01 March 2013

Hong Kong Trip : Pertama Kali Naik Tiger Airways


Sebenarnya beberapa tahun lalu saya sempat mencanangkan minimal sekali dalam setahun saya bisa traveling ke luar negeri. Hanya saja tahun lalu, kesibukan benar-benar membuat saya harus melupakan sejenak mimpi untuk mengunjungi banyak negara tetangga. Boro-boro mau ke tempat yang jauh, sekedar plesiran ke Singapura pun rasanya hampir tidak sempat. Hingga akhirnya, akhir tahun lalu sebuah ajakan yang begitu menggoda datang kepada saya, yaitu tawaran untuk berlibur ke Hong Kong. Awalnya mencoba peruntungan untuk mendapatkan tiket promo Air Asia, tapi ternyata gagal mendapatkan harga promo nya. Begitu mengalihkan pandangan ke website Mandala Air, saya membaca banner promo harga tiket Tiger Airways ke Hong Kong. Coba memesan dan membayar dengan kartu kredit, ternyata sukses mendapatkan harga tiket promo nya. Saya membayar sedikit lebih mahal daripada seharusnya karena memesan hot meals untuk perjalanan menuju Hong Kong dan untuk perjalanan kembali yang kebetulan tepat di jam makan. Tiket berhasil saya print dan tinggal menunggu waktu yang ternyata cepat sekali berjalan. 


Karena ini adalah penerbangan pertama kali dengan menggunakan Tiger Airways, saya cukup antusias dengan penerbangan panjang yang akan saya jalani. Untuk menuju Hong Kong, saya harus transit terlebih dahulu selama beberapa jam di Changi Airport Singapura. Nanti saya akan menuliskan tersendiri apa saja yang saya lakukan selama transit di Changi Airport. Tiger Airways ini adalah sebuah maskapai low cost dari Singapura. Di Indonesia sendiri saya sudah pernah terbang dengan Mandala Air yang merupakan grup dari Tiger Airways. Tapi walaupun memiliki livery dan seragam pramugari yang sama, tetap saja saya menaiki dua maskapai yang berbeda nama walaupun berasal dari satu grup. Pramugari Tiger Airways sangat ramah dan selalu membantu apapun yang kita butuhkan. Dan satu hal yang saya suka, ketepatan waktu maskapai ini memang patut saya acungi jempol. Tidak heran kalau beberapa kali terbang dengan Mandala Airlines saya pun mengagumi soal ketepatan waktu ini. 

Seperti kebanyakan maskapai low cost, Tiger Airways menggunakan pesawat jenis Airbus A320 dalam jajaran armadanya. Dengan seat pitch yang lumayan nyaman untuk orang yang tidak terlalu tinggi seperti saya, empat penerbangan yang saya lakukan menuju Hong Kong dan saat pulang ke Indonesia terasa cukup nyaman. Untuk interior kabin sendiri saya pikir nyaris tidak ada bedanya dengan pesawat Airbus A320 lainnya, terutama maskapai Mandala Airlines yang pernah saya naiki. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya, penerbangan yang saya lakukan dari Singapura ke Hong Kong dan sebaliknya saat pulang kebetulan berada di jam makan. Saat terbang dari Singapura ke Hong Kong bertepatan dengan jam makan malam dan sebaliknya saat pulang bertepatan dengan jam makan siang. Daripada kelaparan saya memutuskan memesan hot meals saat booking tiket. Niat awalnya saya ingin memesan 2 menu yang berbeda saat terbang tersebut. Apa daya tanpa saya sadari saya memesan menu yang sama untuk 2 penerbangan yaitu Creamy Chicken Stew. Yah sudahlah, saya terima saja dengan lapang dada. Dan untungnya menu yang saya pesan ini merupakan menu rekomendasi dan rasanya juga enak. Creamy Chicken Stew ini disajikan panas lengkap dengan roti dan sebotol air mineral. Dalam waktu singkat saya sukses memasukkan makanan ini kedalam perut. 

Perjalanan dari Singapura menuju Hong Kong ditempuh sekitar 3,5 jam penerbangan. Tidak ada perbedaan waktu antara Singapura dan Hong Kong tapi terdapat perbedaan waktu satu jam lebih cepat dibandingkan waktu di Jakarta. Setelah kenyang makan saya lebih memilih untuk tidur. Untungnya saya bisa tidur cukup lama didalam pesawat. Walaupun tidak terbang dengan pesawat wide body, tapi saya sangat antusias dan menikimati penerbangan pertama saya dengan Tiger Airways. Tidak lupa saya bertekad untuk mencoba rute-rute yang ditawarkan oleh Tiger Airways. Mudah-mudahan bisa saya wujudkan dalam waktu dekat ini... 

28 comments:

  1. A320 termasuk yang kecil donk yak???

    wah enak nih bisa jalan2 ke HK,
    pengen...

    A : bawain oleh oleh donk T.T

    B : Oleh oleh dari Hongkong :p

    A : Iya, oleh oleh dari hongkong donk T.T


    ReplyDelete
  2. Dan di Tiger, ada bangku nomer 13 :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ? Aku malah gak terlalu merhatiin Na

      Delete
    2. lha apakah di maskapai lain gak ada bangku nomor 13??
      aku juga gak pernah merhatiin tuh

      Delete
  3. Wah, aku baru tau mandala air satu group sama tiger airways :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang handle management Mandala sekarang itu Tiger kalo saya gak salah

      Delete
  4. Aduh abang Goiq, bolehlah kita kena oleh-oleh dari Hongkongnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oleh oleh dari Hong Kong... wakakakaka

      Delete
  5. berapa nih tiketnya bang, kan kalo naik yang lain sampe 6 juta lebih itu, dari surabaya tapinya .. kalo ada yang murah aku mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiketnya 1,6 jt ditambah meals yang aku pesan jadi sekitar 1,8 jt kalo gak salah

      Delete
  6. berarti tinggal tunggu cerita jalan jalannya neh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siiippp... nanti akan diulas secara tajam setajam silet... haahahahaha

      Delete
  7. wah asik dong bisa setaun sekali ke luar negeri
    soal ketepatan waktu, sejak jaman masih mandala dulu memang udah keren kok. jarang banget delay makanya jadi langganan
    sekarang dipegang tiger, makin mantap keknya tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang tambah mantap mas sejak dipegang Tiger

      Delete
  8. wow.. thanks infonya mas.. kebetulan nanti awal mei TK juga bakal nyobain nih naik Tiger Airways untuk pertama kalinya... ahhahaha udah cukup lega sih mengetahui klo maskapai ini juga nyaman2 aja ^^

    jangan lupa ikutan BLOGIVEAWAY yah mas!! ^^

    ReplyDelete
  9. Tiger memang lumayan kok. Dulu aku pernah satu kali (return) naik Tiger dari Singapore ke Penang, hehehe :)

    Masalah ketepatan waktu, Tiger yang Australia sempat bercitra buruk lho, hmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ? aku malah baru dengar yang soal Tiger Australia itu

      Delete
  10. mantaps om bisa ke hongkong aku lah belum pernah bisa ngimpi om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bermimpi gak ada salahnya Jay, karena dari mimpi kadang kita bisa wujudin impian itu. FYI, aku bisa ke HK setelah punya mimpi selama 3 tahun

      Delete
  11. habis berapa nih ke hongkong.. kok ga dijelasin sob.... tempat pariwisatanya bagaimana.. kebetulan akhir maret diriku kesana nih...

    ReplyDelete
  12. Baru tau ada Tiger Air. Eniwey, asik bener sik bisa jalan2 mulu. Kapan ya eke? :D

    ReplyDelete
  13. Asik ya bisa jalan jalan ke HK. Salut juga dengan ketepatan waktu mereka. Sedih sebenarnya sih, pasar gemuk penerbangan Indonesia digerogoti asing.

    ReplyDelete
  14. aku gak minta oleh2 ah, terlalu mainstream itu.. ntar kalo ke luar negeri lagi, aku mending titip beli barang aja deh. Ntar duitnya aku ganti <--- lebih jantan daripada sekedar "minta"

    HUAHAHHAHAHAHAHA

    ReplyDelete
  15. ayo coba ke vietnam...atau ke Australia sekalian...... semangat!!!! sayang dia nggak ke negara uang receh....coba kamu kesini supaya bisa main salju

    ReplyDelete
  16. sama yaah, aku bareng keluarga juga pake tiger, cuma kok rada sempit yaq seat nya, makasih udah ngunjungi blog aku, salam kenal , ditunggu posting jalan2 berikutnya ya

    ReplyDelete
  17. Anonymous11:59 AM

    berapa hari kang disana ......

    ReplyDelete

Terima kasih....