10 October 2012

(Kembali) Bersenandung Di Pulau Tidung

Semua berawal dari sebuah pertanyaan teman saya di Komunitas Blogger Wongkito yang bernama Kholid yang entah kesambet apa tiba-tiba bertanya seputar Pulau Tidung, angkutan umum menuju kesana dan penginapan apa yang terdekat dari pelabuhan Muara Angke. Maka saya jelaskanlah satu persatu termasuk memberi link blog saya seputar trip ke Pulau Tidung yang pernah saya lakukan bulan Januari lalu. Selidik punya selidik ternyata Kholid dan beberapa teman kantornya akan berliburan ke Pulau Tidung. Entah kenapa tiba-tiba saya ikutan kesambet dan menawarkan diri bergabung bersama rombongan mereka. Tanpa diduga tawaran saya disambut dengan sangat baik dan setelahnya dengan wajah polos Kholid langsung nagih uang iuran buat bayar paket ke Pulau Tidung. Dan sayapun kembali bersenandung di Pulau Tidung...

Sebenarnya beberapa hari sebelum berangkat saya agak menyesali diri kenapa nekat mengambil keputusan tanpa berpikir panjang untuk kembali ke Pulau Tidung. Penyesalan saya semakin bertambah manakala saya menyadari cuaca di Jakarta sudah mulai memasuki musim penghujan.  Bisa-bisa di Pulau Tidung saya hanya berdiam diri dipenginapan karena terhalang hujan besar seharian. Tapi saya kuatkan diri untuk konsisten dengan keputusan yang sudah saya ambil. Maka Sabtu subuh tanggal 6 Oktober 2012, saya sudah berangkat menuju Muara Angke tempat kapal menuju Pulau Tidung akan diberangkatkan. Kholid dan teman-temannya sudah menunggu di SPBU Muara Angke. Rombongan kami berjumlah 5 orang yaitu saya, Kholid, Rendy, Putri dan Pipin. Setelahnya kami segera naik keatas kapal yang akan membawa kami berlayar menuju Pulau Tidung. Pagi itu penumpang yang berangkat diatas kapal terbilang cukup banyak. Cukup maklum juga karena saat itu masih tanggal muda dan  pastinya masih pegang duit gaji dalam jumlah yang cukup besar. Hahahahaha... Saya kembali berlayar selama 2,5 jam, tidak banyak yang bisa dilakukan diatas kapal. Teman-teman Palembang saya segera terlelap dibuai angin lautan yang berhembus semilir. Sedangkan saya ? Berjuang melawan rasa ingin buang air besar. Hahahahahahaha...

Jam 9.30 kapal yang kami tumpangi merapat di dermaga Pulau Tidung. Teman-teman saya langsung pasang aksi berfoto didepan tulisan Tidung - keep it clean. Sebenarnya saya sudah pernah berfoto disitu, tapi berhubung Kholid dan Rendy membawa kamera DSLR yang sudah jelas hasilnya pasti jauh lebih bagus daripada kamera Blackberry dan Iphone yang saya bawa, maka saya pun tak mau kalah pasang gaya. Kapanlagi sih saya liburan dan punya foto yang diambil dari kamera bagus. Hahahaha... Puas berfoto-foto, kami diajak oleh pemandu kamu menuju penginapan. Berbeda dengan penginapan terdahulu yang berada ditengah-tengah pemukiman, kali ini saya dan teman-teman sangat beruntung karena penginapan kami tepat menghadap laut dan ada pantai sendiri. Ini sih kereeeen... Karena penghuni kamar sebelum kami belum check out, maka kami berpuas diri pasang aksi foto-foto dengan bermacam gaya. Setelah penghuni sebelumnya cabut dan kamar kami selesai dbersihkan, ada jeda waktu beberapa jam sebelum tiba waktunya kami kembali laut untuk snorkeling. Pipin dan Putri memutuskan untuk tidur, sementara saya, Kholid dan Rendy memutuskan untuk bersepeda menyusuri Pulau Tidung. Cuaca di Tidung ternyata panas dan menyengat saat itu. Menurut pemandu kami, sudah beberapa bulan Pulau Tidung tidak dilanda hujan. Berarti ada kemungkinan dong selama saya di Pulau Tidung tidak akan turun hujan. Sayapun bersorak kegirangan...

Sorenya kami bersiap-siap berlayar kembali menuju daerah sekitar Pulau Payung untuk bersnorkeling. Kalau dulu saya satu kapal bersama kelompok lainnya, maka kali ini diatas kapal hanya kami berlima plus pemandu dan pengemudi kapal. Jadi kapal ini benar-benar milik kami sepenuhnya. Ternyata sore itu ramai sekali orang yang akan bersnorkeling, lihatlah betapa ramainya kapal-kapal yang melempar sauh disebelah kami. Cuaca yang sangat cerah dan terik membuat kami tidak menghiraukan orang-orang yang sudah lebih dulu menceburkan diri dilaut. Satu persatu teman-teman saya terjun kelaut untuk melihat indahnya pemandangan bawah laut yang dari atas kapal pun bisa terlihat dengan jelas.Bagaimana dengan saya ? Walaupun tidak bisa berenang apalagi mengapung, saya juga tidak mau kalah dong dengan teman-teman saya. Saya bela-belain terjun kelaut walaupun harus dipegang. Tujuannya apalagi supaya bisa difoto saat sedang berada dilaut. Hahahahaha.. 

Selesai snorkeling kami merapat sejenak di Jembatan Cinta. Dari kejauhaan terlihat sekali Jembatan Cinta yang dipenuhi oleh orang diatasnya. Saya sempat bergumam, 'itu jembatan cinta apa antrian sembako sih ?". Akhirnya kami memilih berfoto-foto saja ditempat yang tidak terlalu ramai. Sebenarnya pemandu kami ingin mengajak melihat sunset di Pulau Tidung ujung, tapi karena waktunya tidak sempat maka kami cukup berpuas hati melihat sunset dari Jembatan Cinta. Setidaknya ini jauh lebih baik daripada saat pertama kali saya kesini yang tidak bisa melihat sunset dan sunrise karena tertutup awan disore hari dan hujan dipagi hari. 


Malam harinya kami BBQ dipantai depan penginapan. Karena tidak ada foto-foto yang jelas, maka sesi ini saya lewatkan untuk diceritakan. Hahahaha... Esok paginya kami bangun subuh untuk melihat sunrise di Jembatan Cinta. Kali ini kami mengayuh sepeda yang perjalanannya ditempuh sekitar 15 menit dari tempat kami menginap. Kholid membonceng Putri, Rendy membonceng Pipin dan saya mengayuh sendirian membonceng tripod dan berkalung kamera Kholid. Sama seperti sore kemarin, suasana diatas Jembatan Cinta pagi itu sama ramainya. Ditambah lagi beberapa bagian jembatan yang sudah mulai lapuk sehingga membuat kita harus berhati-hati dalam melangkah. Kami berjalan menyusuri Jembatan Cinta sampai menyebrang ke Pulau Tidung Kecil. Tujuannya cuma satu, mengambil foto-foto sebanyak mungkin. Hahahaha..

Setelah puas berfoto-foto, kami kembali ke penginapan untuk sarapan pagi dan bersiap-siap untuk kembali ke Jakarta. Disela-sela persiapan pulang itu, kembali saya meminta Kholid untuk mengambil foto-foto saya dalam berbagai pose. Lalu Kholid melempar ide membuat foto lucu-lucuan. Sayapun melakukan berbagai pose mulai dari membawa sepeda, melompat, berjalan, meniup dan banyak pose lainnya. Hasilnya bisa teman-teman lihat sendiri diatas. Lucu kan ? Hehehehe... Setelah puas berpose, kamipun kembali berlayar menuju Muara Angke. Perjalanan singkat yang baru dimulai kemarin sudah harus kami akhiri, tapi tentu saja itu bukan akhir dari segalanya. Sejumlah rencana jalan-jalan sudah mulai kami lontarkan bersama, Mudah-mudahan bisa kita eksekusi yah teman-teman... 

Catatan : Foto diambil dari kamera DSLR Kholid, Rendy dan kamera Iphone saya

48 comments:

  1. Seru bener Mas jalan-jalannya. Ternyata kekuatiran kalo ujan ga kejadian ya? Syukurlah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gak kejadian hujannya...

      Delete
  2. Pulau Tidung memeang indah,juga jadi favorit banyak backpacker..tapi sayangnya sampai sekarang akses menuju kesana(maksudnya daerah Muara Angke) belum dibenahi,masih kumuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekitar Muara Angke masih terasa kumuh yah...

      Delete
  3. suatu saat nanti aku akan kesana ... :)

    ReplyDelete
  4. wow .. foto fotonya bikin iri pengen ke sana juga

    ReplyDelete
  5. Waduh pantainya keren bangett!!! *ngiler* *pengen kesana!

    masih untung ya masih ketahan bab nya..!! kalo sampai keluar ditengah jalan.. posting kali ini bakal beda judulnya hahahaha

    editan fotonya keren... *mata berbinar binar kagum* *wajah norak keluar*

    SUGHOI

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha... pake jurus genggam batu dong nahannya.. :))

      Delete
  6. foto-fotonya bagus... pintar juga si kholid edit foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata Kholid kalo mo bikin poto prewed sama dia aja fis :)

      Delete
  7. Saya terakhir ke tempat ini tahun 1997, sebetulnya sudah lama ingin ke sana lagi. Tapi belum kesampaian....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngebayangin tahun 1997 pasti masih asri dan bersih banget yah disana.. kalo sekarang udah rame banget

      Delete
  8. Aaaa fotonya lucuuuuu...
    Wah mas belajar renang dong :P
    *sok nasehatin padahal juga cuma bisa renang gitu2 doang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren kan dalam rangka belajar renang juga Na... heheheheh

      Delete
  9. Untung nggak hujan ya, hehehe :D Dan ternyata pulau Tidung itu beneran keren ya nampaknya! *belum pernah kesana*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kalo balik ke Indonesia kita kopdar di Tidung Ko...

      Delete
  10. 2 foto ayng terakhir itu lucu banget ya bisa digabung2in gitu... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. kerjaan sang fotografer Man.. hahahaha

      Delete
  11. asyik bener sih jalan-jalan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengisi waktu luang mbak :)

      Delete
  12. iii fto nya lucu2 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. makasih buat Kholid sang fotografer :)

      Delete
  13. wah enak betul nih mas goiq bisa jalan2 terus... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini jalan-jalan seputar Jakarta aja kok Am

      Delete
  14. Jadi pengen kesana sob. Airnya jernih juga yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya air lautnya warnanya bagus dan dasar lautnya keliatan

      Delete
  15. wahhh.....kan terakhir katanya jembatan cintanya itu rubuh? ternyata masih ada toh?
    wahh gabungin fotonya gimana tuh ri? kerennnnn!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sih pas kesana baik-baik aja jembatannya.. cuma yah itu tadi.. udah bolong dimana mana.. harus hati hati melangkahkan kaki

      Delete
  16. Wheeeyy...seruuu...ikuuut!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayook ngetrip bareng :)

      Delete
  17. Astagaaa pantainya cantik banget ya bang Goiq..curang ga ngajak orang BANJARMASIN nih..hahahyyy

    ReplyDelete
  18. pantai dan lautnya bagus banget mas

    belum pernah saya melihat yang seperti itu mas (khusus mbak mbak yang ikut di samping sampeyan)

    salam kenal mas ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hauhauhauahuahua... salamnya disampaikan :)

      Delete
  19. foto nya lucu kreatif

    ReplyDelete
  20. bang perut itu bang.. perutnyaaaaa ... hahaha :lol:

    kapan gue bisa ke sana? pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disana udah gak mikirin perut lagi Dit... hahahahaha.. Yuk ngetrip bareng kesana

      Delete
  21. pengen banget ke saaaaanaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  22. waduh.., bikin iri aja tuh liburannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe.. ayok rencanain liburan kesana juga :)

      Delete
  23. rikues dong
    kalo posting kayak gini kasih rincian pengeluarannya
    kepengen kesana biar bisa ngitung anggarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin aku ambil paketan gitu. semakin banyak orang yang ikutan semakin murah harga paketnta. karena aku cuma berlima harga perorangnya 400 ribu sudah all in. Tiket kapal pp, penginapan, makan 3x plus BBQ, snorkeling, sepeda. Kalo gak ngambil paket bisa lebih murah mas..

      Delete
  24. aaah somplak jadi pengen ke tidung bang haha, habis berapa milyar bang ke tidung?

    ReplyDelete
  25. Wah serunya. Makasih udah berbagi, jadi pengen kesana...

    ReplyDelete

Terima kasih....