05 November 2013

Hidup Sehat Ala Goiq

Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis di blog ini tentang sebuah resolusi saya yang terwujud yaitu mimpi terpendam mengembalikan berat badan menjadi ideal kembali. Sedikit flashback, awal tahun 2013 yang lalu berat badan saya menyentuh level tetinggi sepanjang hidup saya yaitu 84 kg. Mungkin memang belum seberapa dibandingkan teman-teman saya yang berbobot lebih berat daripada saya. Tapi dengan riwayat asma yang saya miliki, bobot 84 kg mengakibatkan saya cukup sering izin dari kantor karena asma yang kambuh. Ditambah lagi perasaan yang tidak nyaman karena nafas mudah terengah-engah dan sulit melakukan hal-hal sepele seperti mengikat tali sepatu dan menggunting kuku kaki.

Saya menyadari betul bahwa pola hidup saya yang tidak sehatlah yang mengakibatkan bobot tubuh saya menjadi bertambah drastis. Saya tidak pernah berolahraga dan tidak mengatur pola makan dengan baik. Karena mulai merasakan bahwa badan menjadi kurang fit karena bobot tubuh yang berat, saya pun memutuskan untuk mulai berolahraga. Seminggu dua kali saya mulai jogging di kampus UI Depok. Dan dalam 3 bulan saya mulai merasakan badan saya tidak seberat dulu. Bulan Maret 2013, timbangan saya sudah menyentuh kisaran 78 - 79 kg. Badan saya mulai lebih baik dibandingkan awal tahun. Tapi setelah itu, timbangan saya kurang lebih stabil. Tidak bertambah dan tidak pula berkurang. Karena itulah mulai bulan Juni 2013 saya memutuskan untuk mendaftar ngegym.

Karena fokus utama saya mendaftar gym adalah alasan kesehatan, saya diberi porsi latihan kardio untuk membakar lemak. Salah satu kelas yang rajin saya ikuti adalah kelas RPM. Saya juga berlatih beban walau masih dalam skala ringan. Selain pola latihan yang saya jalani, saya juga menjalankan pola makan sehat 5 - 6 kali sehari. Karena pada dasarnya percuma saja olahraga mati-matian kalau pola makannya tidak dijaga. Berikut ini adalah sedikit contoh pola makan yang saya lakukan beberapa bulan terakhir ini :

1. Sarapan Pagi 

Untuk sarapan pagi, saya memilih tidak makan nasi sama sekali. Sedikit informasi, nasi mengandung kadar gula yang cukup tinggi terutama nasi yang baru masak. Ketika baru memulai program menu makan sehat ini , saya memilih roti gandum sebagai pengganti nasi. Cukup satu tangkup saja yang bisa diolesi dengan selai. Bila memilih selai kacang, kita bisa mengoleskannya agak banyak di roti karena selai kacang mengandung serat dan kaya protein. Tapi bila memilih selai lain seperti selai srikaya atau selai strawberry, olesi sedikit saja pada salah satu bagian roti. Untuk alternatif lain, terutama bila sudah mulai terbiasa dengan pola makan ini, saya memilih oatmeal dengan susu atau dua butir telur rebus ditambah irisan tomat segar. Untuk sarapan pagi disarankan memilih makanan yang kaya protein karena protein bisa membuat kenyang lebih lama. 

2. Cemilan I

Sekitar pk.10.30 sampai pk.11.00 atau lebih kurang satu jam sebelum makan siang, disarankan untuk ngemil makanan ringan seperti buah. Saya sendiri lebih suka mengkonsumsi buah pear karena mengandung banyak air dan mengenyangkan. Cemilan menjelang makan siang ini membantu mengganjal perut bila sarapan pagi kurang nendang dan membuat perut cukup terisi sehingga tidak makan siang yang berlebihan.

3. Makan Siang

Untuk makan siang, saya memlih tidak terlalu mengurangi porsi makan. Tapi saya lebih memperbanyak sayur, mengurangi menu makanan yang di goreng semaksimal mungkin, dan juga menghindari makanan yang bersantan. Jadi kalau biasanya saya makan siang dengan menu tempe goreng atau ayam goreng, maka saya menggantinya dengan sayur tempe, ayam bakar atau ayam sayur. Untuk nasi sebenarnya disarankan untuk mengkonsumsi nasi merah, tapi karena tidak semua tempat makan menjual nasi merah saya tetap memilih bertahan makan nasi putih.

4. Cemilan II

Sekitar jam 16.30 - 17.00 disarankan untuk ngemil. Apalagi bagi saya yang suka ngegym sehabis jam pulang kantor. Ngemil jam segitu sangat dianjurkan supaya saat ngegym punya cukup energi. Biasanya untuk cemilan sore ini saya memilih roti gandum dengan selai atau minum coklat panas. Ngemil buah juga sangat danjurkan. Sebelum ngegym saya biasanya minum kopi dengan sedikit gula untuk tambahan energi, selain itu minum kopi 15 menit sebelum berolahraga juga baik untuk proses metabolisme tubuh dan membantu dalam proses pembakaran lemak. Saya tidak tahu pasti mengenai kebenarannya, yang jelas beberapa personal trainer di tempat saya ngegym menganjurkan demikian. Tapi untuk memperkuat argumen, saya sertakan artikel mengenal hal ini yang bisa di klik disini .

5. Makan Malam 

Godaan besar sehabis ngegym dan berolahraga adalah perut yang kelaparan. Apalagi saya ngegym saat jam makan malam tiba. Sayapun sering mengalami yang demikian. Kalau mengikuti godaan perut yang lapar rasanya pasti ingin segera makan, tapi ternyata lama-lama saya tahu kunci mengatasinya. Sehabis berolahraga cobalah minum yang banyak dan duduk beberapa saat sampai badan menjadi dingin. Biasanya lama-lama rasa lapar itu akan hilang dengan sendirinya. Apalagi setelah mandi air dingin. Tapi kalau memang masih lapar, saya biasanya memilih makan buah atau minum juice buah segar. Bila benar-benar sangat lapar saya akan memilih makan salad atau makan fillet ayam atau daging yang di grilled. Oh ya satu hal yang penting jangan lupa minum air putih yang cukup setiap hari.

6. Cheating Day

Mungkin diantara teman-teman ada yang langsung mendadak pusing melihat pola makan sehat yang saya tulis diatas. Jangan-jangan malah ada yang mau langsung berhenti sebelum memulai. Hahahaha.. Tidak usah kuatir teman-teman. Dalam pola makan sehat yang saya jalani saya menyisipkan satu waktu untuk memakan apapun saya inginkan. Inilah yang namanya cheating day. Tapi walaupun cheating day, tidak berarti semua bisa dimakan yah. Pilih satu atau dua jenis makanan yang paling kamu inginkan dan makanlah.  

Beberapa teman pernah bertanya apakah saya tersiksa dengan program yang saya jalankan. Saya tegas menjawab tidak ! Salah satu hal yang saya suka sejak menjalankan pola hidup sehat ini adalah saya tidak lagi bermusuhan dengan timbangan. Senang rasanya melihat angka timbangan yang terus menurun setiap bulan. Apalagi kalau ketemu teman lama dan mereka bilang saya kurusan sekarang dan terlihat lebih fresh. Ditambah lagi belakangan ini banyak teman-teman yang minta saran untuk menjalankan pola hidup sehat. Saya yang masih dalam proses ini tentunya jadi semakin semangat untuk membaca dan bertanya supaya bisa memberikan saran yang benar.

Manfaat paling besar dari pola hidup sehat yang saya jalani besar tentu saja adalah apa yang saya rasakan sendiri. Asma saya sudah jarang kambuh sekarang, berat badan sudah kembali ke berat ideal sehingga badan saya terlihat ramping sekarang. Sudah tidak ada lagi cerita nafas terengah-engah karena perut yang penuh dengan lemak, sudah tidak ada cerita susah mengikat tali sepatu dan menggunting kuku kaki. Dan yang pasti katanya saya jadi terlihat lebih ganteng loh sekarang. Hahahahaha.. Oh yah, saya senang sekali loh kalau ada pembaca blog saya yang setelah membaca tulisan ini lalu ingin bertanya atau meminta saran pada saya soal pola hidup sehat yang saya jalankan. Ayo kita mulai menjalankan pola hidup sehat

53 comments:

  1. Kalau aku malah kebalikannya, susah nambah berat badan. Biar makan banyak ya tetap segini-gini aja berat badan. Tapi, aku pengen suatu saat nanti mengamalkan pola hidup sehat sebagaimana yang kamu rekomendasikan pada tulisan diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak yah mas.. kadang aku suka iri sama orang yang badannya segitu-segitu aja biarpun makannya banyak dan gak berpantang. Tapi kalo dipikir itu mah udah rezeki badan masing-masing kali yaah..

      Delete
  2. Wah mantab mas Goiq, dalam waktu tiga bulan yah, tubuh mas goiq jadi nampak proporsional. Selamat dan sukses mas, jangan lupa dijaga kondisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah bakal terus dijaga karena memang baik untuk kesehatan.. Apalagi di umur yang sudah kepala 3

      Delete
  3. gilaaakk... foto mas Arie jaman gendut... gendut amat... xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.. begitulah Van

      Delete
  4. Ihhh sekarang kurus banget dibandingin sebelumnya... berat puncak tahun iniku 75, gak jauh dari level tertinggimu hihihi, sekarang sih udah 66-68an tapi masih harusss turun 10 kilo lagi T.T
    Anw, seneng dapet vocer FF darimu~ kupakai ke FF GI pas weekday. Pengen register FF gak berangkat2 aku *pemalasss*
    Kalau FF mah asikan kelas zumba atau body jam... :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gak mirip Gayus lagi kaaan ???

      Delete
  5. menu makannya ngeri sekali gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama saya juga ngeri sendiri loh.. lama-lama semua jadi biasa kok :)

      Delete
  6. apa foto-foto narsis juga termasuk dalam program hidup sehat ala Goiq? hehe, kalo iya saya ikutin deh, soalnya saya juga narsis.. bcandaaa..
    ditunggu follbacknyaaa mas Goiq..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo poto-poto narsis mah udah dari balita dulu yaah... hahahahaha

      Delete
  7. Gile yah, udah ramping bgt sekarang >,<
    dulu saya pernah sarapan dengan 2 telur dan minum susu. tapi ga tahan lama kenyangnya. jadi sekarang makan nasi, tapi tetep lapar lagi. mungkin krn tiap pagi naek busway, jalan ke halte busway jauh bener, jadinya ngga ada sisa lemak di badan. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih sekarang malah ngga bisa makan terlalu banyak.. padahal dulu menggila loh kalo makan. hahaha

      Delete
  8. ayo hidup sehat, muda2an bisa mencapai BB ideal ya

    ReplyDelete
  9. menu nya maknyuss . . . :)) . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukur masih ada yang bilang maknyus.. yang lain pada bilang mengerikan loh... wakakakaka

      Delete
  10. Goiq, I am so proud of you..... Keren euy, lo bener2 kurusan. mau ngikutin dietnya ah..... (sambil ngemil martabak)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Cip kita sehat sama-sama

      Delete
  11. wah sehat itu mahal ya mas, bagus bisa memberi info bagi yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalik Kang Jum... sehat itu murah, sakit itu yang mahal !!! Coba bayangin berapa duit yang harus dikeluarin kalo sakit ? buat ke dokter, beli obat, belum kalo harus rawat inap.. gak sebanding dengan apa yang kita keluarin buat makan dan berpola hidup sehat kok :)

      Delete
  12. alhamdulillaah tubuhku ini gampang dikurusin dan digemukin. Kalau mau kurus ya tinggal gak usah makan. Karena pada dasarnya aku fleksibel. Betah lapar dan betah makan. So, tinggal pilih mau gemuk atau kurus, trus dijalani deh

    Kalau sekarang aku mau nggemukin badan. Minum susu 3 kali sehari. Biar imut hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak Ndop kalo badannya fleksibel gitu.. tinggal atur aja lagi pengen kurus atau gemukan yah :)

      Delete
  13. jiah..selamat ya mas..
    dietnya berhasil ne..hehe

    ReplyDelete
  14. Jiah..selamat ya mas..
    dietntya berhasil..hehe

    ReplyDelete
  15. hahaha sudah beberapa edisi isinya tentang diet terus nih om. lanjutkan sampe tua om. ini rasanya sama dengan waktu aku bisa menggemukan badan dulu. seumur umur di kisaran 50 kilo mulu, ketika sukses melampaui angka 60, senengnya minta ampun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas , yang kemarin kan baru sedikit cerita.. yang sekarang cerita detail lengkap dengan pola makannya.. soalnya banyak yang nanya. jadi aku tulis lebih detail buat menjawab pertanyaan teman-teman juga

      Delete
  16. Wuihhh mantappp.. pengen juga nih nurunin berat badan sampe 5 kilogram. Tapi temen-temen bilang kalau badan saya udah kecil jadi gak perlu diturunin lagi berat badannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu olahraga saja, tapi makan juga tetep harus dijaga loh.. banyak loh yang badannya kecil dan kurus tapi ternyata punya banyak penyakit. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati

      Delete
  17. Kalau malam masih pingin makan mie goreng, Mas. :)
    Itu dietnya suksess, mau ikut diet juga aaaaaah. Diet yang sehat biar tambah sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya godaan makan malam itu memang sungguh menggoda

      Delete
  18. Wahhh...usahamu perlu diacungin jempol ( empat-empatnya deh nihh ) ....aku kok ora iso yooo? Males olahraga dan kepengen makan enak2 terusss....di kantor banyak godaannya...huhuuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di foto kayanya badanmu biasa aja mam...

      Delete
  19. hebat....
    terima kasih udah berbagi...

    ReplyDelete
  20. Mas,
    selamat yah sudah berhasil menjalankan pola hidup sehat...

    Dan semoga sehat teruuuus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak.. sehat itu yang penting

      Delete
  21. wooooww... foto before afternya benar2 menggugah! inspirasional!
    bwahahahaa.... selamat yaaaah

    ReplyDelete
  22. Jadi terobsesi nich buat nurunin 7 kg, tapi ngak kuat godaan makanan enak. Gw orang nya ngak tegaan kalo liat makanan enak, mau nya langsung di embat aja :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha... awalnya sih semua orang begitu mas Cumi, tapi lama-lama kebal sendiri kok :)

      Delete
  23. nurunin berat badan itu mungkin mudah ya mas arie, selama disiplin dengan hidup sehat... kalau untuk kasus saya sih kayaknya lebih susah untuk naikin berat badan... hiksss

    ReplyDelete
  24. waahh hebat. kuncinya disiplin pastinya ya mas Goiq :). sekarang apa masih tetap menjalankan pola hidup sehat? soale dari pengakuan beberapa orang yang pernah diet, setelah berat badannya kembali normal, mereka stop hidup sehat. btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu masih dong.. malah tambah semangat setelah berhasil..

      Delete
  25. hebaaaaatttt...tapi udah kekurusan ah..... sampe celong gitu....saya suka yang foto ditengah pake kaos biru....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tan, aku terlalu semangat sampe over 4 kg.. tapi ini lagi dibarengin dengan program pembentukan.. nanti berat badanku akan naik lagi seiring bertambahnya massa otot

      Delete
  26. Kalo pas cheating day mbok ya ngajak-ngajak gitu lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kalo cheating day mah banyakan dirumah Ka.. apalagi kalo ada lauk sambel pete.. wakakakaka

      Delete
  27. kalo masnya punya masalah kegemukan saya malah kekurusan nih mas, pengen bisa move on tapi ada aja malesnya :( tapi bagus tuh mas dietnya bisa bikin sehat juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau gemuk atau kurus yang penting pola hidupnya sehat mas.. kalo kasus saya kemaren gemuk dan jadi gak sehat..

      Delete
  28. wah mantab nih,,tapi kok kayaknya berat banegt ya, kalau sore-sore ada penjual gorengan melambai2 hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih....