06 April 2015

Wisata Kuliner di Makassar

Masih dalam rangka kunjungan saya ke Makassar untuk mengikuti event lari Bosowa Half Marathon , rugi besar rasanya sudah jauh-jauh terbang ke Makassar bila saya hanya berdiam diri di kamar hotel. Walaupun memang tidak terlalu banyak merencanakan untuk berjalan-jalan, tapi target saya untuk berwisata kuliner sih sepertinya sudah merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar. Mau tahu beberapa tempat kuliner yang saya datangi di Makassar ?

1. Konro Karebosi

Tempat kuliner pertama yang saya kunjungi adalah Konro Karebosi dengan menu andalan konro bakar. Di Jakarta memang sudah banyak restoran dengan sajian konro bakar khas Makassar ini, tapi tetap saja makan konro di kota asalnya harus masuk dalam list saya. Di Makassar sendiri Konro Karebosi sudah memiliki beberapa cabang. Karena saya waktu itu habis mengambil racepack di Lapangan Karebosi, maka saya memilih Konro Karebosi yang berlokasi tidak jauh dari lapangan Karebosi. Tempatnya berlantai 2 dan cukup besar. Teman saya Cipu memilih konro tanpa tulang, sedangkan saya memilih konro dengan tulang. Rasanya lezat sekali. Kalau beberapa resto konro di Jakarta menampilkan menunya dengan dominasi kecap di atas konro bakar, kalau di Makassar sendiri konro bakar disajikan dengan kuah kacang yang melimpah ruah sehingga rasanya menjadi gurih. Dengan menyisihkan uang sekitar Rp.50.000,-an saja, kita bisa menikmati menu konro bakar, nasi putih dan es teh manis.

2. Pallubasa Serigala

Kuliner Pallubasa adalah salah satu kuliner favorit saya kalau berkunjung ke kota Makassar. Saya tidak pernah melewatkan kunjungan ke kota ini tanpa singgah dan mencicipi menu pallubasa yang lezat dan gurih. Di Makassar ada beberapa tempat yang menjual menu pallubasa, tapi kalau saya sendiri sudah biasa makan di Pallubasa Serigala yang berlokasi di jalan Serigala. Tempatnya memang tidak besar, tapi pengunjung restoran ini datang silih berganti. Pallubasa sendiri berisi daging dan jeroan, kita bisa memilih di campur atau hanya ingin salah satunya saja. Kita juga bisa meminta tambahan telur mentah yang nantinya akan matang setelah diaduk. Kuahnya juga gurih karena ditaburi kelapa sangrai. Walaupun satu porsi disajikan dalam mangkuk yang terlihat kecil, tapi porsi ini sangat mengenyangkan. Untuk harga, satu mangkuk pallubasa yang berisi daging dan jeroan ditambah nasi putih dan segelas es teh manis saya bayar seharga Rp.27.000,- saja. Murah bukan ?

3. Bakso Ati Raja

Sore-sore asyiknya makan bakso. Makassar juga punya resto bakso yang ternama loh. Namanya Bakso Ati Raja. Tentu saja ini hanya nama yah, karena bakso ini tetap terbuat dari daging sapi dan bukan dari daging hati raja. Hahahaha... Menu bakso di sini sebenarnya namanya adalah Nyuknyang, jadi kalau kamu cari di buku menu kamu harus pilih menu ini. Satu porsi berisi 10 butir bakso yang terdiri dari 6 bakso halus, 2 bakso kasar dan 2 bakso goreng. Buat saya, bakso yang enak itu adalah bakso yang sudah terasa lezat tanpa dicampur kecap, sambal, cuka dan bumbu tambahan lainnya. Dan Bakso Ati Raja ini memang sudah enak tanpa tambahan saus dan sambal. Kuahnya segar, baksonya lembut, bakso kasarnya juga menggoda dan bakso gorengnya juga enak. Top ! Satu porsi Nyuknyang ini kalau saya tidak salah harganya lebih dari Rp.20.000,-. Kalau mau dibawa sebagai oleh-oleh juga bisa dengan adanya minimal jumlah pemesanan. Bakso akan dibungkus dalam kemasan yang oke. Oh ya lokasi Bakso Ati Raja ini berada di Jalan. Gunung Merapi Makassar.

4. Mie Anto 

Salah satu kuliner khas Makassar yang cukup ternama adalah sajian mie kering. Ada beberapa nama kondang yang sering saya dengar di Jakarta. Kali ini saya berkesempatan untuk mencoba Mie Anto yang berlokasi di Jalan Bali. Tempat ini buka dari sore hingga menjelang pagi. Kalau kita datang di saat jam makan malam, perlu mengantri dulu sebelum mendapat tempat duduk di dalam. Kita bisa memilih porsi sedang atau porsi besar saat memesan. Tapi percayalah, keduanya buat saya tetap sama banyaknya. Dalam satu porsi kita akan mendapati mie yang digoreng kering pada bagian bawah dan disiram kuah yang berisi potongan daging ayam dan sayuran di atasnya. Jangan lupa untuk memeras potongan jeruk lemon di bagian atas supaya mendapat cita rasa segar. Jujur saya langsung kenyang duluan begitu melihat porsi yang terhidang di hadapan saya. Tapi rasa memang tidak bohong, kuahnya nya benar-benar rasa kaldu ayam asli dengan rasa yang lezat. Rasa daging ayamnya juga lezat dengan potongan yang besar-besar. Seporsi Mie Anto ini berkisar Rp.20.000,- an.

Senang sekali bisa mencoba banyak kuliner khas yang mungkin selama ini cuma bisa bayangkan rasanya. Saya tahu masih banyak kuliner Makassar lainnya yang belum saya coba, yah hitung-hitung ini PR saya kalau kelak kembali lagi ke Makassar. Yuk jelajahi tanah air :) . 

51 comments:

  1. Pallubasa Serigala unik juga kuliner ini, pengen coba kalau nanti berkunjung ke makasar. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba kalau ke Makassar :)

      Delete
  2. waahh mienya menggoda,, kmrin pas kemakassar ga tau klo ada kuliner mie ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mie kering ini populer loh di Makassar

      Delete
  3. Sudah pernah cobain konro di makassar, tapi ternyata enggak suka~ entah rasany enggak match di lidah :D Yang enak itu seafood bakarnya di dekat losari, lezat :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seafood yang dekat Losari aku udah pernah coba beberapa tahun lalu waktu ke Makassar.

      Delete
  4. Coto Makassar Nusantara mana kak ??? aku ngak ikhlas kalo ngak di masukin #Nanggis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngga ke sana mas Cum dalam kunjungan kemarin. Tapi sudah pernah kok ke Coto Nusantara dalam kunjungan sebelumnya

      Delete
  5. uwaaaa..ngiler bangettt. semoga saya bisa makan di tempat2 diatas aamiin^^

    ReplyDelete
  6. kok gua taunya konro doang ya... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sudah waktunya mudik dan bikin rencana ke Makassar Man :))

      Delete
  7. Dirimu jalan - jalan muluk bikin ngilerrrr

    ReplyDelete
  8. namanya unik-uniek. Pingin nyicipin semua jadinya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak ajak blogger rame-rame ke Makassar

      Delete
  9. Mie Anto itu emang maknyus. Dari semua brand mie kering di Makassar, mie anto juaranya....nyammm

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya ? Aku baru tahu soal ini

      Delete
  10. Aku belum pernah menjamah makasaar, taunya cuman coto makasar :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi konro suka kan Ling ?

      Delete
  11. I was delighted to find this web site.I wanted to thank you for your time reading this wonderful! I really enjoyed every bit of it and I’ve marked to ensure that the blog post something new.

    ReplyDelete
  12. Wuaahhh ngiler akuuuu ^o^... Konro karebosi yg ada di klp gading aku prnh nyobain...lumayan lah, tapi sambelnya kurang pedes buatku...utk konro fav ku yg di sebelahnya itu, RM Maranu.. krn sambelnya lbh pedes aja :D.

    Palubasa enk jg, asal jgn dikasih telur setengah matang mas :D

    Yg lainnya blm coba nih... tp bener , bakso yg enak itu tandanya ttp enak walo blm diksh kecap dan temen2nya tadi :D

    ReplyDelete
  13. bikin ngiler neh posnyaaahh -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan yah bikin ngiler :))

      Delete
  14. waktu di losari ditawai pallubasa
    untung belom saya makan, karena liat telor kuning mentah
    he he he

    yang ada pesan konro di deket emperen toko
    lumayan juga rasanya mas, ketagihan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pallubasa bisa dimakan tanpa tambahan telur kok mas. Telur itu cuma additional aja

      Delete
  15. Mie kering dan konronya enak banget ya

    ReplyDelete
  16. kalau konro dan pallubasa ala makassar, siapa yang tidak mengenal, rasanya yang luar biasa nikmat dan dihidangkan dengan santapan ketupat, mertua lewat gak kenal dech, soalnya saya pernah tinggal beberapa saat di makassar, tepatnya dibelakang lapangan karebosi.

    seandainya ada hidangan yang super lezat itu di kota jakarta, wah..bisa makan tiap hari neh. hehe..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Jakarta banyak kan yang jual konro dan katanya rasanya juga enak

      Delete
  17. pengen nyoba bakso nya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa titip sama yang ke Makassar loh, karena baksonya bisa dibawa untuk oleh-oleh

      Delete
  18. Belom pernah ke makassar dan belom pernah cobain, itu sepertinya mie anto sama palubasa mantap :D

    ReplyDelete
  19. Hmmm gua kok ga inget pernah makan palubasa itu yaa? Harus cobain ah klo kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Ci ke Makassar lagi

      Delete
  20. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    ReplyDelete
  21. konro nya sangat berlimpah ruah dan bikin mengiler..

    ReplyDelete
    Replies
    1. porsinya mengenyangkan

      Delete
  22. Penasaran dengan mie keringnya :p

    Belum pernah ke makasar sebelumnya. Nanti bila ada kesempatan, mau nyicipin mie nya di sana.

    ReplyDelete
  23. jadi lapar baca postingan ini

    ReplyDelete
  24. 2 minggu lagi aku ke sana. Makanan makassar emang top markotop. Tiada duanya. Cocok sama lidah orang Sumatera :D

    ReplyDelete
  25. Uuuuh mau makan konro karebosi lg....

    ReplyDelete
  26. Pallubasa sukaaaa... tapi sayang waktu aku beli isinya jeroan, aku geliii...

    ReplyDelete
  27. terima kasih atas informasinya........
    salam kenal dan salam sukses...

    ReplyDelete
  28. wah.. saya belum pernah makan semuanya ini..
    heheh
    bisa jadi rekomendasi kalo nanti main ke makassar.
    Mampir ke blog saya mas goiq ekokurniady.com

    ReplyDelete

Terima kasih....