04 March 2012

Review Swiss-BeLinn Hotel Balikpapan

Karena kemurahan hati maskapai Citilink yang memberikan promo tiket murahnya, maka hari ini saya bisa berada di kota Balikpapan untuk pertama kalinya. Perjalanan kali ini bukan dalam rangka perjalanan dinas seperti biasanya. Saya hanya ingin liburan dan mencari kenyamanan setelah melalui bulan Februari yang cukup sulit bagi saya. Maka saya berusaha mendapatkan hotel yang bisa memberikan rasa nyaman itu. Saya menemukan beberapa hotel via website yang saya pikir sesuai dengan kriteria yang saya cari. Dari beberapa hotel tersebut, saya menjatuhkan pilihan pada Swiss-Belinn Hotel Balikpapan. Saya mencoba googling mencari informasi lebih dalam seputar hotel ini, tapi ternyata cukup sulit menemukannya. Foto-foto yang saya temukan di website resmi Swiss-Belhotel pun masih merupakan foto rancangan. Selidik punya selidik, ternyata hotel ini memang baru mulai beroperasi bulan Januari 2012. Tidak heran kalau belum banyak orang yang mereview hotel ini. Maka saya semakin memantapkan tekad untuk menginap dan membuat review hotel ini.



Ketika saya tiba pertama kali di depan kompleks Sudirman Square tempat Swiss-Belinn Hotel Balikpapan berada, saya memperhatikan keadaan sekitar hotel. Dari struktur bangunan, saya menduga hotel ini awalnya petak-petak ruko yang kemudian disulap menjadi sebuah hotel berkelas. Tampak luar tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Swiss-Belinn Hotel. Hal itu membuat saya semakin penasaran untuk bergegas masuk kedalam gedung hotel berbintang 3 yang memiliki 96 kamar ini.




Lobby hotel ini menurut saya sangat minimalis. Hanya ada beberapa sofa yang diletakkan disisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan pintu masuk hotel ini. Meja resepsionisnya sendiri juga sangat minimalis dengan hiasan ukiran khas Kalimantan di belakangnya. Saya lebih suka ukiran khas Kalimantan yang berwarna hitam seperti yang saya lihat di website Swiss-BelHotel.



Lorong menuju kamar hotelnya sangat bersih dan nyaman. Sepanjang lorong pun harum semerbak dengan pewangi ruangan. Hanya saja lampu disepanjang lorong terlalu remang-remang menurut saya. Mungkin kalau bisa sedikit lebih terang akan lebih bagus mengingat ada beberapa bagian dari lorong hotel yang menggunakan tangga.






Kamar hotelnya nyaman sekali. Walaupun tanpa banyak pernak pernik didalamnya tapi sangat memenuhi kriteria kenyamanan yang sangat saya butuhkan dalam perjalanan kali ini. Kasurnya sangat empuk dan membuat tidur saya sangat nyenyak tadi malem. Bahkan saking nyenyaknya saya tidak mendengar kalau diluar kamar tadi malam sempat terjadi keributan kecil. Hahahahaha... Saya juga suka lantai kamar yang dilapisi dengan karpet. Karena dengan adanya karpet, lantai menjadi tidak dingin dan saya tidak perlu memakai sendal selama berada didalam kamar. Yang terasa kurang adalah tidak adanya safety deposit box. Memang tidak semua perjalanan yang saya lakukan membutuhkan benda yang satu ini berada dikamar hotel. Tapi ada kalanya safety deposit box menjadi sebuah kebutuhan tersendiri, apalagi jika saya membawa uang cash dalam jumlah yang cukup besar. Belum ada fasilitas wifi didalam kamar, untuk mengakses internet kita dipinjamkan kabel LAN. Tapi saya puas dengan kecepatan akses internet di hotel ini.



Kamar mandinya tidak terlalu luas, tapi semua peralatan mandi komplit. Showernya mengalir cukup deras dan fasilitas air panas nya juga berfungsi dengan baik. Lebih dari cukup untuk melakukan aktifitas bebersih tubuh setelah beraktifitas keliling kota Balikpapan seharian.






Tadi pagi saya sengaja bangun lebih awal untuk menjadi orang yang paling pertama sarapan di hotel. Sarapan pagi mengambil tempat di Barelo atau singkatan dari Bar Resto and Lounge. Secara luas, Barelo sebenarnya tidak terlalu luas. Tapi saya suka penataannya yang cukup apik. Pilihan menu sarapan pagi itu cukup bervariasi dan rasanya juga lezat.

Intinya saya puas menginap di Swiss-Belinn Hotel Balikpapan. Kalau tidak puas, saya juga tidak mau bela-belain mereview bahkan saat saya belum check out dari hotel seperti sekarang ini. Hahahahaha. Jadi kalau sekiranya tertarik untuk menginap di Swiss-Belinn Hotel Balikpapan, berikut saya tampilkan harga kamar mereka dan teman-teman bisa langsung saja datang atau hubungi ke :


19 comments:

  1. Ah males ah mampir sini. Jalan-jalan muluuu :p
    Ooo anaknya swiss belhotel yah, pantesan logonya sama. Dalemnya bagus, tapi luarnya ngga bagus hehe @_@

    ReplyDelete
  2. Terima kasih bapak atas komentar dan reviewnya. Semoga Swiss-belinn memberi kenyamanan dan keramahan yang bapak butuhkan. Komentar bapak sanga membantu kami kedepean. Semoga kami bisa melayani bapak di lain waktu.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas komentar dan review yang menarik dari bapak. Semoga di kemudian nanti menjadi acuan dan perbaikan menjadi lebih baik. Kami berharap dapat membantu dan melayani yang lebih baik nantinya.

    ReplyDelete
  4. berapa semalem tuh mas?

    ReplyDelete
  5. dari luar ngga begitu bagusya mas kayak ruko, cuma dalemnya ternyata bagus :D

    ReplyDelete
  6. sepintas hotel ini mirip dengan Pop Haris yang dulu kita tempati di Bali, sekilas sih

    ReplyDelete
  7. wah megah banget hotelnya. . . . belom pernah masuk yang kaya gituan aku...

    kunjungan pagi ahhh. . . da orangnya ndak ya. . .

    ReplyDelete
  8. emmm asiknya, jadi pengen ke bpp lagi... tampak luar biasa aja, yaa tapi dalemnya bagus.

    ReplyDelete
  9. ok juga nih hotel... di catet dulu deh... kalau ke bpp bisa di coba nih...

    ReplyDelete
  10. chain nya swiss bellhotel emang biasa ok ya...

    ReplyDelete
  11. woooo.. jalan2 mulu. Sini saya gantiin

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali ke Balikpapan belum pernah nginap di situ, habis langsung ke laut sih biasanya hehehe

    Keren, reviewnya lengkap dan foto-fotonya sangat menggambarkan kondisi di sana :)

    ReplyDelete
  13. wah jalan-jalan enak niy.
    cuman denger cerita kepiting di balikpapan enak ya? kepiting kenari.

    ReplyDelete
  14. kunjungan malem ah. . . . . ada kopi ndak ya. . .

    ReplyDelete
  15. Wah ini hotel baru ya? dulu waktu saya tinggal di Balikpapan, hotel ini belum ada...hehehe....mantap reviewnya. :)

    ReplyDelete
  16. wah, saya pikir tadi awalnya Swiss-Bel Hotel Jakarta mas. Kalo yang Jakarta cuma tetanggaan sama kos saya nih, hehehe...

    ReplyDelete
  17. iya bangunannya tampak seperti Ruko yachh...tp dalamnya keren yachh...pasti biaya renovasinya mahal nech hehe....

    ReplyDelete
  18. Hotelnya keren banget ya, pengen deh ntar nginep situ kalo jalan-jalan ke Balikpapan, hehehe.

    ReplyDelete
  19. Hotelnya spektakuler...

    ReplyDelete

Terima kasih....