24 October 2014

Hackathon - Kompetisi Pembuatan Aplikasi Secara Marathon 24 Jam

Indosat kembali menguji generasi muda kreatif dalam tantangan pembuatan aplikasi dalam waktu 24 jam saja yang dikenal dengan nama Hackathon. Hackathon sendiri masih merupakan rangkaian dari program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 8 yang saat ini masih terus berlangsung. Sebanyak 130 peserta yang terbagi dalam 51 team terdaftar mengikuti kompetisi Hackathon ini, dimana para peserta diharuskan memilih salah satu dari 3 kategori yang disediakan yaitu (1) kategori Communication, Lifestyle, Education ; (2) kategori Multimedia, Games, dan (3) kategori Utilities (tools,security) .

Ajang Hackathon sendiri berlangsung pada hari Jumat tanggal 3 Oktober 2014 tepat pada pk.16.30 dan berakhir pada hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014. Selama 24 jam penuh para peserta bahu membahu membuat aplikasi mobile dan kemudian mempresentasikan serta mendemokan karya mereka di hadapan dewan juri. Selama 24 jam berkompetisi, semua kebutuhan para peserta seperti makanan, minuman, hiburan, tempat sholat hinga tim medis sudah disiapkan oleh Indosat.

Aplikasi wireless bertajuk “Light Me Up” karya Firman Azhari dan Tera Harsa asal Bandung berhasil menjadi aplikasi Terbaik I dalam ajang Hackathon yang disusul kemudian dengan aplikasi berjudul “V Lens” karya Herdian Prakasa, Hendrawan dan Peterleon sebagai karya Terbaik II serta aplikasi berjudul Helping Nurse karya Gino menjadi Terbaik III


Para pemenang yang terpilih sebagai karya terbaik dalam ajang Hackathon ini akan membawa pulang hadiah uang tunai puluhan juta rupiah, gadget terbaru, saldo Dompetku serta piagam. Lebih dari itu, seluruh peserta telah membawa masing-masing kemenangan mereka yakni mampu menaklukkan tantangan menciptakan aplikasi selama 24 jam secara marathon. Karya aplikasi mereka dalam ajang Hackathon ini secara otomatis juga masih bisa dikompetisikan dalam ajang IWIC 8 yang menjadi payung program Hackathon.

Dan melihat besarnya antusiasme peserta IWIC 8, proses pendaftaran diperpanjang hingga tanggal 31 Oktober 2014. Untuk informasi pendaftaran IWIC 8 dapat dilihat dari website Indosat atau akun twitter @indosatiwic , Facebook : IndosatIWIC dan Instagram : Indosatiwic . Ayo begegas mendaftar sebelum ditutup.

10 comments:

  1. jadi penasaran sama aplikasi-aplikasi yang menangnya Mas. Diupload ga ke google play/ios? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya, Indosat hanya memberi wadah bagi para pembuat aplikasi muda untuk mengembangkan ide-ide mereka di Hackathon ini. Aplikasi-aplikasi yang sampai di penjurian rata-rata berkisar sampai 75% dan sudah dapat di demokan. Untuk kelanjutannya akan kembali kepada pembuat aplikasi itu sendiri karena Indosat tidak mengikat mereka

      Delete
  2. Udah ada blm aplikasi nya di googleplay ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sampai tahap masuk di Googleplay mas Cum.Baru sebatas di demokan di depan juri

      Delete
  3. ya sebentar lagi dong waktunya ya, ga kekejar kalau aku mau bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sempat mbak buat ikutan :)

      Delete
  4. Busyet sudah satu dasawarsa. Bagaimana kiat terus menulis Kak Goiq? Salut buanget.... Sekarang lagi sering ikut kompetisi buat aplikasi ya, terus berjuang. I know you can do your best. Makasi

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Salut, sama orang-orang yang bisa buat apps selama 24 jam. Gw mah ga dah.. :))

    ReplyDelete
  7. Dalam masa 24jam membuat applikasi yg baru memang hebat :D

    ReplyDelete

Terima kasih....