08 April 2015

[Review Hotel] Hotel Santika Makassar

Dua hari perjalanan di Makassar saya isi dengan menginap di dua hotel yang berbeda. Padahal jarak hotel yang pertama dan hotel yang kedua hanya tinggal ngesot saja alias dekat sekali. Tapi berhubung tawaran menginap dengan special rate di hotel kedua datang setelah saya booking kamar di hotel pertama, jadilah saya memutuskan untuk menginap di dua hotel yang berbeda. Dan inilah hotel kedua yang saya inapi dalam perjalanan ke Makassar untuk kegiatan pelarian saya tempo hari. Hotel ini bernama Hotel Santika.


Hotel Santika Makassar adalah hotel berbintang tiga di bawah bendera Santika Indonesia Hotels & Resort yang mengoperasikan lebih dari 50 hotel dengan brand Hotel Santika, Hotel Santika Premiere dan Amaris Hotel. Hotel Santika Makassar sendiri merupakan hotel berbintang tiga yang beroperasi sejak tahun 2007. 

Lobby Hotel Santika Makassar terasa besar dan lega. Sofa-sofa diletakkan di pinggir sedangkan meja resepsionis berada di bagian tengah. Lihat sofa besar yang empuk langsung pengen selonjoran deh. Untungnya petugas resepsionis yang cantik dan ramah cukup cekatan memproses kamar saya. Hanya dalam hitungan menit, kunci kamar saya sudah tersedia untuk di tempati. Jempol ! Batal deh selonjoran di sofa. Hahahahaha...

Koridor menuju kamar hotel dilapisi karpet bermotif dan hiasan dengan motif kain tradisional Makassar. Di atas pintu kamar juga terdapat lampu berwarna putih yang menghasilkan lighting yang oke terlihat di malam hari. Yang jelas sih ngga horor kalau mau lewat koridor di malam hari. Pintu kamar hotel berwarna putih dengan bandul untuk mengetuk pintu di atas nomor kamar. 

Untuk kamar yang saya tempati seorang diri, ruangan ini terasa cukup besar. Coba kalau ada pendamping hidup, pasti terasa lebih hangat *menghayal level dewa dewi*. Kasurnya empuk, hanya susunan bantalnya kok kurang rapi yah ? Saya coba rapikan supaya lebih oke di foto ternyata malah tambah berantakan. Untung sebelum dirapikan sudah foto terlebih dahulu. Tapi sudahlah. Yang penting kasur dan bantalnya empuk.

Hotel Santika Makassar ini baik banget loh. Kalau di hotel lain biasanya kita hanya mendapat 2 botol air mineral per hari, di Hotel Santika Makassar saya mendapat 4 botol air mineral. Dua botol di atas meja yang tersusun bersama teh, kopi, gula dan teman-temannya. Dua botol lagi berada di kamar mandi. Tidak hanya itu, saat mendapat kunci kamar saya juga mendapat bisikan dari mbak resepsionis cantik kalau minuman di minibar juga free. Begitu saya buka kulkas memang hanya ada 3 minuman kotak. Tapi gratis dong ini.. Maka wajib hukumnya untuk di minum. Dasar muka gratisan :))

Fasilitas lain yang berada dala kamar adalah safe deposit box yang kali ini cukup berguna untuk menyimpan beberapa barang berharga saat saya keluar hotel. Sendal hotel juga tersedia dua pasang di mana salah satunya saya bawa pulang untuk koleksi. Duuh koleksi saya yang satu ini kok tambah banyak yah sepertinya numpuk di kamar. Hehehehe.. Meja kerja dalam kamar juga cukup luas walaupun saya lebih suka mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan laptop dari kasur sambil tiduran. 

Karena hotel sudah beroperasi sejak tahun 2007 lalu, trend kamar mandi yang dibatasi dengan kaca sepertinya belum diadopsi di sini. Tapi kamar mandinya cukup luas dan bersih. Seperti yang saya bilang, ada dua botol air mineral di kamar mandi, lalu toiletries pun tersedia cukup lengkap. Yang kurang sepertinya hanya hair dryer. Sejak mulai nge-gym tahun lalu saya memang cukup suka memakai hair dryer. Tapi bukan untuk mengeringkan rambut melainkan untuk mengeringkan dan menghangatkan badan setelah mandi. 


Sore hari saya sempatkan nongkrong di Spermonde Lounge yang terletak di lantai 11 Hotel Santika Makassar. Tempatnya sangat nyaman dengan sofa-sofa yang empuk dan cukup tega menahan saya berlama-lama duduk hingga akhirnya mengeluarkan isi dompet untuk membeli sandwich tuna dan juice semangka. Tapi ngga rugi juga sih, sandwichnya banyak dan enak. Juice semangkanya juga segar karena saya minta tidak dicampur gula dan susu. Cukup lama saya nongkrong di situ sembari hahahihi dengan orang-orang di social media. Duuh sedihnya... Coba ada pasangan, pasti lebih seru berhahahihi berdua di sini.

Sarapan pagi berlangsung di Kafe Kalosi yang berada di lantai 3 Hotel Santika Makassar. Saya turun sarapan sebelum jam 6 pagi karena harus mengejar pesawat saya kembali ke Jakarta. Untungnya semua menu sudah siap, ditambah lagi belum ada yang sarapan sehingga suasana jadi sepi dan enak buat foto-foto suasana resto, makanan dan tentu saja foto selfie.

Pilihan menu sarapan di Hotel Santika Makassar cukup bervariasi. Sampai bingung juga mau sarapan apa saking banyaknya pilihan. Tidak hanya makanan, minuman yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari pilihan teh atau kopi panas hingga juice dan susu. Bagi yang suka salad, tersedia salad bar dengan beberapa pilihan sayuran. Dan yang paling saya suka dari Hotel Santika adalah menu tradisional yang terhidang dalam tungku tanah liat. Untuk hari itu ada pilihan menu tradisional Nasi Pecel dan Coto. 

Bagi yang suka roti juga tersedia aneka roti manis maupun roti tawar lengkap dengan selainya. Karena agak terburu-buru ditambah bingung pula mau makan apa, saya memilih menyantap banyak menu dalam porsi kecil. Yang penting semua tercicip. Biar ngga kepo dan nyesel kalau sudah check out. Hahahahaha... 

Tidak ada kolam renang di Hotel Santika Makassar. Tapi fasilitas kebugaran di sini lumayan lengkap loh. Ada tempat gym yang cukup banyak alatnya, ada sauna dan tempat massage, lalu ada pula jacuzzi . Sayangnya saya tidak mencoba satupun fasilitas kebugaran karena dalam kondisi lelah habis berlari, Tadinya sih mau coba massage, tapi lebih tertarik tidur saja untuk recovery. Yah sudahlah...

Bagaimana ? Asyik kan fasilitas yang ada di Hotel Santika Makassar ? Yang jelas hotel ini cukup dekat dengan pantai Losari dan tempat-tempat kuliner hits di Makassar. Ke airport saja bisa ditempuh sekitar 45 menit. Kalau teman-teman tertarik mau menginap di sini silahkan datang langsung atau hubungi :

Jalan Sultan Hasanuddin No. 40
Makassar 90111- INDONESIA
Phone : (62-411) 3632233, 3635599
Fax : (62-411) 3632277
Email : makassar@santika.com

42 comments:

  1. lorongya keren bangettttt,bener2 dimanjakan banget ya mas...

    ReplyDelete
  2. Keren ya Mas hotelnya, kapan bisa maen ke Makassar ya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin planning Dan, kemaren ke sana aku dapet tiket promo murah loh

      Delete
  3. Wah fully furnished kah itu lantai atau kamarnya ya? Sekilas memang mirip room atau kamarnya di Legian Paradiso Bali ya. Tapi yang hebrng itu FREE di Mnibar, dan mendapat FREE minuman mneral sampai 4 botol. Waww ruarr biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang gratisan emang hebring mas :))

      Delete
  4. Yang paling mingini, loungenya yaaa. ada di lantai 11.. Wah bisa mimi mimi cantik sambil liat Makassar dari atas tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Pungky, betah banget lama-lama di sky lounge nya

      Delete
  5. Dari luar keliatannya kecil, tapi di dalem ternyata lega juga, terus menu sarapannya juga cukup bervariasi. ratenya bagaimana? Standar atau agak diatas rata - rata? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemaren aku dapet rate promo mas. Tapi published rate nya juga rata-rata kok

      Delete
  6. Oh santika itu bintang 3 tho, seriusan gw pikir bintang 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bintang 4 brand Hotel Santika Premiere mas Cum

      Delete
  7. Kakak saya kerja jadi chief disana om... Semoga lidah anda bahagia :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulllah lidah aya dimanjakan dengan masakan di Hotel Santika Makassar :)

      Delete
  8. bahasanya itu loh pelarian :) itu kalau aku lihat lorongnya sih gak seram ya , hehehe maklum parno sama lorong hotel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Lid, koridornya terang benderang dan kece

      Delete
  9. Recommended banget, mumpung besok pergi ke Makassar, siapa tahu cocok. Hihihi

    Nice!

    ReplyDelete
  10. sayang juga ya kok gak ada kolam renangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Man, mungkin faktor lahan

      Delete
  11. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  12. Santika hotel bekasi yg blm lama di buka bintang 4 ... kayanya asyik y nginep di santika di banding adiknya amaris.. ya iyaaalaaahhhh :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyas Ir, yang di Bekasi itu bintang 4 dan brand Hotel Santika Premiere. Hotel Santika paling kece sih menurutku

      Delete
  13. Hotel mana lagi yang mau kamu tiduri mas? :D

    ReplyDelete
  14. Wih mantapp juga ya hotel dan fasilitasnya.. jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  15. Wih dapat harga promo berapaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren dapet harga super special mbak :))

      Delete
  16. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  17. baru mau komplen kenapa kulkasnya kosong
    ternyata karena gratisan ya..?
    heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. tapi ada loh hotel yang kulkasnya dibiarin kosong

      Delete
  18. Ini yang pas ikut lari marathon sama cipu ya? aaa ga ngajaak ngajaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mil... eeehhh kita kan udah ngajak elooo

      Delete
  19. Udah semewah ini masih bintang tiga???
    Aduh bintang lima nya semewah apaaa....

    *ngebayangin*

    Penah nginep juga di hotel bintang 3 di padang tapi perasaan jauh banget dari kata mewah wkwk

    #ups

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Aul, ini masih bintang 3 kok

      Delete
  20. Etapi ini kok rada kecil dibanding santika lainnya ya?
    Perasaaan aja sih...

    Btw.....yakin seorang diri mginepnya?? *ngekek2

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmmm.. kasih tau ngga yah.. wakakakaka

      Delete
  21. bakalan kerasan nih aku :)

    ReplyDelete
  22. Aku dulu pernah mengira kamar mandi yg cuma disekat sama kaca itu bakalan kelihatan dari tempat tidur. Ternyata eh ternyata toiletnya ada ruangan tersendiri yg ditutup pintu. Yowis lah. Acara pamer body gak jadi deh hahahaha

    ReplyDelete
  23. see, kayaknya semua hotel santika emg ga nyediain hair dryer yaa ;p Pas nginep di santika premier Yogja, aku udh noted di kamarnya ga ada pengering rambut ;p

    Tapi makanan mrk emg juara ya mas.. aku suka de, banyak macam dan enak ;)

    ReplyDelete

Terima kasih....