13 March 2014

Resep Langsing Ala Goiq

Foto : Editan Mak Shinta
Perhelatan Srikandi Blogger 2014 sudah berlalu dan menyisakan banyak pertanyaan dari beberapa teman-teman blogger yang hadir, terutama mereka yang juga hadir tahun lalu. Pertanyaan terbanyak yang saya terima adalah "kurusan yah sekarang ?" dan pertanyaan kedua adalah "resep kurusnya apa sih ?" . Sebenarnya saya sudah pernah menuliskan beberapa dalam tulisan di blog saya ini, mulai dari tulisan Resolusi Yang Terwujud dan tulisan Hidup Sehat Ala Goiq . Saya akan mencoba update perkembangan terbaru dan mungkin beberapa pemikiran terbaru saya, tapi sekali lagi saya ingatkan kalau saya bukan pakar dan apa yang saya tuliskan ini berdasarkan pada apa yang saya jalani. 

1. Kenali Badan Sendiri

Kenapa poin ini saya letakkan di awal ? Karena saya sering sekali melihat orang-orang yang melakukan diet atau pola latihan di gym berdasarkan apa yang orang lain lakukan. Padahal belum tentu pola yang cocok untuk orang lain itu juga akan cocok untuk diri kalian. Contohnya saja, saya yang penderita asma tentu tidak bisa lari di treadmill dengan kecepatan dan waktu yang sama dengan orang yang bukan penderita asma. Jadi kalau teman-teman saya bisa tahan treadmill sampai satu jam bahkan lebih, saya tidak akan memaksa diri untuk juga bisa berlari satu jam. Bisa berlari 15 sampai 30 menit saja saya pikir itu sudah sangat baik sekali. Jadi kenali diri kalian sendiri, penyakit apa yang kalian derita serta daya tahan tubuh kalian selama ini. Mulailah dengan kemampuan kalian dan tetapkan target yang harus kalian capai. 

2. Berpikiran Positif


Selalu berpikiran positif itu saya pikir bukan cuma sekedar idiom basa-basi. Banyak sekali hal yang bisa saya dapatkan dengan selalu berusaha berpikiran positif. Hal sepele mengenai pikiran positif yang saya contohkan adalah mengenai makanan. Selama saya latihan di gym dan mengatur pola makan, saya sama sekali tidak pernah menghitung kalori. Saya hanya berusaha menyeimbangkan makanan yang masuk dalam badan saya. Karena itulah sampai hari ini saya tidak pernah berpantang makanan apapun. Semua masih bisa saya makan walaupun dengan porsi yang sudah saya kurangi. Prinsip saya, jangan pernah berpikir menjadikan makanan itu sebagai dosa. Karena efeknya tidak akan baik dalam tubuh kita. Bila semua makanan yang masuk ke dalam tubuh selalu kita syukuri, Insya Allah makanan itu akan menjadi manfaat dalam tubuh kita. 

3. Susun Pola Latihan Dan Nikmatilah

Susun pola latihan mulai dari yang paling mampu untuk dilakukan dan tingkatkan porsinya beberapa minggu sekali. Sewaktu pertama kali nge-gym, saya hanya mampu berlari di threadmill hanya 5 menit saja, setelahnya nafas saya sudah tidak karuan. Saya tidak memaksa diri saya karena hal itu akan membuat trauma. Jadi saya lebih suka berlatih perlahan dan menargetkan diri sendiri untuk lebih baik dari hari ini. Sekarang saya sudah mampir berlari 30 menit di threadmill dan saya masih akan berusahan untuk menambah porsinya. Kalau ditanya latuhan apa yang hasilnya cukup cepat membakar lemak ? Mungkin salah satu yang saya rekomendasikan adalah RPM (bersepeda). Kebetulan saya penyuka latihan yang satu ini dan merasakan dampaknya untuk badan saya sendiri. Sewaktu masih tahap menurunkan berat badan, saya bisa ikutan kelas RPM 3 kali seminggu. Sekarang sudah saya kurangi porsinya karena fokus saya sekarang adalah menambah massa otot. Pertama kali ikut kelas RPM 1 jam, jujur saya hampir kapok. Pantat saya sakit karena kelamaan duduk di sadel dan saya tidak mampu standing. Tapi saya berhasil memaksa diri saya untuk melakukannya lagi dan lagi sehingga bisa menjadi penikmat kelas RPM. Beberapa teman yang saya rekomendasikan ikutan kelas RPM juga sudah mendapat manfaat yang mereka inginkan.

4. Latihan Itu Bukan Siksaan

Beberapa orang malas latihan karena menganggap hal tersebut adalah sebuah siksaan untuk badan mereka. Padahal itu untuk badan sendiri loh, bukan untuk badan orang. Harusnya hal-hal yang mengganggu tersebut dibuang jauh-jauh dari pikiran. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan, misalnya kalau nanti bisa mencapai target berat badan ideal akan membeli pakaian yang selama ini diinginkan tapi tidak mungkin dengan berat badan yang sekarang. Trus jadikan tempat gym adalah sebuah tempat yang menyenangkan yang selalu ingin didatangi setiap hari. Caranya sapalah orang-orang di gym dan bertemanlah dengan mereka. Saya sendiri membuat sebuah grup yang isinya teman-teman nge-gym dan menyebut tempat gym sebagai kampus. Sehingga di grup kami selalu menyebut latihan sebagai kuliah dan instruktur sebagai dosen. Hal ini menjadikan ngampus eeh nge-gym maksud saya sebagai hal yang menyenangkan. 

5. Olahraga Itu Tidak Harus Di Gym

Kenapa saya banyak menulis soal gym disini ? Karena itulah yang saya jalani sehari-hari setelah mencoba berolahraga sendiri tidak berhasil. Kembali lagi pada hal-hal apa yang memotivasi diri sendiri untuk rajin berolahraga, bila teman-teman rasa bisa berolahraga sendiri tanpa harus ke gym lebih bagus toh ? Hemat uang beberapa ratus ribu setiap bulan untuk olahraga yang bisa gratis dilakukan setiap hari. Saya sendiri sudah mencoba berolahraga sendiri tapi nyatanya tidak berhasil. Akhirnya saya memutuskan untuk nge-gym. Pertimbangannya kalau saya sudah membayar dan tidak dilakukan adalah sebuah hal yang mubazir bukan ? Jadilah saya nge-gym sampai sekarang. Banyak kok aktifitas olahraga yang bisa dilakukan secara rutin tanpa harus ke gym. Misalnya ikutan komunitas lari yang sering bikin kegiatan setiap habis jam kantor. Atau ikutan komunitas bike to work yang bersepeda menuju kantor. Kembali lagi cara apa yang mampu memotivasi teman-teman untuk semangat berolahraga.

Mungkin ini dulu sedikit tips dari saya. Kalau ada tambahan, nanti akan saya tuliskan dalam tips bugar sehat berikutnya. Mudah-mudahan tulisan ini sedikit memotivasi teman-teman untuk melakukan hal terbaik untuk diri sendiri. Sekali lagi saya ingatkan, kalau badan sehat, maka kita sendiri yang akan merasakan. Tapi kalau sakit, maka semua orang yang akan repot. Semangat berjuang teman-teman...

40 comments:

  1. well noted Goiq #memandangperutyangmakinmembuncit #memandangtimbanganyangperludikalibrasi

    cuman gua malas nge-gym... mungkin nge-gym dalam pikiran aja kali yah :D hahahah #ditabokpaketreadmill

    ReplyDelete
  2. saya pengen banget bisa turun berat badan. makan gak banyak. tapi berat badan terus nambah :'(

    yang susah itu istiqomah olah raga. mesti konsisten.. *curhat

    ReplyDelete
  3. Buehehehe
    Gambar pertama

    Kurus kayak saya belum tentu sehat karena jarang olah raga

    Sukseslah target kirisnya :)
    Istiqomah itu yang susah dan Mas Goik bisa menjalaninya. Selamat!

    ReplyDelete
  4. Hyak Ampun
    Typo parah

    Maapkannnn

    ReplyDelete
  5. Goiq makin sihat dan makin hemsem kamu sekarang ini ya :D
    Bagus share tips-tips ini .. mungkin aku juga bisa meniru nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana entry terbaru goiq... berapa kali ku kemari tetapi masih ngak ada entry baru huhuuu :D

      Delete
  6. artikelnya ga cocok buatku bro...
    aku malah dikomplen mulu sama yang di rumah katanya terlalu langsing
    heheh

    ReplyDelete
  7. itu cewek semua temen gymnyaaa :D

    ReplyDelete
  8. wahhh...memang beda banget...*Melotot

    ReplyDelete
  9. yang penting sehat2 terus ya...

    ReplyDelete
  10. wih,keren,,,manteb mas broh

    ReplyDelete
  11. Haduh haduhhh elus perut, lengan sama gelang Jatomi yang udah karatan ngga pernah dipake. tapi moga-moga jadi semangat deh lihat hasilnya, walaupun berraattt pasti di awal. semanggkaaa, makasih masss tipssnyaaa

    ReplyDelete
  12. Mantaaabsss...
    Kalo dulu kaya Om2 ..
    sekarang kaya abegeeh :v

    sukses Ri..
    maap bapak siapa ya?

    ReplyDelete
  13. Asyik banget ya.. Aku barusan membayangkan yg foto sepedahan di gym itu backgroundnya berubah menjadi di perkotaan jakarta yg dipenuhi pepohonan hijau lalu banyak orang jogging juga...

    ReplyDelete
  14. olah rag akamar termasuk gak ya hehehe

    ReplyDelete
  15. Hohoho...kau menginspirasiku untuk bisa menurunkan berat badan Ri :P

    ReplyDelete
  16. Setuju, salah satu faktor pentingnya adalah menikmati prosesnya ya; jadi bisa konsisten :D .

    ReplyDelete
  17. haduuuhh... kenapa itu foto yg dipake sbg pembanding pas SB yak..hikss :'( *umpetintimbangan :P

    ReplyDelete
  18. keren ams resep langsingnya, mau nambahin gowes jg seru nih buat bikin jiwa dan raga fit :)

    ReplyDelete
  19. malah saya pengen ke gym,,
    tapi di sini kalo mau ke gym jauh banget..:'(
    susah kalo bukankota..hehe

    ReplyDelete
  20. Saya dulu langsing lho mas, BB hanya 53 (1971), sekarang 80 an.maklum pejabat ha ha ha
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari surabaya

    ReplyDelete
  21. hebat...sukses juga melangsingkan diri...hehe

    ReplyDelete
  22. au au au....hadewhhh sepertinya tulisan ini menyindir saya...hahaha perutttt buncit..plis mengecillah hehe

    ReplyDelete
  23. Suka sama quote ini :

    Bila semua makanan yang masuk ke dalam tubuh selalu kita syukuri, Insya Allah makanan itu akan menjadi manfaat dalam tubuh kita.

    ReplyDelete
  24. nggak salah kan kubilang beda dg fotonya..., lain banget

    harusnya aku niru semangatmu ya, biar langsing sehat

    ReplyDelete
  25. kebeneran perutnya suamiku buncit banget....

    ReplyDelete
  26. kalau yang terlalu kurus pengen jadi ideal berisi gimane bang? :D

    ReplyDelete
  27. Kak ... ada kurus secara instant ngak ????? aku ngak mau kalo pake olah raga hehehe

    ReplyDelete
  28. terus saja kau menyombongkan diri.. teruuusss... #siriktandatakmampu

    ReplyDelete
  29. Wah kebetulan berat badan saya bulan ini naek 2 kilo. Wuhuuuuuuuuuuuuuuuuuuu, Sepertinta harus pandai pandai menjaga asupan makan nih. Hmm bole juga nih tip tip nya mas Goig diterapkan di rumah

    ReplyDelete
  30. Btw, salam kenal buat pak admin. Ane lg cari bahan makalah ni bos, mangkanya mampir kemari hehee. thanks ya.. menarik nih

    ReplyDelete
  31. terima kasih atas informasinya gan,,di tunggu info menarik selanjutnya. Berita ini mungkin menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk kami.

    ReplyDelete
  32. cara gendut gimanaaaa??
    :(

    #GerakanGendutMerdeka ku yang kemaren gagal total hiks

    ReplyDelete
  33. Ahahaha,... tips mengecilkan perut atau keliatan langsing om :lol:

    ReplyDelete
  34. wah, saya udah mulai jarang olahraga, kudu menjaga kesehatan ini, trims resepnya :-)

    ReplyDelete
  35. wah perubahannya signifikan banget ya mas....

    ReplyDelete
  36. Blogwalking :)
    mau download game android disini ya
    Droidgamess.blogspot.com

    ReplyDelete
  37. Desperately pengin langsing, trus direkomendasiin ini sama emak2 KEB hahahaaa.... Sip tipsnya krn kebetulan aku juga asma. Besok mau jogging ah, saya suka outdoor kurang suka gym. Yg pola makan juga udah aku baca. Thanks for sharing ya :))

    ReplyDelete
  38. membaca postingan diatas patut dijadikan motivasi buat saya atas prestasinya, makasih banyak gan atas sharenya, di tunggu share selanjutnya salam

    ReplyDelete
  39. Semoga selalu sehat mas :)

    ReplyDelete

Terima kasih....