12 April 2012

Review Hotel Grand Zuri Palembang

Penyelenggaraan SEA Games yang berlangsung di kota Palembang bulan Desember lalu benar-benar menimbulkan geliat tersendiri terhadap pembangunan infrastruktur kota. Sejumlah pembangunan fasilitas umum terjadi di kota Palembang sebelum maupun pasca pelaksanaan SEA Games. Salah satunya adalah pembangunan hotel berbintang. Diantara sejumlah hotel yang dibangun untuk persiapan SEA Games, salah satunya yang telah rampung adalah Hotel Grand Zuri Palembang. 

Ketika pertama kali saya tahu adanya pembangunan hotel berbintang di kawasan Jalan Rajawali, saya sempat sedikit heran. Karena Jalan Rajawali, selama ini adalah kawasan pemukiman. Bukankah orang-orang lebih suka memilih hotel yang dekat dengan pusat kota atau keramaian kota ? Tapi saya tepis pemikiran tersebut ketika melihat progres pembangunan hotel ini yang berjalan sangat cepat. Kalau saya tidak salah, kurang dari satu tahun hotel ini telah selesai dibangun dan siap beroperasi melayani para tamu. Maka rasa penasaran yang besar menuntun saya untuk menginap di hotel ini.

Ketika saya melangkahkan kaki masuk kedalam lobby, saya cukup kagum dengan interiornya yang terkesan mewah. Kalau melihat status hotel yang sempat saya baca di media, Hotel Grand Zuri ini adalah hotel berbintang 3 dengan pelayanan sekelas hotel bintang 4. 

Meja resepsionis terlihat lebih bagus dimalam hari. Hanya saja meja resepsionis nya terlihat penuh sekali dengan berbagai piala dan aksesoris lainnya yang diletakkan diatas meja. Padahal kalau piala-piala tersebut diletakkan disebuah rak pajang tersendiri mungkin akan lebih baik dan yang pasti bisa dilihat oleh para tamu yang akan menginap. Petugas resepsionisnya sangat ramah, hanya saja menurut saya pelayanannya agak lama ketika saya akan check in. Mudah-mudahan hal itu bukan sesuatu yang sifatnya rutin. 

Entah kenapa saya kurang suka dengan sofa yang berada di lobby. Terlalu minimalis kalau menurut saya. Saya lebih suka kalau diganti dengan sofa besar yang empuk sehingga menunggu proses check in atau check out pasti akan lebih santai dan menyenangkan.

Hotel ini memiliki koridor yang bersih dan lantainya dilapisi karpet. Pencahayaannya juga tidak terlalu remang-remang. Sehingga kalau kebetulan pulang kemalaman, tidak terlalu horor jalan sendirian di koridor hotel ini. Hahahahaha... Ukiran kayu yang dipajang dengan rapi sepanjang lorong memberikan kesan elegan.

Kamarnya sangat menyenangkan dengan kasur yang empuk, pendingin ruangan yang berfungsi dengan baik, LCD TV dengan saluran tv kabel yang sangat baik gambarnya. Lantai kamar dibalut dengan karpet yang tebal sehingga saya tidak perlu selalu memakai sendal untuk menginjak lantai yang dingin. Selain itu terdapat mini bar yang menyediakan beberapa jenis minuman dan pilihan makanan ringan.

Kamar mandinya berukuran sedang dan tertata dengan baik. Shower pun mengalir dengan deras, sesuatu yang sangat saya suka kalau mandi di hotel. Perlengkapan mandi yang tersedia pun cukup komplit. Betah berlama-lama mandi disini. 

Saya cukup beruntung mendapat kamar dilantai 3 dimana beberapa fasilitas hotel seperti kolam renang, gym dan spa berada dilantai yang sama. Sayapun dengan leluasa menjelajah beberapa fasilitas hotel tersebut. Ada dua kolam renang yang terdapat di Hotel Grand Zuri Palembang. Satu kolam berukuran besar untuk orang dewasa dan satu kolam berukuran kecil yang saya pikir mungkin untuk anak-anak. Hanya ada beberapa kursi malas yang tersedia dipinggir kolam. Fitness Center nya berada tepat disamping kolam renang, dan saya lihat alat-alat nya cukup komplit. Sayangnya saya tidak punya cukup waktu untuk nge-gym disana. Mungkin lain kali bila ada kesempatan menginap lagi.

Foto ini diambil dari website Hotel Grand Zuri 
Setelah menjelajah kolam renang, saya melangkahkan kaki saya ke Zuri Lounge yang berada di lantai 2. Dari lobby hotel bisa menggunakan tangga atau bisa naik lift disamping meja resepsionis. Duduk-duduk di lounge ini sembari menikmati orange juice dan memandang ke arah jalan Rajawali diwaktu sore memang mantap. 

Foto ini diambil dari website Hotel Grand Zuri 
Sarapan pagi Hotel Grand Zuri Palembang berada di Cerenti Coffee Shop yang berada di sebelah kanan pintu masuk hotel. Tempatnya cukup luas dan pilihan menunya juga beragam. Sayangnya pagi itu saya lupa membawa BB saya, sehingga tidak sempat foto-foto makanan seperti biasanya.

Sesuai permintaan teman-teman blogger yang minta saya mencantumkan rates harga setiap kali mereview hotel, berikut saya lampirkan publish rates Hotel Grand Zuri Palembang yang saya ambil dari website mereka :

Superior        IDR 812,515 ++
Deluxe          IDR 908,105 ++
Junior Suite   IDR 1,875,500 ++

Untuk yang ingin menginap atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai hotel ini berserta fasilitasnya, silahkan saja hubungi :

Jl Rajawali no.8,Palembang 30113,Sumatra Selatan, Indonesia
(t) +62 711 313800
(f) +62 711 313900
(e) reservation.plm@grandzuri.com

33 comments:

  1. thanks gan sharingnyaaa

    ReplyDelete
  2. iya bener mas, sofa di lobby nya keliatan ngga nyaman, ngga ada senderannya

    ReplyDelete
  3. kayaknya jalan rajawali bakalan jadi kawasan bisnis. banyak bangunan kantor, bank dan pertokoan yang baru buka disini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum lagi kalo mall nya jadi, kabarnya hotel Harris juga bakal buka disana

      Delete
  4. seneng ya....kerja bisa jalan2 kemana2 :)

    ReplyDelete
  5. Aku setuju, sofanya kelihatan kurang nyaman ya buat duduk-duduk (karena nggak ada senderannya, hehehe :D).

    Harganya cukup lumayan mahal juga ya, hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma harga publish rates aja kok, aslinya aku dapet lebih murah :)

      Delete
  6. semalam 800 ribu? mahal amat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu harga publish rates hotel bro. pas kesana aku cuma bayar Rp.440.000 saja kok :)

      Delete
  7. tinggalnya di hotel bagus bagus... yang ini ratenya sedikit lebih mahal dari yang biasanya di review..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo berdasarkan publish rates sih begitulah bro, tapi kalo berdasarkan kenyataan yang harus dibayar kayanya ngga beda sama hotel-hotel yang pernah aku review sebelumnya :)

      Delete
  8. Harganya muantaff pisan bro :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... kalo lihat harga publish rates nya sih memang mantap kak Iman. Untungnya aku ngga harus bayar segitu.

      Delete
  9. Sofanya ga ada senderannya gitu yak, ga enak hihi...
    Cieee komen di sini direply sekarang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... Insya Allah bakal terus di reply kok komennya :)

      Delete
    2. Okeee deh Mas Gayus, wkwkwk... :P

      Delete
    3. hahahahahahahaha... kamu orang kesejuta yang bilang aku mirip Gayus... *ngakak lagi*

      Delete
  10. interiornya tampak elegan banget ya sob :D

    ReplyDelete
  11. cukup bagus, tapi ada penampakan chitato, anti makanan itu anak2ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kalo nginep disana Chitato nya dimakan dulu sama mbak Lidya.. hahahaha

      Delete
  12. bagus ya hotelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hotel punya kelebihan dan kekurangan masing-masing...

      Delete
  13. gede juga hotelnya *_*
    hehe

    ReplyDelete
  14. bagus bnget hotelnya

    ReplyDelete
  15. Hotel mana sih belum kamu cobain mas?
    Aku pengen nginep di situ, bagus banget e. Aku pengen ke Palembang :D

    ReplyDelete
  16. Paling males kalau sofa ga ada sanderannya. Tapi, kolam renangnya asik. Walaupun hujan masih bisa tetap berenang

    ReplyDelete
  17. Anonymous6:35 PM

    Tau gak tempat makianan yang enak, tapi bisa di reach kalau naek becak.
    THanks

    ReplyDelete
  18. wah boleh buat refernsi nih

    ReplyDelete
  19. Anonymous11:04 PM

    Makanan dan minuman di minibar nya itu gratis ya mas?

    ReplyDelete

Terima kasih....