24 July 2011

Dear Diary

Ketika saya berkesempatan pulang kampung ke Palembang pertengahan Juli kemarin, saya sempat membongkar isi gudang sekedar mencari cari kenangan akan masa lalu yang mungkin masih tersimpan di gudang ini.Saya membongkar kotak besar berisi buku-buku pelajaran sewaktu SMA dan terselip sebuah buku kecil yang pernah menjadi bagian dari hari-hari saya selama 3 tahun duduk di bangku SMA. Yup catatan harian saya... Buku ini sendiri saya dapat sewaktu tukeran kado saat perpisahan kelas 3 SMP, dan saya berjanji akan menulis banyak kisah atau apapun yang menjadi curahan hati saya di buku ini. Satu hal yang mungkin tanpa saya sadari menjadi cikal bakal dalam perjalanan hidup saya di kemudian hari, termasuk cikal-bakal dari blog ini...



Dn mulailah saya membuka lembar demi lembar sejarah dalam hidup saya yang pernah tertuang dalam buku ini... Lembar pertama yang bikin saya ketawa ngakak adalah daftar pelajaran dan susunan kepengurusan kelas 1.11 yang kemudian dilanjutkan dengan gambar muka teman-teman sekelas yang tentu saja sama sekali tidak mirip. Lalu ada juga kode etik pecinta alam yang merupakan organisasi kesiswaan yang saya ikuti di bangku SMA. Juga berbagai gambar ga jelas yang sepertinya mewakili sebuah keadaan, seperti gambar kepala seorang guru yang sedang marah-marah. Hahahahaha..






Lembar demi lembar yang saya buka semua membuat saya tersenyum sembari mengingat kejadian yang pernah terjadi sebelum saya menuliskan di catatan harian ini. Salah satu yang sempat trend di zaman saya SMA dulu adalah plat nama. Rasanya hampir satu SMA pernah membuat sticker atau gantungan kunci berbentuk plat kendaraan yang merupakan ejaan dari nama masing-masing.



Selain cerita dan gambar-gambar mengenai keseharian hidup saya, beberapa catatan penting termasuk kejadian-kejadian yang berskala lokal, nasional maupun internasional pun sempat menghiasi catatan harian saya..






Yang sempat membuat saya tercengang karena sama sekali tidak saya ingat adalah beberapa halaman yang berisikan lagu-lagu favorit menyerupai playlist tertulis, dimana setiap awal bulan saya membuat susunan lagu terfavorit versi saya. Dan mendadak saya ingat bahwa inspirasi saya menyusun deretan lagu terfavorit versi saya itu adalah acara Clear Top Ten yang saat itu ngehits banget dibawain oleh Dewi Sandra dan Bertrand Antolin. Entah ini sebuah pertanda atau bukan, 10 tahun kemudian setelah saya menulis deretan lagu terfavorit di catatan harian ini, saya benar-benar menjadi seorang Music Director Radio yang bertugas menyusun playlist lagu-lagu yang harus di putar setiap hari dan diakhir minggu saya harus menyusun chart tangga lagu.



Masa SMA adalah masa penuh dengan kebahagiaan dan juga penuh cinta. Cinta dari sahabat dan juga cinta dari pacar plus lika liku perjuangan untuk mendapatkan sang pujaan hati. Dan saya pun juga merasakan hal itu..





Ada perjumpaan dan ada juga perpisahan, catatan harian SMA saya berakhir ketika saya lulus dan entah kenapa catatan harian ini tidak pernah terbawa lagi dalam kehidupan saya hingga akhirnya saya menemukannya lagi di gudang beberapa hari yang lalu... Yang jelas senang rasanya bisa mengenang hal-hal yang pernah terjadi dan mungkin telah terlupakan dari kehidupan saya. Memori masa SMA, yang kata Paramita Rusady dalam lagu Nostalgia SMA adalah masa paling indah

8 comments:

  1. Nggak sadar ya sudah banyak waktu yang kita lewati, dan catatan-catatan yang kita buat mengingatkan kita masa-masa yang indah.

    ReplyDelete
  2. hahahhaha...
    ngakak2 sendiri. kita besar dimasa yang sama ig. pastinya ga jauh beda tren sekolah dl :D

    ReplyDelete
  3. Goiq....

    aku juga nulis diary, tapi koq gak kayak gitu ya

    mo cari diary lagi ah...

    ReplyDelete
  4. Diary? apaan tu? makanan y?

    ReplyDelete
  5. jadi mau bongkar2 diary lama trus posting.
    hihi ;p

    ReplyDelete
  6. tes-tes masuk gak ya ini komen, soalnya komen ku sebelumnya kok error.

    ReplyDelete
  7. Anonymous12:26 PM

    Ehm! wah boleh juga tuh idenya hahaha.. asyik asyik tar mudik ke palembang cari2 diary aaahh

    ReplyDelete
  8. Asik asik tar pas mudik mau cari2 diari juga ah di palembangk anget hehe

    ReplyDelete

Terima kasih....