29 September 2006

Kabut Asap

Photobucket - Video and Image Hosting
Kabut Asap Sore Hari

Photobucket - Video and Image Hosting
Kabut Asap Malam Hari

Tiga hari belakangan ini kabut asap yang sangat pekat melanda kota Palembang. Biasanya kabut asap ini muncul sore hari hingga pagi hari. Sebagai pengendara motor, dampak yang paling saya rasakan dari kabut asap ini adalah mata menjadi pedih dan nafas menjadi sesak. Tadinya saya pikir hanya pengendara motor seperti saya saja yang merasakan dampak seperti itu, tapi masyarakat yang bukan pengendara motor pun ternyata merasakannya. Terutama malam hari, dimana bau asap sampai masuk kedalam rumah. Hal ini tentu dapat menimbulkan penyakit infeksi pernafasan (Ispa).

Ketebalan kabut asap ini mengakibatkan jarak pandang hanya mencapai beberapa ratus meter saja. Untuk lalu lintas darat, jarak pandang demikian tentu belum terlalu menjadi persoalan berarti. Tetapi untuk lalu lintas diperairan Sungai Musi dan lalu lintas udara, hal ini tentunya sudah menjadi persoalan berarti. Beberapa maskapai meniadakan penerbangan malam dari dan menuju Palembang.

Kabut asap yang melanda kota Palembang ini sebenarnya merupakan dampak dari kebakaran sejumlah lahan di sekitar Palembang, baik yang di sengaja maupun yang tidak sengaja. Dalam perjalanan menuju kampus Unsri di Inderalaya beberapa hari yang lalu, saya menyaksikan dengan mata kepala sendiri lahan gambut yang terbakar. Dan parahnya hal tersebut tampaknya sengaja di biarkan. Menurut beberapa teman, api akan padam dengan sendirinya apabila semua lahan telah terbakar, atau masyarakat setempat baru akan melakukan tindakan apabila api mulai mendekati wilayah pemukiman mereka.

Kalau begini ceritanya, tampaknya cerita kabut asap ini akan jadi tradisi tahunan di kota Palembang. Sungguh menyedihkan.

Tips dari saya :

1.Usahakan jangan bepergian sore dan malam hari saat kabut asap mulai turun.
2.Gunakan masker saat akan bepergian atau ketika kabut asap sudah masuk ke dalam rumah
3.Hidupkan AC di dalam rumah jika ada.
4.Usahakan jangan membakar sampah atau membakar apapun pada sore, malam dan pagi hari.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih....