07 October 2014

Piknik Komunitas Foodwar di Rasamasa

Apa jadinya bila orang-orang yang punya passion pada makanan berkumpul menjadi sebuah satu kesatuan ? Itulah yang dapat kita lihat dalam komunitas Foodwar. Di timeline Fanpage Facebook Foodwar kita bisa melihat aneka makanan yang dimasak oleh para member Foodwar, ada juga bahan makanan mentah yang diposting untuk dimintai saran akan dimasak apa. Ada juga rekomendasi tempat-tempat makan oke yang baru saja dicoba oleh salah satu member dan kurang lengkap tentunya bila tidak ada yang berjualan makanan. Komplit sekali. 

Dan apapula jadinya bila orang-orang yang sudah berkumpul dalam komunitas Foodwar ini bertemu dengan Rasamasa.com , sebuah portal yang mempunya misi menjaga keberlangsungan resep-resep keluarga supaya jangan sampai punah ? Jawabannya klop ! Bagaimana tidak klop ? Komunitas Foodwar yang memiliki passion menghidupkan makanan rumah bertemu dengan Rasamasa.com yang kurang lebih juga memiliki misi yang sama. Dan terciptalah sebuah gathering pada tanggal 4 Oktober 2014 bertempat di Studio Rasamasa yang berlokasi di Plaza Intercon Lt.4 Blok A15-16 Jalan Kebon Jeruk Raya, Jakarta Barat. 

Bagi Rasamasa.com sendiri, acara meet up ini sendiri merupakan acara rutin mereka dengan komunitas yang berbeda-beda. Rasamasa akan meminta masing-masing peserta dari komunitas yang di undang untuk membawa menu resep andalan mereka yang sudah dimasak untuk dimuat di portal Rasamasa.com . Sementara bagi komunitas Foodwar sendiri, meet up di Studio Rasamasa ini merupakan ajang rutin mereka yang diberi nama piknik. 


Setelah semua peserta dari Foodwar melakukan registrasi, mereka langsung plating menu andalan yang sudah dimasak untuk di foto oleh team dari Rasamasa. Saya senang sekali melihat teman-teman dari Foodwar mempresentasikan menu andalan mereka di atas piring secantik mungkin dengan perlengkapan yang ada. Dan hasilnya benar-benar menggugah selera. Tidak sabar rasanya ingin mencoba masing-masing menu andalan yang sudah dibawa teman-teman dari Foodwar ini.

Setelah satu demi satu menu andalan tertata dengan cantik di atas piring, sesi berikutnya adalah mendokumentasikan semua makanan tersebut untuk selanjutnya akan ditayangkan di portal Rasamasa.com . Sesi ini memakan waktu cukup lama karena untuk mendokumentasikan makanan-makanan ini tentunya tidak seperti kita yang suka foto-foto makanan untuk di publish di social media. Foto yang dihasilkan haruslah membuat orang yang melihatnya tergiur untuk mencoba makanan tersebut.


Sementara sesi foto-foto makanan sedang berlangsung, para member Foodwar menyiapkan makanan di atas piring saji dan di hidangkan di meja makan untuk disantap bersama. Makanan diberi keterangan nama menu dan bahan-bahan berikut cara pembuatannya. Jadi diatas meja makan terhidanglah banyak sekali bermacam makanan yang sungguh ingin segera disantap rasanya.

Setelah sesi foto-foto selesai, berikutnya semua orang mengelilingi meja makan. Kali ini kita mendengarkan perkenalan dari Rasamasa.com yang disampaikan oleh Mbak Rima Sjoekri. Mbak Rima menyampaikan bahwa tujuan Rasamasa sendiri adalah untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan berbagai resep andalan keluarga. Dengan demikian resep-resep tersebut tidak akan hilang tergerus waktu. Tidak hanya mengupulkan resep, portal Rasamasa juga membuat video tutorial memasak beberapa menu makanan. Jadi sangat membantu sekali untuk kita memahami cara memasak makanan dari resep yang kita lihat. Kedepannya acara meet up ini akan rutin dengan diadakan oleh Rasamasa dengan komunitas-komunitas lainnya. 

Berikutnya dilanjutkan dengan perkenalan dari Foodwar yang disampaikan oleh Mbak Rihan. Mbak Rihan menceritakan bahwa komunitas Foodwar ini terbentuk 2 tahun lalu di Facebook dari yang awalnya hanya terdiri dari 5 orang hingga kini telah mencapai sekitar 1400 member. Foodwar sendiri berangkat dari ide sederhana makanan di rumah yang akhirnya menjelma menjadi sebuah kehangatan berkomunitas. Kopar para member Foodwar disebut sebagai piknik dimana setiap anggota akan membawa makanan masing-masing untuk disantap bersama. Meet up di Rasamasa sendiri merupakan piknik Foodwar yang ketiga kalinya setelah sebelumnya telah diadakan di Bandung dan Bali. 

Dan tibalah acara yang ditunggu-tunggu yaitu mencicipi semua menu andalan member komunitas Foodwar yang sudah terhidang di atas meja. Woow.. semua makanan yang terhidang lezat semua. Kambing panggang mbak Cindee beserta sambal nya yang nonjok banget, lalu ada Nasi Goreng Kencur nya mbak Cindy yang kaya rasa, Rendang Paru nya Uda Dian bikin saya ketagihan untuk ambil lagi dan lagi, Kerupuk Banjur nya mbak Rihan yang segar banget, lalu Mie Goreng Jawa nya mbak Dewi yang mantap, trus ada Semur Daging Betawi nya mbak Shanti yang bikin saya kangen pada ibu saya, Pepes Peda Daun Tangkil nya mbak Susan yang enak banget, dan masih banyak lagi menu lainnya yang semuanya saya cicip dan semuanya enak. Masakan rumahan dari resep-resep peninggalan keluarga memang luar biasa.

Selesai makan dilanjutkan dengan sesi games. Berbagai hadiah seru yang semuanya berhubungan dengan makanan bisa kita dapatkan dengan menjawab pertanyaan yang dibuat setiap peserta yang hadir pada acara hari itu. Hadiahnya ada nanas, sambal, keripik, dll. Pertanyaannya juga berhubungan dengan makanan. Banyak sekali loh dari pengetahuan saya tentang makanan yang bertambah gara-gara games ini. Benar-benar acara yang bermanfaat sekali.

Terima kasih untuk Rasamasa.com yang sudah mengundang saya hadir dalam acara meet up bersama komunitas Foodwar. Mudah-mudahan saya bisa hadir lagi dalam meet up Rasamasa berikutnya.

11 comments:

  1. wah,acaranya seru banget...baiklah saya jadi pingin gabung sama foodwar :D

    ReplyDelete
  2. Keren nih. Makin banyak komunitas kuliner belakangan ini.

    ReplyDelete
  3. Seruuu, banyak sajian makanan melimpah dan banyak yang dibungkus juga dong....

    ReplyDelete
  4. manteplah kalo udah bahas jalan jalan dan makan makan
    bikin iri orang pedalaman yang terisolir dari peradaban... :D

    ReplyDelete
  5. Wah wah kalau sudah urusan makan memakan ini saya suka sekali
    Hiheiheiheihiehiee

    ReplyDelete
  6. senangnya ngumpul dgn yang jago masak
    nah dirimu nggak ikutan buat masakan istimewa juga, masa nyicip doang he..he..

    ReplyDelete
  7. lu ikutan masak juga gak? hahaha

    ReplyDelete
  8. waaaaaa. It was such a nice event.... enjoyed it very much, thanks RasaMasa for inviting us!!!
    Cintaaaa

    ReplyDelete
  9. wahhh enak nihhh..... hajar bosss :)

    ReplyDelete
  10. Kok gambarnya nggak keliatan ya.

    ReplyDelete

Terima kasih....