28 March 2013

Hong Kong Trip : Naik Cable Car ke Ngong Ping 360

Tujuan saya berikutnya di Hong Kong adalah menuju Ngong Ping Village. Disana saya ingin melihat Giant Budha dan merasakan sensasi naik cable car. Seandainya saya kesana di hari libur, dari halte Kowloon Park yang tidak jauh dari tempat saya menginap terdapat rute bus langsung menuju Lantau Island. Tapi karena saya tidak pergi di hari libur, maka pilihan untuk menuju kesana adalah dengan menggunakan MTR. Dari stasiun MTR Tsim Sha Tsui, saya menuju ke stasiun transit Lai King lalu kemudian naik MTR berikutnya menuju Tung Chung. Begitu keluar dari stasiun Tung Chung ternyata saya berada di Citygate Outlets, salah satu tempat shopping produk branded di Hong Kong. Dari sini tinggal keluar mall dan mengikuti petunjuk arah cable car Ngong Ping 360. 


Begitu sampai di stasiun cable car, kita tinggal membeli tiket cable car sesuai kebutuhan. Ada beberapa paket harga cable car yang bisa kita pilih di website mereka . Bila ingin mendapat harga murah belilah tiket cable car di hostel atau tempat kalian menginap karena biasanya harganya sedikit lebih murah daripada membeli ditempat. Ada 2 jenis cable car yang bisa kita naiki, yaitu standar cabin seperti kebanyakan cable car lainnya yang pernah saya naiki sebelumnya dan yang kedua adalah crystal cabin. Crystal Cabin ini adalah cable car yang bagian bawahnya terbuat dari kaca transparan sehingga sepanjang perjalanan kita bisa memandang kebawah dengan leluasa. Awalnya saya ingin mencoba naik crystal cabin, tapi karena harganya memang lebih mahal, maka saya memutuskan naik yang standar cabin saja. 

Begitu cable car yang saya naiki mulai berjalan saya tidak berhenti memotret. Karena sepanjang perjalanan saya melihat banyak sekali pemandangan yang indah yang sayang bila tidak diabadikan. Tidak perduli orang yang satu cable car dengan saya melihat takjub kelakuan saya jeprat jepret narsis dari kiri ke kanan trus pindah tempat buat dapet angle foto dengan latar yang saya inginkan sepanjang perjalanan ini. Hahahahaha... 

Sebagai penyuka dunia aviasi, saya terpukau ketika cable car melintasi Hong Kong International Airport. Saya bisa melihat lalu lalang pesawat di airport kelas dunia dari sini. Senang rasanya bisa melihat airport ini secara utuh dari atas. Pemandangan yang tidak akan mungkin pernah saya lupakan.

Cable car terus melaju menyajikan pemandangan yang berbeda. Mulai dari suasana kota, lalu melewati pegunungan dan laut, melintasi Hong Kong International Airport dan melewati bukit-bukit yang terjal. Semakin tinggi cable car melaju maka semakin dingin pula temperatur udara. Saya yang tadinya hanya memakai mantel, akhirnya memutuskan menggunakan syal. Oh ya, ada pengalaman seru yang tak terlupakan ketika naik cable car dalam perjalanan pulang. Ditengah perbukitan terjal tiba-tiba cable car berhenti cukup lama. Saya mencoba tenang tapi hati tidak bisa berbohong kalau saya cukup tegang karenanya. Berbagai pikiran buruk menghantui saya saat itu. Tapi saya coba menghibur diri dengan berfoto-foto narsis. Hingga tiba-tiba petugas memberitahu melalui speaker bila mereka sedang restart engine. Butuh waktu sekitar 10 menit hingga cable car bisa berjalan kembali. Benar-benar 10 menit yang bikin tegang. Hahahahaha... Tapi secara keseluruhan saya puas sekali bisa naik cable car bolak-balik dengan bonus pemandangan luar biasa ini. 

Catatan perjalanan saya ke Ngong Ping Village, Giant Budha dan Wisdom Path akan saya ceritakan dalam postingan berikutnya.  

39 comments:

  1. seru ya naik cable car bisa ngeliat pemandangan dari atas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, seru banget.. soale pemandangannya bagus

      Delete
  2. aseek..naik cable car bernarsis ria , jalan2 trus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan lagi jalan :)

      Delete
  3. Pas di 10 menit yang menegangkan itu apakah pemandangan di luar kaca cable car dapat mendamaikan hati? Oh, si penulis rupanya menenangkan hati dengan berfoto-foto :)

    -@p49it-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... benar sekali.. aku menghibur diri dengan berfoto foto

      Delete
  4. pemandangan yang sangat indah ... Wah. Di sana berapa hari bang? Tak perhatikan setiap posting nyeritain hongkong terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 hari Put.. ini baru setengahnya yang di posting.. hahahaha

      Delete
  5. Pernah naik yg beginian waktu turun dari genting highland ke terminal busnya :) *ternyata saya lumayan phobia soalnya pemandangannya gak kayak yg punyamu,bang. Itu poon dan tebing semua*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum pernah naik yang di Genting

      Delete
  6. Beruntung nih Goiq bisa naik cable car di Hongkong.
    Waktu saya ke sana hanya naik MRT dari Bandara ke Hotel dan ke tempat lain, karena hotel saya dekat dengan stasiun MRT.
    Tapi saya sempat ke Macau Mas..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu.. aku ngga sempet ke Macau Da

      Delete
  7. pemandangannya bagus dari atas cable car ya, lebih bagus lagi kalau ada yang nemenin tuh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak... seandainya pergi berdua belahan jiwa.. #eaa

      Delete
  8. waaaa seru yaa liat pemandangan dari atas ..

    ReplyDelete
  9. naik cable car kayaknya serem ya...kalo saya mungkin nggak bakalan berani deh...takut ketinggian soalnya...hehe

    ReplyDelete
  10. yang pas berenti 10 menit itu harusnya lo bersyukur karena dapet bonus tambahan waktu 10 menit naik cable carnya hihihiii

    ReplyDelete
  11. Wahaha serem amat berhenti 10 menit. Untung gak ada hal2 darurat selama 10 menit itu seperti B*B :p
    Btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. Bro, dah lama kali rasanya gak bloghoping. Susah nyarik waktu untuk laporan detail kayak gini iq. Dan yg membuat gw kagum, elu tuh nulisnya sudahlah detail dan sering pulak.

    Hehehe.. Congrats goiq.. ^_^

    ReplyDelete
  13. jalan-jalannya asyik tuh

    ReplyDelete
  14. kapan aku bisa kesanaaaaaaaaaaaa??????

    ReplyDelete
  15. jalan2 melulu.. kapan terbit bukunya?...

    ReplyDelete
  16. Sepertinya seru banget deh mas...

    Tapi aku rada takut ketinggian gitu mas...
    Mungkin harus minum antimo dulu kali yah *plak*...hihihi...

    ReplyDelete
  17. pasti asik banget ya liat pemandangan di cable car, tp kalo berhenti 10 menit di atas deg2an juga sih rasanya

    ReplyDelete
  18. Bang, seru banget bang. Gw aja yang di TMII belum naik. :(

    ReplyDelete
  19. kok pemandangannya mirip seputaran Danau Toba yach :D

    ReplyDelete
  20. Yang crystal mungkin agak serem juga ya buat yang takut ketinggian, hehehe :D

    ReplyDelete
  21. coba di jakarta ada cable car, jaraknya dari ujung jakarta ke ujung jakarta :D

    *apa kabar monorel? :p

    ReplyDelete
  22. @whiz: bukan jalan2 melulu mas whiz, ini khan memang postingan sambungan dari postingan hongkong lainnya.

    Btw, kamu nggak takut sama skali yak? Oh iya ding, soale dirimu khan sudah sering naik pesawat. Aku belum pernah haha..

    ReplyDelete
  23. cable car...kira2 kapan ya, yang beginian ada juga di Indonesia..., terus terang saya jadi iri nich sama admin blog yang sudah menjejakkan kakinya di Hongkong...salah destinasi yang masih menjadi impianku untuk pergi ke sana :-)

    ReplyDelete
  24. 10 menit berhenti?? Pengalaman seru memang, tp semoga pas nnti saya nyobain ga ada berhenti2 nya..hahaha :D

    ReplyDelete
  25. Ihihihi, seru ya naik cable car...
    Cuma lima kilo jaraknya ituuu, marai mumet >_<

    ReplyDelete
  26. hihihi, kereen foto2nya. terimakasih ya

    kalau saya pemandangan seindah ini sih susah buat ambil banyak foto, rasanya memotret itu merampas waktu, karena motret bisa gitu deh, hehe

    ReplyDelete
  27. hei kita khan punya juga kayak ginian di TMII...ummmm masih jalan nggak ya itu? hehehehehe

    ReplyDelete
  28. diriku kemarin naik yang crystal sob... ngeri banget buat orang yang takut ketinggian seperti diriku.. disana hujan... hiks..

    ReplyDelete
  29. wahhhh indah mas pemandangannya

    ReplyDelete
  30. Mas tanya donk. Kira2 harga tiketnya brapa yah untuk cable car yg jenis crystal kalau beli tiketnya langsung d tempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku lihat di web mereka sih sekarang yang crystal cabin HK$ 235 . Bisa cek detail harga tiketnya disini http://www.np360.com.hk/en/booking/np360-ticketing-information.html . Saran aku sih mending beli tiket nya di hostel karena biasanya hostel menjual harga promo..

      Delete
  31. indonesia kapan yaa punya cable car, udah ampuun sama macetnya ibukota :(
    btw nice share gan

    ReplyDelete

Terima kasih....