinya gwe ini masih punya darah Betawi,tapi gwe di besarkan di tanah kelahiran bokap yaitu Palembang.Makanya gwe lebih suka ngaku diri gwe sebagai orang Palembang daripada bilang gwe orang Betawi.Malu aja gitu loh ngaku-ngaku orang Betawi tapi malah ga tau apa-apa tentang Betawi.Jadi bukan karena gwe ngga bangga punya darah Betawi.Selama masa kecil sampe tamat SMU,gwe tinggal di Palembang.Dan setiap liburan sekolah biasanya kita berkunjung ke kampung halaman nyokap di Cipinang.Dari situ gwe tau nyokap juga punya sodara yang harus gwe panggil uwak sama seperti gwe manggil sodara-sodara dari bokap.Tapi karena gwe di waktu kecil adalah orang yang susah bergaul dengan orang lain, maka gwe cuma tau uwak ini dan uwak itu tanpa harus tau lebih detail siapa suaminya atau siapa istrinya dan siapa anaknya.kecuali uwak yg bener-bener deket ama nyokap.masalah baru timbul ketika gwe tamat SMU dan harus melanjutkan kuliah di Jakarta.Karena selama ini gwe lebih akrab sama sodara dari bokap, maka tujuan pertama ketika sampe di Jakarta adalah rumah sodara bokap.Bahkan sampe akhirnya ketika gwe memutuskan untuk kos di Depok,rumah yang gwe kunjungin kalo libur yah rumah uwak dari bokap.Paling sesekali gwe dateng ke rumah sodara nyokap,itupun cuma yang bener-bener gwe kenal dan ngga pake acara nginep.Sampe suatu saat gwe kena batunya ketika di undang sama sodara nyokap untuk menghadiri acara ulang tahun.Maka datanglah gwe sama abang n ade gwe.Di sana semua orang tau kalo kita anaknya nyokap.tapi gwe n ade gwe cengo karena ga kenal siapa siapa.cuma abang gwe yg agak nyantai karena sering maen kesitu.Ga lama kemudian ketika orang-orang pada sibuk makan, gwe di tanyain sama seorang bapak-bapak udah makan apa belom,karena dia kayanya lebih tua dari nyokap,gwe pikir itu salah satu sodara nyokap.maka gwe dengan senyum pede langsung bilang belom wak.eehh yang ada dia malah ngakak.gwe bingung trus nanya ke salah satu sepupu yang gwe kenal,trus sepupu gwe juga malah ikutan ngakak.dia bilang itu bukan uwak gwe, tapi abangnya dia.artinya itu juga sepupu gwe.ampuunn daahh...*malu banget*.Abis makan gwe nimbrung ngobrol-ngobrol sama keluarga nyokap di depan.Trus gwe tanya jam sama salah seorang cowo di situ.biar sopan maka gwe panggil dia abang.tapi yang ada kakak sepupu gwe yang tadi ngakak lagi.loh apalagi nih ?? *bingung* trus sepupu gwe itu jelasin kalo yang gwe panggil abang tadi sebenernya adalah anak dari sepupu yang tadi gwe panggil uwak.artinya dia itu ponakan gwe *gubrag* .sumpah ribet banget,gwe ga tau mana yang uwak mana yang ponakan.jangan-jangan ternyata gwe udah punya cucu lagi disini....huaaaaaaaaaaaaaa....


3 ponakan gwe

No comments:

Post a Comment

Terima kasih....