28 February 2014

Musholla Di Mall Jakarta

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat nasehat dari seorang teman untuk lebih rajin dalam menjalankan ibadah 5 waktu. Sesibuk apapun dan sedang berada dimanapun, ketika waktunya beribadah maka dahulukanlah. Saya yang biasanya kalau sedang nongkrong di mall lebih memilih untuk menunaikan ibadah sholat ketika sudah sampai di rumah, sekarang sudah mulai menjalankan ibadah tepat waktu. Terima kasih untuk seorang teman atas nasehat yang sangat luar biasa itu. Kamu tahu, betapa nasehat itu merubah hidup saya saat ini. 

Saya rajin nongkrong di mall, tapi hampir tidak pernah nongkrong di Musholla yang berada di mall. Dulu yang saya tahu kebanyakan Musholla yang berada di mall itu letaknya kalau tidak berada di tempat parkir yang panas, pastilah posisinya tidak strategis. Belum lagi antrian panjangnya saat waktu sholat tiba. Tapi beberapa waktu terakhir ini, saya seperti disadarkan bahwa zaman sudah berubah. Era dimana Musholla ditempatkan di posisi yang kurang baik sepertinya sudah mulai berubah. Kini Musholla di mall begitu nyaman untuk disinggahi dan ditempatkan diposisi yang cukup baik dengan penunjuk arah yang banyak sehingga orang bisa menemukan Musholla dengan mudah ketika waktu sholat tiba. Berikut ini adalah beberapa Musholla di mall yang sempat saya singgahi belakangan ini :

1. Lote Shopping Avenue

Lotte Shopping Avenue adalah salah satu pusat perbelanjaan terbaru di Jakarta. Mall ini sangat luas dan terdiri dari beberapa lantai. Yang membuat saya salut, nyaris di semua lantai yang ada, saya melihat petunjuk letak Musholla. Saya memang belum memasuki semua Musholla disetiap lantai yang ada, tapi Musholla disalah satu lantai yang saya masuki rasanya cukup mewakili kondisi keseluruhan Musholla yang berada di mall yang satu ini. Posisi Musholla berada ditengah mall. Beberapa tempat duduk untuk melepas sepatu disediakan disini. Begitu pula dengan rak tertutup tanpa kunci untuk menyimpan sepatu.  Tempat wudhu nya dibuat dua sisi dalam posisi menyerong sehingga tidak menganggu orang-orang yang berlalu lalang. Musholla nya tidak besar, hanya terdiri dari 3 barisan shaf. Tapi pengelola mall menata Musholla ini sehingga tidak hanya sekedar menjadi sebuah ruangan untuk sholat. Tempat sholat untuk ikhwan dan akhwat dipisahkan oleh pembatas kaca.

2. FX

Dalam sebuah kesempatan ketika mengunjungi FX, saya hampir terlambat menunaikan ibadah sholat Maghrib karena kemacetan Jakarta yang sulit di prediksi. Akhirnya saya kocar kacir berlari mencari Musholla. Papan petunjuk arah Musholla di FX sulit ditemukan, entah karena memang tidak ada atau karena saya sedang panik mengejar waktu sehingga tidak terlihat. Yang jelas saya butuh bertanya beberapa kali kepada beberapa orang sebelum akhirnya menemukan lokasi Musholla. Musholla disini berukuran cukup besar dan nyaman. Musholla dilengkapi dengan pendingin ruangan. Tempat sholat ikhwan dan akhwat terpisah dalam ruangan yang berbeda.Disini disediakan rak dengan kunci untuk menyimpan sepatu. Hanya sayang, wallpaper didalam Musholla beberapa terlihat sudah mengelupas. 

3. Epicentrum Walk

Akhir pekan lalu saya menghabiskan waktu bersama keluarga di sebuah apartemen di kawasan Rasuna Epicentrum. Kami makan siang di Epicentrum Walk dan saya menyempatkan diri untuk sholat Dzuhur disana. Agak sulit mencari letak musholla karena tidak ada petunjuk sama sekali. Agak sulit juga mau bertanya karena tidak banyak orang wara wiri disana. Epicentrum Walk ini memang tidak seramai mall kebanyakan. Akhirnya kami menemukan juga letak musholla yang berada di sudut lantai 2. Musholla nya cukup besar dengan interior yang bagus. Sajadah panjang berwarna hitam dengan ornamen putih menyatu dengan interior Musholla. Sekat pembatas ikhwan dan akhwat terbuat dari papan yang bisa dilipat dan berwarna senada dengan warna sajadah. Jika siang, Musholla ini terang benderang karena memiliki jendela kaca. Kalau kebetulan tidak membawa sarung, disini disedikan beberapa kain sarung yang bersih. Tempat wudhu tersedia cukup banyak, dan disini juga disediakan rak penitipan sepatu yang dijaga.

4. Pejaten Village

Pejaten Village bisa dibilang adalah mall yang paling sering saya datangi karena kebetulan saya juga nge-gym disini. Walaupun di tempat nge-gym disediakan tempat untuk sholat, tapi saya lebih suka turun ke lantai LG yang berada satu lantai dengan Hypermart untuk sholat di Musholla. Musholla di Pejaten Village memisahkan tempat sholat ikhwan dan akhwat dalam ruangan yang berbeda. Disini disediakan tempat duduk yang cukup untuk melepas dan memasang sepatu setelah selesai sholat. Rak sepatu juga disediakan dalam jumlah yang banyak.Di Musholla Pejaten Village terdapat tempat untuk menitipkan tas yang dijaga oleh petugas. Tempat wudhu nya sedikit sempit, sehingga bila sudah masuk waktu sholat terjadi antrian yang cukup panjang. Mushollanya sebenarnya cukup besar, hanya saja bila masuk waktu sholat maghrib harus menunggu giliran diluar karena tidak ada kebagian tempat. 

Grand Indonesia Shopping Town mungkin bisa dikatakan salah satu mall yang cukup besar di Indonesia. Memiliki banyak lantai dan banyak sisi tentunya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk sholat bila Musholla tidak berada di setiap lantai. Untungnya dua lantai yang saya lewati kebetulan menemukan petunjuk dimana Musholla berada. Saya menyempatkan diri sholat dilantai 3. Begitu memasuki Musholla, seorang penjaga wanita yang menunggu rak penitipan sepatu tersenyum ramah. Musholla di lantai 3 ini memang tidak besar, tempat wudhu nya juga hanya ada 4 keran. Tapi interiornya bagus selain tempatnya juga nyaman. Saya juga sempat mengintip musholla di lantai 4 yang ternyata lebih besar daripada di lantai 3. 

Saya menulis ini tidak ada maksud sama sekali untuk memamerkan ibadah saya. Sama sekali tidak. Karena saya menulis ini untuk membuka pikiran orang-orang yang tadinya mungkin punya pemikiran seperti saya bahwa Musholla di mall sekarang tidak sama seperti dulu. Mall dengan konsep baru pastinya sudah tidak lagi menempatkan musholla di tempat parkir yang panas atau di tempat-tempat tidak strategis lainnya. Pengelola mall sekarang justru menyediakan Musholla yang nyaman untuk beribadah dan ditempat yang mudah dijangkau dengan petunjuk yang memudahkan. Dengan kenyataan ini, sudah tidak ada alasan lagi kan menunda sholat ketika waktunya tiba ?

28 comments:

  1. Aku pernah tuh merasakan musholla FX. Pas maghriban ramenya bejibuuuun... Antri gitu hahaha.. sholatku jadi buru2 kasian sama yg udah antri haha..

    Eh aku ada saran nih, kalau gak bagus jangan dilakukan yaaa.

    Saranku adalah..

    Gambarnya jangan diaplod bebarengan trus baru dikasih penjelasan panjang di bawahnya. Lebih baik gambar tempat wudlu, di bawahnya ditulis penjelasan tentang tempat wudlu. Lalu gambar musholla, dibawahnya ditulis penjelasannya..

    Biar memudahkan pembaca untuk membaca postinganmu yg sebenarnya diksinya mudah dicerna.

    ReplyDelete
  2. terima kasih sarannya Ndop..

    ReplyDelete
  3. Bagus2 musholanya, jadi inget pas ke mushola di sumarecon mal serpong bersih banget plus wangi lagi, semoga mushola2 di mal bisa sebersih itu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jakarta daan sekitarnya, mall baru rata-rata sudah bagus musholla nya

      Delete
  4. Paling juwara sampe sekarang masih mushollanya plasindo Mas. Keren. Tapi duingiiinn. Hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah padahal kemarin ke GI tapi ngga mampir ke Plasindo

      Delete
  5. Bagus banget musholanya...sukurlah mall gak hanya mikirkan masalah bisnis doang...klu dimakasaar lebih senang sholat di MRI (Mall ratu indah)^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pernah ke MRI tapi belum pernah sholat di Musholla nya mas :)

      Delete
  6. Paling nyaman di Musholla Lotte Shoping Avenue dan PIM2 yang tidak antri, luas, wangi dan AC nya dingin. Bersyukur sekarang gak ditaruh di pojokan parkiran yang panas dan pengap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous1:43 AM

      Terima kasih.
      (DKM - Lotte SA)

      Delete
  7. Mushollahnya bersih banget, dan kalau ketemua Mall yang ada mushollahnya sebersi ini enak juga ya Kang di pakai.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Ndra.. bersih bikin nyaman..

      Delete
  8. mushollanya bersih.
    andaikan semua mall memiliki musholla kayak gini.
    mall di kota saya, ada yg mushollanya sempit, mukenanya lepek :-(

    salam kenal wbers

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan ke depannya Musholla di kota mbak diperbaiki yaah

      Delete
  9. Bagus ya mushollanya, orang kalo lagi sholat pasti bakalan betah karena merasa nyaman.
    Kalo mushlolla di mal sini sih gak sebagus musholla disana.
    Kayaknya sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mall Jayapura kan termasuk salah satu mall terbaru Zip

      Delete
  10. Duh, keren keren banget ituh mushalla di mall Jakarta yah mas...

    Di BSM tuh, Mall yang gede banget di Bandung musholla nya masih di parkiran basement yang gerah itu lho...
    Di PVJ alias juga samaaa...tempatnya sempiiit banget dan kalo jam shalat harus rebutan udah kayak ngantri sembako ajah...

    Mudah2an Mall2 di Bandung nantinya akan sekeren di Jakarta yah mas :)

    ReplyDelete
  11. bagus2 ya musholla nya...

    ReplyDelete
  12. Mall2 sekarang sudah melengkapi fasilitas mushola lebih baik, tapi masih banyak pusat perbelanjaan yg hanya menyediakan ruangan kecil untuk ibadah bahkan beberapapun tidak ada musholanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan kedepannya akan lebih baik baik lagi pembangunan Musholla di dalam mall

      Delete
  13. Alhamdulillah yaaa kak :-) Cobain mushola nya PP, PS, Kokas juga bagus2 lho yg sholat juga kece2 hahaha

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah kak...

    ReplyDelete
  15. salut sama. Lote Shopping Avenue tiap lantai gitu ada yak..

    ReplyDelete
  16. aku kagum dengan Mall yang menyediakan tempat sholat yang bagus dan lebih dari layak, tidak disimpan di basement tempat sholatnya. point no1 aku juga pernah sholat disana, dihari yang sama pastinya ya hehehe

    ReplyDelete
  17. Selalu berdecak kagum kalau ada sebuah mall menempatkan mushola di lantai-lantai strategis, buakn di basemant apalagi tempatnya mojok. TFS, Goiq

    ReplyDelete

Terima kasih....