04 March 2015

Bosowa Half Marathon 2015

Tahun lalu sebenarnya saya sudah sangat tertarik untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon 2014. Hanya saja karena saya belum lama menggiati olahraga satu ini, ditambah lagi jadwalnya hanya berselang beberapa bulan dari event Bali May Bank Marathon 2014, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti event Bali May Bank Marathon 2014 saja dan berjanji akan mempersiapkan diri untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon bila diadakan pada tahun 2015. Ketika pada akhirnya saya mendapatkan informasi pembukaan pendaftaran event ini, saya tidak membuang banyak waktu segera mendaftar. Dan untungnya jalan saya untuk mengikuti event ini cukup dipermudah mulai dari mendapat tiket pesawat promo, hotel berbintang dengan harga yang cukup murah, dan beberapa dukungan untuk saya bahkan sampai saat hari H tiba. Alhamdulillah,..

Sabtu pagi tanggal 28 Februari 2015, pesawat yang saya tumpangi sudah lepas landas dari Soekarno Hatta International Airport dan mendarat dengan selamat sekitar pk.09.15 WITA di Sultan Hasanuddin International Makassar. Tujuan pertama saya pagi itu adalah langsung menuju Lapangan Karebosi untuk mengambil racepack lomba. Setelah sempat bertanya dengan Cipu, seorang teman blogger yang juga akan mengikuti lomba ini, saya memutuskan untuk naik bus Damri dari airport Makassar dengan pemberhentian di Lapangan Karebosi. Harga tiket bus Damri hanya sebesar Rp.27.000,- saja. Bila memilih menggunakan taksi, perkiraan harga argo yang harus saya bayarkan adalah sekitar Rp.120.000,-. Jauh lebih hemat bukan ? 


Karena hari itu adalah hari terakhir pengambilan racepack, saya sama sekali tidak mengantri untuk mendapatkan racepack tersebut. Panitia juga terlihat sangat sigap sehingga saya tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan semua keperluan lomba saya. Racepack yang saya dapatkan juga tidak jauh berbeda dengan racepack event lari yang pernah saya ikuti sebelumnya. Singlet dari League dengan bahan yang sangat nyaman digunakan saat berlari, beberapa buah voucher, suplemen, dan tentu saja nomor BIB yang sudah tertulis nama saya.  

Pukul 4 pagi semua weker dari smartphone termasuk wake up call dari hotel yang sudah saya set malam harinya sudah berbunyi. Dan itu tandanya untuk mulai bersiap-siap. Tidak lupa foto selfie dulu sebelum mulai berjalan. Jarak dari Aston Hotel tempat saya menginap menuju venue lomba yang berada di Menara Bosowa berjarak sekitar 500m, saya manfaatkan jarak ini untuk berlari sekaligus pemanasan sebelum memulai perlombaan.

Tiba di Menara Bosowa, peserta lari 21K atau Half Marathon sudah dipersilahkan untuk untuk mengambil tempat di depan garis start. Seperti biasa masing-masing pelari melakukan sesi pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai perlombaan. Beberapa event lari biasanya melakukan sesi pemanasan dengan dipandu seorang instruktur, tapi di Bosowa Half Marathon ini tidak ada sesi tersebut. Tapi bukan menjadi suatu masalah mengingat pemanasan memang hal yang sudah wajib hukumnya untuk dilakukan para pelari sebelum berlomba. Tepat pk.5.20 WITA, para peserta kategori Half Marathon resmi memulai start lomba.

Persiapan panitia Bosowa Half Marathon menyelenggarakan event ini patut saya acungi jempol. Bagaimana tidak, event yang berlokasi di Makassar ini satu level dengan beberapa event lari yang pernah saya ikuti, bahkan lebih baik dibandingkan beberapa event lari yang pernah saya ikuti di Jakarta. Marshall, petugas kepolisian, dan team medis selalu terlihat di sepanjang rute yang saya lalui. Demikian pula water station yang persediaan airnya melimpah ruah mulai dari pos pertama sampai pos terakhir. Kekuatiran saya akan minimnya stok air di water station seperti yang pernah saya alami di event lari half marathon pertama saya akhirnya sama sekali tidak terbukti. Untuk team medis sendiri, selain yang berjaga di beberapa tempat dengan membawa obat-obatan ringan lengkap dengan spray serta salep untuk otot bila ada yang mengalami kram, juga ada team medis yang berkeliling dengan menggunakan ambulance. Walaupun tidak semua jalur clear, tapi saya masih maklum mengingat tidak mungkin untuk menutup semua jalan yang ada di kota sebesar Makassar. Tapi sedikit saran saja, mungkin untuk jalur yang tidak clear bisa diberi pembatas dari tali supaya masih ada batas dengan kendaran yang berlalu lalang di jalan. 


Dan yang pasti dikejar oleh semua pelari adalah garis finish. Senang rasanya bisa mencapai garis finish walaupun catatan waktu saya belum sebanding dengan pelari-pelari lain. Mudah-mudahan catatan waktu ini akan jauh lebih baik di event lari saya berikutnya. Dan saya juga senang melihat Cipu, seorang teman blogger yang saya racuni untuk berlari juga berhasil menyelesaikan race pertamanya di sini. Mudah-mudahan setelah ini akan semakin bersemangat untuk berlari yah Cip.

Karena berhasil menyelesaikan lomba sampai finish, saya mendapatkan finisher medal atau medali penamat. Saya suka sekali dengan finisher medal yang saya dapatkan di Bosowa Half Marathon ini. Ukurannya yang mungil dengan desain yang kece pas seperti saya juga tetap kece saat finish. Semua memori saat saya berlari di Bosowa Half Marathon 2015 akan tersimpan dalam medali ini. Mudah-mudahan saya diberi umur, rezeki dan kesempatan untuk mengikuti event Bosowa Half Marathon tahun depan. Insya Allah...

37 comments:

  1. good for you! :)
    jari rajin ikut marathon ya...

    ReplyDelete
  2. hahahaha jadi malu sama mas Goig neh
    Ketauan saya jarang olah raga
    xixixixixixie

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas lebih rajin olahraga. buat badan sendiri kok :)

      Delete
  3. wuih, keker. medalinya kayak ikat pinggang. Cakep (medalinya) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Num, medalnya kece

      Delete
  4. Ohhhh kemaren kesini ya, mantep2, sekarang udah rutin ikutan marathonnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, kalo ngga ada event aku lumayan rutin lari sendiri

      Delete
  5. Jadi kemarin di Makassar berapa lama mas?
    Atau jangan2 masih di Makassar nih?
    Wah, seru dong ya.
    Entah kenapa sekarang2 ini saya jadi gak kuat lari.
    Keseringan makan pedes kayaknya #halah :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma 3 hari aja kok Zip di Makassar

      Delete
  6. Ternyata bru balik dr mks dan nginap diaston jg yah mas heheheheheh......
    pengen dech punya medal jg... tp apa daya sy g iso lari xixixixixiixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latihan duku aja. Saya dulu juga boro-boro ngimpi bisa lari 21 kilo.. Sekarang juga belum berani bilang diri kuat lari kok. Tapi menguat-nguatkan diri kalau saya mampu

      Delete
  7. Semakin mantap nih aktivitas lari nya Mas Arie :)
    Olah raga yang bikin menguras keringat dan bikin lemak terbakar.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Ani.. Yuk ikutan lari juga

      Delete
  8. hadeeeeuh mas jangankan marathon mas lari keliling rumah juga engga kuat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibiasain aja kok :)

      Delete
  9. Woh

    Kak goiq selalu total ya kalo udah soal lomba lari :)

    Di padang jarang banget ada acara lomba lari
    kalaupun ada paling buat anak sekolahan
    event yang lumayan terkenal di sini paling lomba sepedaan aja hehe

    keep it up kak goiq!
    Semoga di lomba berikutnya bisa juara ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga harus ada event kok Aul. Aku juga kalo gak ada event juga tetap lari kok mulai dari deket rumah, kampus UI sampai CFD

      Delete
  10. Ya ampuun namanya udah suka, kemanapun jadi yaa.. Kayaknya jarak bukan hambatan banget. Ke Bali atau Makassar, asal bisa ikut marathon dijabanin ya mas. hihihihi saluuut! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... Terima kasih Pung. dasarnya emang gatel suka jalan..

      Delete
  11. Kayaknya jarak bukan hambatan banget. Ke Bali atau Makassar, asal bisa ikut marathon dijabanin ya mas. hihihihi saluuut! :D

    ReplyDelete
  12. wah, jadi juara,
    selamat ya gan...

    ReplyDelete
  13. kapan ya di tempat saya di adain lomba kayak gitu dari bosowa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngga ada event yah tetap semangat lari sendiri dong :)

      Delete
  14. keren banget yaaa! sangat inspiring!


    ada dua Bloggers yg aku tau hobi lari kayak kamu, satunya lagi kakak cantik malesmandi dot com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Ndop. kamu jangan sangat inspiring kok :)

      Delete
  15. 21 K,,jauh bener,,,1 KM aja lari udah gempor apa lagi 21k :||

    ReplyDelete
  16. keren om kaya atlet dari jamaika

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  18. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    ReplyDelete
  19. OMG, kamu bnr2 suka lari ya mas ;) Salut ihhh.. jalan kliling monas 2 jam aja aku ngos2an ;p Belum biasa sih emg ;D

    ReplyDelete
  20. waaaah kerem Om Goiq sampe di finish...
    sama om cipu juga...

    ReplyDelete

Terima kasih....