08 March 2013

Hong Kong Trip : Social Media Lancar Jaya

Gambar diambil dari sini
Dua minggu sebelum berangkat ke Hong Kong saya mulai kasak kusuk mencari list operator seluler yang bisa saya andalkan supaya bisa tetap terhubung dengan dunia. Walaupun liburan kali ini berstatus cuti dari pekerjaan atau dengan kata lain sebenarnya saya bisa saja memutuskan komunikasi sesaat dengan kantor, tapi rasanya kok saya tidak tega yah. Loyalitas memaksa saya supaya masih bisa tetap memantau semua aktifitas dikantor. Maka inilah 3 operator yang akhirnya saya gunakan selama berada di Hong Kong.

Faktanya saya adalah pengguna Telkomsel sejak lama. Bahkan saya adalah pelanggan kartu Halo yang walaupun bukan termasuk kategori priority berdasarkan besarnya tagihan bulanan, tapi jumlah tahun dimana saya telah menggunakan nomor kesayangan saya ini rasanya cukup menjelaskan semuanya. Dan sudah pasti saya harus mengikutsertakan nomor yang saya gunakan ini dalam bagian perjalanan saya ke Hong Kong. Tinggal aktifkan roaming internasional dengan cara kirim ketik IR dan kirimkan sms ke nomor 6616. Lalu akan mendapatkan notifikasi bahwa roaming nya sudah diaktifkan. Kemudian tinggal memilih paket blackberry mana yang akan saya gunakan. Ketik *266# lalu pilih 3.Paket Data & BB , selanjutnya pilih 2.Asia dan kemudian pilih 3.Hongkong . Setelah itu pilih 3.Pilihan Paket ,kemudian ketik 3.Paket Combo dan ketik 1.Unlimited BB Roaming dan terakhir saya pilih nomor 2.120.000/3hari  . Selanjutnya tinggal meneruskan saja untuk membeli paket tersebut. Saran saya aktifkan paket sesaat sebelum berangkat menuju negara tujuan, sehingga begitu kita sampai tinggal memilih nama operator yang bekerja sama dengan Telkomsel. Oh ya karena saya memilih paket Combo yang bisa digunakan di beberapa negara termasuk Singapura, maka begitu saya transit selama 4 jam di Singapura saya sudah bisa mengaktifkan blackberry saya dengan memilih operator SingTel , sedangkan di Hong Kong operator yang bekerja sama adalah CSL . Maka selama 3 hari, saya bisa leluasa menggunakan blackberry saya.

Gambar diambil dari sini
Setelah 3 hari, paket blackberry Telkomsel saya pun berakhir. Sebenarnya saya bisa saja memperpanjang paketnya. Tapi untungnya beberapa hari sebelum berangkat saya dikasih kartu XL gratis oleh teman saya. Menurut teman saya, XL memberikan free 3 hari untuk paket blackberry di beberapa negara di Asia. Termasuk Hong Kong dan Singapura. Tapi dengan catatan, sebelumnya kita harus sudah berlangganan paket Blackberry Full Service terlebih dahulu. Tidak masyalah... Untuk mengaktifkan paket blackberry full service cukup menekan *123# dan pilih paket BB Full Service. Setelah paket BB Full Servive diaktifkan, lalu tinggal telpon 817 untuk mengaktifkan roaming internasional. Oh ya, pastikan untuk menonaktifkan voice mail dengan cara tekan #818# lalu tekan ok atau yes. Dan nonaktifkan juga call divert / call forwading dengan cara tekan ##002# lalu tekan ok atau yes. Setelah semuanya beres, tinggal berangkat menuju negara tujuan. Begitu akan diaktifkan di negara tujuan, pastikan pilih operator Smart Tone bila berada di Hong Kong dan M1 bila berada di Singapura. Jadi sayapun lancar jaya menggunakan Blackberry selama 6 hari....

Untuk paket data, saya memilih operator Hong Kong dengan merk One2free sebagai pilihan. Sebenarnya saya menerima banyak saran untuk pilihan paket data ini, tapi akhirnya saya memutuskan memakai one2free sebagai pilihan terakhir. Saya membeli perdana one2free ini di Terminal 1 Keberangkatan Hong Kong International Airport seharga HK$88 . Saya tidak terlalu pusing dengan paket bicara dan berapa pulsa yang bisa saya gunakan dengan operator ini. Saya hanya tergoda dengan unlimited data selama 7 hari. Dengan kata lain, Iphone saya bisa on terus dan tidak terlalu mengandalkan wifi yang belum tentu ada ditempat-tempat tujuan saya nanti. Saya juga tidak perlu repot untuk setting dan registrasi perdana ini karena semua sudah dilakukan di counter tempat saya membeli perdana ini. Dan syukurnya selama saya berada di Hong Kong, jaringan one2free yang saya saya pakai ini sangat baik. 

Blackberry dan Iphone saya dalam status aman dan bisa digunakan, maka liburan saya pun jadi lebih tenang, lebih berwarna dan bisa update status dimanapun. 

27 comments:

  1. thanks reviewnya jadi ada info seluler untuk dipakai diluar ya

    ReplyDelete
  2. Aku sama suami kalau liburan malah harus bebas dr internet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa temanku juga gitu mbak... Tapi kalo aku justru kebalikannya :)

      Delete
  3. masih di hongkong ya pak.. hehehe ... ternyata ada 2 operator indo yang sudah di sana ya. keren dah...
    saya dulu kesana tapi enggak langganan 2kartu itu. nyampe sana pake kartu lokal ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga memilih alternatif beli kartu lokal kalau emang kartu Indonesia gak ada yang bisa dipakai atau malah jauh lebih mahal daripada beli kartu lokal..

      Delete
  4. masih di hongkong ya pak.. hehehe ... ternyata ada 2 operator indo yang sudah di sana ya. keren dah...
    saya dulu kesana tapi enggak langganan 2kartu itu. nyampe sana pake kartu lokal ...

    ReplyDelete
  5. terima kasih nih tipsnya ya.... ok banget sangat dibutuhkan kalau mau tetap online...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga suka tips ini. Tapi saya masih heran, Goiq, kenapa pertama-tama Goiq menggunakan Telkomsel dulu baru XL? Kenapa nggak XL aja semenjak awal?

      Delete
    2. Applausr : sama-sama mas :)
      Vicky : Saya pakai Telkomsel dulu karena saya membeli paket Telkomsel yang harus di aktifkan sebelum berangkat. Begitu sudah aktivasi maka sudah terhitung masuk hari pertama. Nah kalau XL tidak perlu aktivasi karena memang ada promo gratis 3 hari di beberapa negara Asia termasuk Singapura dan Hong Kong dengan catatan sudah berlangganan paket blackberry full service. Jadi begitu kartu diaktifkan di negara tujuan, promo gratisnya langsung dihitung.

      Delete
  6. mintak oleh2nya duonk?...

    ReplyDelete
  7. Hahaha, aku liburan nggak pernah lho sengaja khusus membeli nomor lokal gitu, hmmm. Kalau butuh internet ya nyari wifi gratisan aja, wkakakaka. Tapi kalau liburannya lumayan lama memang sepertinya penting sih ya, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih kemanapun pergi selalu mengusahakan tetap bisa dihubungi baik melalui sms ataupun social media. tapi kalau ternyata emang benar-benar gak bisa, yah mau bilang apa ?

      Delete
  8. jadi tetap bisa eksis deh ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.. betul :)

      Delete
  9. kalo liburan mah seharusnya free form wireless things!

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa orang mungkin lebih suka liburanya tidak terganggu, tapi sebagian lain mungkin tetap lebih suka bisa lancar berkomunikasi meskipun di social media.. Apalagi saya yang notabene kerjanya sedikit berhubungan dengan dunia social media... Jadi dibawa enjoy aja...

      Delete
  10. Setuju sama komen pertama. Saya kalo liburan harus free sama gangguan "kantor" hahahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir orang kantor pun gak akan mengganggu kalau status kita emang lagi cuti. Cuma sebuah bentuk loyalitas dan tanggung jawab untuk tetap terhubung dengan kantor dan teman-teman. hahahahaha...

      Delete
  11. liburan tapi harus tetap bisa eksis di sosial media ya ;)

    ReplyDelete
  12. update status memang penting yaa...
    hehhee

    ReplyDelete
  13. hihi, ini yang selalu wajib buat travel blogger :)

    ReplyDelete
  14. kapan aku bisa ke luar negeri nih :D

    sampai sekarang aku ga ngerti sama roaming, kesanku itu ribet ngurusnya

    ReplyDelete
  15. oh..oh...oh....penting..info sangat penting ini...kalo aku dulu pas ke negara uang receh pertama langsung aktifkan IR nya... saya pengguna setia XL ..baru abis itu ganti provider negara uang receh... pantesan ya foto2 PATH lancar...hehehehhe

    ReplyDelete
  16. belum pernah kebayang deh pergi ke hongkong :)

    ReplyDelete
  17. Akbar fikri9:37 PM

    Pak cara mengaktifkan paket xl nya gmn ya stlh sampai tujuan?

    ReplyDelete
  18. pak saya mau tanya nih..cara aktifin paket BB pake kartu sana gimana caranya ya?saya mei bsk mau ke hongkong,agak bingung nih kalau harus registrasi tapi operatornya pake bahasa sana

    ReplyDelete

Terima kasih....