17 October 2014

Ideku Untuk PLN


Meskipun lahir di kota Jakarta, saya menghabiskan masa kecil hingga remaja saya di kota Palembang. Mulai dari kota Palembang masih sangat ditakuti karena tingkat kriminalitasnya yang tinggi sampai kemudian keadaan berubah hingga Palembang menjadi kota yang ramah bagi para pendatang pastinya pernah saya rasakan. Tapi walaupun beberapa era kepemimpinan Gubenur dan Presiden sudah beberapa berganti, tapi masalah listrik yang seringkali byar pet belum juga mampu terselesaikan hingga kini. Kondisi kebalikan justru saya rasakan ketika mulai hijrah ke ibukota. Jarang sekali listrik padam di ibu kota, kecuali untuk beberapa kasus yang pernah terjadi yang mengakibatkan pemadaman bergilir di ibukota. Itupun media sudah gembar gembor kerugian ratusan milyar yang terjadi sebagai dampak pemadaman bergilir tersebut. 

Sungguh jomplang sekali apa yang terjadi di ibukota dengan daerah-daerah. Daerah harus pasrah menerima kondisi listrik yang harus padam beberapa hari sekali. Sementara kita yang berada di Jakarta seringkali lupa dengan nasib saudara-saudara yang berada di daerah yang harus mengalami pemadaman bergilir secara berkala bahkan sering kali juga mengalami pemadaman mendadak. Karena itulah melalui tulisan di blog ini saya ingin mengusulkan beberapa hal untuk PLN sebagai berikut : 

1. Menjadikan PLN sebagai Kementrian Kelistrikan Nasional

Siapa tahu dengan dijadikannya PLN sebagai sebuah kementrian tersendiri bisa membuat lembaga ini lebih fokus dengan kinerjanya untuk mewujudkan Indonesia 100% warganya bisa menikmati listrik. Dengan dijadikannya PLN sebagai sebuah kementrian tersendiri pastinya akan membuat anggaran untuk pengadaan listrik hingga pelayanan tidak harus berbagi dengan BUMN lainnya. 

2. Membuat program satu hari tanpa listrik

Program ini untuk membuat masyarakat di kota besar terutama Jakarta menyadari bahwa belum semua masyarakat Indonesia beruntung bisa menikmati listrik. Selain itu dengan adanya Hari Tanpa Listrik ini, diharapkan banyak orang yang menjadi lebih sadar betapa berharganya listrik sehingga mereka akan memanfaatkan listrik dengn sebaik-baiknya. Program ini tentu saja harus dibuat pengecualian untuk beberapa tempat seperti Rumah Sakit.

3. Memberikan reward untuk pelanggan 

Membayar listrik mungkin memang sudah menjadi sebuah kewajiban pagi masyarakat yang menikmatinya. Tapi karena ini merupakan sebuah kewajiban, kadangkala PLN kurang memantau bahwa ada orang-orang yang selalu melakukan kewajiban ini tepat waktu. Memberikan reward bagi pelanggan yang selalu menjalankan kewajiban ini tepat waktu pastinya akan membuat masyarakat terpacu untuk membayar tagihan listrik mereka sebelum jatuh tenggat.

4. Menjadikan warga masyarakat sebagai duta PLN

Banyak sekali informasi mengenai layanan PLN dan program-programnya yang terlambat diketahui oleh masyarakat. Media pun lebih cendrung menggembar gemborkan berita tentang PLN bila terjadi kenaikan Tarif Dasar Listrik ( TDL ). Solusinya mungkin memilih masyarakat menjadi duta PLN. Saya tahu PLN sudah mempunya program Duta PLN sejak beberapa tahun lalu, tapi program ini terdengar kurang bergaung. Membuat program Duta PLN tanpa dibatasi usia sepertinya akan menjadikan program ini lebih hidup. Sehingga segala lapisan masyarakat bisa saja terpilih menjadi Duta PLN mulai dari tingkat RT hingga tingkat nasional. 

5. Mencari energi alternatif untuk sumber listrik

Selama ini PLN bergantung pada sejumlah energi alam untuk menghasilkan energi listrik seperti tenaga air, angin, matahari, gas dan sebagainya. PLN harus memikirkan berbagai energi alternatif lainnya untuk menghasilkan energi listrik supaya dikemudian hari supply energi listrik dapat tetap terpenuhi untuk dialirkan kepada masyarakat. 

Mudah-mudahan beberapa ide saya ini bisa diwujudkan oleh PLN. Walaupun mungkin untuk mewujudkan ide ini bukan perkara yang mudah dan membutuhkan proses untuk pelaksanaannya. Apapun itu saya ucapkan selamat ulang tahun ke-69 untuk PLN. Semoga dapat selalu menciptakan dan memberikan pencerahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

11 comments:

  1. Wah wah keren sekali. Hiehiehie. Semoga sama sama sukses ya mas

    ReplyDelete
  2. Ideku adalah: Memberikan ganti rugi kalau listrik mati. Dengan cara mendiskon pembayaran listrik bulan depan beberapa (puluh) persen :D

    ReplyDelete
  3. Ini keren banget ya Idenya

    ReplyDelete
  4. good luck ya Ari, aku kelewatan lagi males online hehehe

    ReplyDelete
  5. artikel Ideku Untuk PLN sangat menginspirasi.

    ini artikel untuk lomba blogdetik PLN itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous11:22 AM

      Kupikir komentar ikhlas, ternyata nanem link... :D

      Delete
  6. blogwalking ke blog peserta...
    salam blogwalkers..

    ditunggu kunjungan baliknya

    Ideku Untuk PLN

    ReplyDelete
  7. wah kalo point yang k2 kayanya saya kurang setuju, :D
    1 jam tanpa listrik aja dunia gelap,

    ReplyDelete
  8. infonya sangat bermanfaat sekali gan, makasih. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca.

    ReplyDelete
  9. 1 hari tanpa listrik ??? aku ke mall aja dech biar ngak kepanasan hahaha #melipir

    ReplyDelete
  10. Ide tulisannya bagus,,,, Perkenalkan saya, Idrus Dama
    Blogger Muslim Gorontalo
    www.cahayapena.com

    ReplyDelete

Terima kasih....