29 June 2012

Pertama Kali Naik Pesawat Propeller

Akhirnya perjalanan dinas saya ke 5 kota di Sumatera dan sekitarnya berakhir juga tadi malam. Sebenarnya ada niat untuk langsung posting blog saat berada di hotel yang saya inapi. Akan tetapi rasa lelah karena pekerjaan membuat saya cepat sekali terlelap saat tiba dikamar hotel. Maka tidak ada satupun postingan yang berhasil update selama dalam perjalanan. Banyak sekali cerita dan pengalaman baru yang saja jumpai dalam perjalanan dinas kali ini. Salah satunya adalah pertama kali saya naik pesawat propeller. 

Dari kecil saya suka naik pesawat, bahkan sempat bercita-cita ingin menjadi pilot atau crew airlines supaya saya bisa melihat pesawat setiap hari dari dekat. Sejak kecil pula, orang tua saya selalu mengajak kami  sekeluarga bepergian dengan menaiki pesawat terbang. Anehnya, walaupun saya suka pesawat dan sudah puluhan kali naik pesawat tapi saya tidak pernah benar-benar merasa nyaman terbang dengan pesawat. Hanya saja rasa suka dengan pesawat itu berhasil mengalahkan ketidaknyamanan saya bepergian melalui jalur udara. Buktinya ketika saya harus terbang ke Batam via Palembang dimana ada dua maskapai yang melayani penerbangan langsung dirute tersebut, saya memilih Wings Air yang notabene mengoperasikan pesawat  propeller dibandingkan dengan Batavia yang menggunakan pesawat Boeing. 

Bagi banyak orang, naik pesawat propeller itu mungkin menakutkan. Kalau ada pilihan lain dibandingkan naik pesawat propeller mungkin orang lain akan memilih pesawat jenis lainnya. Hal tersebut sebenarnya juga saya rasakan sendiri. Tapi sekali lagi, rasa cinta saya dengan pesawat terbang membuat saya menyingkirkan rasa takut itu. Ketika panggilan boarding berkumandang, saya sudah berada dibarisan paling depan. Saya ingin jeprat jepret pesawat sepuasnya dari kamera ponsel saya. Saking asyiknya foto, beberapa orang sudah mendahului saya masuk kedalam pesawat. Hahaha... Untuk pesawat ATR 72-500 yang dioperasikan oleh Wings Air ini, kita masuk kedalam pesawat hanya melalui pintu belakang. Konfigurasi tempat duduknya adalah dua kursi sebelah kiri dan dua kursi sebelah kanan. Tempat bagasi diatas tempat duduknya sangat sempit sehingga ransel saya harus dititipkan kepada pramugari dibelakang pesawat dan diambil dibawah tangga saat pesawat telah mendarat. 

Pada saat pesawat berjalan menuju landasan, saya merasa seperti tidak sedang naik pesawat terbang. Karena saya merasa pesawat ini sangat pendek sehingga lebih merasa sedang naik bus saja. Setelah terbang, barulah saya merasakan seperti sedang naik pesawat yang sesungguhnya. Pada saat penerbangan, saya nyaris tidak merasakan kalau sedang menaiki pesawat propeller. Rasanya beda tipis saja ketika saya menaiki pesawat Boeing. Saya juga baru tahu kalau dipesawat Wings Air ini menjual makanan berat. Penumpang disebelah saya membeli makanan yang dari baunya seperti ayam goreng di restoran siap saji. Dalam perjalanan dinas ke 5 kota ini, saya sempat dua kali menaiki pesawat propeller Wings Air ini. Pertama dari Palembang menuju Batam dan kedua dari Batam menuju Pekanbaru. Awalnya saya ingin sekali mencoba naik pesawat propeller Fokker 50 yang dioperasikan oleh maskapai Pasific Royale untuk rute Batam menuju Pekanbaru, sayangnya jadwal penerbangan Pasific Royale menuju Pekanbaru hanya ada di sore hari yang artinya tidak cocok dengan jadwal dinas saya. Mudah-mudahan lain kali saya punya kesempatan untuk mencobanya...



33 comments:

  1. aku belum pernah naik pesawat kecil :) serem ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga serem kok mbak.. biasa aja ternyata :)

      Delete
  2. Bedanya apa sama pesawat biasanya keliatannya serem yak =-="

    comment back dan saya follower ke 56 ditunggu balik ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga serem kok.. semuanya biasa aja kok :)

      Delete
  3. berasa naik bus terbang :)) hahaha okeh bisa dibayangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas didarat iya berasa naik bus, tapi pas udah terbang mah udah sama aja kaya naik peawat jet

      Delete
  4. Saya naik pesawat berbaling baling ini dari Pontianak ke Ketapang Kalbar. Pesawat yang dari Ketapang ke Jakarta bagi saya kenyamanannya beda tipis dengan pesawat jet, karena pesawat yang saya tumpangi itu kursinya 3 buah sebelah kanan dan 2 buah sebelah kiri. Soal makanan juga di pesawat yang saya tumpangi itu tidak ada dijual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesawat ATR yang saya naiki pun kenyamanannya beda tipis dengan pesawat jet..

      Delete
  5. Ane malah belum pernah naek pesawat Mas Bro... :D
    Hadir perdana di mari dengan berbagi MP3 Inspiratif Bag. XIV, direview ya Sob... Thanks, Salam bLogger,

    ReplyDelete
  6. serem ga tuh naik pesawat sekecil itu... kaykanya pengalaman yang menarik ..... update dong rasanya didalam pesawat itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU! Update dong selama di dalam. Aku aja ngebayanginnya serem

      Delete
    2. rasanya didalam pesawat sama aja kok kaya kita naik pesawat jet. bedanya jumlah kursinya aja yang gak sebanyak pesawat jet sama ada baling-baling yang berputar terlihat disamping sayap.

      Delete
  7. mantaps kali bang, ajakin saya donk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleeeh.. yuk kita traveling bareng :)

      Delete
  8. berarti nasibnya sama seperti saya mas, pertama kali naik pesawat baling2 ya dengan wings air. udah dari dua tahunan yang lalu kayaknya.. kalo saya sih seneng banget nyobain tipe pesawat yang belum pernah saya naikin, apapun jenisnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyalaaah.. kita kan anak indoflyer.. naek macem macem pesawat itu kaya udah jadi cita-cita yang kudu diwujudkan.. hahahaha

      Delete
  9. selama ini saya seringnya naik pesawat jenis boeing...tapi penasaran juga nih kepengen nyobain naik yang propeller...pasti cukup berkesan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet.. kesan pertama itu biasanya selalu bikin panas dingin... hahahaha

      Delete
  10. wew, jadi lebih tersa mirip bus ya, hmmm, cape ya sob, 5 kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cape banget bro, apalagi asmaku sempet kambuh. untungnya semua berjalan lancar :D

      Delete
  11. wah pasti sensasinya beda bgt sama pesawat boeing yg biasa dipakai,,
    asik dunk klw gt,,
    kpan ya sya bisa naik psawat bgitu,,,

    ReplyDelete
  12. gua pernah sekali tuh naik pesawat propeler. kalo gak salah dari jkt ke semarang. rada lupa maskapai apa tapi rasanya sih merpati.

    ampun dah, mau ngobrol aja susah karena berisik bagnet suaranya di dalem pesawat. huahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang ATR kemaren sih ga berasa bising sih Man.. apalagi pas udah di angkasa.. semua sama aja kaya naik pesawat jet

      Delete
  13. Jadi inget, mamaku juga suka keberatan kalo harus jalan2 trus pesawatnya adanya cuma pesawat kecil, takut kata Beliau. Selama di atas ga ada masalah mas dengan guncangan?

    Btw, ke Pekanbaru?? Aaah, kok gak bilang2 sih? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga lupa Niek kalo kamu sekarang di Pekanbaru.. hahahaha

      Delete
  14. great experience kk ;))

    ReplyDelete
  15. lain kali coba naik hercules bro, hehehe

    coba rasakan sensasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen banget bro... mudah-mudahan ada kesempatan buat ngerasain naik hercules

      Delete
  16. Anonymous3:24 PM

    haha, idem mas, saya pertama naik pesawat propeller pake wings dari denpasar ke surabaya, pas ujan deres + angin kencang perut serasa dikocok-kocok (padahal kalo lagi tenang gak kerasa apa-apa), apalagi waktu itu stress gara-gara delay hampir 2 jam dan istri lagi di kamar besalin mau melahirkan, jadi paniknya berkali lipat

    ReplyDelete
  17. Dah lama ga naik pesawat, terakhir tahun 90-an

    ReplyDelete

Terima kasih....