19 December 2011

Bali dan Pesonanya

Bali... Kalau menyebut nama itu kita langsung membayangkan sebuah tempat yang indah dengan pantai-pantai yang eksotis, adat dan budaya yang masih dijunjung tinggi, dan juga tempat-tempat wisata yang sangat banyak jumlahnya sehingga rasanya tidak akan mampu kita datangi semuanya hanya dengan berlibur di akhir pekan saja. Berlibur ke Bali adalah satu impian terbesar saya yang akhirnya bisa saya wujudkan ditahun 2011 ini. Yah.. saya baru bisa menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Pulau Dewata setelah saya berumur 31 tahun. Sedangkan impian untuk pergi ke Bali sudah tertanam sejak saya duduk di bangku SMP. Tapi setidaknya saya jauh lebih beruntung dibandingkan beberapa teman-teman saya yang bahkan sampai saat ini belum pernah ke Bali. Dan lebih beruntung lagi karena tahun ini bisa 2 kali pergi ke Bali gratisan. Yang pertama di bulan Juni lalu saat saya mendampingi artis saya The Fly, promo di sejumlah radio serta perform di Bali dan yang terakhir bulan November lalu saat menghadiri undangan ASEAN Blogger Conference.



Kepopuleran Bali sebagai tempat wisata sudah tidak diragukan lagi. Setiap tahunnya lebih dari 2 juta orang turis mancanegara datang ke Bali untuk melakukan berbagai aktifitas di Pulau Dewata. Sehingga tidak heran apabila banyak sekali maskapai asing yang membuka rute penerbangan langsung ke Bali. Hal ini juga dimanfaatkan oleh maskapai Garuda Indonesia yang telah membuka penerbangan langsung dari Bali ke negara-negara yang penduduknya sering berlibur ke Bali seperti Australia dan Jepang. Demikian pula untuk penerbangan domestik menuju Bali, Garuda telah menyediakan beragam pilihan rute flight setiap harinya. Yang kurang adalah harga tiket Garuda yang dirasa masih cukup mahal. Saya pikir Garuda Indonesia harus lebih sering mengadakan promo tiket murah supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa pergi ke Bali. Agak janggal rasanya melihat jutaan turis mancanegara berkunjung ke Bali, sementara masih banyak masyarakat Indonesia yang bahkan tidak berani bermimpi untuk jalan-jalan ke Bali. Padahal pemerintah berencana mengembangkan bandara Ngurah Rai sebagai gerbang masuk menuju Bali menjadi lebih baik dan lebih besar dibandingkan sekarang.






Perpaduan unsur tradisional dan modern membuat Bali selalu menjadi tempat yang tidak pernah membosankan untuk disinggahi. Rasanya hampir semua yang kita inginkan dari sebuah liburan bisa kita dapatkan di Bali. Mau surfing, berenang di pantai atau sekedar berjemur ? Bali menyediakan banyak pantai yang mendukung aktifitas tersebut. Suka belanja atau perawatan tubuh ? Sepertinya Bali memang surganya. Ingin mendalami kebudayaan Bali mulai dari tarian sampai seni pahat ? Rasanya ada banyak sekali tempat untuk itu. Melihat hasil karya seniman ? banyak sekali gallery dan museum yang bisa kita datangi. Wisata kuliner ? Mulai dari tongkrongan kaki lima sampai kelas hotel bintang lima ada di Bali. Atau ingin membuat acara kantor, meeting, dan konfrensi seperti acara ASEAN Blogger Conference yang saya ikuti tempo hari ? Semua sangat memungkinkan untuk digelar di Bali.




Tidaklah mengherankan kalau Bali merupakan salah satu aset bangsa yang sangat berharga. Masyarakat Indonesia pun sudah membuktikan kecintaan dan rasa memiliki mereka terhadap Bali. Masih ingat bukan setelah kejadian Bom Bali tahun 2002 ? Saat itu jumlah wisatawan mancanegara menurun drastis. Tetapi masyarakat Indonesia tetap setia berkunjung ke Bali dan menceritakan kepada dunia bahwa Bali aman untuk dikunjungi hingga akhirnya pariwisata di Bali kembali pulih seperti sedia kala. Semoga keadaan damai di Bali terus berlangsung sampai kapanpun, dan Bali tetap akan mempesona dunia sekarang dan seterusnya. Lantas bagaimana dengan saya sendiri ? Sudah puaskah saya dengan 2 kali perjalanan ke Bali ? Saya dengan tegas bilang belum ! Saya masih ingin dan selalu ingin mengunjungi Bali. Karena ada banyak tempat di Bali yang belum saya kunjungi. Jadi, nantikan kunjungan saya ke Bali untuk kali ketiga, keempat, kelima dan seterusnya. Karena saya cinta Bali dan tidak akan pernah bosan untuk berkunjung ke Bali...

2 comments:

  1. semoga menang dan mendapat tiket jalan jalan dari garuda, jangan lupa oleh2 buat saya yah :)

    ReplyDelete
  2. bener juga, harusnya kita malu ya kalo tempat wisata yg indah di negara ini lebih banyak ditulis dan diperkenalkan sama wisatawan asing, bukan dari kita :)

    btw, good luck! ;)
    aku udah pernah komen2 di postingan sebelum2nya tp kok ga muncul ya? :(

    ReplyDelete

Terima kasih....