03 November 2012

Bikin Pizza Sederhana

Setiap bulan setelah gajian, seperti biasa saya belanja kebutuhan rumah sepulang kantor. Biasanya sih saya lebih suka belanja bahan makanan untuk diolah menjadi makanan siap makan. Bahan makanan yang saya beli tidak jauh-jauh dari ayam utuh, ikan, daging, lalu sejumlah bumbu dan sayuran segar. Nah pada saat belanja kemarin tiba-tiba saja saya berpikir ingin membuat pizza sendiri. Tapi mengingat saya ini tidak bisa masak, saya pasti tidak akan mampu membuat adonan rotinya. Jadi iseng-iseng saya melihat kebagian bahan makanan beku, siapa tahu saya bisa menemukan adonan roti pizza siap panggang. Dan ternyata saya beruntung saudara-saudara, saya menemukannya dengan harga tidak sampai Rp.20.000,- isi 5 potong roti pizza siap panggang.  Saya memasukkannya kedalam keranjang belanja saya dan setelahnya mulai bergerilya mencari bahan untuk topping nya. Saya memilih jamur shitake, sosis, bawang bombay serta keju, tidak lupa pula membeli saus tomat dan saus sambal. 

Tadinya saya ingin membuat pizza di akhir pekan ini, tapi apa daya saya benar-benar tidak sabar ingin mencoba membuatnya secepat mungkin. Langkah pertama adalah memanaskan oven, lalu menyiapkan loyang dan membiarkan adonan roti pizza yang beku berada dalam suhu ruangan beberapa saat.

Kemudian menyiapkan toppingnya. Mengiris sosis, bawang bombay dan jamur shitake yang sebelumnya sudah dicuci bersih terlebih dahulu. Pada saat menyiapkan topping ini saya baru menyadari kalau saya sama sekali tidak ingat membeli paprika. Tapi hal ini tidak menyurutkan niat saya memanggang pizza malam itu. Dengan bahan yang ada saja saya pikir sudah cukuplah untuk membuat pizza sederhana.

Setelah semua bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyusun topping diatas adonan roti. Mulai dari mengoles saos tomat, lalu menyusun bawang bombay, jamur dan sosis diatasnya. Setelah itu diakhiri dengan menaburkan keju. Menurut teman-teman saya, keju yang biasanya digunakan untuk taburan pizza itu adalah keju mozzarela, tapi berhubung harganya cukup mahal maka saya menggantinya dengan keju quick melt. Setelah siap, maka pizza ini bisa dimasukkan kedalam oven.

Dan setelah dipanggang selama lebih kurang 15 menit matanglah pizza pertama saya. Rasanya ?? Enak walaupun rotinya terlalu garing. Hahahahaha... Tapi saya jadi ketagihan mau coba bikin piza yang toppingnya ditumis terlebih dahulu. Kayanya emang enak bikin topping pizza karena bisa dibikin macem-macem isiannya. Walaupun bisa dibilang ngga bisa masak, tapi mencoba membuat makanan sendiri itu ternyata menyenangkan yah ?

65 comments:

  1. sesederhana apapun lebih asik yang tinggal ngeplok plus gratis sambil dipijitin pulang dianterin dan tak lupa disangoni...

    *opo tho iki..?

    ReplyDelete
  2. Wiii mau dong...
    Lebih menyenangkan kalo dibikinin wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini Na.. main kerumah, ntar tak masakin

      Delete
  3. bisa dong eksperimen dengan aneka topping..., biar makin lihai masaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, aku mau eksperimen dengan aneka topping

      Delete
  4. ternyata ada adonan pizza siap panggang. jangan2 ada adonan makanan lainnya yang siap pakai yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kok. Cari aja di freezer makanan siap saji yang ada di supermarket besar

      Delete
  5. iya, sangat menyenangkan bikin makanan sendiri
    pernah bikin pizza dgn topin gtahu nggak ? maknyusssssss .. apalagi dikasih olesan saos tomat yg pedas :D

    fotonya bikin ngiler nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah baru kepikiran nih mbak bikin toping tahu.. kayanya menarik. Nanti aku coba bikin

      Delete
  6. wah pengen jugaaaaa bikin tapi di rumah nggak ada oven *nasib anak kos*

    ReplyDelete
    Replies
    1. pinjem oven tetangga aja :P

      Delete
  7. Juna pun berkata: Hmm... *sambil mulutnya mletot*.. it's very good. But mungkin bisa ditambah garam dikiit aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hauhauahuahuahuaa...

      Delete
  8. wah niat banget... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, niat banget nih... hahahaha

      Delete
  9. Paketi kak, Kirim ke Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ay deeem.. beli bae Jak

      Delete
  10. Apapun jenis makanannya, klo bikin sendiri tetap aja enak ya mas.... hehe

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah lho bikin pizza sendiri :D Banyak yang bilang sebenarnya nggak terlalu rumit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo topping nya mungkin ngga Ko, tapi rotinya mungkin...

      Delete
  12. memasak adalah karya...so nikmati karya kamu dong hhee..jadi pengen buat pizza juga nih..

    ReplyDelete
  13. kalau rotinya sudah ada, aku juga bisa bikin pizza, tinggal naruh lauknya diatas "piring" :D

    ReplyDelete
  14. pake microwave bisa gak ya? hehehehe.. gak punya oven.. :p
    dan adonan pizza nya merk apa tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok pake microwave... lupa merk nya apa Ko, tapi cari aja di Hypermarket atau Carefour

      Delete
  15. Hahahaha potongan2 topingnya kaku-kaku banget keknya, hahaha.

    Eh BTW kamu masak sendiri ya kak Ari? Belanjaannya kan kenutuhan dapur semua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tinggal sama adik dan adik iparku. Jadi yang biasa masak adik iparku. Aku masak kalo lagi pengen aja kak Ucha

      Delete
  16. waduh... boleh juga nih resepnya...

    tapi kayaknya saya lebih baik beli deh.. kalo bikin alhasil jadinya

    "PIZZA with GOSONG on every bite"

    hhahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hauhauahuahuahua.... dikira kira dong manggangnya biar ngga gosong

      Delete
  17. Foto penampakkannya sih menarik, enak kayaknya. Boleh juga tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya juga enak kok.. *narsis*

      Delete
  18. hihihi ini sih menu andalanku kalau anak2 minta dibikinin pizza dirumah, gak perlu repot bikin doughnya alias adonan pizzanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooww ternyata Mbak Lidya juga suka beli dough pizza juga yaaah ? bagi bagi resep toping nya dong mbak

      Delete
  19. Upsss, setelah dipanggang hasilnya menggiurkan juga.
    Apalagi kalau ada paprikanya Mas goiq, pasti lebih paten lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Da, kalo ada paprika pasti lebih mantab

      Delete
  20. wah jadi laper *posisi belum sarapan*

    ReplyDelete
  21. Saya masih ga pede masak-masak apalagi setelah sering liat mastercecep itu. Tapi pizza-nya Mas Goiq boleh juga tuh.. *laper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya apalagi mas Gie.. ngga bisa masak malah, tapi sering cuek aja masak kalo lagi pengen.. hahaha

      Delete
  22. sederhana tapi terlihat enak yaa ..
    pengen coba juga aaah :D

    ReplyDelete
  23. wah...kreeatif...
    kalo begini mah gak butuh PHD lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sih, tapi kadang-kadang sih tetep perlu juga... hahahaha

      Delete
  24. nanti kalo dirumah coba bikin aah :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba bro :)

      Delete
  25. dari dulu mau coba bikin pizza..., jadi kepikiran bikin juga nih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas dicoba... trus bagi-bagi resep topingnya...

      Delete
  26. mantabh Mas. bikin laper dan ngiler!

    ReplyDelete
    Replies
    1. maafkan aku... hehehehe

      Delete
  27. siapa pun bisa mencoba kalau memang berminat ya, termasuk soal masak :)

    ReplyDelete
  28. Masak sendiri,makan sendiri, ga bagi2 gw hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo maen kerumah, tar gw masakin :)

      Delete
  29. mau dong dibikiniin pizza kayak beginiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mampir kerumah mbak...

      Delete
  30. Ebusyeeet keren banget! Beneran bis abikin pizza :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma pizza sederhana aja Ka...

      Delete
  31. saya suka bgt sama pizza :( yatuhan jadi laper ngeliatnya

    ReplyDelete
  32. martabak italiaaa :D

    ReplyDelete
  33. wahh..bang Arie sudah cocok nih jadi konstentan Master Chef Indonesia season 3 :D

    ReplyDelete

Terima kasih....