02 March 2013

Hong Kong Trip : Transit di Changi Airport

Dalam postingan sebelumnya, saya berjanji untuk menceritakan sedikit cerita transit di Changi Airport Singapura dalam perjalanan menuju Hong Kong dan kembalinya menuju tanah air. Ini jelas bukan kali pertama saya menginjakkan kaki di salah satu airport terbaik dunia ini, tapi ini jelas kali pertama saya transit disini dan menunggu beberapa jam sehingga saya bisa menikmati kenyamanan airport ini dalam jangka waktu yang cukup lama. Awalnya saya berpikir untuk menggunakan waktu transit yang cukup lama ini (sekitar 4 jam) untuk naik MRT dan keliling di Singapura terlebih dahulu. Tapi entah kenapa saya cukup berat melakukan hal tersebut sehingga saya putuskan untuk menjelajahi Terminal 2 Changi Airport untuk saya tuliskan dalam blog ini. 

Pesawat Tiger Airways yang saya tumpangi dari Jakarta mendarat di Changi Airport sekitar pk. 12.15 waktu Singapura. Karena selama di pesawat saya sudah mantapkan niat hanya ingin menjelajah Terminal 2 Changi Airport, maka saya sudah putuskan tidak keluar imigrasi dan check in di loket transfer. Tapi apa daya, ternyata bila ingin check in di loket transfer, maka akan dikenakan biaya sebesar S$20 atau sekitar Rp.150.000,-. Untungnya petugas di loket transfer tidak memaksa saya untuk check in disana. Akhirnya mau tidak mau saya tetap harus keluar imigrasi dan check in tiket saya ke Hong Kong di counter Tiger Airways terminal keberangkatan. Hitung-hitung meramaikan cap imigrasi di paspor saya. Lagipula kalau check in sendiri tidak dikenakan biaya apapun. Hahahahaha...

Tempat Check in di terminal 2 ini sangat besar, tapi tidak usah kuatir karena petunjuk lokasi counter check in bisa disimak dengan jelas di layar-layar LCD TV yang tersebar sehingga kita tidak perlu berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain untuk mencari check in counter dari maskapai yang akan kita tumpangi. Meskipun penerbangan saya ke Hong Kong masih sekitar 4 jam dari kedatangan saya di Changi Airport, tapi ternyata saya sudah bisa check in di loket Tiger Airways. 

Selesai check in saya kembali memasuki terminal keberangkatan yang sempat saya lewati saat tiba sebelumnya. Mulailah saya menjelajah setiap sudut terminal 2 ini. Saya sangat suka dan memberi nilai plus untuk taman-taman dengan pohon dan bunga hidup yang menghiasi banyak sudut disini. Ada taman-taman tematik yang menyesuaikan dengan perayaan yang terjadi. Misalnya saat saya datang, dalam kondisi belum lama selepas Tahun Baru Imlek dan hari Valentine. Sehingga saya banyak menemui taman-taman dengan hiasan yang berhubungan dengan perayaan Imlek dan Valentine. Diluar taman-taman tematik, adapula taman-taman permanen yang saya jumpai. Diantaranya adalah orchid garden lengkap dengan kolam ikan koi yang benar-benar indah sekali. Betah sekali duduk berlama-lama disana sambil melihat ikan-ikan berenang di kolam. Lalu adapula sunflower garden yang sayangnya tidak berhasil saya temukan karena ternyata posisinya yang outdoor. Dua jempol untuk taman-taman indah yang menyegarkan mata ini.

Jika butuh tempat untuk gogoleran sejenak, Changi Airport ini menyediakan beberapa sudut yang disulap menjadi tempat yang sangat nyaman untuk beristirahat. Dijamin tidak akan terganggu oleh orang-orang yang berlalu lalang. Hanya saja jangan sampai kenyamanan ini melenakan kalian yah, kalau ngantuk dan ingin tidur usahakan aktifkan weker sehingga tidak kebablasan dan sampai tertinggal pesawat. Dan semua kenyamanan yang disediakan ini gratis loh. Luar biasa bukan ?

Selain tempat-tempat yang saya sebutkan diatas, beberapa tempat yang sering diserbu orang disini adalah toko duty free alias toko-toko yang menjual barang-barang bebas pajak sehingga harganya tentu saja menjadi lebih murah. Harga barang-barang yang dijual di toko duty free yang berada di Changi Airport gosipnya adalah salah satu yang termurah. Tidak heran bila saya banyak sekali menerima pesanan oleh-oleh yang harus dibeli di Changi Airport. Hahahahaha.. Lalu yang sempat saya coba juga adalah Xperience Zone. Disini kita bisa menonton tv, bersantai, mengirim e-postcard dan voice chatting. Dan yang membuat bahagia adalah free wifi dengan kecepatan yang sangat bagus dan tersedia internet gratis dihampir setiap sudut terminal. Termasuk di gate keberangkatan.

Benar-benar nyaman dan menyenangkan sekali transit di Changi Airport. Sebuah airport modern berstandar internasional yang memberi banyak kenyamanan bagi setiap pengguna jasa bandara. Dan harap dicatat saudara-saudara, saya baru bercerita seputar Terminal 2 loh. Masih ada Terminal 3 Changi Airport yang lebih baru dan tentu saja dengan fasilitas yang lebih wah daripada yang saya jumpai di terminal 2. Mudah-mudahan lain waktu saya bisa merasakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Terminal 3. Dan tidak lupa sambil berharap semoga beberapa airport baru yang sedang dibangun di Indonesia bisa memberikan kenyamanan maksimal untuk para penumpang dan pengguna jasa bandara seperti halnya yang saya rasakan di Changi Airport.

37 comments:

  1. Changi memang keren ya, hehehe :)

    Btw, dulu sewaktu transit di LCCT-nya KL juga begitu tuh. Aku harus imigrasi dulu, lalu check-in, trus imigrasi lagi, huahahaha... . Untung waktu itu menyediakan waktu cukup lama antara dua penerbangan itu jadi nggak terburu-buru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo ngga terburu buru sih santai aja yah Ko.. Kaya aku masih punya waktu 4 jam itu masih leluasa banget bahkan untuk jalan-jalan keliling Singapura sekalipun :)

      Delete
  2. changi emang bagus ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara-gara fasilitas Changi yang sebagus ini aku jadi penasaran sama Incheon yang katanya airport terbaik nomor 1 dunia saat ini

      Delete
  3. ya lumayan sih, artinya pantas untuk cek in sebesar 150rb dengan kenyamanan seperti itu. Kalo di indonesia kan masih 50K ... hehhehe ... pengalamannya luar biasa. Saya kesana tapi endak bawa poto.. jadi ya cuman di angen2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gak foto-foto ? Sayang loh.. hahahaha

      Delete
  4. wuiiiih keren banget changi kapan yah kaki saya berpijak disana ckckck
    *mimpi dlu kali heheh, salam kenal yah mas ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp bermimpi dulu, biar besok semangat mewujudkannya :)

      Delete
  5. waaaaa keren keren nihh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih.. saya emang keren #ehh #gagalpaham

      Delete
  6. saya memang paling suka airport changi ini... keren banget... sering kangen duduk duduk di sana... jalan jalan di airport mirip di mall....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, ni bahkan lebih nyaman dari mall. Mall kan jarang yg pake karpet. wakakakaka

      Delete
  7. jalan-jalan terus nih keren :)

    ReplyDelete
  8. Hi bang Goiq, sungguh luar biasa 8 tahun menekuni dunia Blog. Apa sensasinya? apakah transit di Changi sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kisah bahagia ini, sangat mengesankan sekali. SUKES SUKSES SUKSES

    ReplyDelete
    Replies
    1. header blog saya belum sempat diganti.. aslinya udah 9 tahun :) . Ke Hong Kong kemarin dalam rangka cuti sih sebenarnya

      Delete
  9. mas mas mesti jalan2 terus, besok mau jalan2 kemana lagi neh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. April punya tiket ke Semarang 10 ribu pp.. hahahaha

      Delete
  10. wwoow seru banget..

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Keren ya airportnya, bersih dan pasti nyaman banget kalo transit.
    Kapan saya bisa kesana? hihihi :D
    Btw, kalo dilihat sih luas banget ya airportnya, salah2 bisa kesasar kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya luas banget Zip, tapi ngga usah takut kesasar karena petunjuk arahnya jelas banget disitu

      Delete
  12. mohon doanya sob biar bisa jalan2 keluar negri jg :) andaikan fasilitas publik Indonsia ke gitu keren yh, terminal senen bw air kencing :( g betah lama di terminal ap lg sampe gogoleran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mas. Btw harapan saya juga bisa melihat terminal-terminal di Indonesia jadi jauh lebih baik daripada sekarang

      Delete
  13. Baru tau nek transfer bayar lagi @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo check in nya di loket transfer harus bayar Un, tapi semua diurusin. Kalo check in sendiri di counter gak perlu bayar, tapi kita harus keluar dan ngantri di imigrasi dulu

      Delete
  14. Dudukan merahnya keliatan enak... lebih enak lagi kalo ada tukang pijetnya. hahaha *dikasih ati minta jantung
    hiasan nya keren yah...

    ReplyDelete
  15. Saya ikut meng aminkan doa mss goiq yg terakhir, agar kita bs menikmati airport spt changi di indonesia.

    ReplyDelete
  16. Saya bawa dalam mimpi biar jadi kenyataan, hehe....

    ReplyDelete
  17. Semoga aku bisa ke sana. Musti mimpi dulu nih. Biar ada sesuatu yg diwujudukan pas bangun tidur. Yihaaaa...

    ReplyDelete
  18. seumur hidup, bagiku Changi adalah airport terkeren deh

    ReplyDelete
  19. Pertama kali ke S'pore, masuk ke Terminal 3-nya langsung disambut semerbak bau pesing. Hahaha. Tapi itu dua tahun yang lalu, sih. Sekarang kabarnya didandanin lagi itu terminal.

    -@p49it-

    ReplyDelete
  20. Berarti untuk transit dari terminal 2 kita harus keluar dr imigrasi untuk cek in dicounter luar ya mas??habis itu baru masuk lagi ya??

    ReplyDelete
  21. Ah changi mmg menawan, betah kalo transit disini. Buat tidur nunggu penerbangan selanjut nya juga nyaman :-)

    ReplyDelete
  22. Anonymous5:19 PM

    Hi mau tanyak. Sy beli tiket pesawat Sq.berangkat dari singapore ke hongkong. Apakah ada biaya tambahan lagi.selain biaya kita beli tiket

    ReplyDelete
  23. mas, beli tiket transit sg-hk pp gak pake pilihan transfer ya?
    kalo transitnya diatas 10 jam lebih baik pake fasilitas transfer atau gak ya?

    ReplyDelete
  24. Mas slm knl yah, mau tny doong..aku br ptm ni transit di changi,, biasanya bbrp kali ke changi gak transit langsung klr aja plus sm suami pula jd tgl ngekor hehe, aku mau ke bkk transit changi, pk silk air dr makassar, trn sih di terminal 2 nahh trus pertanyaanku, kan aku mau ljt lg ke bkk pk SQ, di term.2 jg sih, nah prosesnya gmn sih mas? Apa sm persis ky mas gt ya? klo mau c/I sdr gt, jauh ngga dr tmpt kedatangan kita di term.2 tmpt c/I nya lg mas?

    ReplyDelete

Terima kasih....