31 December 2012

Catatan Akhir Tahun 2012

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2012.Seperti biasa hari ini saya membuka sebuah buku catatan yang saya beri nama Catatan Akhir Tahun. Buku ini memang saya tulis panjang lebar setiap akhir tahun, dan setiap bulan paling tidak satu kali saya membaca buku ini supaya termotivasi untuk mengejar target tahunan. Setiap tahun saya membuat target, tapi tidak sudah pasti tidak semua target itu bisa saya penuhi dalam setahun. Pernah ada kejadian, target yang saya canangkan baru bisa terwujud beberapa tahun setelahnya. Bahkan saya sendiri nyaris tak mengingat target yang saya tulis tersebut kalau saja saya tidak iseng membaca target-target yang pernah saya tulis di buku Catatan Akhir Tahun tersebut.

Akhir tahun 2011 lalu saya menulis banyak sekali hal-hal yang ingin saya raih sepanjang tahun 2012. Beberapa diantaranya bisa saya wujudkan, sementara sisanya nyaris mendekati apa yang saya harapkan atau bahkan gagal sama sekali. Salah satu target yang saya canangkan di buku Catatan Akhir Tahun 2011 lalu adalah saya ingin update blog saya minimal 10 kali dalam sebulan. Artinya minimal sepanjang tahun 2012 ini kalian akan menemui 120 postingan terbaru dari saya. Memang target itu itu tidak tercapai, tapi saya puas karena target yang saya canangkan berhasil membuat saya menulis sebanyak 100 kali sepanjang tahun ini. Tentu ini bukan pencapaian yang mudah. Karena itu meskipun targetnya tidak tercapai, tapi saya puas paling tidak 3/4 nya sudah berhasil saya laksanakan.

Hari ini saya kembali menulis di buku Catatan Akhir Tahun. Sejumlah target dan hal-hal yang ingin saya capai sepanjang tahun 2013 mulai saya tuliskan sejak pertengahan bulan Desember lalu. Saya percaya apa yang saya tulis ini bukan untuk mempersulit hidup saya, tapi justru membuat hidup saya lebih punya arah. Saya sadar tidak semua yang saya tulis ini bisa terwujud tahun depan, tapi setidaknya saya berani bermimpi. Karena berani bermimpi akan membuat saya berani untuk mewujudkan impian tersebut. Selamat tinggal tahun 2012 dan selamat datang tahun 2013. Semoga hidup yang lebih baik akan menyertai kita semua. Aamiin...

9 comments:

  1. Bisa pas gitu, 100...
    Met tahun baru yak mas... :D

    ReplyDelete
  2. Selamat tahun baru 2013 Mas.
    Semoga tercapai yang diharapkan dan dicita-citakan di tahun ini.. :)

    ReplyDelete
  3. Semangat kak!
    pasti bisa!

    ReplyDelete
  4. Met tahun baru mas Arie...
    Wah nampaknya boleh juga tuh aku nulis catatan akhir tahun ya...
    Tapi keren 100 postingan dalam setahun... mantap...

    ReplyDelete
  5. keren idenya bikin buku catatan akhir tahun. semoga makin banyak keinginannya tercapai di tahun ini. Amin...

    ReplyDelete
  6. hebat ah bisa memposting sedemikian banyaknya... dirimu cukup konsisten... luar biasa...

    ReplyDelete
  7. salut buat kk yg berani buat target pertahunnya.
    saya malah belum berani karena takut banyak yg tak tercapai.hihi
    mungkin harus mulai memberanikan diri ya.
    inspiring ;)

    ReplyDelete
  8. wiiih, hebat bisa nge-post di blog seaktif itu. saya sebulan sekali ada post baru aja sudah syukur banget mas... hahaha... skrg sudah masuk bulan Februari, semoga target-target 2013 bisa tercapai dan hasilnya lebih baik dari 2012 ya! :)

    ReplyDelete

Terima kasih....