06 December 2005

Keluarga Virtual ???

Saya bergabung dalam blogger family karena saya ingin merasakan hangatnya suasana kekeluargaan di dalamnya. Dan saya benar-benar menemukan itu di sana. Bagaimana saat saya bercerita kegembiraan, semua ikut merasakan kegembiraan yang saya rasakan. Begitupun ketika saya menceritakan kisah sedih, semua turut merasakan kesedihan yang saya rasakan di dalam hati. Saya adalah bagian dari blogfam, seperti halnya blogfam adalah bagian dari kehidupan saya.

Saya suka berkunjung ke blog bayi-bayi sehat nan menggemaskan. Bahkan beberapa di antaranya sudah saya kunjungi jauh-jauh hari sebelum mereka muncul di dunia. Saya mengikuti pertumbuhan mereka hari demi hari, mencoba mengenal karakter mereka melalui tulisan sang ibu, mengkhawatirkan mereka saat mereka sedang sakit, merasakan kegembiraan yang teramat sangat saat mereka bisa melakukan sesuatu yang baru seperti merangkak, belajar berdiri, berjalan hingga kata pertama yang di ucapkan. Seolah saya benar-benar bagian dari kehidupan mereka yang sesungguhnya. Dari blog para bayi dan balita sehat ini saya belajar banyak hal. Belajar mengenal karakter dan perasaan seorang bayi, belajar mengerti perasaan seorang ibu dan belajar menjadi seorang ayah yang baik, bijaksana dan bertanggung jawab terhadap keluarganya.

Belum lagi blog-blog lain yang seringkali saya kunjungi. Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa saya petik dari pengalaman dan cerita-cerita anggota blogfam lain. Mereka sudah seperti saudara sendiri bagi saya. Tidak sedikit dari mereka yang sering sms saya setiap membaca postingan terbaru di blog saya. Begitupun sebaliknya saya, meninggalkan komentar di SB atau coment box saja rasanya belum cukup jika kita tahu no hape yang bersangkutan. Rasanya akan lebih afdhal dan yang jelas langsung di baca oleh yang bersangkutan dimanapun dia berada saat itu. Intinya hanya karena kita ingin dia tahu, kita ikut merasakan apa yang dia rasakan saat itu.

Masihkah kita menyebut ini semua sebagai keluarga virtual atau keluarga maya ?? Menurut saya yang maya itu hanya medianya saja. Tetapi tidak dengan orang-orang yang berada di balik pemulisan blognya. Tidak ada manusia virtual yang menulis blog bukan ?? Butuh bukti ?? Lihat foto di bawah ini !

Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com

Foto di atas adalah pertemuan pertama kalinya saya dengan beberapa anggota keluarga blogfam. Apakah terlihat seolah-olah saya baru kali pertama bertemu mereka ?? Walaupun memang ada beberapa yang blognya belum pernah saya kunjungi sekalipun, tetapi tidak terlihat di sana. Karena kita semua adalah satu anggota keluarga. Keluarga besar dimana setiap anggotanya saling belajar dari pengalaman anggota keluarga lainnya. Inilah Blogger Family !!!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih....