11 March 2014

Bangga Jadi Bagian Perhelatan Srikandi Blogger 2014

Finalis Srikandi Blogger 2014
Sudah pada tahu dong dengan acara Srikandi Blogger ? Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan secara singkat. Srikandi Blogger ini adalah sebuah ajang penghragaan kepada para blogger perempuan yang mengaktualisasikan dirinya di era digital melalui pemanfaatan media sosial blog, sebagai wujud manifestasi Kartini era digital. Acara ini digagas oleh Kumpulan Emak Blogger .

Duo MC Acara Srikandi Blogger 2013
Tahun 2013 yang lalu, acara Srikandi Blogger untuk kali pertama diadakan. Alhamdulillah saya mendapat kepercayaan untuk menjadi pembawa acara bersama mbak Aulia Gurdi yang merupakan member Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang akrab disapa Mak Aul. Tahun lalu acara diadakan di Gedung Diknas Senayan dan memahkotai mbak Alaika Abdullah sebagai Srikandi Blogger 2013. Walaupun banyak kekurangan, tapi kami berdua berhasil membawakan acara ini hingga selesai. Sebuah pengalaman mendebarkan bagi saya karena mendapat kepercayaan besar seperti ini. 

Gladi Resik Srikandi Blogger 2014
Saat menghadiri sebuah acara beberapa bulan yang lalu, mbak Haya Alia Zaki memanggil saya dan meminta kesediaan saya untuk kembali menjadi pembawa acara Srikandi Blogger 2014. Entah kenapa saya langsung mengiyakan tawaran tersebut. Kekompakan para emak-emak yang saya rasakan tahun lalu benar-benar membekas dihati saya sehingga saya ingin mengulang kebersamaan ini sekali lagi bersama para emak-emak yang luar biasa ini. Tahun ini, saya kembali berpasangan dengan Mak Aul untuk membawakan acara Srikandi Blogger 2014. Sama halnya seperti tahun yang lalu, saya hanya terlibat dalam acara lebih kurang satu minggu sebelum hari H. Tapi rasanya saya sudah seperti berada dalam jajaran kepanitiaan inti saja yang sudah mengurus semuanya sejak beberapa bulan lalu. Bagaimana tidak, saat saya datang untuk pertama kali untuk menghadiri meeting, saya sudah tahu apa yang akan saya lakukan. Kami langsung berkonsultasi mengenai detail acara, bloking, termasuk busana yang akan saya gunakan saat hari H nanti. Persiapan tahun ini benar-benar matang sepertinya. Dan satu hal yang paling saya suka, emak-emak pengisi acara yang datang saat gladi resik banyak yang membawa makan untuk disantap bersama. Mulut saya tidak berhenti mengunyah semua makanan lezat itu. Hahahahaha.

Dan tibalah hari pelakasanaan acara Srikandi Blogger 2014. Minggu pagi tanggal 9 Maret 2014 sekitar pukul 08.00, saya sudah tiba di Museum Nasional Indonesia tempat berlangsungnya acara. Walaupun sedang berlangsung Car Free Day di sepanjang jalan Sudirman - Thamrin, tapi tidak membuat saya datang terlambat ke lokasi. Walaupun sudah datang tepat waktu, ternyata saya tetap bukan yang datang paling pagi loh. Sudah banyak emak-emak panitia dan pengisi acara yang datang untuk di make up. Seluruh panitia serta pengisi acara termasuk saya sendiri di make up oleh team dari Sari Ayu Martha Tilaar. Kinclong kan penampilan saya ? Tahun ini saya memakai kostum ala Melayu yang dilengkapi kain songket . 

Partner nge-MC saya jadi manglingin setelah di make up. Mak Aul yang sehari-harinya tampil sederhana, hari itu berubah total jadi lebih cantik. Kelar dandan bukan berarti kita berdua tinggal duduk santai leyeh-leyeh nungguin acara loh. Di salah satu ruangan khusus panitia, saya dan Mak Aul mengulangi kembali rutinitas kami setahun yang lalu, yaitu bikin prakarya menggunting kertas. Hahahahaha... Maksudnya kami berdua menggunting script MC kami dalam bentuk terkecil supaya nyaman dipegang saat membawakan acara. Kalau potongannya terlalu besar nantinya akan susah untuk membalik halamannya yang takutnya akan berakibat potongan kertas yang kami pegang jatuh tercecer saat acara tiba. Ngga lucu doong ?? 

Foto bareng Dani Rachmat
Setelah prakarya kami selesai, masih ada sedikit waktu untuk beramah tamah dengan teman-teman blogger yang datang. Ngga afdal rasanya kalau sudah berada di satu tempat tapi tidak saling menyapa satu dengan yang lainnya. Salah satu yang mencolek saya duluan adalah lelaki satu ini. Saya tidak mengenalinya saat dia menegur saya. Setelah dia menyebutkan namanya saya langsung teriak astagaaah.. Ternyata dia adalah Dani Rachmat yang blognya selalu saya kunjungi setiap kali blogwalking. Ini adalah kali pertama kami bersua setelah saling berkomen di blog masing-masing. Sayang Dani hanya sebentar di lokasi acara karena ada keperluan keluarga. Tapi senang bisa berjumpa...

Bareng Una

Lalu berfoto juga dengan Una . Kalau dengan Una sih ini sudah bukan pertemuan pertama, malah kita cukup sering bertemu di beberapa acara blogger. Malah saat gladi resik, Una juga datang, tapi kita baru sempat foto-foto barengnya sewaktu acara. Saya juga sempat menyapa Mbak Monda Siregar , lalu menyapa mbak Lidya dan tentunya Pak Dhe Cholik yang bela-belain datang dari jauh khusus untuk menghadiri acara Srikandi Blogger 2014 ini. Dan teman-teman blogger lain yang sempat bersua di acara. Maaf tidak bisa ngobrol lama-lama karena acara sudah hampir dimulai dan saya harus segera bertugas..

Sambutan MakPan dan MakPon
Rangkaian acara Srikandi Blogger 2014 pun mulai berlangsung ketika kami mengucap salam kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir di Auditorium Basement Museum Nasional Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan dari Ketua Panitia Srikandi Blogger 2014 yakni mbak Haya Alia Zaki, lalu sambutan dari Founder Kumpulan Emak Blogger yakni Mira Sahid dan juga sambutan dari Kemkominfo oleh Ibu Hj.Septriana Tangkary, SE, MM. Dalam kata sambutannya, MakPan mengatakan kepanitiaan Srikandi Blogger ini bagaikan membuat kue bolu. Setiap hari mencari resep yang menghasilkan kue bolu paling enak untuk dinikmati. Dan hasilnya adalah seperti yang para tamu hadirin rasakan saat datang di venue Srikandi Blogger 2014. Sedangkan MakPon Mira Sahid mengatakan bahwa sukses penyelenggaraan Srikandi Blogger merupakan buah kerja keras seluruh jajaran KEB dan kepanitiaan Srikandi Blogger 2014. 

Ada yang berbeda dari peresemian acara Srikandi Blogger tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bila tahun lalu acara dibuka dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng, maka tahun ini acara resmi dibuka dengan membunyikan angklung oleh MakPon dan jajaran MakMin lainnya.. Saya sempat terharu ketika pada bagian acara pembacaan puisi berjudul Bila Ibu Boleh memilih karya dari Ratih Sanggarwati yang dibawakan oleh Mak Wiwik. Mak Wiwik membawakan puisi seperti ibu saya yang sedang bercerita kepada saya. Luar biasa..

Para pemenang Srikandi Blogger 2014
Rangkaian acara terus berjalan sampai tiba dibagian pengumuman pemenang Srikandi Blogger 2014 beserta jajarannya. Dimulai dari Srikandi Blogger Favorit 2014 yang dimenangkan oleh mbak Mugniar Marakarma seorang ibu yang bergabung dengan banyak komunitas menulis dan sering meraih juara dibanyak lomba blog. Pemenang Srikandi Blogger Persahabatan 2014 diraih oleh Meti Mediya yang merupakan seorang konselor dan relawan TIKyang mengedukasi orang tua dan anak untuk menggunakan internet secara positif. Sedangkan Srikandi Blogger Inspiratif 2014 diraih oleh mbak Murtiyarini atau biasa disapa Mak Arin yang merupakan seorang staff admin di IPB dan juga sering menulis untuk media cetak dan online. Sementara penghargaan khusus Srikandi Blogger Lifetime Achievment 2014 diraih oleh Bunda Lily atas dedikasinya yang tak pernah surut di dunia blogging. Dan pemenang Srikandi Blogger 2014 diraih oleh Pungky Febriyani , seorang wanita yang ikut menggaungkan dongeng untuk anak-anak kurang mampu serta peduli gerakan menghentikan kekerasan pada perempuan. Selamat kepada para pemenang...

Ahhh.. Bangga sekali saya bisa kembali berdiri di panggung Srikandi Blogger meskipun hanya sekedar untuk membawakan acara. Berada diantara wanita-wanita hebat ini membuat saya teringat pada seorang wanita hebat lainnya yang berada di Palembang yang selalu mendoakan setiap langkah saya. Sayapun membuat pantun dadakan yang sempat saya bacakan saat acara berlangsung...

Hari Minggu ayah ngecat pager
Di dapur emak bikin sambel terasi
Terima kasih Kumpulan Emak Blogger
Semoga terus menginspirasi..

Hari Minggu makan ager-ager
Bikin rujak pakai kedondong
Kepada Kumpulan Emak Blogger
Tahun depan MC nya kita lagi dooong...

44 comments:

  1. Makasih ya mas untuk pembawaan acara yang super keren dan menyenangkan. Aku taun lalu gak dateng, jadi malah gak tau kalo Mc nya gak ganti dua taun berturut-turut. hihihihi
    Suka sama pantun2nyaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Pungky.. selamat yah jadi Srikandi Blogger 2014. teruslah menginspirasi banyak orang

      Delete
  2. wahhh ada acara ini toh ,, lah aku kemarin ke bandung gathering poscinta ke 4 :|

    ReplyDelete
  3. iya Nggi.. hari minggu kemarin acaranya

    ReplyDelete
  4. Arjuna blogger..ada ngak mas Goiq ? mau daftar ah kalau ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas kita bikin Arjuna Blogger :))

      Delete
  5. Tahun depan jadi MC lagi ya mas? sippp, asal jangan jadi peserta SB2015 aja... heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga tahu deh mas kalo tahun depan.. hahahaha

      Delete
  6. ketemu banyak blogger, malah jadi tiba2 linglung
    banyak yg beda foto dan aslinya he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... apalagi liat emak-emak yah udah pada dandan.. pada manglingin semua

      Delete
  7. sukses deh untuk srikandi blognya ... mungkin para cowok perlu membuat kumpulan blogger serupa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kayanya seru juga

      Delete
  8. Maap..Maap..Bapak Siapaaa Yaa?

    Oh No... kite2 dah ketemu dari taon kemaren, kagak ada potonye Berdua
    *sungguh terlaluh..

    Perhelatan ini seruuu karena di gawangin MC keceh kalian Bduaaaa :)
    Tengkyuu Yaa Ri..
    Moga kita ketemuh lagi di event yang lain
    *dan wjib poto bareng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ngga pede ah mo poto sama ibu pejabat.. wakakakakakaka... ketemu lagi kudu poto bareng yaah buk

      Delete
  9. Ehemm,..
    Sampean toh pembawa acaranya.. :D
    Oke, salam kenal dari saya..
    Sukses terus ya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mas...

      Delete
  10. Apakah nanti akan ada MC lifetime achievment? :D
    kita tunggu di perhelatan Srikandi Blogger berikutnya.
    Thanks ya, Qoiq, sudah memberikan yang terbaik buat KEB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih makpuh atas support nya.. terima kasih juga udah direpotin buat masang kain songket

      Delete
  11. Adakah Kak Alaika Abdullah di sana, teman blogger/blogger senior dari komunitas Gaminong Blogger yang juga Srikandi Blogger 2013 ? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak Alaika hadir kok kemarin. kami sudah bertemu sejak sehari sebelum acara sewaktu gladi resik

      Delete
  12. wah..keren bang...selamat buat para pemenang...
    sayang saya dikalimantan jadi gak bisa ikutan T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun depan datang mas, sekalian kopdar rame-rame. banyak loh blogger dari luar kota dan luar negeri yang hadir

      Delete
  13. wah keren jadi mc... :)
    selamat ya buat para pemenang srikandi blogger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka perempuan hebat Man

      Delete
  14. Waduh Mc nya knp ngak ganti2 hahahaha .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha... kamu mau jadi MC tahun depan Mas Cum ?

      Delete
  15. wah.... keren, mas

    ReplyDelete
  16. Hahaha Mas Cumi kayaknya mau gantiin tuh, langkahi dulu Mas Goiq. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Udah, Mas, dua periode aja, ntar ada yang demo kayak jaman Soeharto dulu. #lhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku gak bisa nolak kalo ditawarin lagi mbak.. soalnya asyik kerja bareng para emak-emak ini

      Delete
  18. Wah, seru banget ya acaranya. apalagi bisa ketemu temen2 blogger gitu :)

    ReplyDelete
  19. aku juga jauh2 datang dr Semarang, sayang gak bisa foto sama mas Ari :(

    ReplyDelete
  20. lifetime mc :D
    eiya kurusan sekarang ^^
    makasi yaaaa dah ngemsi di KEB
    btw bener,....g berenti ngunyah ^^ wkwk

    ReplyDelete
  21. Tahun depan jangan megang kertas putih gitu dong MCnya, khan banyak blogger yg bisa mendesain cover susunan acaranya biar indah dipandang hahaha..

    Selamat buat pemenangnya yaa.. *ngeklik link pemenang satu2*

    ReplyDelete
  22. kereen yah kalo bisa ngerayain acara bloggeran...
    kalo ditempat saya belon pernah cz bloggernya masih bisa teritung. belon terekspos kali yah??? :(

    ReplyDelete
  23. Mantap Ri.
    Udah kurus ya, apa cuma karena nge-gym doang?

    ReplyDelete
  24. Kalo datang ... saya bisa ketemu sama mas Ari Goiq ya ^_^

    ReplyDelete
  25. Makasih informasinya. Semoga sukses selalu dan bisa memberikan manfaat terbaik untuk masyarakat.

    ReplyDelete
  26. izin nyimak infonya gan terima kasih banyak sudah berbagi info yang sangat menarik !!

    ReplyDelete
  27. maju terus mas, keren nih jadi MC nya. dan audience nya cewek semua tuh? hebat bisa gak grogi ngomong di depan banyak wanita, hehehe

    ReplyDelete
  28. aih, aku baru nemu artikel ini setelah sekian lama kamu posting, mas Arie. Hehe. Kalian berdua cocok banget ngemsi! Keren dan kompak deh. Thanks yaaa, smg dua tahun kedepan bisa ngemsi lagi yaaa. :)

    ReplyDelete

Terima kasih....