10 December 2008

Catatan Pelatihan Di Bandung

Photobucket

Tanggal 2 Desember yang lalu saya berangkat ke jakarta untuk mengikuti pelatihan Orientasi Wartawan di Bandung. Acaranya sendiri berlangsung dari tanggal 3 - 5 Desember 2008. Saya berangkat dengan menggunakan pesawat Lion Air pukul 13.40 WIB. Dan tampa basa-basi langsung menuju ke Wisma PKBI tempat berkumpulnya para peserta pelatihan tersebut. Selain saya, ada 4 peserta lain yang berasal dari luar Pulau Jawa. Meraka ialah Pak Misbahuddin dari Aceh, Pak Hironymus dari Kupang, Agus dari Lombok dan Ronald dari Pontianak. Selebihnya adalah para jurnalis dari Jakarta dan Bandung. Saya tiba di Wisma PKBI menjelang Magrib dan langsung bergabung dengan ke emapt rekan yang lain dalam satu kamar.

Photobucket

Tanggal 3 Desember, 5 peserta dari daerah di tambah belasan jurnalis dari Jakarta sudah berkumpul di Wisma PKBI untuk di berangkatkan menggunakan bus menuju Bandung. Bus nya sangat nyaman meskipun tanpa toilet di dalamnya. Sehingga beberapa rekan jurnalis, panitia dan termasuk saya di dalamnya harus rela menahan rasa galau karena ingin buang air kecil. Sepanjang perjalanan menuju bandung, tercatat ada 3 kali kecelakaan yang saya jumpai. Untungnya kecelakaan tersebut tidak menghambat laju kami menuju Bandung. Tapi dasar jurnalis, insting saya untuk meliput kecelakaan tersebut rasanya tak terbendungkan. Hingga akhirnya saya teringat, bahwa kecelakaan ini bukan area liputan saya.... Lebih kurang pukul 12.30, bus kami tiba di Hotel New Sany Rosa, sebuah hotel berbintang 2 yang terletak di Jalan Hegarmanah bandung. Hotelnya bagus, kamarnya rapi, AC nya dingin dan kamar mandinya juga bersih. Saya mendapat kamar No 119 dan satu kamar dengan Dimas Sajiwo dari Swara Channel Jakarta.

Photobucket

Menilik pengalaman-pengalaman sebelumnya, saya berpikir pelatihan ini mungkin tidak jauh berbeda dengan pelatihan-pelatihan sejenis yang pernah saya ikuti sebelumnya. Jadwal yang bisa di rubah sesuai kesepakatan, bisa datang kapan pun kita suka, atau malah bisa mangkir sama sekali. Hohohoho, ternyata saya salah besar. Pelatihan yang satu ini jadwalnya benar-benar padat dan sesuai dengan jadwal yang telah di bagikan sebelumnya kepada para peserta. Tidak ada istilah terlambat, tidak ada istilah mengantuk, tidak ada handphone berdering selama pelatihan, dan tidak ada pengurangan jam dalam satu sesi. kalau satu sesi terjadwal 2 jam, maka jangan harap sebelum 2 jam akan selesai.

Photobucket

Pelatihan sendiri berlangsung di Lantai 3 Hotel New Sany Rosa dengan menghadirkan pembicara yang berpengalaman di bidangnya. Tidak jarang ada pembicara yang memberikan PR untuk di kerjakan dan di kumpul keesokan harinya. Jadilah selepas penutupan sesi hari itu, kami berkumpul di Loby maupun di kamar untuk membuat PR bersama. Bahkan Dimaz, rekan satu kamar saya sampai masuk angin keesokan harinya karena tertidur di lantai saat mengerjakan PR. Hahahaha... Ada-ada saja.

Photobucket

Memang pelatihan ini hanya berlangsung selama 3 hari 2 malam saja. tetapi karena kami selalu bersama sepanjang hari, rasa kebersamaan pun tumbuh di antara kami. Bahkan sebelum closing pelatihan berlangsung, Riri dari D Radio langsung mengajak kami semua untuk reuni. Belum lagi berpisah sudah mau reuni. Gyahahahaha... Ah benar-benar tidak rugi saya mengikuti pelatihan ini. Senang bisa bertemua dan berbagi pengalaman dengan rekan-rekan Jurnalis lain dan senang bisa berbagi ilmu dengan para pembicara. Jujur, baru beberapa hari berpisah, saya sudah merindukan saat-saat pelatihan di Bandung bersama kalian. Guys... kita reuni nyooooookkkkk

No comments:

Post a Comment

Terima kasih....