22 November 2011

ASEAN Blogger Conference

Ketika perayaan hari blogger tanggal 27 Oktober 2011 lalu, saya sempat menulis kalau blog saya ini belum pernah mengajak saya jalan-jalan kemanapun seperti halnya blog rekan-rekan yang lain. Tapi mulai postingan ini saya bisa sedikit berbangga karena blog ini akhirnya bisa mengajak saya jalan-jalan ke Bali, tepatnya di acara ASEAN Blogger Conference dimana salah satu sponsornya adalah Bank Mandiri




Sebenarnya sudah dari satu bulan sebelumnya saya dikabari Nike untuk menghadiri acara ini mewakili Komunitas Blogger Wongkito, sayapun sudah meminta izin dari atasan saya untuk mengikuti acara ini mengingat acaranya memakai jam kerja selama 3 hari. Tetapi karena saya baru mendapatkan tiket H-2 sebelum berangkat, maka persiapan saya menuju Bali pun terkesan buru-buru. Hari Selasa siang saya sudah tiba di airport, dan sempat makan siang bareng Fickri, Ina, Mbok Venus dan Oli di Solaria. Sempat pintong sebentar untuk ngupi ngupi sebelum masuk ke ruang tunggu dan bertemu 30 an blogger lainnya yang juga akan menuju Bali. Bahkan detik-detik sebelum masuk pesawat kamipun sempat-sempatnya poto-poto bareng dulu.




Setibanya di Bali tiap blogger dikalungkan bunga dari panita sebagai sambutan selamat datang. Woow berasa artis atau tamu agung. Hahahaha.. Dan senang sekali akhirnya saya bisa bertemu dengan Tuteh untuk pertama kalinya, teman blogger yang sudah lama sekali saya kenal. Lebih dari 5 tahun saya mengenal Tuteh lewat tulisan-tulisan di blognya. Setelah ngobrol singkat dan berkenalan dengan beberapa blogger lainnya, maka kamipun segera menuju hotel. Tidak lupa foto-foto dulu sebelumnya.




Kami menginap di Harris Pop! Hotel yang berlokasi di kota Denpasar. Begitu tiba di hotel, antrian panjang pembagian kamar segera terjadi. Saat saya registrasi, saya mendapatkan kamar 323 bersama Anggi perwakilan Blogger Balikpapan. Sayangnya saat saya naik ke kamar, roomate saya sudah tidak berada dikamar dan kunci dibawa serta olehnya. Dan saya bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Lalu saya pun menumpang untuk titip tas dan cuci muka di kamar Yudha perwakilan Batagor Bandung. Setelahnya kami segera menuju bus kembali untuk menghadiri acara ulang tahun Bali Blogger yang ke-4. Acara teman-teman Bali Blogger sangat luar biasa. Sederhana tapi sangat menyenangkan. Salut buat teman-teman Bali Blogger dan tak lupa juga terima kasih untuk jamuan hangat kalian malam itu....





Esok paginya, tujuan utama kami datang ke Bali pun berlangsung. Pagi-pagi sekali para blogger sudah bangun dan sarapan di hotel. Kami akan menuju Nusa Dua, untuk mengikuti rangkaian acara satu hari penuh ASEAN Blogger Conference. Acaranya diadakan di Museum Pasifika dan dibuka langsung oleh Menkominfo Tiffatul Sembiring. Sebelum mengakhiri sambutannya Mr.Tiffie seperti biasa melemparkan pantun. Dan pantunyya pagi itu adalah : Ikan hiu beli es puter, thank you and see you later.. Lalu rangkaian acara selama satu haripun berjalan sesuai rundown yang telah kita terima. Mulai dari topik The new ASEAN and Its Cooperation with Dialogue Partners yang dibawakan oleh Bapak Hazairin Pohan, lalu Blogsphere in ASEAN yang dibawakan oleh masing-masing perwakilan negara (Indonesia diwakili oleh mas Donny BU), juga ada diskusi kelompok, lalu Mike Orgill dari Google Public Policy South East Asia membawakan materi The role of online Social Media to increase ASEAN Public Awareness. Dilanjutkan dengan bahasan Start-ups in Indonesia oleh mbak Shinta Dhanuwardoyo yang cantik dari Bubu Digital Agency. Juga ada Om Nukman Lutfie yang membawakan materi The Future of Social Media dan terakhir Kang Ono W Purbo dan Kang Anggara membawakan materi Information Technology Development dan Freedom of Expression. Sebenarnya bahan pembicaraan hari itu sangat menarik, akan tetapi karena disajikan dalam bahasa Inggris banyak teman-teman blogger yang tidak mengerti dan akhirnya mengantuk lalu memutuskan keluar dari ruangan. Mungkin ada baiknya bila kedepannya acara-acara seperti ini disajikan dengan metode bilingual seperti pada bahasan-bahasan terakhir, sehingga teman-teman blogger yang dari luar Indonesia bisa mengerti begitupun dengan teman-teman blogger dari dalam negeri. Hari itu ASEAN Blogger Confrenece menghasilkan sebuah deklarasi yang isinya adalah sebagai berikut :

1. We, the ASEAN bloggers, gathered in Bali, on 16th November 2011, aligned with the 19th ASEAN Summit, acknowledge the role and contributions of social media for the establishment of ASEAN Community 2015.

2. We, the ASEAN bloggers, aspire to seek the freedom of expressions among us as enshrined in Universal Declaration of Human Rights.

3. We, the ASEAN bloggers, in the spirit of partnership and solidarity among the family of people from ASEAN countries, independent of political influence, are determined to use social media in the development of ASEAN’s political, economic, and social-cultural potentials with the aim to promote understanding among ASEAN people.

4. We, the ASEAN bloggers, are determined to develop cooperation in all fields under ASEAN’s One Vision, One Identity, and One Community.

5. We, the ASEAN bloggers, are committed to ethical and positive demeanor, respectful of the rights of authors attached to articles, photos, and videos, and other creative products.

6. We, the ASEAN bloggers commit to:
a. Declare the 16th November as the ASEAN Bloggers’ Day.
b. Develop communication platforms, both at the national and the sub-regional levels, taking into account the interest of people participation in the rural areas of ASEAN countries.
c. Organize future activities to encourage closer contact among bloggers.
d. Mandate the Indonesian ASEAN Blogger Community President to coordinate and communicate to all their counterparts from ASEAN countries regarding development and progress achieved in accordance with the Declaration.

7. We, the ASEAN bloggers, encourage all bloggers to join our efforts in making this Declaration a reality.

Declared in Bali, 16th November 2011






Dan tentu saja yang paling saya suka dari acara kumpul blogger adalah bisa kopdar dengan banyak teman-teman blogger. Dan bukan blogger namanya yah kalo ngga narsis. Hahahahaha...




Hari berikutnya kami diajak panitia untuk berkeliling ke sejumlah tempat. Tapi karena keterbatasan waktu, akhirnya hanya bisa ke Garuda Wisnu Kencana dan beli oleh-oleh di Krishna Market. Setelahnya kami di antar ke bandara untuk kembali ke daerah masing-masing. Banyak cerita yang terjadi sepanjang perjalanan pulang ke Jakarta kemarin. Salah satunya delay panjang di airport menjelang kedatangan Presiden Obama untuk menghadiri KTT ASEAN di Bali. Pesawat kami yang dijadwalkan berangkat pukul 17.25 WITA akhirnya baru bisa berangkat pukul 20.00 WITA. Saya yang mengejar pesawat terakhir menuju Palembang pun akhirnya harus pasrah ketinggalan pesawat. Dan jadilah malam itu saya kembali merasakan nikmatnya menjadi bapacker dengan tidur di terminal 2 Soekarno Hatta Airport untuk mengejar penerbangan pertama esok paginya ke Palembang. Dan ternyata saya bukan satu-satunya orang yang ketinggalan pesawat, mas Agus Lahinta dari Gorontalo pun juga merasakan hal yang saya rasakan. hahahahaha...

Terlepas dari masih banyak kekurangan disana disini, saya pribadi mengucapkan terima kasih atas undangannya untuk bisa menghadiri acara ASEAN Blogger Conference ini dan tentu saja juga para sponsor yang salah satunya adalah Bank Mandiri. Saya percaya banyak pelajaran yang bisa dipetik dari penyelenggaraan pertama ini yang pastinya akan lebih disempurnakan di penyelenggaraan berikutnya.

NB : Terima kasih untuk Mas Wisnu Dewobroto dan Elsi Santi aka Cici Silent sudah meminjamkan beberapa foto-foto kalian untuk di muat di postingan ini...

14 comments:

  1. Itu yang deretan kedua dari blogger cewek yang baju putih-putih..itu blogger dari semarang. namanya mbak nieke...hahahaha...

    selamat ya? akhirnya ada juga yang bisa didapat dari blog ini...

    next time giliran saya, #eh...blogger indy nggak boleh dink ya? hahaha

    ReplyDelete
  2. dari hal hal penting yang terjadi selama konference, hal yang tidak kalah penting bagi saya pribadi adalah bisa lebih mengenal kawan kawan blogger termasuk anda.

    salam dari wonosari-indonesia

    ReplyDelete
  3. wahh.. enaknya bisa city tour ... kasian yang pulang pagi ga bisa ikut photo-photo..

    ReplyDelete
  4. wah sayang acara hari ke dua saya tidak bisa ikut mas :'(

    ReplyDelete
  5. weh..? 27 November mas..? hehe :)

    *salam kenal mas.. dari Solo

    sama kaya @dafhy hari kedua pas jalan2nya saya malah g bisa ikut. :(

    ReplyDelete
  6. @Emon : nanti juga dapet giliran :)
    @Nuno : Iya no, itu Nieke
    @Jarwadi : setuju...
    @Anggi : hi roomate
    @Dafhy : sabar yaaah daf :)
    @nisaa : maksudnya 27 Oktober.. xixixix

    ReplyDelete
  7. sayang ya vi3 ga bisa ketemu ama goiq.. padahal kita bisa konser bareng tuteh.. hahahahaa....

    ReplyDelete
  8. akhirnya bisa ketemu Goiq! horeeeee :D

    ReplyDelete
  9. eh aku baru tau kamu ketinggalan pesawat ke Palembang :(
    terima kasih yaaaa sudah datang ke Bali.. Mohon maaf untuk segala kekurangan :)

    ReplyDelete
  10. @vi3 : iya yaaah.. Kapan nih hulk band bisa konser reunian.. Hahaha
    @iwok : akhirnyaaaa ketemu...
    @Mak Chic : santai mak chic, tak ada gading yang tak retak.. Tks untuk undangannya.. Ditunggu undangan selanjutnya *ehh

    ReplyDelete
  11. Mantabbbb!!!! akhirnya ketemu juga sama dirimuw, Tax... gitarisnya Hulk yah? :D wkwkwkwk www.tujuhmakhulkgokil.blogspot.com :D

    ReplyDelete
  12. Huwaw keren, ada Rusa, bangga deh nampang di blognya seleb :D

    ReplyDelete
  13. Apes ketinggalan Pesawat karena ketiduran saya mah :D

    ReplyDelete

Terima kasih....