06 July 2014

Renovasi Rumah Menjelang Lebaran

Tahun ini saya dan adik saya merenovasi beberapa bagian rumah yang kami rasa sudah cukup usang dan harus diperbaiki segera. Masuk dalam bagian renovasi ini adalah merombak garasi mobil yang selama ini lebih sering di fungsikan sebagai gudang menjadi kamar tidur. Yah, rumah kami yang tidak besar ini memang hanya memiliki 3 kamar. Dan dirasa sudah perlu untuk menambah kamar mengingat 2 krucil di rumah semakin beranjak besar dan dirasa sudah harus memiliki kamar sendiri. Kami merencanakan renovasi ini beberapa bulan sebelum puasa dan di eksekusi 2 bulan sebelum bulan Ramadhan tiba. Harapan kami saat lebaran tiba, bagian rumah yang sudah usang dimakan usia dapat menjadi lebih baik. Demikian pula 2 krucil di rumah juga sudah memiliki kamarnya masing-masing dan membuang banyak barang di gudang yang selama ini mungkin sudah tidak terpakai tapi hanya tertumpuk begitu saja di gudang. Jadi PR kami tahun ini adalah membuat rumah jadi lebih layak untuk dihuni.


Kenyataan untuk membuat rumah jadi lebih layak huni dibandingkan sebelumnya memang bukan perkara mudah. Mencari tukang yang akan mengerjakan renovasi rumah ini memerlukan waktu tersendiri. Membandingkan penawaran yang satu dengan yang lain terpaksa harus kami lakukan mengingat beberapa tukang kadang memberi penawaran harga borongan yang lebih tinggi. Kami juga harus membandingkan bahan dan material yang akan mereka gunakan nanti, termasuk memilih cat tembok yang akan digunakan. Akhirnya kami memilih penawaran paling murah dong untuk mengerjakan renovasi rumah kami. Dan mulailah kesibukan di rumah kami. Beberapa kamar yang bocor termasuk kamar saya harus diganti ceiling nya karena yang lama sudah menyisakan noda warna gelap dan bolong. Lalu kami juga harus membuat gudang baru di belakang untuk mengganti fungsi gudang di garasi yang akan kami jadikan kamar. Belum lagi kamar asisten yang sudah tidak layak huni karena bila hujan air merembes masuk dan atap nya juga bocor. Dan pastinya mengganti warna cat tembok kamar yang sudah beberapa tahun tidak diganti. Semua harus rampung sebelum lebaran tiba.


Dan memasuki bulan puasa ini, renovasi rumah hampir mendekati finishing. Sekarang beberapa bagian tinggal melakukan pengecatan ulang. Oh ya, karena di rumah ada 2 krucil yang sedang aktif-aktif nya. Sejak awal kami sudah memutuskan untuk menggunakan cat tembok PROPERTY dari Kansai Paint. Keunggulan cat ini selain warnanya indah dan cepat tutup adalah teknologi anti-bakteri nya. Ini yang tidak dimiliki cat sejenis dan kenapa kami memilih PROPERTY. Secara ringkas, teknologi anti-bakteri mencegah pertumbuhan bakteri pada dinding sehingga rumah lebih sehat. Daripada beli alat “pembunuh bakteri”, mending pakai PROPERTY. Murah meriah. Ada satu lagi, cat ini mengeluarkan aroma apel ketika cat baru saja disapukan. Jadi tidak berbau tajam dan membuat nyaman kami yang masih tetap tinggal di rumah yang sedang direnovasi. Harganya juga pas di kantong.


Ngomong-ngomong soal cat PROPERTY, cat ini di produksi oleh Kansai Paint. Tau dong Kansai Paint? Mereka ini yang bikin cat besi ftalit dan ternyata, Kansai Paint adalah partner resmi nya MU loh. Hebat !
Oh ya, kami cukup terbantu saat memilih warna rumah hingga ke pengecatan yang benar. Kansai Paint sangat aktif di Facebook. Setiap hari selalu ada tips dan inspirasi warna yang gampang diaplikasikan. Langsung saja ke https://www.facebook.com/ColouringYourLife atau Twitter mereka di @ColouringLifeID.

Sudah dulu ya. Lagi betah menikmati ruang kamar yang habis dicat nih...

8 comments:

  1. Jadi ntar lebaran rumahnya udah lebih kinclong ya.. :)

    ReplyDelete
  2. yah lo ga bilang kalo nyari tukang buat renovasi, gw ada bnyk koleksi tuh :p

    ReplyDelete
  3. Wah .. senang ya mas, nanti lebaran rumahnya jadi cantik usai direnovasi :)

    ReplyDelete
  4. Ngurusin renovasi rumah memang memakan waktu dan pikiran banget ya, hehehe :) . Ah, tapi sudah hampir selesai kan rumahnya! :D

    ReplyDelete
  5. Pasti lebih nyaman dong dengan cat rumah yang baru :)

    ReplyDelete
  6. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca.

    ReplyDelete
  7. Teriamakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali.

    ReplyDelete
  8. semoga dapat ebrmanfaat dan menjadi inspirasi.. terima kasih ya gan infonya semoga makin jaya..

    ReplyDelete

Terima kasih....