27 March 2012

Berkunjung Ke Silungkang Art Centre

Salah satu tempat membeli oleh-oleh yang saya datangi dalam perjalanan ke Padang minggu lalu adalah Silungkang Art Center. Terletak di Jalan Imam Bonjol padang, Silungkang Art Center menjual berbagai jenis oleh-oleh dengan beragam harga. Mari kita lihat apa saja yang menggoda mata saya disana...

Di Silungkang Art Centre kita dapat menemukan bermacam-macam kain khas dan batik. Melihat gulungan songket ini saya jadi teringat ibu saya yang suka sekali membeli songket. Kalau saya perhatikan, kain songket Sumatera Barat ini berwarna lebih cerah  dibandingkan dengan songket Palembang yang cenderung berwarna lebih gelap. Pilihan batiknya juga banyak, sayang batik yang sudah dijahit menjadi kemeja untuk pria tidak banyak pilihan.

Selain kain songket dan batik, beraneka macam hiasan dinding khas Sumatera Barat tersedia disini. Salah satunya hiasan dinding dengan motif Jam Gadang ini. Disini juga terdapat miniatur Jam Gadang dan Rumah adat yang sudah dikemas cantik dalam kotak kaca. 

Nah yang satu ini biasanya selalu jadi pilihan para wisatawan yang datang kesini. Apalagi kalau bukan boneka kecil dengan baju khas Sumatera Barat. Karena bentuknya yang kecil, biasanya orang-orang suka membeli banyak untuk oleh-oleh. Pilihannya pun ada yang boneka tempel satuan dan ada yang dijual sepasang sekaligus. Tinggal pilih saja mana yang sesuai selera.

Untuk gantungan kunci pun ada macam pilihannya. Yang paling menyita perhatian saya adalah gantungan kunci lonceng ini. Ada dua jenis gantungan kunci lonceng yang dijual, ada yang ukurannya lebih besar dan ada yang lebih kecil. Tapi saya suka yang lebih besar karena bunyinya lebih nyaring. Hahahahaha...

Yang saya suka dari Silungkang Art Centre ini adalah model belanja one stop shopping. Semua bisa kita beli disini termasuk makanan. Salah satu makanan yang dijual disini adalah rendang. Saya beruntung sekali karena bisa melihat proses pengemasan rendang. Jadi rendang yang telah matang dimasukkan kedalam alumunium foil dan ditimbang. Setelah itu alumunium foil direkatkan dan dimasukkan kedalam toples. 

Jadilah seperti dalam gambar diatas rendang yang telah dikemas dalam toples dan siap untuk dijual di etalase. Untuk rendang sendiri ada dua varian yang bisa kita pilih, yaitu rendang daging dan rendang paru. Rasanya pun sangat lezat dan isi satu toples lebih dari cukup untuk seluruh anggota keluarga. Sungguh tidak rugi membeli rendang disini.

Sumatera Barat ini sepertinya memang negeri penghasil keripik, rasanya hampir tiap dareah memiliki keripik khasnya masing-masing seperti yang bisa saya lihat di etalase Silungkang Art Centre. Untuk kalian yang penggila keripik siap-siap stress memilih keripik apa yang akan dibeli untuk oleh-oleh. Pasti rasanya ingin memborong semua jenis keripik yang dijual disana. Hahahahahaha...

Jadi kalau sedang berkunjung ke kota Padang, tidak usah bingung memilih tempat membeli oleh-oleh. Karena di Silungkang Art Centre ini oleh-oleh yang kita inginkan tersedia. Bahkan Dendeng Balado Siti Nurbaya yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya juga dijual disini. Langsung saja datang ke :

Silungkang Art Centre
Jl.Imam Bonjol No.15 D-E Padang
Telp. 0751-32119 dan 0751-31544

26 comments:

  1. keliatannya tempat yang baik untuk cari batik selain batik jawa nih... terlepas dari makanannya yang enak enak tuh...

    ReplyDelete
  2. jadi pengen travelling ke padang nih,,hihihi
    mantap juga wisata belanjanya..mahal2 ga bro itu???

    ReplyDelete
  3. pengen sih kesana, tapi tenaga, duit sama restu kadang kkurang beersahabat :)

    salam kenal, follow saya, saya follow

    ReplyDelete
  4. Wow...oleh-olehnya banyak bener macemnya. Pasti mahal-mahal ya. Lucunya yg boneka itu.

    ReplyDelete
  5. hehey, tetep ya sob, berakhir dengan makanan, kira2 bisa grosir kaya jatinegara ga ya sob, hihihi ^^

    ReplyDelete
  6. suka dg kripik itu tapi suka sakit tenggorokan kalo kebanyakan. hiks

    ReplyDelete
  7. bagus juga ya tempatnya, bener2 one stop shopping. segala macem oleh2 ada disana ya...

    ReplyDelete
  8. menarik ya, one stop shopping gitu, dari aksesoris sampai makanan! Unik nih. Di Bali ada sih yang gede semacam ini kalau nggak salah, tapi aku lupa apakah ada makanan atau enggak (makanan kering semacam kripik kalau nggak salah sih ada, tapi nggak tahu kalau yang 'basah' semacam rendang, hmmm)

    ReplyDelete
  9. bonekanya lucu-lucu bisa buat hiasan kamar :D
    rendang paru itu paru direndang ya wuaa pasti enak aku suka banget sama paru :P

    ReplyDelete
  10. aku malah tertarik dengan gantungan kunci berupa genta genta yang biasanya di pasang pada kalung sapi itu, menurutku sangat khas :)

    ReplyDelete
  11. boneka padangnya imut bangeeettt... mas, bikin giveaway maunya. hehehe

    ReplyDelete
  12. keren. tapi kok bonekanya agak serem bagi saya.. :( saya suka loncengnya.. keripik2nya.. hadoy... pengen diborong semua.. (kalo ada duitnya)... apalagi yang keripik pedesnya.. huwaaa... *salto2 dalam baju balet*

    ReplyDelete
  13. Pas SMP setiap Jumat gw make songket. Tapi songket Riau. Kangen.

    Masih ada ga parunya? Mau!

    ReplyDelete
  14. Wah kain nya keren keren mengkilap...
    Hiasan dinding nya juga keren...
    Makanannya kayaknya pas tuh dibawa ke Jepang hehehe....
    Oiya harganya berapaan tuh mas Arie? Mahal2 ga? TUmben ga disebutin harganya :D

    ReplyDelete
  15. suka sama boneka2 yg digantung itu, bagus

    ReplyDelete
  16. lain kali kalo kesana lagi titip rendang sama kainnya masbro, buat emak :D

    ReplyDelete
  17. saya menyesal nyasar kesini :(
    itu lho rendanganya
    kripiknya
    jajanannya
    bonekanya
    semuaaaa jadi pengen
    mosok aku plesir terus?
    kemarin mbaca tulisan pak'e tentang kampung COLO, pengen ke sana juga. doh, jadi makin panjang deh daftar tempat wisata yg mau didatangi ... harus makin rajin nabung klo gini sih :D

    ReplyDelete
  18. wew,, bang goiq liat pembuatanya langsung,, berarti bisa rekomendasikaloitu aman dong ya?

    ReplyDelete
  19. berarti kalau ke padang musti mampi ke sini :)

    ReplyDelete
  20. whaaa, baca postingan ini bikin ambo jadi taragak jo kampuang. Hihihiii. Kangen karupuak padeh, kangen Silungkang, kangen Padang, kangen semuanya! ^^ Tapi aku seumur2 belum pernah tuh nyobain rendang parunya *penasaran*
    Btw, sempet ketemu uda Rian gak mas disana? :D

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen jalan2 ke padang kalo gini mah..

    ReplyDelete
  22. padang? huh... mauuuuu :)

    ReplyDelete
  23. Anonymous3:27 PM

    Klau oleh-oleh padang wuiiih...g bkal puas belanja smuanya ok punya

    ReplyDelete
  24. West Sumatra is the best..
    very2 exited :D

    ReplyDelete
  25. Anonymous4:03 PM

    Onde mande rancank bana mah, mantap tu da

    ReplyDelete
  26. apo koba dunsanak ambo,

    ReplyDelete

Terima kasih....