06 May 2012

Hanya Sebuah Jawaban Atas Pertanyaan

Ajang Indonesian Idol 2012 Jumat malam yang lalu telah memasuki minggunya yang ke-4. Semua yang menonton acara ini sepertinya sudah mula memilih siapa yang mereka dukung. Bila awalnya masih galau antara kontestan A atau B, sekarang mungkin sudah semakin mantap menentukan siapa yang akan dijagokan. Saya sendiri yang sempat absen memantau ajang ini dua musim sebelumnya, entah kenapa musim ini belum absen menyaksikan babak spektakulernya.  Sama seperti sebelumnya, saya tidak pernah mendukung salah kontestan sebagai jagoan. Hanya saja bila ditanya siapa yang paling saya suka diantara para kontestan yang tersisa, ada 4 orang kontestan yang mencuri perhatian saya sebagai penikmat musik awam.

Bagi banyak orang, Febri mungkin hanya pelengkap di ajang Indonesian Idol. Tapi buat saya Febri adalah sesuatu. Mungkin Febri masih kalah soal teknik vokal dari Regina atau Sean, tapi karakternya justru semakin kuat dari minggu keminggu. Diantara semua kontestan Idol 2012, buat saya yang progress nya paling oke selama 4 minggu babak spektakuler adalah Febri. Banyak orang yang kurang suka dengan caranya bernyanyi, tapi saya sangat suka bagaimana dia menaklukkan setiap lagu yang dia bawakan. Membuat lagu yang dibawakan penyanyi terkenal dengan karakter vokal yang kuat seperti Tantri Kotak, Charly ST12 dan Agnes Monica menjadi totally different dengan karakter suaranya yang unik dan mirip karakter suara sejumlah penyanyi top dalam dan luar negeri. Ditambah lagi Febri selalu menyanyikan lagu yang dibawakannya dengan penghayatan maksimal. Buat penikmat musik awam seperti saya, membuat lagu menjadi enak didengar, tidak membosankan dan pesan yang disampaikan dari lagu tersebut dapat diterima dengan baik oleh penikmat musik itu sangat penting.

Eksotis.. itulah kesan pertama saya melihat sosok gadis berusia 16 tahun bernama Sean ini. Kualitas vokalnya yang luar biasa sepertinya tidak perlu diragukan mengingat bakatnya yang telah terasah sejak dia masih kecil.  Dukungan keluargapun seolah memantapkan jalannya untuk tampil prima. Ditambah lagi dengan menguasai alat musik yang seolah menyempurnakan talenta bermusiknya. Sean ini tahu benar memberikan kejutan-kejutan yang disukai oleh penikmat musik awam seperti saya. 

Regina ini sepertinya favorit juara hampir semua penonton. Memilki kualitas suara dan teknik vokal yang saya pikir paling baik diantara kontestan lainnya. Kalaupun ada komentar yang bernada kritik dari para juri mengenai Regina, mungkin karena mereka ingin melihat Regina menyanyikan lagu dengan tempo cepat sebaik yang dia bawakan jika menyanyikan lagu-lagu ballad. Regina berhasil memberi warna tersendiri dalam penyelenggaraan Idol tahun ini dengan kedahsyatan suaranya. 

Pertama dengar Dion menyanyi saat audisi, saya percaya dia akan menjadi salah satu kontestan babak spketa. Kemampuannya membawakan lagu dengan ekspresi yang sangat baik membuatnya menjadi idola baru dalam sekejap. Membawakan beberapa lagu yang di aransmen sesuai dengan karakternya dan menjadikan lagu itu seperti sebuah lagu yang belum pernah ada sebelumnya menurut saya sesuatu yang hebat. Hanya saja jika Dion terus-terusan tampil seperti ini tanpa ada perubahan yang berarti, saya kuatirkan pemirsa akan menjadi bosan. Apalagi kontestan yang lain terus berbenah untuk menyajikan sesuatu yang baru dan mengejutkan. 

Sekali lagi ini bukan sebuah penilaian apalagi menjagokan secara khusus. Ini hanya menjawab sebuah pertanyaan siapa yang saya suka dari sekian banyak kontestan. Dan inilah jawaban saya...

NB : Semua foto saya ambl dari website Indonesian Idol

23 comments:

  1. Meski aku nonton Idol cuma dari yutub hihi, menurutku Dion lama-lama mbosenin... pesonanya di awal doang. Suaranya biasa aja, aransemen lagunya aja yang bagus. *hihihi*
    Kalau Febri aku malah takut nontonnya, suara dia gitu sih... kayak gimana ya... ngayun kayak mau fals tapi gak fals, ahahaha piye tuh ya, tapi menurutku dia keren :-bd
    Regina sama Sean juga keren. Lainnya aku gak tau hehe.
    Eh Yoda tau ding, rambutnya oke tuh. Bisa buat nyimpen apa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nehhh di una bisa jadi juri nih =P

      Delete
  2. aku suka sama Sean & Regina. kemarin pas pengumuman tereliminasi ketiduran :) terpaksa nonton Rerun nya nih hari ini

    ReplyDelete
  3. Saya ga pernah nonton, ga punya tipi. *sapa yang nanya elu?*

    ReplyDelete
  4. Saya dukung yang nomer 2 dari atas bang, soalnya cantik hahahaha...

    ReplyDelete
  5. Hahaha, aku sih nggak nonton *iyalah* tapi beberapa kali pernah ngintip di Youtube. Regina memang oke ya suaranya, khas powerhouse gitu. HANYA SAJA, dia juga harus berhati-hati karena beberapa kali penyanyi powerhouse itu terdepak loh di satu titik (kayak season lalu ada penyanyi powerhouse, Tesa, dan dia tereliminasi di 5 besar; di season 1 Nania juga terdepak di 3 besar).

    ReplyDelete
  6. mas qoiq,.. febri itu masih sodara dengan ku lhoo...
    hehhee,,,

    makasih dah mereview dan di pampang paling atas...

    ReplyDelete
  7. Suka sekali sama dion, gayanya dalam bernyanyi memang unik.

    ReplyDelete
  8. yang kali ini benar benar ga bsa ngikutin nih... padahal dulu semua episode pasti ikut.. tv sudah di jajah sama anak :)

    ReplyDelete
  9. wew, saya nonton idol cuma di youtube, dan blm tahu liat episode yg baru kemarin sob, tapi semuanya okeh2 sih :D

    ReplyDelete
  10. ga ada satupun yang gw kenal, abis udah ga pernah nonton indonesian idol. bosen gitu lama2 hihihii...
    kapan ya ada The Voice Indonesia, pasti seru tuh :p

    ReplyDelete
  11. Regina sama Sean mantap noh. . hha

    ReplyDelete
  12. Saya nggak ngikutin acara pencarian bakat nyanyi ini, tapi suka dengerin dan lihat-lihat videonya di youtube.

    Sean dan Dion saya suka.

    ReplyDelete
  13. Sudah cukuplah yah, saya berkomentar di linimasa kerap kali acara ini dimulai. Nyahaha. Aku tetap mau Febri dan Dera yang out. =))

    ReplyDelete
  14. Duh jadi ga enak ternyata mas Arie jagoin Febri... aku ama ucha pengin Febri keluar. >.<
    Febri emang berkarakter sih mas Arie... apalagi tiap tampil slalu punya ciri khas pake topi. Tapi ada something yg bikin kurang suka. *no offense ya mas Arie.
    Untuk Dion aku setuju mas Arie... Emang keren tapi lama2 gaya nyanyinya bisa ditebak. Semenjak spekta 2 mulai agak jenuh dgn gaya nyanyi nya...

    ReplyDelete
  15. kalau dari teknik vocalnya tentu saja saya suka regina, tetapi saya suka wajah febri, hehehe

    ReplyDelete
  16. Wow suka nonton indonesian idol juga yah :)

    ReplyDelete
  17. SEAN dan GINA yang ditunggu2, kalau Dion ya begitu deh, bisa ketebak lagunya akan begitu hehe

    ReplyDelete
  18. Ih kok sama sih. Ini 4 orang yang memang paling saya jagokan. Terutama Sean sih hehehe.

    Etapi Rosa juga makin keren kok dari minggu ke minggu. Suaranya yang serak-serak itu khas banget :D

    ReplyDelete
  19. aku ga nonton idol... sayang kalau pemenang ditentukan oleh sms, ga adil

    ReplyDelete
  20. gw sih cuma berharap untuk Indonesia Idol 2012 yang ngevote lewat sms telinganya gk pada budeg....jgan milih finalis yang benar" buat jadi idola indonesia itu bkn cuma karna gaya dan tampang doang tapi sharusnya dengerin kualitas suara dan teknik vokal mereka

    dan gw berharap Regina atw Sean yg bakal go to final

    ReplyDelete
  21. Aku ngedukung Sean!

    ReplyDelete
  22. siapapun pemenangnya saya harap adalah yang terbaik untuk indonesia :)

    ReplyDelete

Terima kasih....