20 August 2013

Sebuah Resolusi Yang Terwujud

Beberapa tahun terakhir ini, setiap akhir tahun saya selalu menuliskan resolusi apa yang ingin saya capai. Dan salah satu yang selalu saya tuliskan beberapa tahun ini adalah ingin kurus. Bukan tanpa alasan, badan yang besar membuat saya selalu kesulitan untuk melakukan hal-hal remeh temeh sekalipun. Salah satunya menggunting kuku kaki.

Memasuki Januari 2013, kembali saya menuliskan sebuah resolusi ingin kurus. Kali ini saya memasukkannya kedalam prioritas utama saya. Bagaimana tidak, Januari 2013 berat badan saya saat itu sudah mencapai 84kg. Menurut teman-teman saya, bagian terparah yang menyumbang persentase terbesar dalam kelebihan berat badan saya adalah perut. Lihatlah foto diatas, sudah menahan nafaspun perut saya masih tampak sebesar itu. Padahal bagian-bagian lain tubuh saya semua tampak normal-normal saja. Ditambah lagi dengan bobot ini asma saya juga semakin sering kambuh. Saya harus melakukan sesuatu !!!

Per bulan Januari, saya kembali ke kampus Universitas Indonesia. Tapi bukan sebagai mahasiswa, melainkan hanya muncul setiap hari Sabtu dan Minggu untuk jogging. Mulai dari hanya kuat lari 2 menit hingga lama-lama saya cukup tahan lari-lari kecil hingga 15 menit nonstop. Dan perkembangan signifikan pada bobot tubuh pun mulai terasa. Dalam 3 bulan, saya berhasil menurunkan bobot tubuh sekitar 7-8 kg. Saya ingat sekitar bulan Maret bobot tubuh saya mulai stabil di angka 78 kg. Hanya saja, dari bulan April sampai Mei bobot tubuh saya terus bertahan. Tidak turun dan tidak juga naik. Padahal dengan bobot 78kg, bentuk perut saya masih kelihatan cukup besar. 

Saya tahu berat badan yang stabil menandakan porsi jogging saya perlu ditambah. Akan tetapi saya memang hanya punya waktu untuk jogging di kampus UI Depok hanya di hari Sabtu dan Minggu, itupun dengan catatan pada hari tersebut saya sedang tidak dinas keluar kota atau ada pekerjaan lainnya. Akhirnya saya memutuskan mendaftarkan diri untuk ngegym. Kebetulan di Pejaten Village, sebuah mall yang setiap hari saya lewati dalam perjalanan menuju dan pulang dari kantor akan dibuka cabang kesepuluh dari Fitness First. Biaya bulanannya memang cukup besar, tapi saya teringat pesan seorang teman. Jangan pelit mengeluarkan uang bila itu untuk diri sendiri, apalagi uang yang dikeluarkan untuk sesuatu yang bermanfaat. Maka sayapun memutuskan untuk mendaftar ngegym disana.. Target yang saya canangkan disana adalah, kembali ke berat badan ideal saya yaitu 68 kg dalam waktu 3 bulan.

Pertengahan bulan Juni 2013, saya mulai ngegym berbarengan dengan beroperasinya Fitness First Pejaten Village. Tidak hanya sekedar ngegym, saya juga diajarkan pola diet untuk orang-orang yang ngegym. Dan pelan-pelan saya mulai merasakan efeknya pada tubuh saya sendiri. Asma saya tidak pernah kambuh meskipun frekuensi ngegym saya lumayan menggila. Timbangan pun semakin bersahabat dengan saya. Berat badan saya terus turun mendekati berat ideal yang saya inginkan. Dalam waktu 2 bulan saja, berat badan saya sudah memasuki 69,7 kg. Entah sudah berapa belas tahun yang lalu terakhir kali berat badan saya berada di angka kepala 6. Bangga sekali dengan kerja keras saya sejauh ini meskipun masih banyak PR yang harus saya lakukan. Paling tidak resolusi ingin kurus yang dicanangkan beberapa tahun lalu sudah mendekati apa yang saya inginkan. 

43 comments:

  1. kehidupan yang ceria dengan kesihatan yang bagus..:D
    moga selalu sihat dan ceria ya goiq.. moga kita berjumpa di Indonesia suatu hari nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bersua.. kabari yah kalau ada rencana ke Jakarta

      Delete
    2. semesti nya goiq.. berikan email kamu.. moga mudah kita berhubung nanti :D
      timetravelafif@gmail.com

      Delete
  2. wuih mantap. emang klo mau kurus itu yg penting disiplin yah. Pertahankan! hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mil.. harus disiplin

      Delete
  3. Anonymous7:00 PM

    sudah tau Obsesive Corbuzier Diet mang? coba cek TL Dedy Corbuzier klo belom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tau kok.. temen kantorku banyak yang ikut.. tapi aku masih fokus sama program gym ku..

      Delete
  4. salut!
    gw juga ga mo kalah ah.. hehehe...

    ReplyDelete
  5. sukses yah..
    Tp kalo aku malah pngen agak gemukan dikit nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. atur pola makan dan olahraga bro

      Delete
  6. Wahhh hebat ri, bisa turun belasan kilo dlm 3 bulan ....semangat! Perutnya dah ilang tuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mamih...

      Delete
  7. Woaaah... kerenn!! Seneng banget ya kalau perjuangan yang sudah dilakukan mulai menampakkan hasil, hehe....

    Badan saya kurus banget, tapi saya berusaha rutin olahraga. Yah, untuk kesehatan aja, hehe.... Renang dan badminton seminggu sekali... :D

    ReplyDelete
  8. Woaaah... kerenn!! Seneng banget ya kalau perjuangan yang sudah dilakukan mulai menampakkan hasil, hehe....

    Badan saya kurus banget, tapi saya berusaha rutin olahraga. Yah, untuk kesehatan aja, hehe.... Renang dan badminton seminggu sekali... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun bentuk badannya, mau kurus mau gendut.. olahraga itu mah wajib yah..

      Delete
  9. Aku bangga berteman denganmu, terlepas dari kamu bangga apa enggak berteman denganku. #drama #siulsiul .

    Lanjutkan pola hidup sehatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku terinspirasi dari kamu loh Dit...

      Delete
  10. musti masuk hutan kali, om...
    aku dulu berangkat ke kalimantan bobot 68, sekarang nyisa 53 kilo
    hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooow banyak turunnya.. tambah cungkring dong mas :)

      Delete
  11. Ecieeeeee kereen oyyy selamat yee resolusinyo udah bisa dibilang hampir tercapai.. tetap pertahankan yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. terima kasih yaaa

      Delete
  12. Ahaaaaaaaaa akhirnya foto yang aselinya muncul di sini. Wah wah mas Goiq kini lebih slim , udah sikpek dah heieiiee. Asyiiknay udah maenannya ngeGYM hehiehiee. Saya aja yang sekarang makin bulet di sana sini hieheiheiheihee

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mas... aku sih yang penting perut nya rata.. gak kaya dulu..

      Delete
  13. Cieeeeee....

    Congratts!!!
    *ikutan seneng*

    P.S.
    Aku malah pengen naikin berat badan hahaha

    ReplyDelete
  14. Selamat ya!!

    Keuntungan berat badan seimbang kan, selain dari segi penampilan, juga ada di kesehatan kan, hehehe :D. Jadi keuntungannya dobel deh :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Ko, jadi bisa pake baju-baju yang oke karena gak malu sama perut lagi... hahahaha

      Delete
  15. wow .. langsing sekali ya mas :)

    ReplyDelete
  16. Selamat ... mudah2an terus ideal berat nya. Gw nurunin cuman 3 kg aja males nya minta ampun, sempet daftar fitnes cuman daftar doang, datang nya kagak #Ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha.... dulu waktu diajakin ngegym di Setiabudi One aku langsung nolak. Curiganya bakalan buang duit aja tapi malah gak kepake sama sekali..

      Delete
  17. six pack pa one pack ni

    ReplyDelete
  18. yeaaahhh berhasil ya untuk menjadi kurus*selamat.. :)

    pola hidup,makan dan olahraga itu yang penting yaa untuk menjaga itu smua bisa stabil,

    ada yang mau kurus ada yang mau gemuk,lah saya target gemuk belum juga terwujud meski uda makan :D

    yang penting sehat deh

    trimakasi sudah singgah ke hutan

    ReplyDelete
  19. Badannya makin bagus. Itu lenganmu besarnya jadi seimbang sama badannya. Dan itu keren. Yup, perut ke depan itu jelek ya. Kecuali kalau dadanya juga gedhe baru agak nggak papa. haha..

    Selamat yaaa.. aku juga rajin angkat barble 7 gerakan hasil dari nonton yutub, masing2 30 kali, seminggu 2-4 kali. Gak suka ngegym. Malu soalnya kalo harus telanjang dada

    Eh suka lompat tali gak? Coba deh beli skipping rope. Lumayan membakar kalori loh, 15 menit 1000 kalori. Lebih bagus daripada lari. Katanya sih gitu.

    HUAHUAHUAHUAHUAHU...

    ReplyDelete
  20. Ah akhirnya tempay Gym itu buka jugaaaa padahal dulu ditunggu lamaaaaa bangeth...good job! Yuk sama2 mencapai target

    ReplyDelete
  21. uwoow bang goiq selamat!
    ubi malah uda satu semester uda nyetop nge-gym gara-gara sibuk kuliah tugas numpuk semua. :")

    ReplyDelete
  22. wuiiih hebaaaatttt!!!!
    bisa menjalani scara rutin itu lho yang luar biasa
    jadi iri
    aku pingin kurus juga

    ReplyDelete
  23. terakhir ketemu kok bang Goig masih kelihatan chubby yach,,wekekekek..selamat menikmati tubuh langsing deh

    ReplyDelete
  24. bayar trainer untuk mahasiswa itu.......... nyesek

    ReplyDelete
  25. Salut. Yang sulit itu konsisten menjalaninya... :)

    ReplyDelete
  26. Biaya member FF penvil berapa sekarang? iuran perbulannya berapa? mohon jawabannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  27. yang terbaru 650 ribu / bulan untuk all club FF

    ReplyDelete

Terima kasih....