27 March 2014

Lebih Dekat Dengan Ani Berta


Niat awal menjelang pemilu legislatif ini, saya ingin menuliskan sisi lain dari para tokoh-tokoh yang wajahnya banyak terpampang dalam baliho dan poster yang terpajang di pinggir jalan. Saya hampir tidak mengenali wajah-wajah yang katanya akan menjadi wakil saya di parlemen, entah itu DPRD maupun DPR RI. Bermodal kegelisahan itulah saya mencoba menghubungi para calon wakil rakyat ini untuk saya tuliskan profil nya di blog ini. Dan sayangnya hanya beberapa yang menyambut baik niat saya untuk menuliskan profil mereka. Mungkin karena blog ini memang bukan apa-apa dan saya juga tidak menjanjikan untuk menulis apa yang menjadi program-program mereka. Yah, saya hanya menjanjikan menulis tentang profil mereka saja. Supaya masyarakat yang penasaran seperti apa sisi lain para calon wakil mereka bisa membaca itu di blog saya ini. Salah satu yang menyambut tawaran saya itu adalah Teh Ani Berta, seorang blogger wanita yang cukup aktif dalam bermacam kegiatan blogger.

Jujur, kalau berbicara tentang wanita yang satu ini saya mungkin akan menulis lebih banyak daripada apa yang akan saya tuliskan sekarang ini. Tapi saya tidak mau dibilang "punya kepentingan", saya hanya ingin menuliskan sesuatu yang siapa tahu berguna bagi para pembaca blog ini atau orang-orang yang butuh informasi lebih banyak tentang sosok blogger kelahiran Bandung, 27 Juni 1977 yang biasa dipanggil teman-temannya Teh Ani. Aktif dalam kegiatan blogger ternyata hanya merupakan salah satu dari kesibukannya berorganisasi. Sosok ramah dan tidak sungkan menyapa orang-orang yang baru dikenalnya ini ternyata diam-diam juga aktif dalam patrtai politik dan dicalonkan sebagai anggota DPRD II Kota Tangerang Selatan. Berikut beberapa pertanyaan yang saya lempar kepada Teh Ani mengenai beberapa hal yang mungkin bisa membuka wacana teman-teman seperti apa sosok wanita yang satu ini.

1. Deskripsikan diri anda dalam 5 kata ?
Pekerja keras, tidak suka ketergantungan

2. Motto hidup anda ?
Fight Never Ending yang artinya berjuang tiada akhir

3. Deskripsikan daerah yang akan anda wakilkan dalam Pemilu Legislatif 2014 ?
Pamulang Tangerang Selatan, secara geografis berbatasan dengan Jakarta Selatan. Tangerang Selatan merupakaan daerah pemekaran dari Kota Tangerang dan Hari jadinya pada 26 Nopember  pada Tahun 2008. Infrastruktur kota sudah cukup memadai, hanya perlu dibenahi di beberapa titik.  Misalnya untuk penataan kota : Drainase sangat perlu dimaksimalkan, pembuangan sampah terpadu harus ada di setiap Kelurahan sehingga ceceran sampah dan gundukan-gundukan sampah kecil di pinggir jalan utama dan gang-gang rumah tidak ada lagi. Banyak potensi yang bisa dikembangkann menjadi Kota yang berdaya saing perekonomianya.

4. Kenapa anda memutuskan untuk maju dalam Pemilu Legislatif mewakili daerah tersebut ?
Sejak menjadi Kader Partai Gerindra 6 tahun yang lalu, saya terinspirasi dari orang-orag yang sudah melakukan kontribusi di Parlemen. Dan saya ingin masuk lebih dalam lagi, agar dapat melakukan kontribusi secara maksimal, pada tahun ini kesempatan itu menghampiri saya, tak saya sia-siakan. Saya tergerak ingin berkontribusi penuh dengan segenap kemampuan saya terhadap daerah tempat saya bernaung. Walau saya adalah penduduk Bandung Jawa Barat tetapi saya sudah lama tinggal di Tangerang Selatan. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Dan saya merasa tergerak untuk memaksimalkan lagi kemajuan Pamulang, Tangerang Selatan yang sebenarnya sudah mandiri dan lumayan maju tetapi sumber daya manusianya perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga akan berimbang dengan kemajuan kotanya.

5. Anda akan mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Menurut anda wakil rakyat yang ideal itu seperti apa sih ?
Wakil rakyat yang ideal menurut saya adalah seorang yang dekat dengan masyarakat secara nyata, yang terus melakukan sosialisasi secara berkesinambungan untuk menyerap terus segala aspirasi rakyat. Bukan hanya menyerap tetapi terus menindaklanjuti semua aspirasi tersebut yang diwadahi dalam program-program kerja yang sudah dirancang.
Seorang wakil rakyat adalah merupakan pelayan masyarakat dan bukan dilayani.
Sebagai wakil rakyat harus punya program kerja yang terarah dan jangka panjang. Tidak membiarkan waktu kosong, harus diisi dengan berbagai rencana dan aksi nyata.
Dan harus konsisten dengan apa yang disosialisasikan semasa kampanye dan setelahnya.
Seorang wakil rakyat juga harus berani menentang sistem yang dirasa tidak memihak kepentingan rakyat walau menuai risiko. Intinya kesadaran penuh sepenuh hati serta pemikiran logis dan konsistensi sangat diperlukan oleh seorang wakil rakyat agar dapat menjalankan amanahnya dengan baik.
Selain dekat dengan masyarakat, seorang wakil rakyat pun perlu memperluas relasinya karena berbagai lobi bagi kelangsungan memenuhi berbagai elemen kepentingan masyarakat bisa didapat dari segala tempat dan instansi. Karena beberapa kebijakan tentunya harus melibatkan berbagai elemen.

6. Menurut anda bagaimana peran social media di Indonesia terhadap target-target anda ?
Peran sosial media bagi saya pribadi tak terlalu berpengaruh. Karena pengguna sosial media terbatas. Yang penting pendekatan langsung ke masyarakat melalui sosialisasi dan memperkenalkan program yang saya usung. Itu sudah cukup buat saya. Sosial media hanya sebatas publikasikan hasil sosialisasi saja. Tetapi bukan berarti peran sosial media tidak penting ya, untuk sebagian kalangan mungkin sangat diperlukan.

7. Sebutkan keberhasilan paling besar yang pernah anda rasakan selama hidup anda ?
Pada usia 23 tahun saya berhasil menjadi Account Officer  di sebuah perusahaan Plastic Forming yang cukp besar di Johor Malaysia. Dan sepulang ke tanah air mereguk karir di bidang Akunting tapi berbeda perusahaan.
Dan keberhasilan paling besar yang paling hakiki buat saya adalah ketika bisa terus berbagi terhadap sesama melalui kegiatan charity bersama teman-teman.

8. Sebutkan kegagalan paling besar yang pernah anda alami sepanjang hidup anda ?
Ketika menyia-nyiakan waktu dan kehilangan kesempataan.

9. Apa hal yang paling membuat anda takut ?
Ketika kualitas hubungan secara Vertikal dengan Nya melemah dan tak mampu berbagai terhadap sesama.

10. Siapa orang yang paling berpengaruh dalam hidup anda ? Kenapa ?
Setelah Allah SWT tentunya Keluarga besar.Karena keluarga besar adalah mereka yang senantiasa menerima saya apa adanya, baik, buruk tanpa pamrih dan mereka adalah sumber kekuatan saya.

11. Jika anda bisa memutar waktu kembali, apa yang ingin anda lakukan ?
Saya ingin memungut lagi waktu-waktu yang sempat disia-siakan untuk hal tak bermanfaat dan  ingin mengoptimalkan lagi target yang sudah terlambat untuk dijalani.
  
12. Jika anda bisa ke masa depan, apa yang ingin anda lihat ?
Saya hanya ingin melihat perdamaian abadi 

13. Satu pesan yang ingin anda sampaikan dalam tulisan ini ? 
Pesan saya, kita sebagai manusia jadilah manusia yang bermanfaat, selagi hayat dikandung badan, selagi badan masih lincah bergerak kesana kemari, gunakanlah waktu, tenaga dan segala kemampuanmu untuk sekitarnya. Jadilah energi positif yang setiap saat bisa menularkan segala kebaikan. 

20 comments:

  1. wah artikel pesanan sponsor ya gan?

    ReplyDelete
  2. Wah, makasih Mas informasinya.
    Bagus nih niatan buat menuliskan profil caleg di blog. Semoga bisa berimbang Mas. :)

    ReplyDelete
  3. Jadi kak goiq pilih dia dari pada aku ???? Ok Fine kita putus #GagalPaham

    ReplyDelete
  4. sudah lama kenal di blog dengannya..
    eh pas ada di tempat yang sama (#SB 2014) malah nggak ngeh ada teh Ani

    idenya boleh juga nih biar lebih kenal dg para caleg, biar nggak asal nyoblos

    ReplyDelete
  5. kira2 caleg mana lagi ya yg bersedia diulas di blog

    ReplyDelete
  6. kalau Goig nyaleg juga gak :)

    ReplyDelete
  7. hebat euy mba ani berta, ngga nyangka nyaleg juga ^^. Sukses ya mba

    ReplyDelete
  8. akhirnya ada juga orang yang gw tau yang nyaleg hahahaa

    ReplyDelete
  9. Terima kasih banyak atas apresiasinya Mas Arie, dengan memuat profil saya disini tanpa saya minta, semoga kebaikan Mas Arie dibalas dengan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dari Yang Di Atas amin.

    ReplyDelete
  10. Waaaahhhh partai kuuuuuu...semangaaaaaddddddd

    ReplyDelete
  11. Wah keren Mbak Ani ^^
    Toss banget lah part kegagalan terbesar adalah pas menyia-nyiakan waktuuu.

    ReplyDelete
  12. Loooh.. idenya bagus... Harusnya untuk pemilu Juli nanti kamu wawancara semua capresnya deh kak.. Berani? #eh

    ReplyDelete
  13. izin simak ya admin buat artikelnya, postingan yg bermanfaat sekali. terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Aku salah satu fans Ani Berta. ^^

    ReplyDelete
  15. gimana sukses di emilu kali ini ?

    ReplyDelete
  16. mantep sukses selalu kak. ooo iya kalau ingin tahu tentang web gratis yukk disini saja. terimakasih

    ReplyDelete

Terima kasih....