26 April 2015

[ Review Hotel ] Santa Monica Hotel & Convention - Bogor

Masih ingat perjalanan saya bersama Blue Bird Limo bulan Maret yang lalu ? Dalam acara tersebut kami diinapkan di Santa Monica Hotel & Convention yang berlokasi di daerah Caringin - Bogor. Jalan menuju ke hotel ini cukup menanjak tapi pemandangannya asyik. Mau tahu ada apa saja yang bisa kita jumpai di dalam hotel ? Yuk lihat review lengkapnya :)

Begitu memasuki gerbang hotel, kesan pertama yang saya tangkap adalah lega. Bagaimana tidak lega, halaman untuk parkir hotel ini terlihat cukup lapang. Bangunan hotel yang tampak pertama adalah restaurant dan lobby. Lobby hotelnya sendiri sekilas lalu terlihat tidak besar, tapi ternyata di dalamnya cukup lapang juga. Beberapa sofa yang empuk dan nyaman tersedia untuk diduduki. Bukan untuk ditiduri loh yah. Hahahaha..

Kesan lega benar-benar terasa setelah memasuki area kamar tidur. Hotel ini memiliki kamar dengan beberapa bagian. Sepertinya hotel ini dibangun secara bertahap. Dan keyakinan saya semakin kuat setelah melihat beberapa bangunan baru di bagian belakang hotel. Saya sendiri mendapat kamar di lantai bawah tepat di depan kolam renang. Jadi tidak repot naik turun tangga untuk mencapai kolam renang. Bahkan sambil tiduran di dalam kamar pun bisa melihat ( baca : ngintip ) orang-orang yang lagi berenang. 

Beberapa kamar di hotel ini memiliki koridor yang harus dilewati seperti layaknya koridor di kamar hotel pada umumnya. Sedangkan kamar saya yang berada di bawah dan beberapa kamar yang menghadap kolam renang memiliki koridor yang lebih luas dengan kursi teras di bagian depan. Kalau kebetulan penghuni satu deret kamar ini adalah satu rombongan, bayangkan keseruan ngobrol dan ketawa hahahihi di depan teras kamar ini. 

Nah ini dia nih kamar tidur di Santa Monica Hotel & Convention Bogor. Kamar yang saya tempati terdiri dari 3 single bed. Tapi karena foto yang 3 single bed ngga ada yang keceh, jadinya saya masukin foto dengan 2 single bed saja. Mestinya sih masih ada satu bedroom lagi di sebelahnya. Hotel-hotel yang sering digunakan untuk event gateway atau acara perusahaan biasanya memang menyediakan kamar tidur dengan lebih dari 2 single bed. Untuk fasilitas dalam kamar sendiri saya pikir tidak berbeda dengan hotel-hotel lain yang pernah saya inapi, TV flat dengan ukuran lumayan besar tersedia, tapi channel TV nya kurang beragam. Lalu ada air mineral dalam botol. Dan kalau air minumnya habis ngga perlu kuatir, karena ada banyak dispenser tersedia di area koridor. Sandal hotel yang unik karena terbuat dari anyaman juga tersedia. Sayang sungguh sayang saya lupa membawanya pulang untuk menambah koleksi. 

Diluar dugaan, kamar mandinya berukuran cukup besar loh. Hanya sayang, ukuran yang besar jadi terlihat kosong karena hanya di isi shower, kloset duduk dan wastafel. Coba kalau ada bathtub, pasti agak sedikit rame *ngarep* . Tapi kebayang juga sih kalo ada bathtub, yang ada mandinya pada lama-lamaan. Oh ya, air di sini dingin banget loh. Untungnya tersedia fasilitas air panas sehingga mandi jadi menyenangkan. Kalau ngga ada fasilitas air panasnya, mungkin saya ngga bakalan mandi selama menginap di sini. Hahahaha..

Karena kami menginap satu hari penuh. Tentunya saya menikmati komplit menu makan siang, makan malam, makan pagi dan makan siang kembali keeseokan harinya. Tempat makannya bernama Cemara Resto. Tempatnya berada di bagian depan dengan bangunan tersendiri di samping lobby. Tempatnya cukup luas dan yang paling menyenangkan adalah pemandangan ke area taman dan persawahan dengan semilir angin sepoi-sepoi. Rasanya makanan apapun yang saya santap di sini jadi terasa nikmat loh.

Menu-menu yang disajikan saat makan pagi, makan siang dan makan malam selalu berbeda. Sehingga saya cukup penasaran dengan menu-menu yang akan disajikan saat sesi makan berikutnya. Tidak heran saya selalu datang duluan di Cemara Resto saat jam makan tiba. Menu-menu yang terhidang sih mayoritas adalah  hidangan Indonesia. Mulai dari pesmol, ikan goreng, bakwan jagung, dendeng, dan menu-menu yang lain. Seperti yang sudah saya bilang, entah kenapa semua menu disini menurut saya enak. Ngga bakalan ingat diet deh kalau sudah makan di sini. 

Pemandangan paling oke di Santa Monica Hotel & Convention Bogor ini adalah pemandangan pagi hari tepat di depan kamar saya. Bgitu saya membuka gorden kamar di pagi hari langsung terlihat kolam renang, hamparan sawah dan gunung di kejauhan. Benar-benar membuat pikiran jadi tenang dan damai. Oh ya di hotel sendiri juga tersedia beberapa fasilitas meja pingpong dan meja bilyard. Kalau rombongan yang mau membuat acara permainan seperti paintball atau rafting, dengan bantuan pihak ketiga kita bisa menggelar acara tersebut seperti yang kami lakukan. Cerita bermain paintball dan rafting bisa dibaca di sini.  Rekomen banget deh buat yang cari suasana berbeda tapi ngga jauh-jauh banget dari Jakarta.  

Nah kalau teman-teman tertarik menginap atau membuat acara bersama rombongan di Santa Monica Hotel & Convention, sila datang langsung atau hubungi :

Kampung Cipare Desa Pancawati Caringin 
Bogor - Jawa Barat

36 comments:

  1. Baru tau ada hotel ini.. Hehe

    ReplyDelete
  2. menarik ini hotel sepertinya

    ReplyDelete
  3. hotelya enak keliatannya..
    senangnya bisa keliatan langsung pemandangan gunung

    ReplyDelete
  4. Eh, tumben bed covernya warna cokelat. Beda dengan bed cover di hotel oada umumnya. Sandalnya juga unik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kebanyakan bed cover hotel warnanya putih, tapi ada juga sih hotel yang pernah saya review sebelumnya yang warna bed covernya cokelat

      Delete
  5. Hotelnya sepertinya nyaman ya, tetapi nampak agak "tua"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bangunan bagian tengah yang bertingkat itu justru bangunan baru Ko

      Delete
  6. Hotel ini udah lama ada. Termasuk senior. hehehe.. langganan IPB kalau ngadain meeting

    ReplyDelete
    Replies
    1. oowww termasuk senior yah mbak.. Tapi yang saya suka mereka terus berinovasi.. bangun gedung baru. Di bagian belakang ada kamar-kamar baru yang lagi finishing

      Delete
  7. Ai rkolam renangnya dingin ya :). itu makannya gak ada sayur berkuah ya? hahaha biasa bawa anak jadi cari yang berkuah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok mbak sayur berkuah..

      Delete
  8. Oh jadi kak ari ini suka ngintip orang2 di kolam renang yeeee #Catet
    Btw kasur nya kecil banget yaaa, kalo aku pasti jatuh dech :-(

    ReplyDelete
  9. Cozy dan sejuk banget, btw nama hotel nya seperti bukan di Indonesia, ya ? :)

    ReplyDelete
  10. mantap nihh yah... adanya di bukan di pinggir jalan.... tapi di tengah alam

    ReplyDelete
  11. pancawati?

    wow, kebetulan sabtu kemaren saya juga ke sana bareng temen2 kompasiana :)
    tapi ga sempat ke hotelnya sih
    melainkan liat2 perkebunan masyarakat setempat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. di Pancawati

      Delete
  12. Suasana hijaunya juara!

    Btw entah kenapa ini makanan-makanannya bikin ngiler gitu ya padahal cuma menu yang biasa aja. Reviewnya jago banget kak ;)

    P.S.
    Gimana ceritanya sih kak bisa ke hotel muluuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru makanan rumahan itu yang bikin napsu makan jadi berasa banget di hotel yang sejuk ini Aul

      Delete
  13. pilihan yang pas untuk menikmati bogor yak hihihi

    ReplyDelete
  14. pemandangannya kece banget ya goiq, ambilke sandal hotelnya sikok hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jugo lupo bawa Dew :))

      Delete
  15. Hotelnya asik ya, kayaknya tenang gitu krn disekitarnya banyak pohon2.

    ReplyDelete
  16. asik banget ada sawahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mil, bikin adem mata

      Delete
  17. emg beda ya tampilan hotel utk benr2 liburan, ama hotel yg biasa dipake pertemuan... Yg terakhir biasa lebih simple dan minimalis ...yg ptg smua fasilitas dipenuhi. :D Aku suka ama suasana alamnya nih... buka jendela trs diadepin ama ijo royo-royo gitu, duuhhhh ga pgn plg pasti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. aku juga pengen extend rasanya.. hahahaha

      Delete
  18. kolam renang dan makanan di cemara resto terutama bakwan jagungnya nampak enak... Pengin :P

    ReplyDelete

Terima kasih....