12 October 2012

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Salah satu landmark Pulau Tidung yang rasanya wajib untuk dikunjungi dan diabadikan sebanyak mungkin dalam catatan perjalanan kesana adalah Jembatan Cinta. Jembatan yang dibangun sekitar tahun 70 ini seolah menjadi magnet para wisatawan yang datang kesana. Karena namanya Jembatan Cinta, sejumlah mitos menyertai keberadaan jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini. Salah satu mitos yang saya dengar adalah, bila melompat dari atas jembatan cinta yang melengkung seperti foto diatas, maka akan segera dipertemukan dengan jodohnya. Benar atau tidak ? Ada yang bilang benar karena mengalaminya sendiri dan tentu saja ada yang bilang tidak benar karena ternyata setelah melompat tidak juga bertemu jodohnya. Dalam kunjungan kedua saya ke Pulau Tidung saya mencoba menelaah filosofi Jembatan Cinta yang pastinya lebih masuk akal kedalam pola berpikir saya.

Jembatan Cinta adalah jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Demikian pula dalam hubungan percintaan dua insan manusia. Kita perlu terhubung dengan sebuah jembatan yang bernama cinta dalam menjalani hubungan tersebut. 

Pada saat akan melintasi jembatan cinta dari pulau tidung besar, kita akan disambut dengan jembatan melengkung. Dari atas jembatan melengkung inilah banyak orang melompat dari atasnya dengan harapan bisa bertemu jodohnya. Saya justru malah berpikir hal yang lain kenapa jembatan melengkung ini diletakkan diawal pada saat kita akan melintasi jembatan. Pada saat kita memulai hubungan dengan seseorang yang kita sayangi, semua hal menjadi indah karenanya. Hidup kita terasa melambung tinggi keatas awan karena cinta. Karena itulah jembatan melengkung ini dibangun diawal mungkin sebagai perlambang awal dari hubungan percintaan. 

Setelah menuruni jembatan melengkung kita akan melewati jembatan yang panjang yang kadang lurus, kadang berbelok, tak jarang naik turun. Begitupula dengan hubungan percintaan, kita harus melewati jalan panjang yang pastinya belum tentu lurus-lurus saja. 

Jangan membuang puntung rokok sembarangan karena bisa membuat jembatan terbakar yang dapat menganggu langkah kita. Dan jangan pula bermain api dalam sebuah hubungan percintaan karena api kecemburuan bisa saja membakar jembatan yang kalian bangun bersama. 

Kadang kala kita melewati jalan yang mulus tanpa hambatan tapi ada kalanya kita harus berhati-hati melangkah karena jalan yang harus kita lalui berlubang. Dalam hubungan percintaan pun demikian. Tidak selamanya jalan yang kita lalui itu selalu mulus. Ada kalanya kita harus memperhatikan langkah kita dengan baik supaya tidak terperosok kedalam sebuah lubang yang mana rasa sakit yang ditimbulkan oleh cinta itu biasanya pasti perih sekali. 

Walaupun jalan yang harus kita lalui untuk melewati jembatan kadangkala harus tersendat karena ada bagian jembatan yang keropos atau terbakar, tapi saya tetap merasa aman melalui jembatan ini karena saya lihat pondasinya yang terbuat dari beton. Yup, pondasi yang kuat dalam membangun sebuah hubungan percintaan niscaya akan membuat kita nyaman melewati sebuah hubungan meskipun hubungan tersebut seringkali harus menemui sejumlah masalah.

Mendekati Pulau Tidung Kecil, jalan yang harus kita lalui menjadi lebih cepat dan lebih mantap karena jembatan kayu yang berlubang atau beberapa bagian yang terbakar sudah berganti dengan jembatan beton. Hal ini saya ibaratkan dengan sebuah kepercayaan dan pemahaman yang telah tumbuh setelah melewati banyak proses yang berliku dalam sebuah hubungan. Ngga mungkin kan selamanya kita akan melewati jalan yang berliku terus dalam menjalani sebuah hubungan ? Karena akan tiba saatnya kita mengatakan "kupersembahkan sebuah jembatan cinta yang kita bangun bersama walaupun tak sempurna sebagai tanda hatiku berlabuh didermaga cintamu" 

69 comments:

  1. saya suka filosofinya nih... jembatan cinta.. hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi itu bikinan saya sendiri mas...

      Delete
  2. pinter deh...., jembatan bisa dianalogikan dengan cinta...
    jadi pengen juga ke pulau Tidung

    ReplyDelete
  3. kapan kapan saya tak kesana untuk memantapkan jodoh bang .. hehhe... lengkap juga ya ualasannya ... keren dah pokoknya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan gitu juga ah tujuannya.. Yang penting happy aja kesana, kalo masalah ketemu jodoh anggap aja bonus

      Delete
  4. jmbatan cinta sudah rusak, kebakaran hebat, tidung besar/kecil terputus (bulan lalu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kesana minggu lalu, bekas kebakarannya masih terlihat.. tapi jembatan bisa dilalui walaupun harus hati-hati banget

      Delete
  5. rame rame kaya gitu
    kalo sampe ambrol gimana tuh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan jangan mas... memang jembatannya kayanya udah perlu diperbaiki nih.. kalo melintasi harus hati-hati banget

      Delete
  6. Filosopi Jembatan Cintanya Kena Banget..

    jadi saatnya harus Koprol sambil bilang WAUUUUUUUUUWWW gituh... hihi

    wah saya musti kesana tuh... biar dapet juduh... wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... dapet jodoh gak udah terlalu dipikirin mas.. Yang penting liburan happy aja kesana..

      Delete
  7. Filosofi jembatannya keren Mas. :D
    tapi emang rame bener ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas rame banget kalo akhir pekan, soalnya kalo masuk musim hujan bakal sepi katanya...

      Delete
  8. Jalan-jalan terus, bang? Apa kabar? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pritha.. apa kabaaar...

      Delete
  9. Pulau Tidung itu di kepulauan Seribu kah, mas?
    Di Makassar ada daerah bernama Tidung juga.

    Btw, banyak orang memanggil saya "Mas" karena melihat nama saya koq mas Arie :D. Nama sy tak umum ya, orang sulit menebak "jenis kelamin"-nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. Ini Pulau Tidung di kepualauan Seribu

      Delete
  10. Waah ada filosofinya toh.

    ReplyDelete
  11. ya ampun rame banget jembatannya. gua kalo ngeliat gitu malah serem takut roboh jembatannya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... gimana yah ?? ada rasa ngeri juga sih.. tapi karena dibawahnya gak terlalu dalem jadi agak nyantai

      Delete
  12. ni orang, jalan2 mlu |


    jadi iri :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha... gak boleh iri ah..

      Delete
  13. ngga takut runtuh mas, dengan tipe jembatan seperti itu harus dinaiki banyak sekali orang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawahnya ngga terlalu dalem kok mas, jadi gak terlalu kuatir juga

      Delete
  14. sengaja dibikin melengkung buat jalan kapal sepertinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali... jadi kapal-kapal yang akan berlalu lalang akan melewati kolong jembatan yang melengkung ini

      Delete
  15. jembatannya sederhana sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sederhana, tapi karena lautnya indah jadi seru banget disana

      Delete
  16. Waktu ke Tidung, ada juga kejadian jembatan yang kebakar. Entah siapa yang sembarang bikin api itu.
    Soal jembatan cinta ya jadi inget waktu lompat dari atas, wah serunya minta ampun. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaahhhh kamu sempet ngelompat dari atas jembatan mas Gie ?

      Delete
  17. Ihhh sayang banget tuh jembatannya jadi tambah parah begituuu yahh? bolong2nya lebih gede dan pake ada yang kebakar juga tohh? terakhir kesana taon lalu masih bae2 aja tuhh jembatan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, waktu Januari aku kesana aja gak separah sekarang. Mesti cepetan di renov

      Delete
  18. Jembatannya keren.Kayu melengkung gitu ya?
    Tapi eh, itu kalau lompat bisa ketemu jodoh maksudnya lompat ke bawah? Ke air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngelompat dari atas jembatan yang melengkung itu ke laut dibawahnya.. tapi ngga terlalu dalem kok. yang penting bisa berenang :D

      Delete
    2. Ahaha. Kapan-kapan coba kau ke sana, Iq. Nyebur. Siapa tahu jodohmu di sana. Ikan Pari -___-

      Delete
  19. setiap tempat punya legenda tersendiri, tapi ini jembata kok gak cepet diperbaiki ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ngerti juga, padahal yang berkunjung kesini semakin banyak. mestinya harus segera direnovasi

      Delete
    2. Jembatan cinta sudah selesai di perbaiki.
      Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

      Delete
    3. Jembatan cinta sudah selesai di perbaiki.
      Sekedar info bagi yang ingin mengunjungi pulau tidung.

      Delete
  20. Ga nyangka ternyata lu org nya filosofis juga yak hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahahahaha...

      Delete
  21. Keren filosofinya, hehehe :) Jadi, ikutan lompat juga nggak nih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak bisa berenang Ko... hahahahahaha

      Delete
  22. engga ikutan loncat dari jembatan? hehe..

    ReplyDelete
  23. jaaa...engga baca komen diatas...hehe...belajar berenang yukk..aku juga engga bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha.. kemaren sambil belajar, tapi airnya asin banget kalo ketelen...

      Delete
  24. Sudah menjadi sesuatu yang universal.. ketika sebuah benda mati seperti jembatan kemudian dibubuhkan kata "cinta".. pasti akan memiliki daya tarik.... Pulau cinta.. Pohon Cinta... Bakso Cinta :)

    ReplyDelete
  25. Orang bisaan saja ya menamakan jembatan cinta..Mungkin karena fungsinya menghubungkan kali ya, seperti menghubungkan dua hati...Dan itu orang yg membuang puntung rokok di jembatan agak keterlaluan juga ya, sampai kayunya hangus begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan jembatannya belum di renovasi juga...

      Delete
  26. seumur2 blom pernah kesana :(

    ReplyDelete
  27. waduh itu jembatannya gak roboh bang. banyak orang hehe. visit back sekalian follow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya sih ngga.. hahahaha

      Delete
  28. dari jembatan cinta langsung jatuh cinta gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan ngga mbak...

      Delete
  29. hehe. pengalaman yg menarik.

    oh ya masbro,
    saya ngadain kontes menulis berhadiah kecil2an nih, infonya bisa dilihat diblog saya.
    Ditunggu partisipasnya ya.

    thanks
    JUN_P.M
    carameninggikanbadancepatalami.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke bro... nanti saya cek kesana..mudah-mudahan bisa berpartisipasi

      Delete
  30. Penasaran nih ingin liat langsung jembatan cinta ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kesana kak Iman...

      Delete
  31. Jembatang yang penuh dengan filosofi cinta,

    Mas Goiq jalan2 kesana kagak ngajak2 :)

    ReplyDelete
  32. Sangat disayangkan sekali kayu jembatan sudah banyak yang hilang. Semoga kita juga tidak kehilangan cinta orang yang kita sayang.

    ReplyDelete
  33. Jembatan cinta sudah selesai di perbaiki.

    ReplyDelete
  34. dokter cinta....

    gw lom pernah ke tidung nih....
    Nanti pas ke sana gw coba inget2 cerita jembatan ini a la dokter cinta Goiq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta emang selalu menarik, salam cinta.

      Delete
  35. Tidak mesti nyebur juga kalee..

    ReplyDelete
  36. Cerita Cinta di Pulau Tidung ternyata mitos belaka...

    ReplyDelete

Terima kasih....