18 December 2013

PSF Media - Bloggers Getaway

Beberapa waktu yang lalu tepatnya di tanggal 29 - 30 November 2013, saya menghadiri acara Poetra Sampoerna Foundation ( PSF ) Media - Bloggers Getwaway. Acara ini diadakan di kawasan Cisarua dan sekitarnya. Jumat paginya, saya sudah bangun dan bela-belain berangkat lebih awal supaya tidak terjebak kemacetan Jakarta. Apa daya, Jakarta ternyata memang susah ditebak. Saya terpaksa harus turun dari taksi ditengah jalan dan memutuskan untuk naik ojek supaya tidak terlambat sampai di Sampoerna Strategic Square tempat berkumpul sebelum bersama-sama menuju Cisarua. Dan untungnya saya tiba tepat waktu, bahkan beberapa peserta lain masih belum tiba karena terjebak kemacetan parah pagi itu..

Sekitar 2 jam dalam perjalanan, rombongan tiba Pinewood Resort and Lodge yang berada di kawasan Cisarua. Nanti akan saya ceritakan dalam sebuah review tersendiri bagaimana suasana di Pinewood Resort and Lodge Cisarua. Disana saya ditempatkan dalam satu kamar bersama Didut dan Kiky. Saya tidak bisa berleyeh-leyeh terlalu lama di dalam kamar karena harus segera makan siang dan menunaikan ibadah sholat Jumat.

Selesai sholat Jumat, acara dilanjutkan di aula dimana sore itu kami membicarakan tema seputar bisnis sosial. Jujur saya sendiri awalnya kurang begitu paham dengan istilah bisnis sosial ini. Tapi kehadiran pakar CSR, bapak Pudyardono Prajarto membuat saya lebih mengerti seperti apa konsep bisnis sosial. Dan saya semakin "melek" setelah mendengarkan langsung konsep bisnis sosial yang dijalankan oleh Putera Sampoerna Foundation yang dijabarkan oleh ibu Nenny Soemawinata selaku Managing Director PSF. Intinya, tujuan dari konsep bisnis sosial adalah untuk mewujudkan suatu kesinambungan dan konsep tersebut akan berkelanjutan jika tetap memperhatikan pada kearifan lokal. Sore itu kami juga bisa mendengarkan langsung cerita dari Muhammad Sokhi dan Karlita Natasha yang merupakan penerima bantuan pendidikan PSF. 

Setelah itu kami diajak ke sebuah lapangan dan para peserta yang terdiri dari rekan-rekan media dan blogger dibagi kedalam beberapa kelompok. Saya sendiri berada satu kelompok bersama rekan sekamar saya Didut dan Kiky ditambah dengan Linda dan Kristin. Kami menamakan team kami sebagai team jangkrik. Sore itu kami bermain games yang seru sekali dan menambah keakraban. 

Sehabis makan malam, keriaan terus berlanjut di lapangan dimulai dengan games antar kelompok yang tadi sore sudah dibentuk yang dilanjutkan dengan acara BBQ, api unggun, nyanyi-nyanyi dan joget-joget. Saya yang tadinya sempat berpikir ingin menyumbangkan suara yang kurang seberapa bagus ini tiba-tiba jadi menciut melihat betapa dahsyatnya suara rekan-rekan baik itu dari PSF maupun teman-teman sesama peserta acara. Yaah jadinya saya nyumbang joget-joget hore sajalah. Hahahahaha...

Keesokan paginya selepas sarapan kami sudah dibawa menuju Cisarua Integrated Farming. Cisarua Integrated Farming ini adalah peternakan sapi perah yang tentu saja menghasilkan susu sapi yang akan dimanfaatkan untuk membuat susu olahan. Kami diperkenalkan terlebih dahulu mengenai apa dan bagaimana sebenarnya tempat bernama Cisarua Integrated Farming ini. Selanjutnya kami dibawa ke kandang anak sapi untuk belajar cara menyusui anak sapi dengan media botol. Setiap kelompok mengirim perwakilan untuk menyusui anak sapi yang nampaknya sudah kehausan. Setelah menyusui anak sapi, games kelompok yang berikutnya sudah menanti yaitu memerah susu sapi. Setiap kelompok mengutus 2 orang perwakilan untuk memerah susu sapi. Kelompok yang terbanyak memerah susu sapi akan mendapat hadiah yang akan disumbangkan untuk anak-anak yatim disekitar tempat kami menginap. Dari kelompok jangkrik saya dan Kiky mengajukan diri untuk menjadi perwakilan team. Dan ternyata team kami berhasil menjadi pemenang games kali ini. Horeeeee...


Setelah itu kami dibawa ke perkebunan teh Gunung Mas untuk mengikuti games kelompok selanjutnya. Disini kami diberitahu mengenai daun teh yang baik untuk dipetik untuk kemudian akan diolah. Setelah itu kelompok disebar untuk memetik teh sesuai arahan. Kelompok yang memetik daun teh dengan benar dan dengan berat terbanyak akan menjadi pemenangnya. Sayangnya di games kali ini team jangkrik tidak berhasil menjadi juara seperti di games sebelumnya. Acara di Gunung Mas diakhiri dengan berfoto bersama. 

Setelah itu kami kembali ke penginapan untuk merapikan barang-barang kami dikamar dan closing acara. Selepas makan siang diumumkan pemenang games kelompok yang sudah kami ikuti. Dan ternyata berdasarkan hasil akumulasi semua games yang telah diadakan, team jangkrik berhasil keluar sebagai juara pertama dan mendapatkan voucher dari XL sebesar Rp.2.000.000,- . Alhamdulillah... 

Acara PSF Media - Bloggers Getaway ini ditutup dengan penyerahan bingkisan kepada anak-anak yatim yang berada di sekitar penginapan. Lengkap sekali perasaan saya mengikuti acara ini. Rasa senang mendapat teman-teman baru yang menyenangkan, tambah pengetahuan mengenai bisnis sosial, tambah kemampuan memerah susu dan memetik daun teh, dan berbagi keriaan dengan anak-anak yatim. Senang sekali bisa mengikuti acara ini, dan mudah-mudahan saya bisa ikutan dan berpartisipasi lagi di acara PSF yang lainnya. Terima kasih PSF...

22 comments:

  1. Keren Mas. Kalo baca blogger yang ikutana cara kumpul-kumpul bloggerg ini suka kagum euy.

    ReplyDelete
  2. Eh kok error ya Mas pas komen? Huaaaaa. Pokoknya keren deh dirimu mas bisa ikutan acara begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga error kok bro :)

      Delete
  3. wah .. seru bgt acaranya ya mas, kebayang andai berada di sana :)

    ReplyDelete
  4. seru tuh, bisa memerah sapi

    ReplyDelete
  5. wuiih keren + seru tuh kaya nya..
    pasti udara di kebun teh itu sejuk banget yak.. :)

    ReplyDelete
  6. Waaa seru bgt acaranya ya.... sampe ada meres susu sapi segala. Hahaha

    ReplyDelete
  7. Waaa.. menarik sungguh acara sebegini goiq... kan best kalau ada di buat pertemuan blogger malaysia dan indonesia :D

    ReplyDelete
  8. wah iya keren banget acaranya..

    ReplyDelete
  9. Asyik bener acaranya. Banyak wajah familiar di situ, hehehe..

    ReplyDelete
  10. Waaah, seru bener ada acara bloggers getaway gini :D

    ReplyDelete
  11. dapet gebetan baru gak? bwahahahaaaa *kabor

    ReplyDelete
  12. Sepertinya acaranya seru ya :)

    ReplyDelete
  13. hahaha itu meres susunya kenapa keliatan mupeng sih..?

    ReplyDelete
  14. itu meres susu sapi enak ga mas :3
    sharing dong tentang bisnis social seperti apa pergerakannya

    ReplyDelete
  15. kamarnya enak ya, acaranya juga kreatif dan seru. Trus ituuuh alamnya ijo banget. Kamu yg biasnaya sumpek kena hiruk pikuk yaharta pasti seneng banget khan ya.

    Kalo aku paling biasa aja, soalnya di sini khan banyak ijo ijo juga dan hawanya sejuk gak ada polusi haha..

    ReplyDelete
  16. Wuoogh..seru ini acaranya, diajarin meres susu sapi segala :D

    ReplyDelete
  17. pengalaman yang sangat berkesan nih,,,seru dan tentu asyikkk

    ReplyDelete
  18. seru-seruan sekaligus berbagi dengan anak yatim ya. Ngiriiiiiii aku jarang ikut2an acara hehehe

    ReplyDelete
  19. Salut sama pengelola Cisarua Integrated Farming-nya. Semoga terus saja banyak warga kita yang sukses mengembangkan wirausaha berbasis pertanian yang dapat membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat... salam kenal Mas Goiq dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya :-)

    ReplyDelete
  20. wahhhh seru ne kumpul bersama dengan para bloggers dan PSF..iri dah..

    ReplyDelete
  21. Wah..sekamar Sama Didut?... Ada Reje jugak..
    Cah Semarangan banyak yg disituh :)

    ReplyDelete

Terima kasih....