15 January 2014

Mewujudkan Mimpi Masa Kecil di Hong Kong Disneyland

Sewaktu saya sedang memindahkan file-file pribadi yang berada di laptop mantan kantor yang akan saya kembalikan begitu saya resign per tanggal 1 Januari 2014 yang lalu, saya menemukan foto-foto liburan di Hong Kong tahun lalu yang ternyata banyak sekali cerita yang belum sempat saya posting di blog ini. Nah, mumpung sekarang masih jadi pengangguran yang berarti saya punya waktu luang untuk menulis blog lebih banyak daripada biasanya, maka saya akan usahakan untuk memposting beberapa cerita perjalanan liburan ke Hong Kong. Saya akan mulai dengan nostalgia ke Disneyland.

Salah satu tujuan yang saya masukkan dalam agenda liburan ke Hong Kong tahun lalu adalah mengunjungi Disneyland. Sebagai seorang manusia yang pernah punya masa kecil yang indah dengan menyukai beberapa karakter kartun Disney, punya cita-cita ke Disneyland di masa kecil itu mungkin ibarat keinginan untuk pergi umroh di masa sekarang. Melihat foto-foto teman masa kecil yang berasal dari kalangan ekonomi berada saat berlibur bersama keluarga ke Disneyland itu membuat saya memupuk asa untuk bisa mengunjungi Disneyland di negara manapun itu.  Saya tahu, mimpi itu memang sudah memudar belasan tahun lalu ketika saya mulai beranjak dewasa dan sudah tidak tergila-gila lagi dengan karakter kartun Disney seperti masa kanak-kanak dulu. Tapi kesempatan liburan ke Hong Kong tahun lalu itu seolah menumbuhkan kembali asa yang pernah saya pupuk dulu. 

Untuk menuju Disneyland saya memilih untuk naik MTR sampai stasiun transit Sunny Bay. Dari stasiun Sunny Bay inilah MTR menuju Disneyland berlalu lalang. Suasana Disneyland sudah mulai terasa ketika saya menaiki MTR dengan jendela berbentuk logo Mickey Mouse yang didalamnya juga kental sekali nuansa Disney nya. Sayang karena MTR nya sedang penuh, saya tidak banyak berfoto didalam. 

Tiket masuk Disneyland ini bisa dibeli langsung di lokasi atau kalau mau lebih murah bisa juga membeli tiket ini di sejumlah hostel atau beberapa tempat yang bertanda khusus. Untungnya tempat saya menginap menjual tiket masuk Disneyland dan beberapa tempat tujuan saya di Hong Kong lainnya dengan harga yang lebih murah. Untuk informasi mengenai harga tiket masuk Disneyland Hong Kong, silahkan klik disini . Tiket masuknya berbentuk kartu dengan gambar karakter kartun Disney. Gambar tiket masuknya banyak pilihan loh. Jadi kalau kita pergi beramai-ramai, kita bisa mendapat beberapa tiket dengan gambar yang berbeda. 

Jangan lupa abadikan diri kalian di depan bunga-bunga berwarna warni yang berbentuk kepala Mickey Mouse. rasanya ada yang kurang kalau belum berfoto disini. Hahahaha..

Kita tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, jadi kalau datang kesini sedari pagi lebih baik mempersiapkan sejumlah budget untuk makan siang dan makan malam bila berencana sampai malam. Atau kalau mau sedikit lebih hemat, datang ke Disneyland nya setelah makan siang seperti yang saya lakukan. Tapi tidak usah takut kelaparan juga sih, karena banyak sekali penjual makanan dan minuman di dalam. Hanya saja harganya mungkin sedikit lebih mahal. 

Disneyland ini adalah theme park yang ditujukan untuk keluarga. Jadi hampir semua wahana yang berada disini bisa dinikmati semua anggota keluarga. Hong Kong Disneyland sendiri terbagi dalam beberapa area diantaranya Fantasyland, Toy Story Land, Adventureland, Grizzly Gulch, Tomorrowland, dll. 



Saya mencoba menaiki beberapa wahana yang menurut saya cukup menarik untuk dinaiki dari area yang satu ke area yang lain. Cuaca Disneyland yang cukup hangat membuat saya melepas jaket saya dan untuk pertama kalinya sejak berada di Hong Kong bisa jalan-jalan tanpa jaket di luar. Hahahahhaa..

Sewaktu saya melewati area Adventureland, sayup-sayup saya mendengar irama musik yang tidak asing di telinga saya. Awalnya saya ragu mengingat saya sekarang sedang berada di Hong Kong. Tapi begitu irama musik tersebut semakin jelas, saya semakin yakin bahwa saya sedang mendengar lantunan instrumen lagu-lagu Sunda. Tiba-tiba saya tidak sedang berasa berada di Hong Kong. Hahahahaha...

Ada satu tempat lagi di Hong kong Disneyland yang membuat saya seperti masih berasa di Jakarta. Tempat ini bernama It's A Small World . Tempat ini mengingatkan saya dengan Istana Boneka nya Dufan. Hanya saja di Hong Kong Disneyland versi lebih besarnya. Di dalamnya terdapat banyak boneka yang menggambarkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. 

Menjelang sore, orang-orang tampak mulai membuat sebuah kerumunan. Saya langsung menduga bakal ada parade Disney. Dan ternyata benar adanya. Walaupun saya sudah dewasa, tapi melihat parade tokoh-tokoh kartun Disney didepan mata ini cukup membuat saya mengingat kenangan masa kecil. Ini mimpi masa kecil saya. Mimpi yang akhirnya bisa saya wujudkan disini, di Hong Kong Disneyland. Ahhh.. saya senang sekali. Andai saja saya bisa kesini saat masih kecil, mungkin saya tidak bisa menahan diri untuk berlari ke tengah dan memeluk Donald Duck idola saya. Hahahahaha.. 

Selesai melihat parade, saya memutuskan langsung kembali ke penginapan untuk meneruskan perjalanan saya berikutnya. Saya tahu saya belum menelusuri lebih banyak setiap sudut Hong kong Disneyland . Tapi saya tahu, saya akan kembali kesini. Suatu saat nanti, bersama keluarga kecil saya. Saya janji...

32 comments:

  1. Insya Allah nanti kembali lagi kesana sudah ada istri atau anak ya :)

    ReplyDelete
  2. Hihihi senangnyaaa... mauuu ke Disneyland jugaaa, maunya yang di Paris Tokyo sama Shanghai. *maruk*

    ReplyDelete
  3. wah sayang banget ya ke disneyland nya gak dijelajah sampe abis ya... :D
    emang disneyland itu sangat2 menyenangkan.. :)

    ReplyDelete
  4. Pasti seru banget ya.. bisa ke disneyland. :D
    pas kecil juga punya mimpi buat kesana, tapi belum tahu kapan bisa terwujud. hahaha

    ReplyDelete
  5. asiknya ke disneyland....hayo pergi lagi ri ( kan masih nganggur tuhh ), jelajahin sampe abis...hahaha

    ReplyDelete
  6. Belum kesampaian ke Disneyland nih kang,,,,, jadi buat iri aja. Siapa tahu nanti dapat sponsor yang mau bawa saya kesana. he,, he,, he,,,,

    ReplyDelete
  7. kata orang disneyland itu the happiest place on earth..... wah kapan ya sy juga bisa ke sana.. :D

    ReplyDelete
  8. Waktu ke hongkong yang terakhir, aku malah ngak tertarik kesini lagi. Udah cukup 1x saja dan ngak usah kembali lagi, maklum faktor umur yang membuat aku malas melihat wahana2 begituan. Mungkin nanti kalo sudah punya anak, saat nya berlibur menyenangkan anak hahaha

    ReplyDelete
  9. Yg udah ke sono aja brjanji mau balik lagi. Apalg saya yg blm ksana, ya. Pingiiin.

    Eh, Pas denger musik sunda smbil nari2 enak keknya, Mas.

    ReplyDelete
  10. wah jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
  11. Kalau ada ke Hongkong tentu mauuu ke Disneyland jugaaa

    ReplyDelete
  12. Semoga saya bisa nyampe sana Mas! *optimis*

    ReplyDelete
  13. Berhubung aku ga ngefans banget sama karakter Disney, kalau ke Hongkokng mungkin Disneyland ga jadi prioritas.
    Aku lebih suka karakter2 Hero DC atau Marvel sih :))

    ReplyDelete
  14. Stop.! Udahan ah saya baca ceritanya mas goiq. Kalau di terusin lama-lama saya bisa kepincut alias kepingin ke hongkong juga nih.. Mau pake duit sipa coba.? Hehehe

    ReplyDelete
  15. garuk-garuk kepala sambil bayangin Disneyland hehe

    ReplyDelete
  16. hihi.. saya masih fans Goofy dan Donald duck lho

    ReplyDelete
  17. beberapa kali ke Hongkong dan ajaibnya saya belum sekali pun ke Disneyland... sedih gak sih kalok kayak gitu...??? kok bisa...?? ANEH TAPI nyata...

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah ke Disneyland nih!! Padahal Paris cuma disitu doang!! Dan dulu sewaktu ke Hong Kong Disneyland-nya belum jadi, huahaha....

    Kalau baca-baca memang sepertinya Disneyland itu seru dan mengasyikkan banget ya :D

    ReplyDelete
  19. mantaaab..dream come true
    giliran gue kapan ksana ahaaaay :D

    ReplyDelete
  20. Jadi ngiriiiiiiii....

    Dulu juga pengen banget bisa ke Disneyland... Semoga bisa ke Tokyo Disneyland... Soalnya lebih pengen ke Jepang, ketimbang Amerika. LOL

    ReplyDelete
  21. saya jadi iri mas, seumur-umur belum pernah je ke luar negeri, hehehe

    ReplyDelete
  22. dua atau tiga tahun yang lalu saya ke sana dengan anak, dan sepertinya saya nggak kalah senangnya dengan anak. Impian masa kecil sih, hehehe

    ReplyDelete
  23. wah .. bisa lupa waktu ya mas kl di sana :)

    ReplyDelete
  24. Ntar aku juga ke sini ah.. Maklum aku khan masih kecil.. Cuma umurnya aja mungkin gak gak kecil haha..

    Btw, foto2nya kayaknya gak setajam biasanya ya, pakek hape?

    ReplyDelete
  25. Waaah... asyik banget, Mas....

    Saya malah nggak jadi-jadi nih mau backpacker-an ke luar negeri, ke Singapura. Padahal paspornya udah lama jadi, hahaha....

    ReplyDelete
  26. Waaah... asyik banget, Mas....

    Saya malah nggak jadi-jadi nih mau backpacker-an ke luar negeri, ke Singapura. Padahal paspornya udah lama jadi, hahaha....

    ReplyDelete
  27. suka ama foto yg ditaman itu.. mickeynya bagus dibikin dr bunga :D
    pengin bandingin harga tiket disney tapi males cek kurs hahaha :P

    ReplyDelete
  28. saya bacanya aja sampek meringis mupeng, donald duck, mikey dan miney, sampek sekarang walaupun uda tua mereka gak ikutan tua kayak kita ya mas :D

    ReplyDelete
  29. ayo mas, banyak menulis tentang jalan jalan lagi, ini penting banget buat backpacker pemula atau bagi siapa saja yang sedang ingin memulai backpacking, hehe

    salam

    ReplyDelete
  30. Disneyland. Wow, memimpikannya sudah begitu indah :)

    Sudah 1 dasawarsa menulis? Wow lagi ! semangat terus ya, Mas Goiq :-)

    ReplyDelete
  31. Pengen kesana juga, moga2 ntar bisa ke Disneyland kayak mas bro

    ReplyDelete
  32. mantabsss mas bro... ane jadi pengen kesana... aamiiin

    ReplyDelete

Terima kasih....