04 January 2015

Kaleidoskop Lari 2014 ( Bagian 2 )

Sudah pada baca artikel Kaleidoskop Lari 2014 ( Bagian 1 ) yang saya tulis beberapa hari yang lalu ? Jangan sedih... Ceritanya belum selesai kok. Sekarang saya akan menuliskan bagian kedua dari pengalaman saya mengikuti event lari sepanjang tahun 2014. Disimak yah :)

8. Fun Run For Charity

Sebuah event lari bertajuk Fun Run For Charity yang diadakan oleh sebuah jaringan hotel internasional Le Meridien saya ikuti pada hari Minggu tanggal 12 Oktober 2014. Hanya ada rutek 6K yang diadakan dalam event ini. Rute lari dimulai dari halaman Hotel Le Meridien ke arah Bunderan HI lalu memutar kembali dan finish di halaman Hotel Le Meriedien. Medali yang disediakan dalam event ini terbatas. Saya sendiri yang pada dasarnya tidak mengincar medali dalam sebuah event lari ternyata masih beruntung termasuk pelari yang finish awal dan mendapatkan medali berwarna emas ini.

9. League Grip The Road

Semakin sering mengikuti lari, saya ditantang teman-teman pelari untuk mencoba naik kelas. Kalau biasanya lari dengan rute 5K atau 10K, maka kali ini saya mencoba sedikit lebih jauh dengan mengambil jarak 15K. Event yang saya ikuti ini bernama League Grip The Road. Biaya pendaftaran event ini merupakan biaya termahal dari semua event lari yang saya ikuti sepanjang tahun 2014. Tapi apa yang saya bayarkan sesuai dengan racepack dan pengalaman baru yang didapat. Bagaimana tidak, racepack event ini mendapat sepatu League Zip Run yang nyaman sekali dipakai berlari. Jadi hitung-hitung beli sepatu dan dapat bonus tiket event lari. Hahahaha. Rute lari League Grip The Road ini berlangsung di kawasan Kemayoran. Penyelenggaraan event sudah cukup baik kalau menurut saya. Medali finisher yang didapat juga berkualitas sangat baik. Kalau event ini diadakan secara rutin, saya akan menjadi peserta loyal mereka. 

10. Mandiri Jakarta Marathon 2014

Bulan Oktober cukup banyak event lari yang saya ikuti. Salah satunya adalah Mandiri Jakarta Marathon 2014 yang merupakan event berskala internasional. Jarak yang diperlombakan dalam event ini pun mulai dari Full Marathon, Half Marathon, 10K dan 5K. Awalnya saya ingin mencoba Half Marathon perdana saya di sini. Tapi mengingat beberapa review kurang baik dalam penyelenggaraan tahun lalu, membuat saya memutuskan mengambil untuk jarak 10K saja. Kalau untuk penilaian saya terhadap event Mandiri Jakarta Marathon berdasarkan pengalaman yang saya rasakan sih sudah cukup baik. Kalau tahun lalu pengambilan racepack kacau balau, maka tahun ini dirasa sudah mengalami perbaikan yang signifikan. Event 10K juga cukup bersahabat saat start, hanya menjelang finish dan semakin ramai orang yang memadati Car Free Day, maka jalur lomba juga semakin penuh oleh orang-orang. Untuk water station sendiri, saya sudah kehabisan air di water station terakhir sebelum finish. Maklum pelari kelas siput.. Medali kesembilan saya tahun ini pun saya dapatkan di sini.

11. Shell Helix Ultra

Event lari berikutnya yang saya ikuti di tahun 2014 adalah Shell Ultra Rice. Event ini diadakan pada hari Sabtu malam Minggu tanggal 8 November 2014. Jarak yang diperlombakan dalam event ini hanya 10K dan 5K. Saya sendiri mengambil jarak 10K dalam event yang berlangsung di kawasan BSD ini. Untuk event dengan membawa nama besar sebuah brand minyak level internesyenel, event ini terasa kurang wah kalau menurut saya. Kurang wah dari segi promosi dan kurang wah dari segi pelaksanaan. Hanya hadiah saja yang menurut saya cukup oke. Saat pengambilan racepack, kaos yang seharusnya dibagikan malah belum ada di venue meskipun pihak penyeleggara mengantisipasi dengan meminta alamat peserta yang sudah terlanjur datang mengambil racepack untuk kemudian dikirimkan oleh kurir. Event sendiri nyaris berantakan karena hujan yang turun dengan derasnya hingga beberapa menit sebelum waktu start dilaksanakan. Untungnya kemudian hujan berhenti sehingga lomba bisa berlangsung dengan jalur yang basah. Dan akhirnya saya gagal memecahkan rekor Personal Best dalam event ini.

12. Summarecon Bekasi Run

Bulan November adalah bulan dimana event lari cukup sering diadakan. Mungkin bisa dibilang saya berlari setiap minggu dalam event lari di bulan November, Salah satu nya adalah mengikuti Summarecon Bekasi Run. Sesuai dengan namanya, event ini diadakan oleh perusahaan pengembang yang membangun kawasan Summarecon Bekasi. Event ini juga salah satu event yang cukup rapi penyelenggaraannya di tahun 2014, mulai dari pendaftaran hingga penyelenggaraan lomba. Event yang mengambil start di halaman Summarecon Mall Bekasi ini mengambil rute melewati berbagai tempat di seputar Summarecon Bekasi. Hitung-hitung sambil bikin event sambil memperkenalkan kawasan hunian terpadu di Bekasi ini. Jarak yang diperlombakan adalah 10K dan 5K. Shuttle bus juga disediakan oleh penitia di beberapa titik. Saya sendiri memilih shuttle bus di Cilandak Town Square yang tidak terlalu jauh dari rumah. Rasanya saya juga tidak akan pikir panjang untuk ikut event ini lagi tahun depan.

13. Standard Chartered Half Marathon Indonesia 2014

Minggu terakhir di bulan November atau tepatnya tanggal 23 November 2014 saya sempatkan untuk mengikuti event Standard Chartered Half Marathon Indonesia 2014. Mengingat Standard Chartered cukup sering mengadakan event lari di berbagai negara dengan skala internasional, maka saya menaruh harapan cukup tinggi untuk mengikuti event ini. Sayapun memilih untuk mengikuti Half Marathon pertama saya di sini. Event ini berlangsung dan mengambil rute di kawasan BSD. Sayang,  ekspektasi saya ternyata terlalu tinggi terhadap event ini. Half Marathon pertama saya harus diwarnai dengan insiden kehabisan air minum di 4 water station terakhir. Padahal air minum sangat penting bagi seorang pelari. Dan ketololan saya adalah menyimpan semua uang dalam dompet dan dititipkan di penitipan barang sehingga saya tidak bisa membeli air minum. Segala cara saya lakukan supaya tidak mengalami dehidrasi berlari tanpa air di cuaca yang sangat panas. Salah satunya mengambil es batu di water station dan mengunyahnya tanpa memperdulikan dari mana air untuk membuat es batu berasal. Beberapa pelari lain bahkan memunguti botol-botol air mineral yang masih ada isinya di jalan untuk diminum. Untungnya beberapa rekan pelari berinisiatif membeli air dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada teman-teman pelari lain yang kehausan. Ada yang membeli galon di pos satpam dan dibagikan kepada para pelari. Luar biasa solidaritas para pelari ini. Dalam situasi sulit ini saya bertaan untuk mencapai garis finish. Mudah-mudahan tidak ada kejadian seperti ini lagi dalam event lari yang diadakan di Indonesia. Penyelenggara harus evaluasi besar-besaran atas insiden ini !

14. Selfie Run

Event lari terakhir di tahun 2014 yang saya ikuti adalah Selfie Run. Event ini salah satu fun run 5K yang cukup unik karena memenuhi hasrat para penggila selfie yang ingin lari-lari dan tetap eksis foto selfie. Hanya bedanya, Untuk foto selfie tidak mengganggu kenyamanan berlari karena disediakan di booth tersendiri di luar rute. Selfie Run sendiri mengambil posisi start dari halaman kantor pusat Indosat lalu menuju bunderan HI, memutar di bawah fly over stasiun Sudirman lalu menuju 7eleven untuk berfoto selfie atau bisa terus berlari menuju garis finish di halaman kantor pusat Indosat. Dan foto selfie saya memenangkan salah satu hadiah dari Indosat yakni pulsa 200k. Lumayan kan :)

Sebenarnya di bulan Desember saya harusnya mengikuti event Nike #BajakJKT. Hanya saja ternyata saya harus pulang ke Palembang untuk menghadiri acara pernikahan adik sepupu saya. Jadilah event Selfie Run adalah event lari terakhir saya di tahun 2014. Di luar event lari ini, saya juga rutin berlari di GBK setiap Kamis dan lari di Car Free Day di hari Minggu bila sedang tidak mengikuti event lari. Di tahun 2015, saya akan lebih selektif mengikuti event lari. Mudah-mudahan tahun ini saya bisa naik kelas untuk menjajal Full Marathon. Semoga saya mampu ! Yuk #MariLari teman-teman. Jangan mau kalah dengan saya yang memiliki riwayat penyakit asma ! 

33 comments:

  1. kak ... celanamu ini kurang pendet dan kurang ketat trus cara ambil foto nya mesti sejajar biar keliatan ramping dan tinggi #dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum punya celana ketat kak. Masih mikir-mikir mau pake celaba ketat. Soalnya yang ada aja suka menonjol sana sini.. wakakakaka

      Delete
  2. wow reportasenya lengkap dengan dokumentasi foto yang bernilai Jurnalistik
    Awesome report

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas. Sebenarnya catatan pelarian ini awalnya akan di posting per event. Tapi berhubung saya menunda nunda, akhirnya hanya terposting 1 event saja. Mudah-mudahan tahun 2015 saya bisa posting per event

      Delete
  3. wuih... atlit juga neh. mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan atlit mas. Hanya pelari siput :)

      Delete
    2. Kayaknya beneran atlet deh sekarang, salut bat goiq

      Delete
  4. Wuih...aktif juga larinya, semoga sehat selalu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... terima kasih :)

      Delete
  5. Asli postingan lu ini bikin sy pengen lari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bang Udin, kita bikin BRID running hari Minggu pagi

      Delete
  6. tahun 2014 saya belum pernah ikut event lari, tapi alhamdulillah saya lumayan rajin lari meski lari sendirian saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Lari mas :)

      Delete
  7. Berarti tahun 2015 ini target 20 Lomba lari ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaa.. kalau ada waktu dan rezeki why not ?

      Delete
  8. makin seksi bang hehe..,,gue mah jogging aja jarang,,,moga dah ketularan rajinnya he

    ReplyDelete
  9. Aku juga sebenarnya pengin juga ikutan ajang-ajang lari seperti ini. Tapi kalau nggak ada yang ngajakin, kayanya kok malas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk barengan saya mas :)

      Delete
  10. WOWWW

    Pantesan kak Goiq kurus
    Hobi banget lari ternyataaaaa banyak banget medali nya ya ampun (*0*)

    Di Padang jarang banget nih ada event lari
    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga harus lari di event kok Aul.. aku juga kalo lagi ngga ikut event juga tetap lari kok

      Delete
  11. Sepertinya 2014 adalah tahun lari sedunia ya :D aku malah jarang banget olah raga tahun kemaren~

    ReplyDelete
  12. Terimakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali, selamat hari natal & tahun baru 2015..! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Tahun Baru :)

      Delete
  13. Kok kereen bangeet, Mas! Semangatmu tinggi! Kudu dicontoh. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Idah.. Yuk lari juga :)

      Delete
  14. beritanya bagus dan sangat menarik sekali untuk di baca. Ijin share ya gan, thanks..

    ReplyDelete
  15. selamat datang bulan Januari!! semoga bulan ini membawa berkah dan membukakan pintu kesuksesan serta kebahagiaan untuk kami semua. Amiin, amiiin..

    ReplyDelete
  16. berarti aku juga haurs ikutan lari di Summarecon tahun depan nih. Kemarin pascal pingin ikutan juga untuk kategori anak-anak

    ReplyDelete
  17. Sepatumu kok banyak tooo.. aku aja baru beli sepatu lari tapi nganggur soalnya gak pernah aku pakai, hahaha.. Buat sepedahan minggu sih sekali doang. habis itu masuk kardus lagi haha..

    Btw sepatu jaman sekarang itu warna warni gitu ya, dan keknya gak ada yg malu makai warna ngejreng yaaa

    ReplyDelete
  18. Pingin seperti itu juga nih,,

    ReplyDelete

Terima kasih....