06 March 2012

Terbang Perdana Bersama Citilink

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan sebelumnya, pekerjaan saya menuntut saya untuk bisa meluangkan waktu mendampingi sahabat-sahabat musisi yang bernaung di bawah management kantor. Tidak heran kalau saya sering bepergian ke banyak kota di Indonesia dengan menggunakan pesawat terbang. Cuma sayangnya kalau bepergian bersama sahabat-sahabat musisi, saya tidak bisa memilih maskapai yang akan saya gunakan untuk bepergian. Maka tidak heran kalau selama ini saya langganan terbang dengan satu atau dua jenis maskapai saja. Walaupun menurut saya terbang dengan satu maskapai dengan maskapai yang lain itu relatif sama saja, tapi saya tetap bernafsu untuk bisa terbang dengan maskapai yang sama sekali belum pernah saya tumpangi sebelumnya.


Suatu pagi di awal Februari saya membuka facebook dan melihat timeline dari Maskapai Citilink yang sedang mengadakan promo tiket murah. Hanya Rp.139.000,- saja untuk sekali penerbangan ke semua rute yang dilayani oleh Citilink. Karena belum pernah naik Citilink sebelumnya, saya pun mencoba keberuntungan untuk mendapatkan tiket murah tersebut. Hasilnya ? Nyaris semua rute yang saya telusuri berhasul mendapatkan harga Rp.139.000,- tersebut. Hanya saja, saya tidak mungkin untuk membeli semua rute tersebut kan ? Akhirnya saya memilih kota Balikpapan sebagai tujuan saya untuk berlibur. Tiket Jakarta-Balikpapan-Jakarta berhasil saya dapatkan dengan harga Rp.278.000,- saja. Dapat tiket murah, hati sayapun senang. Hahahahaha...




Penerbangan saya pagi itu menggunakan pesawat Airbus A320. Ketika masuk pesawat, saya disambut dengan pramugari-pramugari cantik berpakaian casual. Flight siang itu hanya terisi sekitar 75% saja. Tapi semua kursi dipinggir jendela sudah terisi sehingga saya memilih tetap bertahan di kursi bernomor 25C. Saya sengaja tidak makan dirumah apalagi di airport supaya bisa mencicipi in flight meals yang dijual saat penerbangan. Sayangnya saya tidak tahu bahwa di pesawat airbus tidak tersedia fasilitas oven, sehingga makanan yang dijual hanya mie instan dan roti. Menurut pramugari, hanya penerbangan yang menggunakan pesawat jenis Boeing yang menjual makanan berat. Jadi terpaksalah saya mengganjal perut saya dengan mie instan dalam penerbangan berdurasi hampir 2 jam menuju Balikpapan. Nasib.. nasib...

Apapun itu saya senang sekali karena perjalanan ke Balikpapan yang saya lakukan ini mencatat dua sejarah baru sepanjang karir perjalanan saya. Sejarah pertama adalah ini merupakan kali pertama saya menginjak kota Balikpapan dan sejarah kedua apalagi kalau bukan kali pertama saya terbang menaiki pesawat Citilink. Sekali lagi terima kasih untuk Citilink yang akhir-akhir baik hati sekali dengan memberikan promo tiket pesawat dengan harga sangat murah. Saya berharap tahun ini Citilink dapat memperluas rute penerbangan mereka, sehingga target saya berkunjung ke banyak tempat di Indonesia yang belum pernah saya singgahi sebelumnya akan dapat saya wujudukan tahun ini juga. Sukses buat Citilink...

21 comments:

  1. beeuuh.. beruntungnya pertama kali naik citilink langsung dapet A320.. aku beberapa kali naik dapetnya 737-400 PK-GZQ mulu -_____-"

    kalo untuk penjualan makanan harus diakui kalau citilink masih jauh tertinggal dibanding airasia.. sewaktu aku terbang ke makassar itu juga nggak ada hot meals walaupun pakai pesawat 737

    ReplyDelete
  2. @Tri Setyo : lengkap mas, perginya naek airbus, pulang ke Jakartanya naek Boeing.. sayang pas naik Boeing perut saya udah kenyang.. jadi ga napsu mesen in flight meals nya... hahahaha

    ReplyDelete
  3. Aku juga agak penasaran dengan Citilink ini karena ini adalah LCC di bawah nama maskapai full-service, 'unik' juga, hehehe :)

    Dengar-dengar mereka sudah deal untuk menambah armada tahun ini dan dalam beberapa tahun ke depan, jadi rute yang dilayani bakalan makin banyak deh, hehehe :D

    Btw, lucu juga ya di pesawat Airbus A320 mereka malah tidak ada oven padahal (kayaknya) Airbus-nya lebih baru?? Mungkin ini karena Airbus mereka ini memang dari awal difokuskan untuk LCC kali ya (kalau nggak salah, beberapa pesawat Airbusnya ini bekasnya WizzAir, maskapai LCC juga di Eropa yang berbasis di Eropa Timur). Sementara Boeing-nya kan bekasnya Garuda? Hmmm....

    ReplyDelete
  4. @Ejak : kabarnya Citilink tertarik buka rute Jakarta - Palembang. kita tunggu saja
    @Zilko : betul.. tahun ini Citilink akan menambah armadanya dan pelan-pelan mengganti armada Boeing nya. nanti semuanya akan pakai airbus. Cuma aku ngga ngerti juga kenapa di Airbus nya ga ada oven...

    ReplyDelete
  5. wow.. murah banget ya...

    ReplyDelete
  6. Sayang, yang ke Jogja dah ga ada lagi :(

    ReplyDelete
  7. sekali kali ya mbok ajak aku ikut tour guide lo. . . . sapa tau aku bisa jadi artis. . kan dirimu bisa jadi menejernya. . . . .

    ReplyDelete
  8. beruntung atuh mas dapet tiket murah :D kayak airasia suka ada promo di citylink?

    ReplyDelete
  9. @Arman : iya bro, malah ada promo yang lebih murah...
    @Una : oow dulu prnah ada ke Jogja yahh Na ?
    @Susu Segar : hahahahahaha...
    @Ria Nugroho : iya nih, belakangan ni Citilink sering banget ksih promo tiket murah...

    ReplyDelete
  10. jadi sekarang Citilink sudah jauh lebih bagus ya? dulu itu kata temen Citilink kaya bis kota, hahaha...

    saya sendiri belum pernah sama sekali naik Citilink, kebetulan rute2 penerbangan domestik langganan saya Jakarta-Jogja masih belum dilayani Citilink sih. :D

    ReplyDelete
  11. mana foto pramugarinya? mana mana, btw saya juga belum pernah naik citilink looo mas, promo berlaku dari jogja jakarta pp ngga yah?

    ReplyDelete
  12. murah bangettttttttttt >,<

    sayang saya belum pernah naik Citilink :(

    ReplyDelete
  13. wah..bisa jalan-jalan gratis plus murah lagi

    ReplyDelete
  14. memang citilink tetep paling murah ya...saya kebetulan sering naik citilink batam-jakarta.

    ReplyDelete
  15. Whoa, bener juga ya kayanya asyik dapet kesempatan terbang ke kota tertentu pertama kalinya dengan maskapai yg juga baru pertama kalinya dicoba. Hehehe. Murah banget, ya? Pesawatnya kayanya jg bagus. *coba ah liat untuk Semarang-Pekanbaru ada ga yaa?*

    ReplyDelete
  16. wahh beneran murah yach harga pesawatnya......ahh jadi pengen jalan2 naik citilink nech...ngintip ke webnya kali aja ada yg cocok heheh...

    ReplyDelete
  17. pengen....!!! pengen jadi traveler... kapan di palembang ada ya? :(

    ReplyDelete
  18. aku liat2 dan mau booking tapi 139 ribu tiket untuk jepang ke jakarta kok ga ada ya mas arie?
    hahaha *dikeplak :P

    ReplyDelete
  19. secara makanan memang kurang bonafit tuh ya dibandingkan penerbangan lainnya... tapi ok loh harga segitu ya... garuda lagi...

    ReplyDelete
  20. sudah diputuskan pulang ke sby besok tgl 1 coba citilink ajah. mencoba yang baru walaupun bukan 139ribuan lagi harganya. nice post mas

    ReplyDelete

Terima kasih....