09 March 2015

[ Review Hotel ] Aston Makassar Hotel & Convention Center


Saya sudah beberapa kali berkunjung ke kota Makassar. Dan impian saya yang belum terwujud salah satunya adalah menginap di Aston Makassar Hotel & Convention Center. Maka ketika kesempatan mengunjungi Makassar datang kembali untuk mengikuti Bosowa Half Marathon , saya akan mewujudkan mimpi terpendam saya menginap dan membuat review hotel ini di blog saya.

Dari Lapangan Karebosi tempat saya mengambil racepack sebenarnya bisa menuju Aston Makassar Hotel dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. Atau kalau teman-teman tidak mau berjalan kaki, bisa memilih becak sebagai alternatif dengan biaya sekitar Rp.15.000,-. Hotel berbintang 4 ini memiliki lobby area yang cukup luas dan pelayanan resepsiosnis yang ramah dan cekatan. Saat saya datang, kamar saya belum siap dan saya dipersilahkan memilih apakah akan menunggu di lobby atau di kolam renang. Dengan senang hati saya memilih untuk menunggu di area kolam renang. Saat kamar saya siap, petugas hotel mengantarkan kunci kamar langsung ke area kolam renang tempat saya menunggu. Jadi saya tidak perlu turun ke lobby untuk mengambil kunci untuk naik lagi menuju kamar. Jempol deh...

Kamar saya berada di lantai 11 yang tentu saja harus menggunakan lift untuk menuju kamar. Koridor menuju kamar dilapisi karpet yang tebal dan bersih dengan pencahayaan yang cukup terang sehingga sangat nyaman melewatinya meskipun tengah malam dan pagi buta saat akan keluar untuk berlomba sebelum Subuh. 

Inilah kamar saya yang bernomor pintu 1110. Kamarnya berukuran cukup luas dan dilapisi karpet tebal. Kasurnya itu empuk banget loh. Dari awal sudah curiga saya bakal pules banget tidur di sini. Saking kuatirnya bakal bablas tidur, saya sampai mengaktifkan wake up call di resepsionis dan minta di bangunkan dua kali supaya saya benar-benar terjaga. Tidak lupa mengaktifkan semua alarm dari semua gadget yang saya miliki. Perasaan saya benar loh ternyata. Saat wake up call hotel pertama berbunyi, saya bangun dan kemudian tidur lagi. Begitu pula saat satu persatu alarm di smartphone berbunyi, semua saya tunda. Dan saya baru benar-benar terbangun setelah wake up call kedua dari hotel. Hahahahaha...

Fasilitas lain yang terdapat di kamar tentu saja ada meja kerja yang sayangnya tidak saya gunakan karena saya lebih memilih bekerja sambil berbaring di kasur. Lalu tersedia pula LCD TV yang menurut saya untuk ukuran hotel bintang 4 ukurannya kurang besar. Kalau lebih besar mungkin lebih oke lah yah.. Tapi apapun itu masih bersyukur karena bisa menonton TV di kamar dengan pilihan channel yang berlimpah dan gambar yang oke.


Pemanas air berserta pilihan kopi, teh, gula dan krimer tersedia dengan porsi cukup di dalam kamar. Lalu saya yang membawa laptop dan uang cash dalam jumlah agak banyak juga meninggalkan kamar dengan tenang karena tersedia safe deposit box dengan ukuran yang cukup untuk menyimpan laptop saya. Minibar dan snack di dalam kamar juga tersedia dalam jumlah yang cukup bila membutuhkan cemilan saat iseng di dalam kamar. Tapi tentu saja kita harus membayar sejumlah uang untuk membayar makanan dan minuman tersebut. 

Kamar mandi di Aston Makassar Hotel ini cukup besar secara ukuran. Tersedia compliment 2 botol air mineral yang bisa di gunakan untuk minum atau untuk kumur-kumur bagi yang lebih suka berkumur pakai air mineral botolan. Toiletries juga tersedia mulai dari sabun batangan, shower cap, cotton bud dan dental kit. Tidak tersedia sisir dan shaver di sini, tapi bila membutuhkan kita bisa memintanya ke bagian room service secara gratis seperti yang saya lakukan. Hair dryer juga tersedia yang bisa membantu untuk mengeringkan rambut dan saya sendiri lebih suka menggunakannya untuk mengeringkan badan sehabis mandi. Hahahahaha...

Tersedia dua buah handunk tebal, bersih dan wangi di dalam kamar mandi yang bisa di gunakan. Oh ya, sebelah shower room ini ada kaca transparan yang membatasi ruangan kamar mandi dan kamar tidur. Kalau menginap seorang diri atau bersama pasangan tentu saja partisi ini bukan sebuah masalah besar. Tapi kalau menginap bersama teman tentu saja akan jadi masalah kalau tirainya tidak di tutup. Karena saya menginap bersama seorang teman blogger, maka tirai di kamar mandi ini kami biarkan selalu tertutup supaya tidak repot membuka tutup saat akan melakukan aktivitas di kamar mandi.

Sarapan pagi berlangsung di Restaurant yang berada satu lantai di atas lobby. Kita bisa memilih untuk naik dengan tangga melingkar atau naik lift untuk menuju Restaurant ini. Restaurant di Aston Makassar Hotel ini memiliki meja kursi yang cukup banyak sehingga walaupun pagi itu cukup banyak tamu hotel yang akan sarapan, tapi semua tetap kebagian meja dan kursi. Pilihan menu yang tersajipun cukup bervariasi.

Saya sarapan pagi setelah menyelesaikan lari di event Bosowa Half Marathon. Dan seperti biasa, setelah finished long run, tubuh saya biasanya kurang berselera untuk makan selama beberapa jam. Tapi karena sayang dengan rate hotel yang sudah include breakfast, maka saya paksakan untuk sarapan pagi walaupun sedikit. Itupun saya hanya mampu makan sedikit nasi kuning dan lauk pauknya serta omelette. Rasanya cukup lezat kalau menurut lidah saya. 

Fasilitas paling menyenangkan dan bikin betah di Aston Makassar Hotel ini tentu saja fasilitas kebugaran mereka yang terpusat di lantai 15. Mulai dari kolam renang yang berada di pinggir dengan pembatas kaca yang dengan pemandangan kota Makassar dan sebagian pantai. Lalu ada hot and cold jacuzzi, sauna dengan dinding kaca yang membuat kita bisa melihat pemandangan. Lalu ada juga tempat gym dan fasilitas spa and massage. Kecuali spa and massage, semua fasilitas yang saya sebutkan tadi bisa kita nikmati secara gratis bagi semua tamu hotel. Asyik kan. Betah banget loh saya nongkrong berlama-lama di pinggir kolam renang sambil melihat pemandangan.

Bagaimana ? Asyik banget kan menginap di Aston Makassar Hotel & Convention Center. Kalau teman-teman tertarik untuk merasakan pengalaman menginap yang saya rasakan, silahkan datang langsung atau hubungi :

Jl. Sultan Hasanudin No.10, Kec. Makassar, 
Sulawesi Selatan 90224, Indonesia
Phone : +62 411 3623222

42 comments:

  1. Great review.. like this.. :)

    ReplyDelete
  2. Meskipun berdomisili di Makassar, baru lantai teratas dan lobi yang pernah saya rasakan. Itupun karena di ajak teman. Sebagai mahasiswa belum bernasib mujur.

    Reviewnya mantap.

    ReplyDelete
  3. Review hotel mahal teruss. Huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa ? Ngga juga kok :)

      Delete
  4. Kalau mas Goig sudah beberapa kali ke Makasar, saya malah satu kali pun belum heihiehiehiehiehie. Sungguh mengharukan. Padahal saya banyak sahabat pena dan rekan bisnis tinggalnya di Kota Makasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kang Asep, asyik loh jalan-jalan ke Makassar

      Delete
  5. lucu banget ruangan sauna nya kaca2 gitu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man. Berkaca dan diliatin orang yang wara-wiri sekitar kolam renang :))

      Delete
  6. kamar mandi nya tersekat kaca yaaaa, seruuuu bsa pamer2 body gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahahaha... itu kamu banget yah mas Cum :))))

      Delete
  7. kapan-kapan mau bikin postingan kaya gini ah

    ReplyDelete
  8. Kulkasnya kok gak penuh Ri? Kayaknya dulu dah pernah deh nginep disini....tapi ga menjelajah ke pool nya. bagus juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ci.. emang cuma segitu isinya. belom akumakan kok itu :)))

      Delete
  9. Hi, I'm trying to find things to improve my site!I suppose it's alright to use some of your ideas in this post. I am very gratefull for that, thank you!!

    ReplyDelete
  10. Suka kamarnya...tapi kamar mandinya sangat standard ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tan, standard hotel kebanyakan

      Delete
  11. entah kenapa tertarik sama handuknya, sy udah 2 kali nginep di Aston kok handuknya gak bertuliskan Aston ya mas? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih ? Perasaan pernah nginep di Aston mana gitu, handuknya sudah bertuliskan Aston gitu kok

      Delete
  12. ini sih alamat gak mau pulang kalo nginep disitu

    ReplyDelete
  13. Sauna nya gaul banget
    Tapi bukannya biasanya kalo kita sauna kan nyaris gak pake apa-apa ya, kak?

    Kebayang aja lagi sauna pake daleman doang gimana caranya itu serba transparan gitu wkwkwk :))))

    Desain dan interior nya warna bumi gitu yaa adem banget suasana nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kelar renang langsung sauna Aul

      Delete
  14. Mantap banget reviewannya, aku belom pernah ke Makasar sebelumnya, pengen banget rasanya pergi kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo plan ke Makassar sekalian ke Toraja mas biar tambah seru. Aku beberapa kali ke sana dalam rangka kerjaan dan terakhir buat lari. Ke Toraja ngga sempat melulu. Jadinya pengen balik ke sana terus.. hahahahaha

      Delete
    2. Toraja kayaknya perlu banget ya di kunjungi, aih aku jadi pengen ke sana jadinya :D

      Delete
  15. bintang 4 euy :)

    waktu saya ke makassar, awal bulan lalu, saya nginap di Grand Asia,
    lumayan juga, beda tipis (bintang 3)

    sayangnya pas di sana itu ga sempat ke toraja
    padahal pengen banget bikin tulisan tentang toraja dan kebudayaannya
    kemaren cuma mentok di pantai losari aja
    hi hi hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. saya beberapa kali ke Makassar ngga sempat-sempat ke Toraja. Harus planning lagi nih buat ke sana

      Delete
  16. baaagus sekaliii informasi yg agaaaan berikan ini. Jelaaaaassssss sekali sangat menarik dan bermanfaat. thanks gan!! Thanks banget!! ijin share berbagi info :)

    ReplyDelete
  17. Kolam renang sama saunanya unik ya modelnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolam renangnya sih biasa Ko cuma , saunanya yang unik karena semuanya dari kaca...

      Delete
  18. aku kalo nginep di hotel kok ndak pernah review ya hahaha...pengin belajar review dr ms Goiq inih, ndak tahu nama2 tempat di hotel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jagoan dirimu lah mas kalo review

      Delete
  19. sayang amat srapannya cuma nyicip dikit mas :D.. Tiap nginep di hotel, pasti itu yg aku incer dulu soalnya ;p ihihihi.... apalagi kalo bnyk pilihan, betah deh lama2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih aku juga rakus kalo sarapan di hotel. tapi apa daya, kalo habis lari tuh beneran ngga nafsu makan. itu aja makan udah ambil porsi sekecil mungkin

      Delete
  20. sayang bgt cuma icip dikit sarapannya...aku mah justru itu yg diincer dari awal ^o^..Apalagi kalo pilihannya bnyk...beuuh, puas deh lama2 ;p

    ReplyDelete
  21. sorry I helped to establish the link, the website is very good and very useful article. good luck and success always.
    Cara Mengobati Miom Tanpa Operasi

    ReplyDelete
  22. Aduuh foto2ny complete banget, sy kok g kepikiran ya tofoto gini wktu nginap xixxixi
    aaaasj baca ini jd pengen lg nginap di aston trus makan sosisnya sampe puas.... sosis ayam aston i miss you full xixxixixixi

    ReplyDelete
  23. kolam renangnya kereeeeeeeeeennN!!!

    ReplyDelete
  24. hotelnya mewah banget ya....kpan bisa nginep disitu?hehe
    ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih....