20 September 2012

Terminal 3 dan Mandala Air

Dalam perjalanan ke Medan untuk menghadiri pernikahan keponakan saya Buby awal September lalu, saya mencatat sesuatu yang baru dalam perjalanan kali ini. Sebenarnya sih ini merupakan hal yang saya sengaja mengingat saya sudah terlalu sering ke Medan tahun ini tanpa sempat mengeksplor daerah-daerah sekitarnya karena keterbatasan waktu. Karena itulah saya rasa perlu untuk membuat sesuatu yang baru supaya perjalanan kali ini tetap berkesan dalam catatan perjalanan saya.

Foto diambil dari sini
Oke, bilang saya norak saudara-saudara.. Saya sudah puluhan kali terbang dan mendarat dan Soekarno Hatta Airport tapi saya belum pernah menginjak Terminal 3 sama sekali. Karena itulah saya memutuskan untuk terbang dengan maskapai yang menghuni Terminal 3 supaya saya bisa dengan bangga menulis status di Path dan twitter saya kalau sedang menunggu pesawat di Terminal 3. Hahahahaha..

Karena ini kali pertama saya akan terbang dari Terminal 3, boleh dong saya norak sedikit jeprat jepret sana sini. Sampai-sampai karena terlalu asyik memotret saya tidak menyadari bahwa check in counter sudah kosong. Terminal 3 ini bagus dan kinclong sekali. Saya suka nyaris semua sudutnya kecuali komersial area nya yang menurut saya kurang rapi penataannya. Satu hal lagi yang saya kurang suka adalah gantungan iklan sponsor disepanjang koridor. Kenapa tidak memakai TV LCD saja sih iklannya ? Ruang tunggu penumpang nya bersih dan luas. Nyaman sekali menunggu pesawat disitu. Saya bahkan nyaris tertidur saking nyamannya. Hmm sebenarnya sih karena mengantuk yah.. Hahahahaha.. Pokoknya saya senang sekali akhirnya bisa terbang dari Terminal 3. Mudah-mudahan saya akan sering terbang dari sini kedepannya...

Yaak.. sekali lagi bilang saya norak saudara-saudara. Ini adalah perjalanan pertama saya terbang dengan Mandala Airlines. Dari pertama Mandala berdiri dengan logo roda pedati sampai kemudian berganti logo yang mirip bunga teratai, saya belum pernah terbang dan mencicipi layanan maskapai ini. Ketika kemudian maskapai ini sempat terlilit masalah yang mengakibatkan mereka berhenti beroperasi tahun lalu, saya sempat menyesali diri tidak pernah bela-belain terbang dengan maskapai ini. Hingga pada akhirnya Mandala kembali beroperasi tahun ini dengan menggandeng Tiger Airways, saya langsung memutuskan mencari waktu untuk terbang dengan maskapai yang sekarang lebih sering disebut Mandala Tiger ini. 

Sebenarnya tidak ada yang istimewa menaiki pesawat ini karena saya sudah sering terbang dengan pesawat jenis Airbus A320 dengan menggunakan maskapai lain. Tapi karena ini adalah pengalaman pertama saya terbang dengan Mandala, bolehlah yah saya narsis foto-foto sedikit disana sini. Hahahahaha.. Dalam penerbangan ke Medan saya kurang menikmati penerbangan karena saya sempat tidur dan mendadak terbangun yang mengakibatkan sakit kepala. Untungnya dalam penerbangan kembali ke Jakarta, saya tidak mengalami hal yang sama. Ditambah lagi saya duduk dikursi paling depan dalam penerangan kembali ke Jakarta. Lagi-lagi ini adalah pengalaman pertama saya duduk dikursi paling depan dalam sejarah terbang saya menggunakan pesawat. Satu hal yang saya suka terbang dengan Mandala adalah soal ketepatan waktu. Penerbangan saya ke Jakarta adalah pukul.21.35 sementara saya tiba di Bandara Polonia pukul 20.15 dan saat itu sudah ada panggilan masuk pesawat. Mudah-mudahan kedepan Mandala Airlines bisa menambah rute-rute penerbangan mereka keberbagai kota sehingga saya bisa lebih sering terbang bersama Mandala.

41 comments:

  1. Wkwkwkwk...
    Lebaran kemarin, saya juga pertama kalinya naik Mandala. Selama ini belum pernah karena kalo online cuma bisa bayar pake kartu kredit -___-"

    Tapi, kalo terminal 3 kayaknya udah yang ketiga kalinya. *padahal gak ditanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. iya yah, naik Mandala cuma bisa bayar pake credit card *baru nyadar padahal kemaren bayar pake CC*

      Delete
  2. Udah pernah kesana waktu awal-awal ajdi. Emang bagus terminalnya. Hehehe. Etapi mandala skr udah beroperasi lagi ya? Servisnya oke gak Mas? *salahfokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mandala lumayan lah.. cuma crewnya agak jutek yah.. hahahaha

      Delete
  3. Eh kok gak keluar ya komennya?

    ReplyDelete
  4. bagus juga ya... gua belum pernah ke terminal 3...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pulang mampirlah ke terminal 3 Man

      Delete
  5. Hihihi biasanya naik garuda ya mas... :D
    Aku naik mandala akhir 2010, dan beberapa hari kemudian mandala berhenti dioperasikan hihihi, sekarang belum pernah lagi :D
    Baru tahu kalau gabung ama Tiger Airways...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang Mandala jadi parter airline nya Tiger

      Delete
  6. hahaha...bagus kann terminal 3 nyaaa mas? kagak malu2in deh yaa...
    iya Mandala sekarang hebat euy, on time!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul terminal 3 ini modern banget

      Delete
  7. kalau saya justru tiap kali terbang dari Soetta pasti dari Terminal 3 ehehe... terminal yg lain macam rumah joglo ajah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo liat dari atas bagus loh terminal 1 dan 2

      Delete
  8. terminal 3 juga dipakai Air Asia ya. kemarin pualng lebaran aku diterminal itu soalnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, di Terminal 3 ada Mandala, Air Asia dan Lion Air khusus ke Bali

      Delete
  9. saya tuh belum pernah ke terminal 3, bisa masuk buat umum tidak. Rencananya kalau bisa mau ajak anak saya jalan jalan kesana? oh iya sekarang tiger air ya namanya... layak di coba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena waktu itu aku berangkat masih subuh dan pulang udah malem jadi aku gak tau apakah boleh dimasuki non penumpang

      Delete
  10. Saya belum pernah naik Mandala...lha naik pesawatnya sj belum tentu setahun sekali, jd ya nrimo dapatnya tiket apa..#pasrah asal selamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. yang penting selamet

      Delete
  11. toilet terminal 3 bandara bagaimana kondisinya? :peace:

    ReplyDelete
  12. dulu sih pernah naik Mandala. tapi aku belum juga ke terminal 3 ituh #penting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. ecara gak ada flight ke palembang dari terminal 3

      Delete
  13. bahkan saya belum pernah naik pesawat sama sekali. Hehehehe *damai :D


    Follow sukses ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti ada waktunya bro bakal sering naik pesawat :)

      Delete
  14. aku belum pernah ke terminal 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mbak... hehehehe

      Delete
  15. ah, iya, saya juga belum pernah naik dari terminal 3 bandara suta :) kalau dari terminal 4, kamu pernah belum mas :D

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah lho ke Terminal 3!! hahaha. Penampilannya memang oke tuh kalau lihat di foto-fotonya, hehehe :)

    Btw, memang paling enak itu di pesawat kalau dapat kursi yang paling depan ya. Kalau pesawatnya konfigurasi dua kelas (kayak GA gitu misalnya) dan kita naik ekonomi, duduk di kursi ekonomi yg paling depan juga enak: soalnya ruang untuk kakinya luas!! huahaha :P

    Btw, itu Mandala memang sekarang dikendalikan Tiger banget ya. Sampai seragam pramugarinya sama kayak seragamnya Tiger gitu (dulu aku pernah 1x PP naik Tiger dari Singapore ke Penang :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget Ko.. logo dan seragan pramugarinya sama kaya Tiger

      Delete
  17. aku udh pernah sih naik mandala beberapa kali sblm dia dihentikan operasinya. tapi mendarat di terminal 3 belum pernah tuh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu Mandala masih di Terminal 1 yah mbak ?

      Delete
  18. pengalaman pertama yang membawa kesan banget ya....naik mandala dulu-nya sudah sering sebelum kena krisis keuangan, tapi kalau mandala tiger sekarang sich belum pernah...apalagi kalau dinaiki mandala pakai motor tiger :)

    ReplyDelete
  19. Terminal 3 emang bagus, tapi kog gw lebih suka desain nya terminal 1 & 2 ya? soalnya itu kesannya beda banget, feels like home banget *halah* hahaaa.. tp emang sih skrg udah terlalu crowded jd kliatan kumuh gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka desain terminal 1 dan 2, kalau dari atas keren banget kan. kaya tiara ondel ondel gitu

      Delete
  20. Anonymous12:59 PM

    bos, mo nanya ttg manuver pesawat mandala-tiger wktu take-off. kasarkah? atau manuvernya ngawur kyk Sri*****a?
    mau terbang minggu depan nih hehe :D
    thx

    ReplyDelete
  21. Anonymous10:21 AM

    pelayanannya gimana mas??

    ReplyDelete
  22. Pesen tiketnya via web ato dr aplikasi tiger air ny gan?

    ReplyDelete
  23. berhubung sy punya pengalaman yg tidak menyenangkan naik tiger air mandala, jd saya tidak merekomendasikan ya :( pengalaman pertama pakai maskapai ini delay pewasat pulang pergi :(( dengan alasan operasional (masih tetap sama dengan mandala yg dulu).

    ReplyDelete

Terima kasih....