25 July 2012

Menginap Di Zuri Express Hotel Palembang

Banyak yang bertanya-tanya kenapa saya tidak pernah membuat review hotel-hotel yang tarifnya murah yang cocok untuk traveler berbudget minim. Sebenarnya bukan karena saya tidak mau atau gengsi menginap di hotel murah, tapi kesempatannya tidak terlalu sering mengingat beberapa perjalanan yang mengharuskan saya menginap di hotel adalah perjalanan dinas yang hotelnya sudah ditentukan atau ada standar hotel yang ditetapkan oleh kantor saya. Jadilah beberapa review hotel yang sudah terposting di blog ini kebanyakan adalah review hotel berbintang. Faktanya beberapa perjalanan pribadi yang pernah saya lakukan, tidak sedikit yang memanfaatkan jasa hotel-hotel kelas melati. Hanya saja mengingat saya baru menekuni review hotel ini kurang lebih setahun belakangan, beberapa hotel kelas melati yang pernah saya inapi tidak terdokumentasi dengan rapi seperti sekarang. Nah salah satu hotel budget yang pernah saya inapi dan kebetulan dokumentasinya cukup baik adalah Zuri Express Hotel Palembang.

Zuri Express Hotel Palembang ini merupakan hotel budget milik Grand Zuri grup. Sebelumnya saya sudah pernah menginap di Grand Zuri Hotel Palembang sekitar bulan April yang lalu. Hotel ini berada di jalan Dr.M.Isa yang tidak terlalu jauh dengan keberadaan Grand Zuri Hotel Palembang. Memasuki hotel, kita akan disambut dengan tulisan Zuri Express yang cukup besar dan berwarna warni. Kalau dari depan hotel berlantai 3 ini terlihat kecil, tapi setelah kita masuk barulah kita tahu kalau hotel ini memanjang kebelakang. Seperti kebanyakan hotel budget, permainan warna sepertinya juga ingin ditonjolkan oleh hotel Zuri Express ini.

Lobby tidak terlalu besar dan didominasi oleh meja resepsionis yang cukup besar. Padahal menurut pemikiran saya, hotel budget rasanya tidak perlu punya meja resepsionis yang terlalu besar. Lebih baik baik meja resepsionisnya dikecilkan dan diganti dengan sofa untuk menambah sofa di lobby yang jumlahnya hanya 2 buah. Saya suka dengan warna dinding lobby yang cerah. Hari itu saya mendapat harga kamar promo sebesar Rp.295.000,- . Cukup murah bukan ?

Koridor menuju kamar hotel lebih didominasi dengan warna putih dengan pencahayaan yang terang benderang. Tidak perlu merasa ngeri kalau terpaksa harus pulang larut malam dan melintasi koridor ini.

Walaupun kamarnya berukuran kecil, yang saya suka dari Zuri Express Hotel ini adalah penataan kamarnya yang cukup apik dan kebersihannya yang terjaga.Tempat tidurnya sangat empuk dan pendingin ruangannya juga berfungsi dengan baik.Sebuah poster dalam bingkai bertuliskan santai dengan huruf i yang banyak seolah menyiratkan kita untuk melepaskan kepenatan dalam kamar ini. TV LCD dalam kamar yang menampilkan gambar dengan kualitas prima melengkapi proses santai saya didalam kamar. Hanya saja mengingat bahwa ini adalah hotel budget, lupakan fasilitas mini bar dan telepon dalam kamar.

Kamar mandinya hanya menyediakan sikat gigi, pasta gigi dan shower cap saja di wastafel, sementara di shower box tersedia sabun dan shampoo cair yang sudah diletakkan pada tempatnya. Air panas berfungsi dengan baik dan semprotan air pada shower juga maksimal. Senang bisa mandi disini...

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, tidak ada pesawat telepon didalam kamar hotel. Tapi tidak usah kuatir repot bila ingin menghubungi resepsionis atau petugas hotel lainnya, karena disetiap lantai tepatnya didekat lift disediakan pesawat telepon.


Sarapan pagi mengambil tempat di Brasserie Cafe yang terletak dibagian depan bangunan hotel. Sedikit info, Brasserie Cafe ini adalah cafe lokal yang telah memiliki nama besar di kota Palembang yang menyajikan roti dan makanan berat. Setidaknya saat ini di Palembang telah ada beberapa cabang Brasserie Cafe dan salah satunya berada di Zuri Express Hotel ini. Sarapan pagi disini tidak dalam bentuk prasmanan. Resepsionis akan memberikan kita kupon sarapan, dan pihak Brasserie Cafe akan memberikan daftar menu yang boleh kita pilih. Pagi itu saya memilih menu nasi goreng mengingat saya cukup lapar dan aktivitas saya hari itu juga cukup padat. Rasa nasi gorengnya sangat lezat karena perut saya sangat lapar ditambah lagi makanan yang langsung dimasak begitu ada pesanan.

Demikianlah pengalaman saya menginap di Zuri Express Hotel Palembang. Jika teman-teman kebetulan sedang berkunjung atau liburan ke Palembang dan butuh hotel bagus dengan harga yang cukup terjangkau bisa datang langsung ke :

Jl Dr. M. Isa no 988
Palembang 30114, Indonesia.
(t) +62 711 710 800
(f) +62 711 715 533
reservation.plm@zuriexpresshotels.com

22 comments:

  1. mas itu harganya nett? termasuk BF? lha kok murcee yahh, bagus pulak hotelnya
    kapann ya bisa ke Palembang *mupeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ties, harganya nett itu dan termasuk sarapan.. ayok ke Palembang :D

      Delete
  2. menu sarapannya standar ya dikebanyakan hotel nasi goreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam daftar menunya ada pilihan lain kok mbak selain nasi goreng. cuma saya lebih memilih nasi goreng karena lebih kenyang menurut saya.. hehehehe

      Delete
  3. Wah, benar-benar hotel budget banget ya!! Andai di Eropa bisa menemukan hotel dengan fasilitas seperti ini dengan harga yang nominalnya segitu, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada di Eropa kabarin yah Ko...

      Delete
  4. huwahhh palembang yaaa....
    kapan-kapan ke banjarmasin mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah pernah kok ke Banjarmasin :D

      Delete
  5. levelku untuk baca baca review hotel kelas budget mas, lebih cocok buat backpacker, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan gitu mas.. siapa tau next roda berputar dan kamu jd pimpinan trus dinas dinas ke daerah dengan budget hotel berbintang dari kantor :D

      Delete
  6. untuk kamar seperti itu dan fasilitasnya ok punya 295 sih cukup murah... walaupun cuma promo loh ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan harga promonya ada terus :)

      Delete
  7. Waaah kok murah tenan hotelnya, dengan kamar yang lucu seperti itu,...catet aaah kali aja mau ke Palembang...Amiin Hehehhehe :)

    ReplyDelete
  8. wah ok banget ya.. murah banget dan hotelnya bersih.
    cuma koridornya putih gitu kok jadi kayak rumah sakit gak sih? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa... iya juga yah man mirip koridor rumah sakit

      Delete
  9. mini bar seharusnya ga perlu lah... indonesia kan mayoritas muslim... jadi tamu hotel (terutama asing sebaiknya beradaptasi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama gak ambil minuman alkohol nya aku pikir sih gpp juga lah... kan di mini bar ada minuman lain yang non alkohol

      Delete
  10. hotel grand zuri tuh dimano e kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Grand Zuri di jalan Rajawali

      Delete
  11. Cakep euy. Pernah sih ke Palembang tapi nginap di sekitar IP, jadi gak tau kalo ada hotel bagus begini. Semoga lain waktu ke Palembang bisa nginap di hotel itu.

    ReplyDelete
  12. Saya juga pernah menginap di Zuri Express.. Kebersihannya Benar2 Diperhatikan, Resepsionisnya Sangat Membantu.. Kalo Ke Palembang Memang Patut Dicoba Mampir Ke Zuri Express..

    ReplyDelete

Terima kasih....