21 April 2015

Jalan-Jalan Ke Tebing Keraton

Postingan kali ini masih merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang kisah perjalanan saya dan teman-teman mengisi liburan long weekend beberapa waktu yang lalu ke Bandung. Setelah melewati destinasi pertama yaitu Kawah Putih Ciwidey, kami melanjutkan perjalanan menuju destinasi kedua yaitu Tebing Keraton. Tempat ini memang baru setahun terakhir ini mulai populer. Karena itulah kami bertekad untuk jalan-jalan ke sana. Untuk menuju Tebing Keraton kami harus turun dari Ciwidey memasuki kota Bandung lalu masuk jalan Ir.H.Djuanda yang akan menuju arah Lembang. Kemudian tinggal mengikuti petunjuk Taman Hutan Raya ( Tahura ). Lalu kita akan menemukan persimpangan dan pilihlah arah ke kanan. 

Jalan menuju Tebing Keraton memang masih dalam proses perbaikan. Beberapa jalur dari arah bawah terlihat sudah bagus karena sudah di cor beton, sedangkan beberapa ruas jalan lainnya masih dalam kondisi berbatu-batu. Mobil matic yang kami gunakan sempat tersendat sekali karena terjebak jalan bebatuan. Tapi dengan sedikit bantuan dorongan manusia, mobil bisa berjalan kembali sampai di tujuan. Sampai ? Jangan sedih.. Kita baru sampai di tempat pemberhentian mobil saja. Untuk menuju gerbang Tebing Keraton ada 2 pilihan jalan yang dapat ditempuh. Pertama berjalan kaki sekitar 3 kilo dengan jalan yang menanjak. Dan kedua naik ojek Rp.50.000,- pulang pergi. Karena saat kami sampai sudah menjelang sore dan dalam kondisi langit berawan, maka kami memutuskan untuk naik ojek saja.

Harga tiket masuk menuju Tebing Keraton seharga Rp.11.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp.76.000,- untuk wisatawan mancanegara. Setelah membayar tiket masuk, kita akan berjalan melalui jalan setapak untuk menuju Tebing Keraton. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang indah serta udara yang sangat sejuk.

Tebing Keraton sendiri merupakan sebuah tebing yang menonjol sehingga kita bisa melihat pemandangan tanpa terhalang apapun dari sana. Untuk mendapatkan foto yang bagus, menurut orang-orang sebaiknya dari ujung bebatuan tebing. Tapi sebaiknya tidak dilakukan dalam kondisi sehabis hujan karena cukup licin dan berbahaya. Karena saya dan teman-teman datang dalam kondisi sehabis hujan, maka saya menahan diri untuk tidak berfoto di ujung tebing. 

Sebagai gantinya kami berempat foto-foto heboh dari balik pagar saja. Yang penting sudah datang dan masih bisa melihat pemandangan yang indah walaupun tidak bisa berfoto dari ujung tebing. Mungkin lain kali saya akan datang lagi untuk berfoto di ujung tebing bila cuaca sudah mulai masuk musim kemarau. Kami tidak lama berada di Tebing Keraton karena gerimis mulai turun kembali. Langsung ngacir menuju tempat ojek kami berada dan segera kembali ke mobil untuk membeli oleh-oleh khas Bandung sebelum kembali Jakarta malam harinya. Ahh senang sekali bisa jalan-jalan bersama teman-teman kantor, Mari explore Indonesia :)

31 comments:

  1. Entah kapan ini jadi jelek kalo difoto? Selalu ngiri sama mereka yang berfoto ria disana dan hasilnya selalu bagus. Pemandangan yang spektakuler:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal ini ngga terlalu kece loh fotonya karena lagi banyak awan. dibanding foto foto orang yang super kece

      Delete
  2. Yiihaa, Bandung euy. Baru sekalinya saja ke sana masih terkangen-kangen :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke Bandung lagi mas

      Delete
  3. Baru tau panjngan tahura itu apa.. pada di kendari jg ada namanya tahura murhum.... hahahaha
    btw,, tebingnya ketje ya.. buat foto2 xixixx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. tapi tetap harus hati-hati pastinya

      Delete
  4. Aku belum kesana dan ngak pingin kesana. Kata nya antrian nya gila yaaaa ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sih ramai mas Cum. Tapi tetap leluasa foto-foto kok

      Delete
  5. Aku pikir bukan di Jawa Barat Tebing Keraton, ternyata masih di Tahura ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, deket kok sama Tahura

      Delete
  6. Akhirnya ke tebing keraton juga ya mas goiq XD keren enggak tebing keratonnya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren mas, sayangnya aku ke sana sudah sore dan mau hujan. Jadi pemandangannya ketutup kabut

      Delete
  7. Tebing Kraton itu dekat tidak mas Goiq dengan Tangkuban Perahu

    ReplyDelete
  8. view nya bagus ya.. rasanya seger banget!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Man.. seger banget emang suasananya.. apalagi di sekitar juga banyak sayuran segar

      Delete
  9. di atas ditulis lewat jl. ir h juanda yang menuju ke lembang. bukannya yg menuju ke dago mas? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di Dago bukan sih ? hahahaha.. kita sih ikutin papan petunjuk ke arah Lembang. Temenku juga bilang gitu, pokoknya Tahura itu di arah menuju Lembang

      Delete
  10. Melihat di foto, kalau bawa anak-anak kudu ekstra pegangan ya.... Atau ga recommend bawa anak kecil mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temenku sih ada yang ke sana bawa anak. Tapi memang harus dibilangin untuk ngga kepinggir dan lari-larian.

      Delete
  11. eh ini yg disebut niagara indonesia bukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bukan deh.. eehh aku ngga tau juga sih

      Delete
  12. Wow jalan2 hujan bikin licin, jalannya jauh yaa, kok itu ojek e mahal toh mas :D

    ReplyDelete
  13. lha, ini orang jalan2 terus
    kapan2 ikuuuuuut :)

    kalo ke tebing keraton belum pernah
    2014 lalu sempet pengen ke sana
    tapi malalh kelamaan di ciumbuleuit, eh ujung2nya ga jadi :(

    ReplyDelete
  14. Sepertinya bagus ya :D

    ReplyDelete
  15. Hutannya masih hijo royo-royo. Asik.
    Ngeri juga ya ada jurangnya itu.

    ReplyDelete
  16. masih aja rame ya... aku baru mw kesana pas udh sepi padahal ;p hihihi... masih kebayang di dieng lalu, saking ramenya, mw foto aja jd hrs cepet2 ;p Cuma yg aku kurang setuju, itu tiket utk WNA bisa2nya jomplang bgitu --_--.. trs 76rb pula... angkanya aneh ;p

    ReplyDelete
  17. Baru baca. Penasaran sama sunrise di Tebing Keraton. Pasti keren bingiits... Nantikan postingan Tebing Keraton dariku ya :D

    ReplyDelete
  18. Tebing Kraton itu dekat ndak om sama Tangkuban Perahu itu,,keren

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    ReplyDelete
  19. tebing instagram yang dulunya gratis
    :p

    ReplyDelete
  20. Akkk keren banget pemandangannya...

    ReplyDelete

Terima kasih....