20 February 2012

Melanglang Di Kota Padang

Sebagai orang yang punya motto penggila jalan-jalan, pecinta makan enak dan penyuka keindahan, mendapat tawaran dinas ke kota Padang adalah hal yang sangat tidak boleh di tolak.  Meskipun hanya untuk perjalanan dinas, tapi saya sangat antusias mempersiapkan keberangkatan saya kesini.



Pukul 5.45 pagi saya sudah tiba di Soekarno Hatta International Airport. Tadinya saya pikir teman-teman saya belum tiba disana dan saya akan menunggu mereka sembari sarapan pagi di Red Corner. Tapi ternyata mereka sudah tiba dan sedang mengantri untuk check in tiket. Jadilah saya terbang tanpa sarapan terlebih dahulu seperti biasanya. Pagi itu kami terbang bersama Batavia Air. Untungnya pula saya mendapat tempat duduk tepat disebelah jendela, jadi saya bisa menikmati pemandangan di airport dan selama penerbangan. Tepat pukul 7.30, pesawat yang kami tumpangi terbang menuju kota Padang.




Lebih kurang pukul 9 pagi, kami mendarat dengan selamat di Minangkabau International Airport. Cuaca pagi itu di kota Padang sangat cerah. Tujuan pertama kami setibanya di Padang adalah sarapan pagi. Setelah itu langsung menuju hotel dan bersiap-siap untuk bekerja. Beginilah tidak enaknya dinas keluar kota, yang dipikirkan pertama kali pastilah pekerjaan dulu. Tapi saya tetap mengatur siasat supaya tetap bisa melanglang buana di kota Padang. Hahahaha...


Saat baru tiba di Padang, saya teringat untuk menghubungi teman saya Uda Rian dari Komunitas Blogger Sumatera Barat Palanta yang saya kenal sebelumnya dalam acara ASEAN Blogger di Bali bulan Desember lalu. Karena tidak punya no HP nya, maka saya pun menghubungi Rian via mention di Twitter yang ternyata baru di reply beberapa jam kemudian. Rian berjanji akan menemui saya meskipun saya harus curi-curi waktu disela pekerjaan. Setelahnya kami melanjutkan ngopi-ngopi ganteng disebuah cafe tidak jauh dari Sushi FM. Obrolan seru pun berlanjut hingga wakhirnya Rian harus pamit karena besok paginya ada ujian komprehensif tertulis di kampus. Terima kasih yah Rian karena sudah meluangkan waktu buat kopdar singkat.

Masjid Raya
Pantai Purus

Jembatan Siti Nurbaya

Paginya saya mendapat sebuah mention dari uda Hafiz yang sering membantu pekerjaan saya di kantor. Saya hampir lupa kalau sejak menikah, Uda Hafiz berdomisili di kota Padang bersama istrinya. Sayapun langsung menodong uda Hafiz untuk mengajak saya keliling kota pagi itu. Dimulai dari Mesjid Raya yang masih dalam proses finisihing tapi sudah terlihat kemegahannya. Dilanjutkan dengan mengunjungi Pantai Purus yang cukup ramai dengan orang-orang yang berolahraga sampai sekedar duduk-duduk menikmati udara pagi dipinggir pantai. Dan jalan-jalan pagi itu kami tutup dengan mengunjungi Jembatan Siti Nurbaya.



Jalan-jalan tanpa wisata kuliner seperti kurang lengkap rasanya. Diantara semua makanan yang saya makan selama berada di Kota Padang, dua diantaranya bolehlah untuk saya rekomendasikan di blog ini. Yang pertama adalah Soto Simpang Karya yang menurut saya rasanya nendang banget. Yang membuat Soto Simpang Karya ini begitu special adalah isi didalam soto yang crunchy. Harganya pun sangat bersahabat dengan kantong. Saya hanya mengeluarkan Rp.17.000,- saja untuk seporsi soto dengan nasi ditambah satu gelas agar-agar dan minum air putih. Habis makan soto yang panas, kemudian kita menyantap es durian khas Padang yang maknyus banget. Es durian ini disajikan dengan isinya yang ramai. Saking ramainya saya sampai lupa apa saja yang ada didalamnya, karena fokus saya saat itu hanya menghabiskannya... Hahahahahaha



Puas jalan-jalan dan wisata kuliner, saya dan rombongan berkeliling mencari oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta. Nyaris semua toko oleh-oleh kami singgahi. Lihat saja tumpukan dus berisi oleh-oleh yang kami bawa. Butuh satu trolley khusus untuk mengangkut oleh-oleh ini. Hahahahaha... Saya sendiri tadinya tidak berniat untuk membeli oleh-oleh. Tapi ternyata rezeki tidak kemana, saya dibelikan satu kotak berisi macam-macam keripik. Terima kasih yaaaah...



Puas berburu oleh-oleh, kami harus segera menuju airport untuk kembali ke Jakarta. Meskipun tripnya sangat singkat, tapi saya senang bisa datang ke Padang. Karena ada banyak makanan enak disini, ada banyak tempat yang harus saya singgahi, dan ada banyak keindahan yang belum tertangkap oleh mata dan kamera saya. Mudah-mudahan saya bisa segera datang ke Padang lagi.. Aamiin


18 comments:

  1. padang dan bukit tinggi adalah kota di sumatera yang menjadi incaranku mas.. tapi untuk tahun ini sepertinya belum bisa kesana.. ya dari surabaya agak menguras kantong buat tiketnya.. cara paling murah ya paling naik airasia ke medan trus ngambil jalur darat.

    duh udah lama banget aku nggak naik batavia sama lion, udah lupa gimana rasanya.. kalo sama batavia sih nggak kangen.. yang ngangenin itu batik merahnya lion.. #ehh..

    ReplyDelete
  2. asik numpang mejeng.. huahaha

    itu oleh-oleh banyak banget bang. setoko dibawa semua yak :p

    ReplyDelete
  3. Dengar-dengar Sumatra Barat memang menarik banget untuk dikunjungi tuh ya! :)

    Btw, sotonya enak banget kah? Karena menurutku soto kalau semangkok 17.000 harganya sudah lumayan juga tuh (kecuali kalau porsinya memang besar dan enak, huahaha :D)

    ReplyDelete
  4. @Tri Wijanarko : kalo mo ke Medan, enaknya sekalian jalan darat ke Pekanbaru dulu, setelahnya baru jalan darat ke Padang.. jadi bisa dapet 3 kota di Sumatera sekaligus... :)
    @rian : wakakakakakaka.. iya nih, kayanya buat dijual lagi
    @Zilko : sotonya enak buanget, aku ga merasa rugi ngeluarin uang segitu buat makan soto yang lezat dan gurih itu.. :)

    ReplyDelete
  5. Ada yang kurang, jalan-jalan ke jam gadang, melihat keindahan singkarak dan maninjau serta mabok di kelok 44. hehehehehe

    ReplyDelete
  6. baru tau kalo soto enak juga di padang ya. rasanya di jakarta di resto padang gak pernah ada soto ya...

    ReplyDelete
  7. wah, padaaaaaang! ini sih kalau ngga salah negeri 'sengsara membawa nikmat'

    ngiriiiiii dan pengen maen maen ke sana pula

    ReplyDelete
  8. salam kenal dulu ya mas...

    ReplyDelete
  9. waa beli rendang telur juga, enakkk itu *tibatiba pengen*

    ReplyDelete
  10. aaaaaa seruuu banget. baru tau deh ada jembatan siti nurbaya hehe dan es durennya ituuuuu mauuuuu :9 *mupeng*

    ReplyDelete
  11. Waaa, ada Rian. Saya malah kopdar sama dia di Jakarta, waktu ke Padang ga sempet ketemu dia..

    ReplyDelete
  12. wah masnya ini suka mbolang ya.. :D
    kalo ngomongin padang jadi kangen sama rendang masakan ibu tercinta ...

    ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke Padang. Katanya sate padangnya sendiri ngga seenak yang di Jakarta, ya?

    ReplyDelete
  14. Sayang gak mampir ke pariaman yah.. D... btw, banyak amat kerupuknya, itu untuk satu orang atau satu rombongan bang???

    ReplyDelete
  15. @Ridwan : iya nih pengen ke Bukittinggi, mudah-mudahan trip selanjutnya aku bisa wujudkan..
    @Arman : aku juga baru tau kalo di Padang ada soto enak
    @jarwadi : ayo traveling :)
    @applausr : salam kenal juga :)
    @Tiessa : iya. mantap buat temen makan nasi rendang telurnya :)
    @Putri Jeruk : kalo ga maling-maling waktu, aku juga ga bakalan tahu soal jembatan Siti Nurbaya.. xixiix
    @Isnuansa : aku juga diingetin Nike buat kopdar sama Rian
    @kholid : jiaaaah mbolang... hahahaha
    @Adiitoo : menurutku enakan sate di Padang kok..
    @garammanis : itu punya semua rombongan...

    ReplyDelete
  16. kapan ada kesempatan bisa kesini yah?
    dl masu kesini gagal karena tiba2 sakit je

    ReplyDelete
  17. Padang - Solok cuma 1 jam lebih kok. kenapa gak pake mampir dulu? Hadeh....bener2 keterlaluan neh RP Falcon Music ini.

    ReplyDelete
  18. ....rendang itu dari Medan atau Padang ya? :D *kebodohan*

    ReplyDelete

Terima kasih....