25 September 2013

Pekerjaan Impian

Jika berbicara mengenai pekerjaaan, saya yakin setiap orang memiliki mimpi tersendiri mengenai pekerjaan yang diinginkannya. Sama halnya dengan saya. Sejak duduk dibangku SMA, semua pertanyaan teman-teman mengenai pekerjaan yang saya impikan setelah lulus kuliah selalu saya jawab, bahwa saya ingin bekerja di perusahaan yang tidak mengharuskan karyawannya berpakaian formal dan kalau bisa pekerjaan itu juga mampu membawa saya mengunjungi banyak tempat yang belum pernah saya datangi. Dan teman-teman saya selalu tertawa mendengar jawaban saya. Kata mereka kalau saya mau bekerja dengan pakaian non formal, saya harus membuka perusahaan sendiri, membuka lowongan kerja untuk orang lain dan membebaskan semua karyawan saya untuk berpakaian apapun setiap hari. Hmmm.. tentu saja itu jadi salah satu ide menarik yang bisa saya tampung. Waktu SMA, satu-satunya pekerjaan yang saya tahu tidak memakai busana formal adalah wartawan, karena itulah ketika SMA saya rajin sekali belajar Bahasa Indonesia supaya saya bisa mewujudkan salah satu mimpi saya.


Perjalanan waktu memang tidak semudah bermimpi. Setelah lulus kuliah saya sudah beberapa kali berganti pekerjaan. Awal-awal lulus kuliah saya mencari lowongan kerja dan mencoba mewujudkan mimpi saya untuk menjadi wartawan, tapi ternyata memang tidak semudah yang saya pikirkan. Ujung-ujungnya saya malah bekerja di perusahaan yang mengharuskan seluruh karyawannya berpakaian formal. Tapi saya bisa menerima hal itu. Saya berpikir dalam hidup tidak semua hal bisa langsung kita raih. Kadang kala, apa yang kita dapat saat ini bisa saja menjadi sebuah batu loncatan untuk meraih apa yang kita inginkan. Dalam perjalanan saya melompat meraih pekerjaan impian, tidak melulu saya melompat ke perusahaan yang lebih besar dengan gaji yang lebih besar pula.

Pernah beberapa kali saya melompat ke perusahaan yang lebih lebih kecil dengan gaji yang lebih kecil pula. Salah satunya ketika saya pindah ke radio, dimana saya memulai karir sebagai seorang penyiar, lalu menjadi reporter dan Music Director. Ketika menjadi reporter itulah saya merasa salah satu mimpi saya terwujudkan. Yah, mimpi saya menjadi wartawan terwujud saat itu. Mencari narasumber untuk program berita radio, bergaul dengan teman-teman wartawan dan media lainnya. Hingga akhirnya semua bergulir dan saya mendapat promosi menjadi Music Director. Posisi terakhir itulah yang akhirnya membawa saya ke Jakarta dan bekerja di kantor saya sekarang. Pemikiran saya dulu itu ternyata benar adanya. Setelah beberapa kali melompat, saat ini saya bisa meraih apa yang saya impikan saat masih duduk di bangku SMA. Bekerja diperusahaan yang tidak mewajibkan kayawannya berpakaian formal dan bisa membawa saya ke banyak tempat yang belum pernah saya datangi.

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri musik dan film. Posisi yang saya pegang saat ini adalah divisi promosi. Dalam divisi promosi sendiri saya adalah bagian dari sekian banyak instrumen promosi , saya harus bisa berjalan satu visi dan satu misi dengan instrumen promosi lainnya  yang artinya saya harus bisa berjalan seirama dengan banyak isi kepala, watak dan tabiat orang. Tidak mudah memang, tapi saya tahu semua pekerjaan itu tidak ada yang mudah. Semua punya resiko dan konsekuensi yang harus dihadapi. Sebagai bagian dari team promosi, saya bisa meeting atau mendampingi artis-artis yang sedang berpromosi ke banyak tempat di Indonesia. Tidak heran dalam beberapa tahun bekerja di kantor ini, saya sering sekali berkunjung ke banyak tempat yang belum pernah saya datangi. Walaupun sambil bekerja, tapi mengunjungi tempat-tempat baru itu tetap merupakan sensasi tersendiri. Hitung-hitung memuaskan dahaga saya sebagai seorang tukang jalan-jalan. Perjalanan dinas yang saya lakukanpun memunculkan banyak hobi baru yang sering saya tulis dalam blog ini. Seperti review hotel, review kuliner, review tempat liburan, pengalaman pertama naik maskapai tertentu, dan sebagainya. 


Mimpi tentu saja hanya akan menjadi sebuah mimpi bila tidak ada usaha untuk menjadikannya nyata. Demikian pula impian saya tentang pekerjaan yang mungkin saja terkesan absurd bagi sebagian orang. Bila saya termakan dengan tertawaan teman-teman tentang impian pekerjaan saya, mungkin saya tidak akan pernah bisa meraih apa yang saya dapatkan sekarang. Padahal kalau bicara mengenai pekerjaan, teman-teman bisa menemukan banyak sekali lowongan kerja yang salah satunya sesuai atau paling tidak mendekati impian teman-teman mengenai pekerjaan. Tekun mencari info lowongan kerja dan pantang menyerah adalah salah satu kunci meraih pekerjaan yang didambakan. Selain itu yakin pada kemampuan diri sendiri walaupun ada banyak saingan untuk memperebutkan posisi yang kita incar pada sebuah perusahaan juga sangat penting untuk dilakukan. Bila ditolak ? Saya selalu menghibur diri bahwa perusahaan tersebut rugi menolak calon pegawai berkualitas seperti saya. Dan biasanya itu sangat membantu loh.

Saya sendiri sampai saat ini pun masih sering loh membuka situs lowongan kerja terbaik yang banyak memberikan info lowongan kerja terbaru . Walaupun saat ini saya puas dengan apa yang saya raih sekarang, tapi tentu saja saya tidak boleh terlalu lama berpuas diri dan tenggelam dalam zona nyaman. Kelak saya mungkin akan kembali melompat, memulai lagi dari awal dan membangun zona nyaman baru untuk diri saya. Saya percaya saya bisa karena saya pernah melakukannya. Bagaimana dengan teman-teman ? Sudahkah kalian mendapatkan pekerjaan impian kalian ? Kalau belum, silahkan buka web JobsDB dan temukan banyak info lowongan kerja disana...

23 comments:

  1. mau melamar ah hehehe ada gak pekerjaan yang diremote dari rumah buat ibu RT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicari aja mbak di JobsDB

      Delete
  2. di tempat lo ada lowongan buat gw gak? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, gw justru mo ke kantor lu Mil... wakakakaa

      Delete
    2. wekekekkekk..kocak...

      Delete
  3. Mas, mas, paragrafnya kepanjangan. di enter dong hahahaha..

    *nyamar jadi guru Bahasa Indonesia*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. udah dirapiin kok :)

      Delete
  4. salam kenal mas music director! mampir liat-liat ya blogmu ya

    ReplyDelete
  5. saya masih galau nih masalah pekerjaan.. :( sekarang malah sudah jadi pengangguran.. sambil kuliah lagi.. cariin kerja part time dong sembari kuliah hehe

    ReplyDelete
  6. jadi mau pindah ke mana lagi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gantiin kamu kak... hahahahaha

      Delete
  7. Ya, pekerjaan itu harus sesuai dengan minat kita ya. Kalau cuma ikut arus doang jadinya malah nggak happy kan :D

    ReplyDelete
  8. aku ga ada kerjaan impian. sejak dulu kalo punya cita cita ga pernah kesampean. waktu kecil pengen jadi dokter, eh cuma tulisannya doang yang mirip dokter

    kalo kerjaannya ngimpi seih sering, om :D

    ReplyDelete
  9. bekerja di industri film dan musik sepertinya menyenangkan ya mas

    ReplyDelete
  10. Good quote "Mimpi tentu saja hanya akan menjadi sebuah mimpi bila tidak ada usaha untuk menjadikannya nyata."

    Alhamdulillah ketemu orang satu pikiran. Aku sekarang kerja di perusahaan design sebagai Marketing yang kerjanya pake t-shirt, jeans/celana pendek dan juga nyeker.

    Pertama kali aku pulang kerja terus ngapel, Calon mertua cuma bisa tanya "Beneran baru pulang kerja? kok pake sandal jepit?"

    Hahahahaha

    ReplyDelete
  11. JobsDB memang kece.. dulu gue pernah sekali mendapatkan pekerjaan dari webste ini.. :D

    ReplyDelete
  12. mau cari kerja kek bang Goiq ah.... JobsDB yah....

    ReplyDelete
  13. Saya belum pernah mencari kerja di situs internet dari impian saya yang belum terwujud adalah bekerja di sebuah fashion magazine dan menulsi di sana. Salahnya saya tidak pernah menulis artikel tentang fashion!

    Tapi dunia marketing dan media sudah mencuri hati say juga.

    Salam dari Bali.

    ReplyDelete
  14. Saya lebih mmentingkan membuat lapangan pekerjaan daripada melamar menjadi pekerja

    ReplyDelete

Terima kasih....