27 September 2012

Semarang dan Tembalang Fest 2012

Akhir pekan lalu kembali saya harus berkemas-kemas melarikan diri dari hingar bingar kota Jakarta. Tujuan saya adalah kekota yang Semarang yang sudah 3 tahun tidak saya singgahi. Seperti kebanyakan perjalanan saya sebelumnya, kali inipun saya kembali terbang menggunakan penerbangan pagi dan untuk kali kedua saya terbang dari Terminal 3.

Baiklah karena ini adalah kali kedua saya terbang dari Terminal 3, maka masih boleh norak sedikit kan yah ?  Beberapa koleksi foto Terminal 3 yang pernah posting sebelumnya kali ini semakin lengkap dengan beberapa tambahan foto dari beberapa sisi yang belum saya abadikan sebelumnya. Saya semakin mengagumi Terminal 3, apalagi bila lantainya semua dibalut dengan karpet seperti diruang tunggu penumpang. Pasti akan semakin keren. Oh ya pagi itu saya mendapat kejutan kecil dengan bertemu oom saya dan keluarganya yang akan berlibur ke Bali. Lucunya oom dan tante saya pergi dengan menggunakan pesawat yang terpisah dengan sepupu saya. Oom dan tante saya terbang dengan menggunakan Lion Air yang baru saya tahu khusus flight ke Bali sekarang sudah mulai nongkrong di Terminal 3, sedangkan sepupu saya bersama suami dan anaknya terbang dengan menggunakan tiket promo Air Asia. Jadi pagi itu kami bertemu di Terminal 3 dan akan terbang dengan 3 flight yang berbeda. 

Pagi itu saya terbang dengan menggunakan pesawat Air Asia. Saya tidak mendapat tiket promo seperti biasanya karena memesan tiket sudah mendekati hari H, akan tetapi harga yang saya dapatkan relatif masih lebih murah dibandingkan dengan maskapai lainnya. Pada saat memesan tiket niatnya saya ingin langsung pree-book meal Nasi Lemak Pak Naseer yang jadi salah satu menu andalannya Air Asia. Tapi saya putuskan untuk memesan dipesawat saja walaupun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Pertimbangan saat itu takutnya saya terlalu mengantuk untuk sarapan pagi dipesawat. Faktanya saya kelaparan berat dan memutuskan untuk memesan nasi lemak dalam penerbangan. Tapi yang ada saya kecewa karena dalam penerbangan kurang dari 60 menit Air Asia tidak menjual makanan berat. Hot Meals hanya diberikan untuk para penumpang yang telah memesan via website. Jadilah saya kecele dan terpaksa berpuas hati memesan pop mie saja. Tahu begitu pesan online saja dong yah ??? 

Pesawat saya mendarat di Semarang 10 menit lebih awal dari schedule. Dibandingkan 3 tahun lalu saat pertama kali mendarat di Ahmad Yani International Airport Semarang, saya merasa airport ini lebih dingin. Sisanya tidak terlalu banyak yang berubah. Saya sempat melihat gambar pengembangan bandara yang saat ini sedang dilakukan. mudah-mudahan bandara baru segera selesai dan tahun depan saya bisa mendarat dibandara baru yang jauh lebih modern. Saya mendapat info dari beberapa teman, bahwa taksi bandara relatif lebih mahal harganya. Kalau mau mendapat taksi yang harganya jauh lebih murah, kita harus berjalan kaki sedikit keluar dari areal bandara. Sedangkan jika ingin naik angkutan umum kita harus berjalan lebih jauh lagi sampai bundaran tempat angkutan umum berlalu lalang. Diluar taksi bandara, argo taksi-taksi lain yang beroperasi di Semarang seperti Blue Bird, Ekspress, Atlas, Kosti dan lain-lain relatif sama. Karena saya minim info seputar angkutan umum menuju kota, saya memutuskan naik taksi ke hotel. Saya hanya membayar Rp.20.000,- . Menurut info teman-teman saya, kalau naik taksi bandara harganya bisa 2 kali lipatnya. Oh ya sedikit info, kalau ingin berjalan-jalan menggunakan taksi, ada beberapa operator taksi yang menetapkan pembayaran minimal sebesar Rp.15.000,-. 

Jadi kedatangan saya ke Semarang kali ini untuk memenuhi undangan sahabat saya Asmarie hadir di Tembalang Fest 2012. Sedikit informasi, tembalang Fest 2012 ni adalah sebuah festival yang diadakan didareah Tembalang yang berdekatan dengan kampus Universitas Diponegoro. Bisa dibilang Tembalang ini seperti wilayah Depok yang didalamnya terdapat beberapa kampus besar seperti UI dan Gundar. Tembalang Fest ini diadakan untuk memperat persaudaraan antar Komunitas di Semarang. Didalam festival ini banyak sekali berbagai macam stand seperti kuliner dan aneka produk kreatif. Nah teman-teman Dot Semarang ini mengadakan Talkshow Tembalang Go Blog, dan saya diminta untuk berbagi pengalaman saya sebagai seorang blogger. Senang sekali malam itu bisa bercerita banyak dengan teman-teman di Semarang. Mengenai acara detailnya silahkan klik disini. Senang juga bisa kopdaran dengan banyak teman-teman baru dan teman-teman lama seperti kang Rosid yang biasanya kita berjumpa diacara-acara blogger seputaran Jakarta. Senang juga bisa bersua dengan Mas Wijaya Whizme . Saya harap kedepannya Tembalang Fest tidak hanya bergaung di Semarang saja, tapi nantinya bisa menjadi agenda besar tahunan yang bisa membuat saya ingin terus datang.. datang dan datang lagi setiap tahunnya. Terima kasih yah atas undangannya.. Saya akan kembali ke Semarang bulan April 2013 nanti... 

26 comments:

  1. baru tau kalo di semarang juga ada blue bird dan express. sama kayak taxi di jkt ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, yang gw suka harganya relatif sama..

      Delete
  2. Say juga senang bersua dengan Mas Arie hehe..
    Bisa menyerap ilmunya. Asssekkk. Ntar bisa KopDaran lagi hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. senang bersua dengan om whiz juga :)

      Delete
  3. Seru kayaknya Mas Tembalang Fest nya. Pengen deh kapan-kapan maen ke semarang...

    ReplyDelete
  4. wow... mantep banget, ntar tahun depan kalau ada lagi aku mau ikutan ah

    ReplyDelete
  5. weheee seru seru bisa kopdaran dengan sesama blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopdar sesama blogger itu menyenangkan banget bro. banyak ilmu yang bisa kita dapat

      Delete
  6. waaa seru banget yaaaa

    ReplyDelete
  7. acaranya keren banget.. selalu dapet undangan seperti ini mas? seneng bener sih hidupmu kelihatannya ya... review dong acara disana sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Review acaranya ada di link yang aku posting disini

      Delete
  8. wah lion sudah menjarah sampai ke terminal 3 juga ya..?
    emang bersih disitu. tapi bagian xray nya terlalu sadis ketimbang terminal lain. masa sepatu saja harus dilepas dilewatin xray
    sudah tahu sepatu safety emang ada pelindung logamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa harus lepas sepatu mas ? aku dua kali terbang dari terminal 3 gak pernah sampe buka sepatu kok

      Delete
  9. wah,asyik ya bisa jalan2 karena blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sangat menyenangkan :)

      Delete
  10. Mas goiq. Minta saran dong. Ada blog yang suka bikin cerpen, puisi n konsisten nulis g?
    Thanks
    NB: Taruh sarannya d komentar blog saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok.. saya cari dulu yah

      Delete
  11. cepat2 lah bandara soetta dibuat kayak changi singapura agar wisatawan betah

    ReplyDelete
  12. waaah makasih mas, ud disempetin k smg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga thia sudah nemenin keliling

      Delete
  13. Eh, baru tahu kalau harga taksi bandara bisa lebih mahal gitu, hmmm

    ReplyDelete
  14. Hehe.. terimakasih ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih....