27 January 2015

[ Review Hotel ] The Jayakarta Suites Hotel Bandung

Dalam perjalanan ke Bandung untuk mengikuti Tahura Djuanda Trail Run 2015, saya dan seorang teman dari Pejaten Runners berusaha memilih tempat menginap yang sedekat mungkin dari lokasi lomba. Alasannya supaya kami tidak perlu tergesa-gesa sampai di lokasi lomba. Dari beberapa hotel yang di rekomendasikan oleh panitia penyelenggara lomba melalui website mereka, akhirnya kami sepakat memutuskan menginap di The Jayakarta Suites Hotel Bandung. Dari hotel ini ke lokasi lomba di Taman Hutan Raya Ir.Djuanda dapat ditempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan ojek yang tarifnya berkisar Rp.10.000,- sekali jalan. Yuk simak reviewnya :)

Kalau melihat dari eksterior dan interiornya, saya yakin hotel ini sudah berusia lebih dari 10 tahun. Dan setelah saya telusuri, ternyata hotel ini sudah berdiri sejak tahun 1995 atau sudah berusia 20 tahun. Tidak heran kalau kita melihat pernah-pernik yang mungkin kurang kekinian dibandingkan dengan hotel-hotel yang baru berdiri. Tapi walaupun usia bisa dibilang senior dibandingkan dengan hotel-hotel baru disekitarnya, The Jayakarta Suites Hotel Bandung ini tetap jadi pilihan banyak orang untuk menginap dan menggelar acara. Rate hotel ini pun tidak bisa dibilang murah. Saya nyaris tidak memilih hotel ini karena sempat melihat rate hotel ini diatas satu juta rupiah di salah satu web travel yang menjual kamar hotel. Untungnya beberapa hari kemudian saya mendapat harga Rp.570.000,- /nett dari website travel lainnya. Harga ini sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang. Saya langsung reservasi dan membayar hari itu juga karena kuatir harganya akan berubah lagi. 

Lobby hotel ini cukup luas dan memanjang. Satu lantai digunakan untuk lobby dan lounge sendiri. Restaurant yang biasanya berada di lantai yang sama dengan lobby, ternyata berada satu lantai di bawahnya. Meja resepsionis berada di sudut kanan lobby dengan petugas yang ramah dan cekatan sekali saat saya check in dan check out. Benar-benar dilayani dengan cepat. Dua jempol untuk pelayanan yang sigap ini. 

Area menuju kamar cukup terang di siang hari karena sinar matahari yang masuk menembus ruangan. Disediakan sofa untuk duduk di area depan lift. Sementara koridor menuju kamar juga memiliki pencahayaan yang cukup baik. Sirkulasi udara di koridor hotel sepertinya mengandalkan udara dari luar yang memang sejuk. Kalau siang tidak masalah dengan suhu karena terasa lebih hangat, Tapi agak bermasalah buat orang kota seperti saya di malam hari karena cuacanya cukup dingin. 


Kamar hotelnya berukuran cukup luas. Lega mau meletakkan banyak barang sekaligus di dalam kamar. Walaupun interior di dalam kamar terlihat tua, tapi sama sekali tidak mengurangi kenyaman menginap. Dari sinilah saya tahu kenapa hotel ini tetap menjadi pilihan banyak orang. Karena meskipun dari segi usia hotel ini sudah lumayan tua, tapi kenyamanan menginap tetap diperhatikan oleh pihak manajemen. Good job.

Di luar dugaan saya, TV yang tersedia di dalam kamar sudah menggunakan tv layar datar. Padahal berdasar review yang saya baca di Tripadvisor, tv yang berada di dalam kamar masih menggunakan tv tabung. Tapi ternyata sudah upgrade sehingga lebih nyaman saat menonton. Fasilitas pemanas air lengkap dengan kopi, teh, gula dan krim juga tersedia dengan komplit. Demikian pula beraneka snack dan minuman tersedia di dalam kamar yang bisa di makan dengan biaya tambahan tentunya.

Kamar mandinya juga cukup besar dengan bathtub dan air panas yang berfungsi dengan baik. Sehabis lari saya langsung berendam dengan air hangat. Nyaman sekali. Apalagi toiletries nya juga cukup lengkap. Kita juga bisa meminta tambahan toiletries tanpa dikenakan biaya bila memang membutuhkannya. 

Seperti yang saya tulis diawal, restaurant di The Jayakarta Suites Hotel Bandung ini berada satu lantai di bawah lobby dan satu lantai dengan ballroom. Makanan yang tersedia saat sarapan juga cukup beragam dan rasanya lezat. Sayangnya saya sarapan sebelum memulai perlombaan sehingga hanya makan secukupnya saja supaya perut tidak penuh dan mules saat berlari. Tapi walaupun begitu saya cukup puas dengan variasi makanan yang tersedia saat sarapan. Mulai dari menu western, masakan Indonesia, cemilan, roti dan buah tersedia. 


Pemandangan paling oke di hotel ini adalah kolam renangnya. Saya betah sekali nongkrong berlama-lama di pinggir kolam renang ini. Kolam renang yang berbentuk melingkar ini tersedia untuk orang dewasa dan untuk anak-anak. Sepanjang hari kolam renang dipenuhi orang-orang. Kursi-kursi yang tersedia di pinggir kolam pun cukup banyak sehingga tidak perlu berebut. Masih satu area dengan kolam renang terdapat pusat kebugaran fitness dan spa. Sayangnya saya tidak sempat masuk untuk mencoba ngegym karena lebih memilih berjalan-jalan di sekitar hotel. Mungkin lain kali saya akan mencoba menginap lagi di sini dan mencoba lebih banyak fasilitas hotel yang tersedia.

Kalau teman-teman tertarik untuk mencoba menginap di sini seperti yang saya rasakan, silahkan datang langsung atau reservasi ke :

Jl. Ir. H. Juanda No. 381 A. 
Bandung 40135
PH: +62 22 250 5888
Fax: +62 22 250 5388
Email: bandung@jayakartahotelsresorts.com

28 comments:

  1. Info yang menarik, bisa nih disimpan buat suatu kali nanti jalan-jalan ke Bandung (lagi) :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan bermanfaat

      Delete
  2. iya keliatan banget ya hotelnya udah tua... tapi selama bersih sih gak masalah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Man.. selama bersih dan nyaman. why not ?

      Delete
  3. Ini hotel lama banget yaaaa, dulu perna nginep disana tapi kok kurang Ok menurut gw hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Cumi.. udah 20 tahun usianya :)

      Delete
  4. Iya udah keliatan tua hotelnya..tapi makanannya kayaknya enak2 yaa

    ReplyDelete
  5. Iya udah keliatan tua hotelnya..tapi makanannya kayaknya enak2 yaa

    ReplyDelete
  6. Paling suka hotel yg model resort gini, buat leyeh2 asyik, Ga usah kemana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget.. Nyantai seharian di kolam renangnya enak banget

      Delete
  7. Lalu kenapa ya dinamakan Jayakarta, padahal kan hotel Bandung? 500 ribuan buat dua orang, murah banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Ahmed. murah banget kalau dibagi dua harganya

      Delete
  8. "Kasih sayang sebagai seorang ayah mampu menahan beban hidup untuk kebahagiaan anaknya." Sekalian Blogwalking ya, gan? semoga hari ini penuh berkah.. Amiinn

    ReplyDelete
  9. kalau aku sih gak masalah tua asal gak serem :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga serem kok mbak :)

      Delete
  10. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  11. bagus sekali informasi yg agan berikan ini. Jelsa sekali sangat menarik dan bermanfaat. thanks gan!! Thanks banget!! ijin share berbagi info :)

    ReplyDelete
  12. menurut aku yang ini lebih cozy dari hotel yang sebelumnya ya kak..
    wahh pengen coba bath tub nyaaa

    ReplyDelete
  13. itu bathtub nya udh nunjukin banget ini hotel tua ;p...biasanya hotel berbintang modern, bathtubnya berbentuk lbh modern ;)... tp nth knpa hotel2 tua bgini yg aku lbh suka... kesannya klasik tp ttp elegant... dan service biasanya mumpuni bgt.. bnr2 service oriented..

    untung tv nya udh layar datar ya mas ;p.. jujur aja, aku srg bgt ga jdi mesen hotel dr agoda, ato website2 lain bgitu tau tv msh kondean ;p... pasti aku nyari yg lain... kecuali hotelnya memang bukan berbintang 4 ato 5 ya... tp kalo udh 4/5 star, ga elit bgt lah msh pake tv jadul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebenernya kurang suka hotel dengan TV tabung. Secara ini udah tahun 2015 gitu loh. Tapi mengingat kemarin bahwa ini hotel yang paling dekat ke lokasi lomba dan harganya yang oke aku dapat, jadi sebodo amat lah dengan tv tabung. Ehh ternyata tv nya udah layar datar. Berasa dapet bonus :))

      Delete
  14. hotelnya jaman dulu tapi bagus masih tetep ada :)

    ReplyDelete
  15. Kayak bukan hotel ya, kayak rumahan biasa. Soalnya barang2nya agak jadul. Kalau hotel Jayakarta ini bertahan seperti ini terus, 20 tahun lagi akan jadi juara karena mempertahankan ke vintageannya.

    ReplyDelete
  16. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    ReplyDelete
  17. Untuk kesekian kalinya hotel bandung sangat istimewa ya, baik dari interiornya mau pun pemandangan luar nya :D

    ReplyDelete
  18. bagus banget ya mas pemandangannya.....
    klo kapan2 pergi ke bandung mau mampir ah.hehehe

    ReplyDelete
  19. hotelnya bersih, walaupun usia tidak bisa dibohongi ya...lokasinya enak yang jelas

    ReplyDelete

Terima kasih....