04 March 2013

Hong Kong Trip : Hong Kong International Airport

Setelah hampir sekitar 4 jam transit di Changi Airport Singapura , sore harinya saya kembali melanjutkan penerbangan masih dengan maskapai Tiger Airways untuk menuju Hong Kong. Penerbangan ke Hong Kong dari Singapura ditempuh sekitar 3 jam 30 menit. Diperkirakan saya akan mendarat di Hong Kong pk.20.55 waktu setempat. Ternyata pada pk.20.35 waktu Hong Kong, pesawat yang saya tumpangi sudah mendarat dengan selamat di Hong Kong International Airport ( HKIA ) . Begitu keluar dari pesawat saya langsung merasakan udara dingin menembus jaket saya, padahal saya keluar dari pesawat melalui garbarata. Saya segera mencari tempat transfer untuk ngecharge semua gadget saya. Karena badan saya lelah, maka saya memtuskan ngecharge sambil tiduran dengan memanfaatkan sejumlah kursi yang kosong. Lagipula saya lihat sejumlah penumpang melakukan hal yang sama. Faktor badan yang lelah ditambah suhu ruangan yang cukup dingin ternyata membuat saya ketiduran sampai pagi. Hahahahaha...


Bangun tidur saya sempatkan berkeliling sejenak untuk foto-foto suasana disekitar Terminal 2. Suasana airport pagi itu cukup ramai dengan penumpang yang mulai berdatangan. Saya masih sempatkan untuk sarapan sejenak di kedai yang menjual kopi dan roti sebelum menuju bagian imigrasi. Ternyata oh ternyata, karena ketiduran semalam di kursi bagian transfer, saya kembali harus masuk ke kantor imigrasi saudara-saudara. Jadi dejavu pengalaman masuk kantor imigrasi Singapura beberapa tahun yang lalu. Untungnya saya tidak perlu menunggu lama seperti yang terjadi di kantor imigrasi Singapura dulu. Petugas imigrasi hanya menanyakan dan melihat print out bookingan hotel dan tiket pulang saya. Setelahnya, paspor saya di cap dan saya bisa melenggang dengan leluasa. Syukurlah...

Hong Kong International Airport adalah sebuah bandara internasional yang besar dan cukup nyaman menurut saya. Saya tidak sempat menjelajah airport ini seperti saya cukup leluasa menjelajahi terminal 2 Changi Airport sebelumnya. Saya sendiri mendarat di terminal 2 Hong Kong International Airport. Yang agak membuat bingung begitu saya keluar dari imigrasi dan masuk terminal kedatangan, ternyata dilantai atas Terminal 2 kedatangan adalah Terminal 1 keberangkatan. Nah kan bingung. Hahahaha.. Di terminal 1 keberangkatan inilah bisa kita jumpai area komersial. Ada restoran, tempat membeli perdana sim card, kotak pos, dan lain sebagainya. 

Lalu dimana letak Terminal 2 keberangkatan ? Saya baru menemukan jawabannya saat akan kembali ke tanah air. Posisi terminal 2 keberangkatan Hong Kong International Airport ini agak tersembunyi dan penunjuk arahnya agak kurang jelas kalau menurut saya. Bahkan tadinya saya nyaris berpikir kalau check in tiket semua maskapai dilakukan di Terminal 1 keberangkatan. Ternyata saya salah. Untungnya saya sempatkan bertanya ke bagian informasi dan mereka menunjukkan arah untuk menuju Terminal 2 keberangkatan. Ternyata Terminal 2 ini juga tidak kalah keren dan tidak kalah besar dibandingkan Terminal 1. Saya suka sekali langit-langitnya yang bila kita amati membentuk seperti ombak. 

Setelah check in tiket di counter Tiger Airways dan melewati imigrasi, saya langsung menuju ruang tunggu seperti yang tertera di boarding pass. Pada saat pulang saya mendapat gate 504, dan ternyata perjalanan untuk menuju ke gate 504 tersebut begitu panjang. Saya harus naik kereta terlebih dahulu dan kemudian masih harus naik bus untuk menuju gate yang ternyata gedungnya seperti terletak di bagian tengah areal bandara. Seperti halnya di kebanyakan terminal keberangkatan, toko-toko duty free bertebaran disekitar gate. Selain itu juga terdapat Starbucks dan toko-toko lainnya. 

Aktifitas paling menyenangkan di airport adalah melihat lalu lalang pesawat di apron. Saya bisa betah sekali berlama-lama untuk memotret dan memperhatikan kesibukan hilir mudik pesawat. Ini sudah menjadi kesukaan saya dari kecil. Bahkan saya sempat bercita-cita jadi pilot saking sukanya dengan dunia aviasi. Sayang impian itu tidak terwujud. Hahahahaha... Lalu lintas di Hong Kong International Airport cukup padat. Sejumlah maskapai yang belum pernah saya lihat sebelumnya bisa saya jumpai disini. Dan itu hiburan yang sangat menyenangkan sekali bagi pecinta dunia aviasi seperti saya. Senang rasanya bisa menginjakkan kaki di airport berkelas dunia seperti Hong Kong International Airport. Mudah-mudahan saya bisa secepatnya kembali kesini lagi. Aamiin...

33 comments:

  1. Fotonya keren keren bro

    sama dong aku juga paling suka melihat lalu lalang pesawat sambil motret tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah senang bisa ketemu teman yang punya kesukaan yang sama :)

      Delete
  2. Hebat ya mas goiq, bandaranya luas, bersih dan teratur, apalagi ga ada tukang ojek dan calo....he3 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan kedepannya airport Indonesia bisa seperti ini yah Da :)

      Delete
  3. Isinya okean Changi yak
    Tapi gaulan Chek Lap Kok, @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laen dah kalau obrolannya para Traveller sama Backpacker, makin seru aja. HIheiheihee. Saya menyimak saja deh secara Hong Kong belum pernah didatangi hiehiehheiheee. Asyik juga ada reportase di sini jadi bisa mempelajari dan melihat lihat dari foto yang ada

      Delete
    2. Una : Kalo isi dan fasilitas, Changi kayanya menang telak, tapi kalo check in di Hong Kong yang notabene lebih jauh kayanya lebih berasa jalan-jalannya... wakakakaka
      Asep : Hahahaha.. saya duku juga gara-gara menyimak trip report para blogger ke Hong Kong akhirnya menguatkan tekat buat kesana juga mas :)

      Delete
  4. Keren mas arc nya gelombang2 gitu, yang di tengah2 mana fotone mas :D

    Kapan yaa bisa main ke bandara itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya langit-langit yang berbentuk ombak itu saya suka banget Niar :)

      Delete
  5. HAh? jam 8:35 trus tidur sampe pagi? wahhahaa parah. awas barang2 tuh. eh tapi aman ga sih disana?
    ooo jadi mas arie cita2nya jadi pilot... *manggut2 sambil senyum2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidurnya kan ngga teng jam 8.35. Masih sempat ngecharge dan update status dulu malah.. lama-lama ketiduran.. Untung aman yah disana

      Delete
  6. waduh, ketiduran di airport nih mas?

    tapi untunglah disono mah aman yah mas...hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget.. untung disana aman

      Delete
  7. wew, ketiduran apa doyan tuh sob ???

    hmm ... awas dikira teroris lho di imigrasi, hehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejuahan kalo dikira teroris, kalo ngeliat muka saya paling jauh dikira tenaga kerja ilegal.. hahahaha

      Delete
  8. serunyaa...
    hihih, untung gak langsung di deportasi.
    goig, abis ini ke negara mana lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sekitar Juni atau Juli Lies pengen jalan lagi

      Delete
  9. Hahaha, iya banget tuh! Dulu sewaktu tiba di HKIA juga aku harus naik kereta dulu untuk sampai di bagian pengambilan bagasi! :D

    Kemudian ketika berangkat dari HKIA, gate-nya jauh banget dari tempat check-in! Padahal setelah check-in masih ada waktu 1 jam-an lebih sampai waktu boarding, begitu sampai gate sudah final call dong!! Hahahaha... .

    Btw, sama banget! Hiburanku di bandara juga ngeliat pesawat lalu-lalang gitu!! :D Senang rasanya ngelihat pesawat lalu-lalang, mendarat, dan take-off, hehehe :) Apalagi kalau maskapainya macam-macam dan jarang kita lihat kan; atau kalau pesawatnya super keren dan jarang dilihat gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang waktu aku transit di Changi dan di HKIA gak bisa lihat A380 dari deket.. padahal mupeng banget

      Delete
  10. Bandara Hongkong bagus juga ya. Bandara HK ini kata berita termasuk yang sulit untuk didarati karena keterbatasan ruang bebas.

    ReplyDelete
  11. atapnya bergelombang ya...mirip dengan atap bandara ngurah rai baru yang sedang di bangun...kisah perjalanan memang selalu membawa kesan dan pesona tersendiri...dan kali ini hongkong..saya jadi berpikir..kapan ya bisa ke hongkong...apakah nanti kelak berangkat bareng ikutan dengan bung Goiq kalau ke Hongkong lagi...ngarep.com :-)

    ReplyDelete
  12. bandara kota palembang juga internasional -_-" jleeeeb

    ReplyDelete
  13. mas ceritanya selalu enak dibaca. Tapi akan lebih enak lagi kalo mas goiq enter kalimat yg sekiranya bisa dibuat di paragraf yg lain. Biar paragrafnya nggak panjaaaaang... HAHAHA..

    Tapi saya baca semuanya kok. Walopun agak mumet. Haha..

    ReplyDelete
  14. keren banget nih airportnya... kapan soeta kayak begini ya....

    ReplyDelete
  15. bersih bandaranya ya, coba di soete kaya gini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. soeta yang terminal tiga kan bersih Mbak...

      Delete
  16. saya cuman sempat transit aja di bandara hongkong
    gak sempat jalan jalan ke hongkongnya...
    hiks

    ReplyDelete
  17. Heiiii....aku juga pernah nyampe sini...tapi transit doang....huh..... keren ya airportnya aku suka..dibandingin Taipei....

    ReplyDelete
  18. Anonymous7:41 PM

    Info donk.... Jadi kita boleh bermalam di airport HK sebelum keluar imigrasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan walaupun saya bisa lewat. Jaga-jaga supaya ngga dipanggil masuk kantor imigrasi kaya saya :))

      Delete
  19. Anonymous6:49 PM

    mau tau donk.. saya kan naek air asia jd pasti di terminal 2.. tp saya ingin jalan2 jg lihat2 terminal 1.. apa boleh ya gtu itu?

    ReplyDelete
  20. mas mau tanya, cara pulang atau cara ke HKIA gimana ya kl habis dr TST ?
    ada yg bilang naik bus A21 (Sama seperti kita pergi)
    nah kl naik airport express train itu harus kemana utk menuju HKIA?

    ReplyDelete
  21. mas pas pulang, rupanya posisi terminal 2 keberangkatan ada diaman ?

    ReplyDelete

Terima kasih....