11 February 2005

Kebahagiaan Abadi

Saya sering kali berpikir dan bertanya-tanya dalam hati. Apakah sebenarnya kebahagiaan itu ? Dulu saya berpikir, bahwa kebahagiaan itu akan di dapatkan bila segala yang saya inginkan terpenuhi. Tapi hati nurani saya tidak dapat memungkiri suatu hal, bahwa tidak semua yang kita inginkan dalam hidup ini akan terwujud. Salah satunya di karenakan sifat alamiah manusia yang tidak pernah puas. Tercapainya suatu keinginan adalah awal hadirnya keinginan yang lain.

Lantas sayapun kembali bertanya-tanya, apakah hakikat dan wujud konkrit dari kebahagiaan itu ? Dan sayapun kembali menemukan suatu kesimpulan sementara. Bahwa kebahagiaan akan saya dapatkan apabila saya dapat hidup dengan tenang dan damai di muka bumi ini. Tetapi kembali hati kecil saya membantahnya, hidup tenang tidak selalu identik dengan kebahagiaan. Kita bisa saja berpura-pura menjalani hidup dengan tenang dan menyimpan rapat-rapat semua masalah dan beban yang ada. Tapi tetap saja tidak melulu ada kebahagiaan di dalamnya.

Dan sampai detik ini saya belum menemukan arti sebuah kebahagiaan. Saya hanya tahu bahwa saya akan bahagia apabila melihat orang lain bahagia. Khususnya kebahagiaan dua orang yang paling berarti di muka bumi ini, ayah dan ibu saya. Saya tidak akan pernah bahagia hidup di dunia ini, meskipun saya di karuniakan harta dan keluarga yang sakinah tapi ternyata saya tidak mampu untuk membahagiakan kedua orang tua saya. Kebahagiaan merekalah yang sesungguhnya adalah kebahagiaan saya yang abadi. Dan maafkanlah saya yang sampai detik ini belum mampu memberikan kebahagiaan kepada kalian berdua ayah dan ibu. Dua manusia yang menyebabkan saya terlahir kedunia ini. Walaupun terkadang saya tidak mengerti kalian atau sebaliknya kalian tidak mengerti keinginan-keinginan saya, hingga tak jarang kita cekcok, perang mulut, dan saling sindir.Tapi jauh di lubuk hati saya yang paling dalam, sayalah manusia yang paling mencintai kalian berdua. Cinta yang Insya Allah kekal sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih....