20 March 2013

Hong Kong Trip : Menikmati Shredded Squid

Sedang asyik menikmati sore di Avenue Of Stars , tiba-tiba hidung dikejutkan dengan sebuah aroma sedap yang spontan saja direspon perut dengan maksimal. Lebih dan kurangnya bau tersebut benar-benar membuat lapar mendadak. Selidik punya selidik, ternyata aroma sedap tersebut berasal dari sebuah kios yang terdapat disana. Dan itu adalah kios penjual Shredded Squid. Kalau saya translate sih shredded artinya diparut. Tapi karena bahasa linggis saya pas-pasaan, saya belum menemukan pengertian shredded squid dalam bahasa Indonesia yang benar. Saya pun lebih suka menyebutnya cumi gepeng atau cumi penyet. Hahahahaha... 

Untuk proses memasaknya sendiri sebenarnya sangat simple, saya pikir sayapun bisa melakukannya bila mempunyai alatnya. Yang pertama daging cumi mentah yang sudah diberi bumbu barbeque dipanggang dalam sebuah pemanggang seperti toaster besar. Proses pemanggangan inilah yang merupakan biang kerok dari aroma sedap yang saya cium sebelumnya dan mengundang saya datang kemari. Setelah cumi selesai dipanggang, kemudian di gepengkan beberapa kali dalam sebuah alat seperti mesin penggiling. Daging cumi yang tadinya kecil, kemudian berubah menjadi besar dan menjadi bertekstur. 

Seperti inilah Shredded Squid yang telah selesai digepengkan. Ukurannya bisa menjadi 2-3 kali lebih besar dibandingkan ukuran daging cumi yang baru selesai dipanggang sebelumnya. Cumi ini akan dibungkus dengan kertas kopi bila kita ingin membelinya.

Yang membuat tercengang adalah harganya yang sebesar HK$30 , harga seporsi cemilan ini setara dengan target harga sekali makan besar saya di Hong Kong. Akhirnya saya dan mbak Itik Kecil memutuskan patungan demi bisa mencicipi cemilan yang luar biasa kurang ajar sudah menusuk hidung kami dan membuat perut jadi lapar mendadak. Cemilan inipun kami bagi dua dengan riang gembira. Dan ternyata rasanya biasa saja sodara-sodara. Awalnya saya berharap rasa Shredded Squid ini akan cendrung asin dan pedas, tapi ternyata rasanya cendrung manis. Hanya saja walaupun menurut saya rasanya biasa , tapi cemilan ini tetap nikmat kok disantap sembari menikmati pemandangan di Avenue Of Stars

50 comments:

  1. hihihi...
    harganya kurang ajar, tapi ternyata rasanya biasa ajah yah mas?

    Tergiur oleh baunya doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. baunya kurang ajar banget bikin perut jadi keroncongan.. begitu dicoba biasa aja ternyata

      Delete
  2. Pertama lihat potonya juga saya pikir ceederung asin ke pedas mas. Mana biasa lagi ya rasanya. Berarti ga direkomendasi untuk dibeli ya. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda lidah suka beda rasa mas... kadang yang menurut saya biasa belum tentu buat orang... hehehehe

      Delete
  3. Saya kira tadi rasanya lain dari pada yang lain Mas,rupanya begitu Mas rasakan ternyata rasanya cenderung Manis,tapi yang hebatnya aromanya yah Mas jadi pingin nyobain gitu hingga patungan untuk belinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. aromanya menggoda banget

      Delete
  4. lucu banget.. belum pernah makan yang model gini... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, sesuatu yang unik itu memang menggoda untuk dicoba

      Delete
  5. waaaa jadi pengen nyoba .. keliatan nya sih emang enak yaa pak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo versi lidah saya sih rasanya cendrung biasa saja kok :)

      Delete
  6. wah keliatannya unik dan baru, jadi pengen ngerasain heheh

    ReplyDelete
  7. Kalau rasanya enak sih terobati dong harga yang mahalnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. untung belinya patungan.. jadi aku gak terlalu kuciwa...

      Delete
  8. aku jarang makan cumi sob

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ttg makanan yg satu ini, mahal juga ya harganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan mahal mbak.. hahaha

      Delete
  10. yang enak itu memang cuma masakan indonesia sobat, kalau makanan luar negri meskipun harum wangi menggoda iman, tapi kalau dicicipi terasa aneh di lidah....itu pendapat pribadi saya loh, apalagi saya belum pernah berwisata kuliner keluar negri.. ketahuan dech :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bener deh.. soalnya masakan Indonesia itu kaya akan bumbu

      Delete
  11. Wah.. enak ni kyknya si cumi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aromanya yang sedap sekali bro :)

      Delete
  12. liat bentuknya sih keliatannya asik
    tapi harganya kok ga asik sih..?
    hiks...

    ReplyDelete
  13. Bentuknya unik ya. Tapi harganya memang bikin mikir dua kali kalau mau beli, hahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itungannya sih sebenernya gak mahal banget kok Ko.. cuma berhubung harganta setara harga 1x makan besar, jadi agak mikir-mikir kalo mau beli sendiri

      Delete
  14. aroma ama bentuknya aja berarti yang top kalo rasanya biasa-biasa aja mah.
    tapi harga tetep ngga biasa ya mas, heuheu

    ReplyDelete
  15. hehehe saya sih gak bakal terkecoh dengan harumnya, apalagi harganya semahal itu, soale gak doyan cumiiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... panteeeess

      Delete
  16. jadi penasaran sama "bumbu rahasia" si Shredded Squid ini. Kok harganya lumayan banget dengan rasa biasa :-/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya nya sih bbq sauce aja deh

      Delete
  17. blogwalking pagi..
    tutornya sangatmenarik gan..
    ditunggu ya folbacknya :)

    ReplyDelete
  18. bwahahaa... udah mahal, rasanya biasa banget lagi.. untung patungan belinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mil.. untung patungan belinya

      Delete
  19. Kalo orang Sul Sel, sukanya makan cumi pake cairan hitamnya, mas. Gak putih begini. Dibumbuin bawang sama merica, aih maknyus banget tuh rasanya. Kalo ke Makassar, mas Goiq kudu cobain. Eh, tapi apa di resto jualnya pake cairan hitamnya gak yah? Kalo masakan rumahan sih sukanya ya pake cairan hitam itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu saya juga suka mbak masak cumi pakai tinta hitam nya itu.. rasanya top markotop dah

      Delete
  20. Iiiiiiiiiiiiih.. takuuut... saya alergi banget mas sama yang kay gituan...

    ReplyDelete
  21. Hahhaa, berati harga memang kadang tidak sesuai dengan rasa yah.. selamat makan..

    *kok jadi ikutan makan*

    *gigit bungkus roti buat persediaan perut keroncongan ntar malam*

    ReplyDelete
  22. wah kalau di Indonesia kayaknya belum ada yah gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya sih belum ada.. tapi ngga tau juga kalo ternyata sudah ada

      Delete
  23. Duh saya penggemar cumi jadi ngiler, saya mencicipi cumi bakar waktu di hakone jepang yg klo di kurskan ke rupiah harganya 70 ribu utk sepotong hadeh...

    ReplyDelete

Terima kasih....